Rabu, 08 Mei 2019

KISI-KISI SOAL PAT SENI BUDAYA KELAS XI 2019


1.      Pada umumnya, nilai-nilai yang terkandung dalam musik (lagu) disampaikan melalui
a.         Irama
b.         Alat musik
c.         Tempo
d.        Melodi
e.         syair

2.      Hasil karya musik berupa rangkaian nada-nada dan syair yang sengaja disusun untuk mengungkapkan pikiran disebut....
a.       Musik
b.      Kreasi
c.       Suara
d.      Nada
e.       Lagu

3.      Musik merupakan bahasa ekspresi yang dapat digunakan untuk mengungkapkan....
a.       Perasaan
b.      Keadilan
c.       Gambaran
d.      Kejujuran
e.       Kebenaran

4.      Musik yang semata-mata untuk didengar dan dinikmati nilai-nilai keindahannya dinamakan tempat...
a.       Keagamaan
b.      Murni
c.       Tidak murni
d.      Terapan
e.       Edukasi

5.      Hasil karya musik berupa rangkaian nada-nada dan syair yang sengaja disusun untuk mengungkapkan pikiran disebut....
a.       Musik
b.      Kreasi
c.       Suara
d.      Nada
e.       Lagu

6.      Musik merupakan bahasa ekspresi yang dapat digunakan untuk mengungkapkan....
a.       Perasaan
b.      Keadilan
c.       Gambaran
d.      Kejujuran
e.       Kebenaran

7.      Di bawah ini termasuk elemen-elemen musik, kecuali .....
a.       Harmoni
b.      Ritme
c.       Proporsi
d.      Nada
e.       Ekspresi






8.      Media permainan, media penerangan, dan iringan pertunjukan termasuk dalam ..... musik
a.       Unsur
b.      Hakikat
c.       Ideologi
d.      Fungsi
e.       Tujuan

  1. Penentuan jadwal kegiatan ketika akan melakukan pagelaran seni sangat menentukan dibawah ini, kecuali:
a.    Sponsor yang masuk
b.    Jumlah pemain
c.    Kesuksesan
d.   Keuntungan
e.    Jumlah alat yang di butuhkan

  1. Suatu pagelaran akan berjalan dengan baik apabila terdapat....
a.    Penanggung jawab
b.    Kepanitiaan
c.    Latihan
d.   Ketua
e.    Pemimpin pagelaran

  1. Pertunjukan dilingkungan sekolah tentu berbeda dengan pertunjukan yang sering diselenggarakan secara akbar di masyarakat. Namun pada dasarnya, sebelum pertunjukan intinya harus.....
a.    Mempersiapkan acara pertunjukan
b.    Memperkirakan keuntungan yang diperoleh
c.    Mengesampingkan budaya daerah setempat
d.   Menjauhi teman yang tidak berbakat seni
e.    Dilaksanakan secara besar-besarna tanpa memikirkan anggaran yang ada

  1. Rencana kerja yang dibuat secara tertulis disebut....
a.    Tema
b.    Proposal
c.    Jurnal kerja
d.   Skedul
e.    Rundown

  1. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mementaskan karya seni pertunjukan, kecuali....
a.    Menguasai materi yang akan ditampilkan
b.    Memeriksa peralatan yang akan digunakan
c.    Tidak mengulang pertunjukan
d.   Mengusai teknik
e.    Memilih pertunjukan yang berdurasi lama

  1. Dibawah ini adalah pernyataan yang kurang tepat tentang  keberhasilan pagelaran seni dalam aspek edukatif, yaitu.....
a.    Harus dapat menuntun penonton/penikmat ke arah pengembangan cita rasa  keindahan
b.    Mengandung gagasan pesan yang mudah diserap oleh penikmat
c.    Harus mampu memberikan penerangan positif kepada penonton meskipun secara tidak langsung
d.   Mampu memberikan pelajaran dan pendidikan berharga bagi publiknya
e.    Mampu menampilkan gagasan-gagasan baru yang orisinal dan murni





  1. Ikatan perjanjian yang dilakukan ketika siswa secara bersama-sama merencanakan suatu pagelaran disebut sebagai...
a.    Tanggung jawab
b.    Komitmen
c.    Konsekuen
d.   Promis
e.    Konsisten

  1. Berikut ini bentuk tanggung jawab pantitia pagelaran seni, kecuali:...
a.    Membantu penggalangan dana
b.    Membuat laporan
c.    Selalu ikut rapat
d.   Ikut nebeng nama sebagai panitia
e.    Selalu koordinasi

  1. Suatu pertunjukan seni yang terbilang profesional harus dibatasi waktu penyelenggarannya. Pembatasan waktu pertunjukan tersebut, disebut....
a.    Interval
b.    Durasi
c.    Tempo
d.   Irama
e.    Jeda

  1. Fungsi pagelaran secara umum adalah di bawah ini, kecuali....
a.    apresiasi                                         
b.    edukasi
c.    intervensi                           
d.   rekreasi
e.    prestasi

  1. Membuat hiasan tempat pagelaran seni menjadi indah dan menarik merupakan tugas seksi..
a.    Dokumentasi
b.    Publikasi
c.    Dekorasi
d.   Penyeleksi
e.    Perlengkapan

  1. Di bawah ini bukan menjadi bahan pertimbangan dalam memilih tempat pertunjukan adalah....
a.    Lokasinya yang strategis
b.    Alokasi dana yang cukup
c.    Ukurannya sesuai dengan perkiraan jumlah penonton
d.   Ketersediaan fasilitas yang dibutuhkan
e.    Persetujuan ketua panita

  1. Berikut ini yang akan mengalami kejenuhan saat menyaksikan pagelaran, kecuali..
a.       Susunan materi acara tidak menarik
b.      Tarian yang sama di ulang-ulang
c.       Tidak ada kesesuaian antara tim produksi dan tim artistik
d.      Tidak ada interaksi anatara penampil dan penonton
e.       Susunan acara dinamis dan konsisten dengan tema

  1. Di bawah ini adalah fungsi pagelaran seni, kecuali :
a.    Membiasakan diri untuk bersikap sportif, dalam arti kita dituntut untuk bersikap jujur dan bertanggung jawab atas hasil kerja dan kemampuan kita sendiri
b.    Sarana komunikasi antara seniman dengan seniman
c.    Memperluas wawasan dan pengetahuan berorganisasi melalui pagelaran seni
d.   Menumbuhkan rasa percaya diri untuk menampilkan kreatifitas di hadapan publik
e.    Mengembangkan sikap apresiasi serta kreasi seni di kalangan siswa

  1. Sebelum pelaksanaan kegiatan pameran, pagelaran kelas atau sekolah, perlu di buat terlebih dahulu
a.         Laporan
b.        Evaluasi
c.         Proposal
d.        Brosur
e.         dekorasi

  1. Panggung yang berada dalam suatu ruangan atau auditorium disebut dengan panggung...
a.       Prosenium
b.      Terbuka
c.       Tapal kuda
d.      Letter U
e.       Pertunjukan

  1. Latihan persiapan yang diadakan menjelang pelaksanan pagelaran seni sesungguhnya, dikenal dengan istilah...
a.       Gladi bersih
b.      Latihan pamungkas
c.       Pembukaan
d.      Gladi kotor
e.       Gladiator

  1. Secara umum ada dua jenis tindakan dalam persiapan dan pelaksanaan pagelaran seni  yaitu kreatifitas :
a.    Managerial dan  Konseptual          
b.    Emosional dan  Ekspresional
c.    Imajinasi dan ekspresional             
d.   Pribadi dan pelatih                        
e.    Personal dan Antar teman

  1. Kreatifitas managerial berkaitan dengan berbagai macam pengaturan-pengaturan :
a.      Waktu, honor, biaya, kepanitian, sarana-sarana, rapat-rapat, dan makan-makan.
b.      Waktu, tempat, biaya, kepanitian, sarana-sarana, rapat-rapat, dan evaluasi.
c.       Waktu, tempat, transport, kepanitian, latihan, rapat-rapat, dan evaluasi.
d.      Tempat, biaya, kepanitian, sarana-sarana, rapat-rapat, gladi bersih dan evaluasi.
e.       Waktu, tempat, biaya, kepanitian, pelatih, rapat-rapat, dan evaluasi.

  1. Kreatifitas Konseptual (pengembangan ide) berkaitan erat dengan penentuan, pengembangan, dan pelaksanaan suatu ide dasar dari pagelaran seperti :
a.      Perumusan sasaran, penentuan tema, penjabaran isi tema, pengejahwantahan isi tema, dan apresiasi pagelaran
b.      Perumusan tujuan, penentuan tema, penjabaran isi tema, pengejahwantahan isi tema, dan apresiasi pagelaran
c.       Perumusan hakikat, penentuan tema, penjabaran isi tema, pengejahwantahan isi tema, dan apresiasi pagelaran
d.      Perumusan tujuan, penentuan acara, penjabaran isi acara, pengejahwantahan isi acara, dan evaluasi pagelaran
e.       Perumusan tujuan, penentuan tujuan, penjabaran isi tujuan, pengejahwantahan isi tujuan, dan apresiasi pagelaran

  1. Kreatifitas managerial berkaitan erat dengan pengembangan kemampuan kreatifitas dengan mengacu pada....
a.    Nilai realitas dan nilai efisiensi                                
b.    Nilai efektifitas dan efisiensi
c.    Nilai non efektifitas dan nilai efisiensi                    
d.   Nilai moral dan estetika   
e.     Nilai efektifitas dan nilai keindahan


  1. Sebelum merencanakan, mempersiapkan, dan melaksanakan pagelaran di sekolah, kita perlu mempertimbangkan kesesuaian waktu pelaksanan pagelaran dengan....
a.         Kalender umum 
b.        Kalender Masehi 
c.         Kalender Hijriah 
d.        Kalender Sekolah
e.         Kalender Pendidikan

31.  Kepanitian yang merupakan organisasi untuk pagelaran, di dalamnya terdapat unsur yang harus mampu bekerja sama, sehingga dapat mengorganisir pelaksanan pergelaran, antara lain di bawah ini, kecuali :
a.         Pihak–pihak yang telah ditunjuk menjadi panitia harus mengetahui tugas masing- masing
b.        Para seksi harus segera membuat program kerja dan rencana anggaran biaya serta melaporkannya kepada ketua panitia untuk dibahas
c.         Pembuatan program kerja dan angaran biaya tersebut harus realistis tidak mengada-ada
d.        Bertindaknya sebebasnya tanpa koordinasi dengan Pembina
e.         Semua panitia harus dapat berkoordinasi dan bersinergi

  1. Demi efektifnya dan terkontrolnya suatu pekerjaan, panitia perlu membuat suatu program atau agenda kerja, program ini berisi :
a.         Jadwal rapat dan penanggungjawabnya, serta bagaimana pelaksanaannya
b.        Jadwal koordinator dan penanggungjawabnya, serta bagaimana pelaksanaannya
c.         Jadwal kegiatan dan penanggungjawabnya, serta bagaimana pelaksanaannya
d.        Jadwal acara dan penanggungjawabnya, serta bagaimana pelaksanaannya
e.         Tujuan kegiatan dan penanggungjawabnya, serta bagaimana pelaksanaannya

  1. Evaluasi pagelaran bertujuan untuk......
a.    melihat segi positif dari suatu pagelaran yang telah dilakukan agar pelaksanaan pagelaran yang akan datang lebih baik
b.    melihat segi negatif dari suatu pagelaran yang telah dilakukan agar pelaksanaan pagelaran yang akan datang lebih baik
c.    melihat segi anggaran dari suatu pagelaran yang telah dilakukan agar pelaksanaan pagelaran yang akan datang anggarannya lebih besar
d.   melihat segi positif dan negatif dari suatu pagelaran yang telah dilakukan agar  pelaksanaan pagelaran yang akan datang lebih baik
e.    melihat segi acara dari suatu pagelaran yang telah dilakukan agar pelaksanaan pagelaran yang akan datang lebih meriah

  1. Tugas  seksi penghubung (Humas) adalah berikut ini, kecuali.....
a.    Mengurus izin pergelaran bila perlu
b.    Membuat propaganda, misalnya dengan poster, pengumuman, iklan dalam surat kabar, televisi, dll
c.    Mencetak dan menjual/mengedarkan tanda masuk dan program acara
d.   Mengurus penerimaan tamu almamater pada saat pagelaran
e.    Meminta kesanggupan masing-masing anggota untuk ikut pergelaran

  1. Tugas dari seksi acara pagelaran yang kurang tepat yaitu :
a.    Menyiapkan, memantau persiapan, dan menyeleksi para pengisi acara       
b.    Menyiapkan pembawa acara (MC)
c.    Membuat tata tertib pengisi acara dan hadirin, agar acara berjalan tertib   
d.   Membuat konsep acara
e.    Mengkoordinasikan pihak-pihak yang bertugas pada saat acara dilaksanakan








  1. Urutan tahapan dalam “kreatifitas konseptual”  yaitu:
a.    Pemilihan, penjabaran tema, latihan persiapan hingga gladi resik dan pelaksanan pentas
b.    Penjabaran, pemilihan tema, latihan persiapan hingga gladi resik dan pelaksanan pentas
c.    Pemilihan, penjabaran tema, pelaksanan pentas dan latihan persiapan hingga gladi resik
d.   Pelaksanan pentas,  pemilihan, penjabaran tema, dan latihan persiapan hingga gladi resik
e.    Latihan persiapan hingga gladi resik, pemilihan, penjabaran tema, dan pelaksanan pentas

  1.  Hal-hal yang harus ditentukan sebelum merumuskan tema pagelaran :
a.         Tujuan pagelaran, bentuk pagelaran dan sasaran pagelaran          
b.        Tema pagelaran, bentuk pagelaran dan sasaran pagelaran
c.         Konsep pagelaran, bentuk pagelaran dan sasaran pagelaran         
d.        Tujuan pagelaran, konsep pagelaran dan sasaran pagelaran
e.         Tujuan pagelaran, bentuk pagelaran dan sajian pagelaran

  1.  Manfaat latihan persiapan untuk pergelaran adalah berikut ini, kecuali
a.         Meningkatkan penguasaan materi acara                
b.        Menghabiskan dana dan energi
c.         Memperbaiki skenario tampilan demi kesatuan tema   
d.        Mempersiapkan mental penyaji
e.         Mempelajari dan mendalami strategi untuk menjaga kesatuan antar-acara oleh penanggung jawab acara (MC)

  1. Media kritik seni adalah...
a.         Kertas
b.        Laptop
c.         Bahasa
d.        Mata
e.         Buku

  1. Kegiatan kritik ini umumnya menanggapi kesesuain atau keterkaitan antara judul, tema, isi dan visualisasi objek-objek yang ditampilkan dalam sebuah karya disebut...
a.         Artistik
b.        Formalistik
c.         populer
d.        Instrumentalistik
e.         Ekspresivistik

  1. Pendekatan yang menganggap bahwa karya seni sebagai rekaman perasaan yang diekspresikan penggubahnya disebut pendekatan....
a.         Formalistik
b.        Instrumentalistik
c.         Ekspresivistik
d.        Jurnalis
e.         Ilimiah

  1. Tugas kritikus dalam menguraikan gerak, ruang, waktu, tenaga dan ekspresi pada karya seni tari masuk ke dalam tahapan...
a.    Deskripsi
b.    Interpretasi
c.    Analisis
d.   Evaluasi
e.    Penafsiran




  1. Kritik seni yang hasil tanggapan atau penilainnya di sampaikan secara terbuka kepada publik melalui media massa khusunya surat kabar disebut kritik...
a.         Populer
b.        Jurnalis
c.         Ilmiah
d.        Pendidikan
e.         Formalistik

  1. Kritik jenis ini umumnya disampaikan oleh seorang kritikus yang sudah teruji kepakarannya dalam bidang seni, atau kegiatan kritik yang disampaikan mengikuti kaidah-kaidah atau metodologi kritik secara akademis disebut......
a.         kritik populer
b.        Kritik keilmuan
c.         Kritik jurnalis
d.        Kritik pendidikan
e.         Kritik artistik

  1. Penafsiran terhadap jiwa atau karya musik yang diperoleh dari pengamatan mendalam akan karya tersebut sebagai...
a.         Komposer
b.        Komponis
c.         Pembawaan lagu
d.        Interpretasi
e.         Interkomunikasi

46.  Kritik formalistik lebih menekankan pada...
a.       Ekspresi pribadi
b.      Emosi manusia
c.       Individual seniman
d.      Keindahan bentuk seni
e.       Komunikasi emosi

47.  Kritik yang diterapkan dalam kegiatan proses belajar mengajar di lembaga pendidikan kesenian adalah kritik...
a.       Ilmiah
b.      Jurnalistik
c.       Pedagogig
d.      Populer
e.       Formalistik

48.  Kritik ilmiah bersifat....
a.       Umum
b.      Khusus
c.       Tertutup
d.      Terbuka
e.       Pribadi

49.  Kreasi artistik tidak terletak pada kemampuan seniman untuk mengelolah material seni ataupun pada masalah internal karya seni merupakan pendapat dari kritikus.....
a.         Jurnalistik
b.         Instrumentalistik
c.         ekspresivisme
d.        Formalistik
e.         Pedagogig

50.  Pendekatan kritik seni yang menganggap karya seni sebagai ekspresi perasaan manusia adalah pendekatan...
a.    Jurnalistik
b.    Formalistik
c.    Instrumentalistik
d.   Pedagogig
e.    Ekspresisvisme

51.  Proses mengemukakan arti atau makna karya seni dari hasil deskripsi dan analisis yang cermat disebut .....
a.       Analisis
b.      Interpretasi
c.       Evaluasi
d.      Deskripsi
e.       Kesimpulan

52.  Pada tahap interpretasi, kritikus bertindak sebagai .....
a.       Pengamat karya seni
b.      Menilai karya seni
c.       Memutuskan makna seni
d.      Menanggapi karya seni
e.       Menentukan harga karya seni

53.  Tujuan dari kritik jurnalistik adalah .....
a.       Memberikan informasi tentang berbagai peristiwa dalam dunia kesenian
b.      Mengembangkan bakat dan potensi artistik-estetik peserta didik
c.       Dapat mengungkap makna seni berdasarkan bukti-bukti yang dikemukakan
d.      Mendapatkan makna dari karya seni yang dikritik
e.       Untuk menentukan ekselensi karya seni adalah significant from

54.  Sisi subjektif seniman dipengaruhi oleh faktor .....
a.       Psikologis
b.      Sosial
c.       Lingkungan
d.      Fisik
e.       Budaya

55.  Scholarly criticism dalam bahasa Indonesia berarti kritik .....
a.       Jurnalistik
b.      Ilmiah
c.       Pedagogik
d.      Populer
e.       Formalistik

56.  Proses mengemukan arti atau makna karya seni dari hasil deskripsi dan analisis yang cermat disebut...
a.       Interpretasi
b.      Analisi
c.       Deskripsi
d.      Evaluasi
e.       Narasi

57.  Dibawah ini bukan termasuk kriteria yang digunakan penganut kritik ekspresivisme dalam melakukan analisis seni, apresiasi dan penilaiannya adalah....
a.         Pembahasan pengalaman estetis
b.         Individual seniman
c.         Keluarga seniman
d.        Komunikasi emosi
e.         Ekspresi diri

58.  Kritik formalistik lebih menekankan pada...
a.       Ekspresi pribadi
b.      Emosi manusia
c.       Individual seniman
d.      Keindahan bentuk seni
e.       Komunikasi emosi



59.  Kehidupan seni memiliki dunia sendiri merupakan asumsi dari pendekatan....
a.       Jurnalistik
b.      formalistik
c.       ekpresivisme
d.      instrumentalistik
e.       populer

60.  Kritik yang diterapkan dalam kegiatan proses belajar mengajar di lembaga pendidikan kesenian adalah kritik...
a.       Ilmiah
b.      Jurnalistik
c.       Pedagogig
d.      Populer
e.       Formalistik

61.  Kritik ilmiah bersifat....
a.       Umum
b.      Khusus
c.       Tertutup
d.      Terbuka
e.       Pribadi

62.  Kreasi artistik tidak terletak pada kemampuan seniman untuk mengelolah material seni ataupun pada masalah internal karya seni merupakan pendapat dari kritikus.....
a.         Jurnalistik
b.         Instrumentalistik
c.         ekspresivisme
d.        Formalistik
e.         Pedagogig

63.  Menemukan gagasan yang terdapat pada sebuah karya seni adalah fungsi dari...
a.       Seniman
b.      Penikmat seni
c.       Karya seni
d.      Kritikus seni
e.       Masyarakat

64.  Jenis kritik yang ditulis dalam surat kabar atau majalah adalah kritik...
a.       Populer
b.      Ilmiah
c.       Jurnalistik
d.      Formalistik
e.       Masyarakat

65.  Pendekatan kritik seni yang menganggap karya seni sebgai ekspresi perasaan manusia adalah pendekatan...
a.         Jurnalistik
b.         Formalistik
c.         Instrumentalistik
d.        Pedagogig
e.         ekspresisvisme



 B.SOAL ESSAY
1.      Sebutkan nilai-nilai sosial dalam proses pagelaran seni ?
2.         Mengapa kita perlu memahami makna setiap adegan, gerakan, musikalitas ataupun syair lagu, properti, tata panggung, tata rias kostum dalam pagelaran seni yang akan kita laksanakan ?
3.         Apa yang di maksud kritik seni instrumentalistik, berikan contohnya?
4.         Sebutkan dan jelaskan 2 (dua) fungsi kritik seni?
5.         Mengapa dalam kritik seni diperlukan media bahasa yang efektif dan komunikatif ?
6.   Jelaskan yang dimaksud kritik seni pendekatan formalistik, pendekatan ekspresivisme dan pendekatan instrumentalistis ?
7.         Apa saja aktifitas untuk memahami unsur estetis dalam suatu karya musik?
8.  Sebutkan dan jelaskan unsur-unsur tari ?
9.  Sebutkan tahap-tahap merancang pertunjukan teater 
10. Jelaskan maksud tentang tujuan kritik seni adalah evaluasi seni, apresiasi seni, dan pengembangan seni ke taraf yang lebih kreatif dan inovatif?

11.         Sebutkan dan Jelaskan macam kritik seni musik 
12.         Apakah tujuan dan manfaat diadakan pagelaran seni di sekolah ?
13.         Jelaskan secara singkat dua langkah umum dalam mengadakan pagelaran seni di sekolah ?
14.         Buatlah tema menarik, orisinal dan kemudian jabarkan menjadi sub tema ?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentarmu berguna bagiku......

Powered By Blogger

Ayo Gabung di Sini !!

Arsip Blog