1.
Berikut ini yang bukan termasuk
macam-macam seni kriya, yaitu....
a.
Kriya kayu
b.
Kriya logam
c.
Kriya batu
d.
Kriya desain
e.
Kriya tekstil
2.
Pameran yang biasa dilakukan oleh lembaga profesional atau pemerintah
seperti penyajian karya-karya koleksi oleh galeri, museum, dan sebagainya
disebut pameran.....
a.
Temporer
b.
Keliling
c.
Nasional
d.
Tetap
e.
umum
3.
Seseorang yang bertugas memberikan arahan dan bimbingan tentang kegiatan
yang akan dilakukan adalah...
a.
Ketua panitia
b.
Penanggung jawab
c.
Bendahara
d.
Sekretaris
e.
Seksi usaha
4. Berikut yang tidak
termasuk dalam fungsi pameran di sekolah adalah...
a.
Belajar organisasi
b.
Membangkitkan motivasi seni
c.
Memamerkan keunggulan sekolah
d.
Meningkatkan apresiasi
e.
Berkarya visual melalui karya seni
5. Keberhasilan dari suatu
kegiatan pameran seni dapat diukur dari kualitas....
a.
Kualitas karya dan pengunjung
b.
Keindahan tempat pameran
c.
Tempat pameran yang luas
d.
Banyaknya karya yang dipamerkan
e.
Makanan yang diberikan
6. Untuk mengetahui hal-hal
yang perlu diperbaiki sebelum kegiatan pameran dimulai dapat dilakukan...
a.
Evaluasi
b.
Rapat umum
c.
Gladi bersih
d.
Kritik dan saran pengunjung
e.
Penyelesaian karya
7.
Perlengkapan pameran yang digunakan untuk memperjelas karya yang
dipamerkan adalah...
a.
Lighting
b.
Sound system
c.
Buku tamu
d.
Sketsel
e.
Katalog
8. Melalui pertunjukan seni
seorang pencipta musik (musisi) dapat menyampaikan pesan perasaannya atau
pesan-pesan sosial yang berwujud karya seni kepada penikmat seni (apresiator)
merupakaan manfaat pertunjukan musik sebagai media....
a.
Komunikasi
b.
Apresiasi
c.
Ekspresi
d.
Pengembangan bakat
e.
Deskripsi
9. Kunci utama keberhasilan
sebuah penyajian karya musik sudah tampak pada proses berlatih. Hal yang harus
dipatuhi oleh seluruh peserta latihan adalah...
a.
Memainkan partitur musik sendiri-sendiri sebelum dipadukan
b.
Membuat catatan-catatan tentang lagu yang di mainkan
c.
Memenuhi jadwal latihan yang telah disepakati
d.
Menganalisis partitur sebelum dimulai latihan
e. Memberikan tekanan pada
bagian-bagian yang perlu ditonjolkan oleh masing-masing individu
10.
Mengapresiasi karya musik pada dasarnya mampu memberikan sikap
penghargaan terhadap karya musik tersebut secara wajar. Kewajaran dalam
penghargaan karya musik tersebut ditentukan oleh...
a.
Apresiator terhadap karya musik tersebut
b.
Tingginya kualitas karya musik yang diapresiasi
c. Kemampuan orang dalam
mengoleksi album-album yang dikeluarkan oleh sebuah kelompok musik
d.
Popularitas penyanyi atau kelompok yang membawakannya
e.
Popularitas karya musik tersebut di masyarakat
11.
Berikut yang bukan termasuk tujuan pertunjukan seni musik di sekolah adalah...
a.
Mempertebal pengalaman bersosialisasi
b.
Menciptakan penyegaran dari kejenuhan belajar di dalam kelas
c.
Menumbuhkan motivasi berkarya seni
d.
Menimbulkan kepuasan batin yang luar biasa
e.
Mampu mengadakan evaluasi karya seni secara objektif
12.
Merancang kostum dalam pertunjukan musik harus disesuaikan dengan
a.
Lagu yang dibawakan
b.
Selera panitia
c.
Tema pertunjukan
d.
Penyanyi masing-masing
e.
Tempat pertunjukan
13. Sebuah karya musik harus
mampu memberikan penerangan mengenai persoalan-persoalan yang tumbuh dalam
masyarakat. Hal ini sesuai dengan nilai....
a.
Estetika
b.
Konsultatif
c.
Etika
d.
Kreatif
e.
Edukatif
14.
Salah satu nilai musik non tradisional adalah nilai estetis, yang
di maksud adalah dapat...
a.
Menimbulkan kesenangan
b.
Menemukan nilai pendidikan
c.
Menimbulkan keindahan
d.
Meningkatkan keyakina beragama
e.
Mendatangkan keuangan
15.
Untuk menilai sejauh mana komponis tersebut bekerja secara kreatif
melalui...
a.
Teknik yang digunakan
b.
Hasil karya musik
c.
Gagasan
d.
Kreativitas
e.
Media yang digunakan
16.
Salah satu upaya untuk membentuk rasa percaya diri dan mengurangi rasa
takut adalah..
a.
Menguasai materi yang akan kita mainkan sebaik mungkin
b.
Menghafal materi
c.
Mengajak teman saat pentas
d.
Dandan berlebihan
e.
Menguasai panggung
17.
Tarian yang lahir sebagai reaksi atas seni tari klasik yang
telah mencapai titik akhir dalam perkembangan teknisnya merupakan ragam tarian ….
a.
Primitif
b.
Kerakyatan
d.
Kreasibaru
e.
Klasik
18.
Elemen pokok dalam tari yang
terdapat unsur ruang, waktu, dan tenaga adalah ….
a.
Gerak
b.
Tubuh
c.
Kostum
d.
Musik
e.
Panggung
19.
Berikut ini yang merupakan contoh tari kerakyatan, kecuali
….
a.
Tari reog ponorogo
b.
Tari ketuk tilu
c.
Tari jogged
d.
Tari dikeruhan
e.
Tari bedhayu
20.
Berikut ini yang merupakan bagian dari gerak tari primitif, kecuali
….
a.
Hentakan kaki
b.
Langkah kaki
c.
Ayunan tubuh
d.
Gerakan kepala
e.
Gerakan mata
21.
Gerakan tangan yang membuang selendang dari pangkal ikatan selendang sampai merentang lurus di
samping badan disebut ….
a.
Ngiting
b.
Ukel
c.
Seblak
d.
Kebyok
e.
Ngembat
22.
Gerakan tangan kanan menekuk di
depan kening (pergelangan tangan menekuk dan jari-jari melenting) serta tangan kiri menekuk di
depan pinggang disebut ….
a.
Ulap-ulap kanan
b.
Kenser
c.
Kebyok
d.
Ngembat
e.
Seblak
23.
Berikut ini hal-hal yang
perlu diperhatikan dan diterapkan dalam melakukan gerak tari, kecuali ….
a.
Penguasaan materi gerak
b.
Ketepatan gerak iringan
c.
Penguasaan ruang pentas
d.
Rasa percaya diri
e.
Banyaknya penonton
24.
Gerak yang digarap untuk mendapatkan bentuk yang artistik dan tidak dimaksudkan untuk menggambarkan sesuatu disebut gerak ….
a.
Maknawi
b.
Murni
c.
Stilatif
d.
Distorsif
e.
Imitatif
25.
Gerakan kaki dengan cara mengingsut
(geser dan buka tutup) telapak kaki kearah kanan dan kiri disebut gerak ….
a.
Ngiting
b.
Ukel
c.
Kenser
d.
Kebyok
e.
Ngembat
26.
Berikut ini yang bukan termasuk nilai estetis dalam karya seni tari adalah ….
a.
Gerak itu sendiri
b.
Kepekaan rasa bagaimana penari dapat membawakan tarian dengan penuh penghayatan atau penjiwaan
c.
Seorang penari dapat terlihat menarik karena kostum yang
digunakan menarik
d.
Penari memiliki kepekaan yang
baik dalam ritme dan music keberhasilan koreografi yang tepat.
e.
Penari harus memiliki wajah yang
menarik
27.
Untuk memberikan penguatan kepada penonton tentang penghayatan penari, maka digunakan ….
a.
Tata rias
b.
Ekpresi wajah
c.
Kostum panggung
d.
Gerak
e.
Tata pangggung
28.
Media ungkap tari adalah ….
a.
Ekspresi
b.
Gerak
c.
Keindahan
d.
Lagu
e.
Kelenturan
29.
Berikut yang bukan merupakan bentuk panggung yang
dapat digunakan sebagai pertunjukan tari, yaitu ….
a.
Proscenium
b.
Arena
c.
Kelas
d.
Tanah lapang
e.
Pendopo
30.
Tari yang lahir, tumbuh, dan berkembang dalam suatu masyarakat
yang kemudian diturunkan atau diwariskan secara terus-menerus dari generasi ke generasi, merupakan definisi dari ….
a.
Tari modern
b.
Tari kontemporer
c.
Tari tradisional
d.
Tari ballet
e.
Tari massal
31.
Berikut yang bukan termasuk fungsi musik dalam seni tari adalah sebagai ….
a.
Pengiring
b.
Pemberi ide
c.
Irama
d.
Kolaborasi
e.
Pengatur tempo
32.
Ruang gerak penari tercipta karena ….
a.
Waktu
b.
Gerak
c.
Tenaga
d.
Desain
e.
Gagasan
33.
Kegunaan tema pada suatu
pertunjukan adalah....
a.
Sebagai pelengkap dalam
proporsi
b.
Sebagai arah kegiatan
pertunjukan
c.
Untuk dikatakan dalam pidato
sambutan
d.
Supaya mudah mendapatkan
bantuan dana
e.
Agar mudah saat melakukan
latihan
34.
Elemen pokok dalam tari yang
terdapat unsur ruang,waktu,dan tenaga adalah ....
a.
Gerak
b.
Tubuh
c.
Kostum
d.
Musik
e.
Panggung
35.
Gerak yang digarap untuk
mendapatkan bentuk yang artistik dan tidak dimaksudkan untuk menggambarkan
sesuatu disebut gerak ....
a.
Maknawi
b.
Murni
c.
Stilatif
d.
Distorsif
e.
Imitatif
36.
Berikut ini merupakan teknik
gerak dasar dalam tari, kecuali ....
a.
Kepala
b.
Leher
c.
Badan
d.
Tangan
e.
Kaki
37.
Gerakan tangan yang membuang
selendang dari pangkal ikatan selendang sampai merentang lurus di samping badan
disebut ....
a.
Ngiting
b.
Ukel
c.
Seblak
d.
Kebyok
e.
Ngembat
38.
Berikut ini merupakan bagian
dari gerak primitif,kecuali ....
a.
Hentakan kaki
b.
Langkah kaki
c.
Ayunan tubuh
d.
Gerakan kepala
e.
Gerakan mata
39.
Tari bali mempunyai ciri khas
pada ...
a.
Lonpatan kaki
b.
Mata yang melotot
c.
Tangan yang mengepak
d.
Kepala mengangguk
e.
Gerakan perut
40.
Berikut ini hal hal yang perlu
diperhatikan dan diterapkan dalam melakukan gerak tari, kecuali ...
a.
Penguasaan materi gerak
b.
Ketepatan gerak iringan
c.
Penguasaan ruang pentas
d.
Rasa percaya diri
e.
Banyaknya penonton
41.
Musik gambang kromong biasa
digunakan untuk pertunjukan ...
a.
Ludruk
b.
Opera
c.
Lenong
d.
Teater melayu
e.
Teater jawa
42.
Tahap akhir pada dari rangkaian sebuah pertunjukan adalah ….
a. Menentukan bentuk pertunjukan
b. Menggelar pertunjukan
c. Menentukan tema
d. Menyeleksi pemain
e. Menyiapkan perlengkapan
43.
Kehadiran penonton dalam suatu pergelaran teater bersifat ….
a. Tidak mempengaruhi
b. Mutlak
c. Dianjurkan
d. Tidak diperbolehkan
e. Ketidakharusan
44.
Kostum dari riasan para pemain sebaiknya dirancang dan dipersiapkan
…. pementasan.
a. Sejak awal
b. Pada akhir
c. Saat melakukan
d. Menjelang
e. Setelah selesai
45.
Berikut hal-hal yang berkaitan dengan aturan dan persetujuan sutradara, kecuali ….
a. Musik yang dibutuhkan
b. Pentas yang akan disajikan
c. Tata cahaya
d. Konsumsi
e. Tata rias
46.
Tujuan dari pelaksanaan gladi kotor dalam pagelaran teater adalah….
a. Supaya lebih siap pentas
b. Mengetahui kekurangan sebelum pentas
c. Memantapkan latihan sebelum memasuki gladi bersih
d. Memperbaiki kelebihan yang ada
e. Mengetahui kebaikan dan kekurangan
47.
Orang yang memeragakan cerita disebut….
a. Penonton
b. Pemain
c. Sutradara
d. Produser
e. Pengarah
48.
Pihak yang bertanggung jawab terhadap kualitas karya seni teater adalah….
a. Sutradara
b. Penata kostum
c. Penata rias
d. Pimpinan produksi
e. Penata panggung
49.
Kesejahteraan bagi beberapa awak pendukungnya dipercayakan kepada seseorang yang
Mengetahui secara ilmu dan praktek pengelolaan pagelaran,
yakni….
a.
manager
produksi
b.
pengelola pertunjukan
c.
Stage manager
d.
pimpinan
artistik
e.
seksi konsumsi
50.
Pengaturan pemandangan di
panggung selama pementasan berlangsung bertujuan tidak
Sekedar supaya permainan bisa dilihat penonton tetapi juga menghidupkan pemeranan
dan suasana panggung adalah tujuan dari tata …..
a. panggung
b. suara
c. musik
d. busana
e. cahaya
51.
Orang yang bertugas mewujudkan gagasan penulis drama
di atas pentas secara utuh
dan benar adalah ….
a.
produser
b.
pemeran
c.
dramawan
d.
promoter
e.
sastrawan
52.
Wujud karya teater yang
dibangun melalui proses kreatif melalui tahapan dengan menggunakan medium tertentu bersifat kolektif dengan wilayah kerja dan bertanggung jawab secara bersama disebut….
a. materi lakon
b. dialog
c. pagelaran
d. rancangan naskah
e. rancangan musik
53.
Keragaman teater tradisi
Nusantara yang merupakan kekayaan budaya bangsa dapat
dijadikan sebagai….
a. promosi budaya
b. alat promosi pariwisata
c. kebanggaan bangsa
d. alat pemersatu bangsa
e. alat untuk mendapatkan bangsa
54.
Berikut ini hal-hal yang
berkaitan dengan aturan dan persetujuan sutradara, kecuali ...
a.
Musik yang dibutuhkan
b.
Pentas yang akan disajikan
c.
Tata cahaya
d.
Konsumsi
e.
Tata rias
55.
Kehadiran penonton dalam suatu
pagelaran teater bersifat ...
a.
Tidak memengaruhi
b.
Mutlak
c.
Dianjurkan
d.
Tidak diperbolehkan
e.
Ketidakharusan
56.
Selain sebagai alat penerangan,
pemasangan obor di sekitar panggung juga dapat berfungsi sebagai ...
a.
Ritual
b.
Hiasan
c.
Pengendali massa
d.
Sumber api
e.
Pengusir gangguan
57.
Pengaturan panggung, arena
untuk bermain teater dinamakan ...
a.
Tata busana
b.
Tata rias
c.
Tata panggung
d.
Tata suara
e.
Tata musik
58.
Berikut ini properti yang biasa
digunakan pada panggung untuk menggambarkan keadaan ruang tidur,kecuali ...
a.
Selimut
b.
Bantal guling
c.
Meja kecil
d.
Korden
e.
Rak piring
59.
Untuk mengatasi kesalahan pada
saat pertunjukan teater berlangsung, pemain hanya dapat melakukan ...
a.
Diam diri
b.
Meninggalkan panggung
c.
Permintaan maaf
d.
Pengulangan
e.
Improvisasi
60. Berikut ini yang tidak
termasuk dalam tahap evaluasi adalah.....
a. Memberikan penilaian
b. Pembubaran panitia
c. Laporan
pertanggungjawaban
d. Evaluasi pelaksanaan
kegiatan
e. Menentukan tema kegiatan
61. Di bawah ini yang harus
diperhatikan saat membuat kritikan adalah....
a.
Mengungkapkan kelebihan sebanyak-banyaknya
b.
Mengungkapkan kekurangan sebanyak-banyaknya
c.
Tidak perlu memberi saran
d.
Mengungkapkan kelebihan dan kekurangan dengan bahasa yang baik
e.
Mengungkapkan kelebihan dan kekurangan dengan bahasa yang bebas
62. Kritik seni yang
dikembangkan oleh para dosen atau guru kesenian dengan tujuan untuk
mengembangkan bakat dan potensi artistik-estetik adalah kritik.....
a.
Ilmiah
b.
Pedagogig
c.
Populer
d.
Jurnalistik
e.
Artistik
63. Aspek yang tidak perlu
diperhatikan dalam memberikan kritik terhadap karya seni rupa adalah aspek..
a.
Jenis
b.
Pembuat karya
c.
Simbol
d.
Fungsi
e.
Nilai estetis
64. Tahapan dalam kritik
karya seni untuk menelusuri sebuah karya seni berdasarkan unsur-unsur
pembentuknya dinamakan tahapan....
a.
Deskripsi
b.
Analisis formal
c.
Interpretasi
d.
Evaluasi
e.
Simpulan
65. Kritik seni yang tidak
meluas dan mendalam tetapi efektif dan tepat sasaran adalah...
a.
Populer
b.
Ilmiah
c.
Akademik
d.
Pedagogik
e.
Jurnalistik
66. Kritikus menetapkan
rangking sebuah karya yang ditampilkan oleh penari termasuk tahapan..
a.
Deskripsi
b.
Interpretasi
c.
Analisis
d.
Evaluasi
e.
Penafsiran
67. Tugas kritikus dalam
menguraikan gerak, ruang, waktu, tenaga dan ekspresi pada karya seni tari masuk
ke dalam tahapan...
a.
Interpretasi
b.
Analisis
c.
Evaluasi
d.
Penafsiran
e.
Deskripsi
68. Masing-masing orang
bebas menerjemahkan makna sebuah karya menurut...
- Intelektual dan pemikirannya
- Selera dan kemampuan pemahamannya
- Imajinasi dan gagasannya
- Daya tangkap dan kemampuannnya
- Pengalaman estetis dan inteletualnya
69.
Tahapan penafsiran makna sebuah
karya seni pada pendekatan kritik seni dinamakan tahap....
a.
Deskripsi
b.
Analisis formal
c.
Interpretasi
d.
Evaluasi
e.
Penyimpulan
70.
Berikut ini manfaaat kritik
dalam karya seni rupa, kecuali....
a.
Mendeteksi kelemahan karya
b.
Mengupas kedalaman karya
c.
Memperbaiki kekurangan karya
d.
Memojokkan seniman
e.
Menambah wawasan
Jawablah dengan benar pertanyaan-pertanyaan berikut!
1. Sebutkan dan jelaskan
empat tahapan kritik karya seni?
2. Sebutkan ciri-ciri
kritik seni jurnalistik? Berikan contohnya?
3. Apa yang dimaksud kritik
seni komparatif? Berikan contohnya?
4. Sebutkan aspek-aspek
contoh analisis formal dalam kritik seni dalam sebuah pertunjukan musik?
5. Sebutkan kemampuan dasar seorang kritikus musik?
6.
Mengapa kita perlu memahami
makna setiap adegan, gerakan, musikalitas ataupun syair lagu, properti, tata
panggung, tata rias kostum dalam pementasan
yang akan kita laksanakan ?
7. Apa yang di maksud
kritik seni instrumentalistik, berikan contohnya?
8. Sebutkan dan jelaskan 2
(dua) fungsi kritik seni?
9. Mengapa dalam kritik
seni diperlukan media bahasa yang efektif dan komunikatif ?
10. Sebutkan 5 ( lima) istilah lain
pameran dengan definisinya?
11. Sebutkan dan jelaskan tentang
unsur-unsur musik ?
12. Sebutkan dan jelaskan tentang
istilah teknik gerakan tari daerah jawa yang kamu ketahui ?
13. Sebutkan dan jelaskan macam-macam
seni teater tradisional di Indonesia yang kamu
ketahui ?
14. Jelaskan tentang tahapan kritik
seni, deskripsi, analisis formal, interpretasi dan Evaluasi !
15.
Sebutkan dan jelaskan tentang istilah teknik gerakan tari daerah jawa
yang kamu ketahui ?
16.
Sebutkan dan jelaskan macam-macam seni teater tradisional di Indonesia
yang kamu ketahui ?
17.
Jelaskan tentang tahapan kritik seni, deskripsi, analisis formal, interpretasi
dan Evaluasi !
18.
Apa fungsi
dari kritik seni ?
19.
Jelaskan
kritik berdasarkan perbedaan tujuan dan kualitas ?
20.
Sebutkan
beberapa hal yang harus diperhatikan berkaitan dengan unsur pendukung seni tari
21.
Jelaskan apa tujuan dari pementasan seni teater!
22.
Apa saja yang termuat dalam naskah teater?
23.
Sebutkan
tujuan pelaksanaan pameran secara khusus?
24.
Sebutkan
hal-hal yang harus diperhatikan agar pertunjukan musik dapat berjalan dengan
baik ?
25.
Mengapa
iringan musik pada tari harus layak sesuai kapasitasnya, baik format audio dan
spek sound system ?
26.
Apakah yang
dimaksud dengan penonton kritis?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentarmu berguna bagiku......