1.
Pada
umumnya, nilai-nilai yang terkandung dalam musik (lagu) disampaikan melalui
a.
Irama
b.
Alat
musik
c.
Tempo
d.
Melodi
e.
syair
2.
Hasil
karya musik berupa rangkaian nada-nada dan syair yang sengaja disusun untuk
mengungkapkan pikiran disebut....
a.
Musik
b.
Kreasi
c.
Suara
d.
Nada
e.
Lagu
3.
Musik
merupakan bahasa ekspresi yang dapat digunakan untuk mengungkapkan....
a.
Perasaan
b.
Keadilan
c.
Gambaran
d.
Kejujuran
e.
Kebenaran
4.
Musik
yang semata-mata untuk didengar dan dinikmati nilai-nilai keindahannya
dinamakan tempat...
a.
Keagamaan
b.
Murni
c.
Tidak
murni
d.
Terapan
e.
Edukasi
5.
Hasil
karya musik berupa rangkaian nada-nada dan syair yang sengaja disusun untuk
mengungkapkan pikiran disebut....
a.
Musik
b.
Kreasi
c.
Suara
d.
Nada
e.
Lagu
6.
Musik
merupakan bahasa ekspresi yang dapat digunakan untuk mengungkapkan....
a.
Perasaan
b.
Keadilan
c.
Gambaran
d.
Kejujuran
e.
Kebenaran
7.
Di
bawah ini termasuk elemen-elemen musik, kecuali .....
a.
Harmoni
b.
Ritme
c.
Proporsi
d.
Nada
e.
Ekspresi
8.
Media
permainan, media penerangan, dan iringan pertunjukan termasuk dalam ..... musik
a.
Unsur
b.
Hakikat
c.
Ideologi
d.
Fungsi
e.
Tujuan
- Penentuan jadwal kegiatan ketika akan melakukan pagelaran seni sangat menentukan dibawah ini, kecuali:
a.
Sponsor yang
masuk
b.
Jumlah pemain
c.
Kesuksesan
d.
Keuntungan
e.
Jumlah alat
yang di butuhkan
- Suatu pagelaran akan berjalan dengan baik apabila terdapat....
a.
Penanggung
jawab
b.
Kepanitiaan
c.
Latihan
d.
Ketua
e.
Pemimpin
pagelaran
- Pertunjukan dilingkungan sekolah tentu berbeda dengan pertunjukan yang sering diselenggarakan secara akbar di masyarakat. Namun pada dasarnya, sebelum pertunjukan intinya harus.....
a.
Mempersiapkan
acara pertunjukan
b.
Memperkirakan
keuntungan yang diperoleh
c.
Mengesampingkan
budaya daerah setempat
d.
Menjauhi
teman yang tidak berbakat seni
e.
Dilaksanakan
secara besar-besarna tanpa memikirkan anggaran yang ada
- Rencana kerja yang dibuat secara tertulis disebut....
a.
Tema
b.
Proposal
c.
Jurnal kerja
d.
Skedul
e.
Rundown
- Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mementaskan karya seni pertunjukan, kecuali....
a.
Menguasai
materi yang akan ditampilkan
b.
Memeriksa
peralatan yang akan digunakan
c.
Tidak
mengulang pertunjukan
d.
Mengusai
teknik
e.
Memilih
pertunjukan yang berdurasi lama
- Dibawah ini adalah pernyataan yang kurang tepat tentang keberhasilan pagelaran seni dalam aspek edukatif, yaitu.....
a. Harus dapat menuntun penonton/penikmat ke arah
pengembangan cita rasa keindahan
b. Mengandung gagasan pesan yang mudah diserap oleh
penikmat
c. Harus mampu memberikan penerangan positif kepada
penonton meskipun secara tidak langsung
d. Mampu memberikan pelajaran dan pendidikan berharga
bagi publiknya
e. Mampu menampilkan gagasan-gagasan baru yang
orisinal dan murni
- Ikatan perjanjian yang dilakukan ketika siswa secara bersama-sama merencanakan suatu pagelaran disebut sebagai...
a.
Tanggung
jawab
b.
Komitmen
c.
Konsekuen
d.
Promis
e.
Konsisten
- Berikut ini bentuk tanggung jawab pantitia pagelaran seni, kecuali:...
a.
Membantu
penggalangan dana
b.
Membuat
laporan
c.
Selalu ikut
rapat
d.
Ikut nebeng
nama sebagai panitia
e.
Selalu
koordinasi
- Suatu pertunjukan seni yang terbilang profesional harus dibatasi waktu penyelenggarannya. Pembatasan waktu pertunjukan tersebut, disebut....
a.
Interval
b.
Durasi
c.
Tempo
d.
Irama
e.
Jeda
- Fungsi pagelaran secara umum adalah di bawah ini, kecuali....
a. apresiasi
b. edukasi
c. intervensi
d. rekreasi
e. prestasi
- Membuat hiasan tempat
pagelaran seni menjadi indah dan menarik merupakan tugas seksi..
a. Dokumentasi
b. Publikasi
c. Dekorasi
d. Penyeleksi
e. Perlengkapan
- Di bawah ini bukan
menjadi bahan pertimbangan dalam memilih tempat pertunjukan adalah....
a. Lokasinya yang strategis
b. Alokasi dana yang cukup
c. Ukurannya sesuai dengan
perkiraan jumlah penonton
d. Ketersediaan fasilitas
yang dibutuhkan
e. Persetujuan ketua panita
- Berikut ini yang
akan mengalami kejenuhan saat menyaksikan pagelaran, kecuali..
a. Susunan materi acara
tidak menarik
b. Tarian yang sama di
ulang-ulang
c. Tidak ada kesesuaian
antara tim produksi dan tim artistik
d. Tidak ada interaksi
anatara penampil dan penonton
e. Susunan acara dinamis
dan konsisten dengan tema
- Di bawah ini adalah
fungsi pagelaran seni, kecuali :
a. Membiasakan diri untuk
bersikap sportif, dalam arti kita dituntut untuk bersikap jujur dan bertanggung
jawab atas hasil kerja dan kemampuan kita sendiri
b. Sarana komunikasi antara
seniman dengan seniman
c. Memperluas wawasan dan
pengetahuan berorganisasi melalui pagelaran seni
d. Menumbuhkan rasa percaya
diri untuk menampilkan kreatifitas di hadapan publik
e. Mengembangkan sikap
apresiasi serta kreasi seni di kalangan siswa
- Sebelum pelaksanaan
kegiatan pameran, pagelaran kelas atau sekolah, perlu di buat terlebih
dahulu
a.
Laporan
b.
Evaluasi
c.
Proposal
d.
Brosur
e.
dekorasi
- Panggung yang berada
dalam suatu ruangan atau auditorium disebut dengan panggung...
a.
Prosenium
b.
Terbuka
c.
Tapal kuda
d.
Letter U
e.
Pertunjukan
- Latihan persiapan
yang diadakan menjelang pelaksanan pagelaran seni sesungguhnya, dikenal
dengan istilah...
a. Gladi bersih
b. Latihan pamungkas
c. Pembukaan
d. Gladi kotor
e. Gladiator
- Secara umum ada dua jenis tindakan dalam
persiapan dan pelaksanaan pagelaran seni
yaitu kreatifitas :
a. Managerial dan
Konseptual
b. Emosional dan
Ekspresional
c. Imajinasi dan ekspresional
d. Pribadi dan pelatih
e. Personal dan Antar teman
- Kreatifitas
managerial berkaitan dengan
berbagai macam pengaturan-pengaturan :
a. Waktu, honor, biaya, kepanitian, sarana-sarana,
rapat-rapat, dan makan-makan.
b. Waktu, tempat, biaya, kepanitian, sarana-sarana,
rapat-rapat, dan evaluasi.
c. Waktu, tempat, transport, kepanitian, latihan,
rapat-rapat, dan evaluasi.
d. Tempat, biaya, kepanitian, sarana-sarana,
rapat-rapat, gladi bersih dan evaluasi.
e. Waktu, tempat, biaya, kepanitian, pelatih,
rapat-rapat, dan evaluasi.
- Kreatifitas
Konseptual (pengembangan ide)
berkaitan erat dengan penentuan, pengembangan, dan pelaksanaan suatu ide
dasar dari pagelaran seperti :
a. Perumusan sasaran, penentuan tema, penjabaran isi
tema, pengejahwantahan isi tema, dan apresiasi pagelaran
b. Perumusan tujuan, penentuan tema, penjabaran isi
tema, pengejahwantahan isi tema, dan apresiasi pagelaran
c. Perumusan hakikat, penentuan tema, penjabaran isi
tema, pengejahwantahan isi tema, dan apresiasi pagelaran
d. Perumusan tujuan, penentuan acara, penjabaran isi
acara, pengejahwantahan isi acara, dan evaluasi pagelaran
e. Perumusan tujuan, penentuan tujuan, penjabaran isi
tujuan, pengejahwantahan isi tujuan, dan apresiasi pagelaran
- Kreatifitas
managerial berkaitan erat dengan pengembangan kemampuan kreatifitas dengan mengacu pada....
a. Nilai realitas dan nilai efisiensi
b. Nilai efektifitas dan efisiensi
c. Nilai non efektifitas dan nilai efisiensi
d. Nilai moral dan estetika
e. Nilai
efektifitas dan nilai keindahan
- Sebelum merencanakan, mempersiapkan, dan
melaksanakan pagelaran di sekolah, kita perlu mempertimbangkan kesesuaian
waktu pelaksanan pagelaran dengan....
a.
Kalender umum
b.
Kalender Masehi
c.
Kalender Hijriah
d.
Kalender Sekolah
e.
Kalender Pendidikan
31. Kepanitian yang merupakan organisasi untuk pagelaran,
di dalamnya terdapat unsur yang harus mampu bekerja sama, sehingga dapat
mengorganisir pelaksanan pergelaran, antara lain di bawah ini, kecuali
:
a.
Pihak–pihak
yang telah ditunjuk menjadi panitia harus mengetahui tugas masing- masing
b.
Para seksi
harus segera membuat program kerja dan rencana anggaran biaya serta
melaporkannya kepada ketua panitia untuk dibahas
c.
Pembuatan
program kerja dan angaran biaya tersebut harus realistis tidak mengada-ada
d.
Bertindaknya
sebebasnya tanpa koordinasi dengan Pembina
e.
Semua panitia
harus dapat berkoordinasi dan bersinergi
- Demi efektifnya dan terkontrolnya suatu
pekerjaan, panitia perlu membuat suatu program atau agenda kerja, program
ini berisi :
a.
Jadwal rapat
dan penanggungjawabnya, serta bagaimana pelaksanaannya
b.
Jadwal
koordinator dan penanggungjawabnya, serta bagaimana pelaksanaannya
c.
Jadwal
kegiatan dan penanggungjawabnya, serta bagaimana pelaksanaannya
d.
Jadwal acara
dan penanggungjawabnya, serta bagaimana pelaksanaannya
e.
Tujuan
kegiatan dan penanggungjawabnya, serta bagaimana pelaksanaannya
- Evaluasi pagelaran bertujuan untuk......
a. melihat segi positif dari suatu pagelaran yang
telah dilakukan agar pelaksanaan pagelaran yang akan datang lebih baik
b. melihat segi negatif dari suatu pagelaran yang
telah dilakukan agar pelaksanaan pagelaran yang akan datang lebih baik
c. melihat segi anggaran dari suatu pagelaran yang
telah dilakukan agar pelaksanaan pagelaran yang akan datang anggarannya lebih
besar
d. melihat segi positif dan negatif dari suatu
pagelaran yang telah dilakukan agar pelaksanaan
pagelaran yang akan datang lebih baik
e. melihat segi acara dari suatu pagelaran yang telah
dilakukan agar pelaksanaan pagelaran yang akan datang lebih meriah
- Tugas seksi penghubung (Humas) adalah berikut
ini, kecuali.....
a. Mengurus izin pergelaran bila perlu
b. Membuat propaganda, misalnya dengan poster,
pengumuman, iklan dalam surat kabar, televisi, dll
c. Mencetak dan menjual/mengedarkan tanda masuk dan
program acara
d. Mengurus penerimaan tamu almamater pada saat pagelaran
e. Meminta kesanggupan masing-masing anggota untuk
ikut pergelaran
- Tugas dari seksi
acara pagelaran yang kurang tepat yaitu :
a. Menyiapkan, memantau persiapan, dan menyeleksi
para pengisi acara
b. Menyiapkan pembawa acara (MC)
c. Membuat tata tertib pengisi acara dan hadirin,
agar acara berjalan tertib
d. Membuat konsep acara
e. Mengkoordinasikan pihak-pihak yang bertugas pada
saat acara dilaksanakan
- Urutan tahapan
dalam “kreatifitas konseptual”
yaitu:
a. Pemilihan, penjabaran tema, latihan persiapan
hingga gladi resik dan pelaksanan pentas
b. Penjabaran, pemilihan tema, latihan persiapan
hingga gladi resik dan pelaksanan pentas
c. Pemilihan, penjabaran tema, pelaksanan pentas dan
latihan persiapan hingga gladi resik
d. Pelaksanan pentas,
pemilihan, penjabaran tema, dan latihan persiapan hingga gladi resik
e. Latihan persiapan hingga gladi resik, pemilihan,
penjabaran tema, dan pelaksanan pentas
- Hal-hal yang harus ditentukan sebelum
merumuskan tema pagelaran :
a.
Tujuan
pagelaran, bentuk pagelaran dan sasaran pagelaran
b.
Tema
pagelaran, bentuk pagelaran dan sasaran pagelaran
c.
Konsep pagelaran,
bentuk pagelaran dan sasaran pagelaran
d.
Tujuan
pagelaran, konsep pagelaran dan sasaran pagelaran
e.
Tujuan
pagelaran, bentuk pagelaran dan sajian pagelaran
- Manfaat latihan persiapan untuk
pergelaran adalah berikut ini, kecuali
a.
Meningkatkan
penguasaan materi acara
b.
Menghabiskan
dana dan energi
c.
Memperbaiki
skenario tampilan demi kesatuan tema
d.
Mempersiapkan
mental penyaji
e.
Mempelajari
dan mendalami strategi untuk menjaga kesatuan antar-acara oleh penanggung jawab
acara (MC)
- Media kritik seni
adalah...
a.
Kertas
b.
Laptop
c.
Bahasa
d.
Mata
e.
Buku
- Kegiatan kritik ini
umumnya menanggapi kesesuain atau keterkaitan antara judul, tema, isi dan
visualisasi objek-objek yang ditampilkan dalam sebuah karya disebut...
a.
Artistik
b.
Formalistik
c.
populer
d.
Instrumentalistik
e.
Ekspresivistik
- Pendekatan yang
menganggap bahwa karya seni sebagai rekaman perasaan yang diekspresikan
penggubahnya disebut pendekatan....
a.
Formalistik
b.
Instrumentalistik
c.
Ekspresivistik
d.
Jurnalis
e.
Ilimiah
- Tugas kritikus
dalam menguraikan gerak, ruang, waktu, tenaga dan ekspresi pada karya seni
tari masuk ke dalam tahapan...
a. Deskripsi
b. Interpretasi
c. Analisis
d. Evaluasi
e. Penafsiran
- Kritik seni yang
hasil tanggapan atau penilainnya di sampaikan secara terbuka kepada publik
melalui media massa khusunya surat kabar disebut kritik...
a.
Populer
b.
Jurnalis
c.
Ilmiah
d.
Pendidikan
e.
Formalistik
- Kritik jenis ini
umumnya disampaikan oleh seorang kritikus yang sudah teruji kepakarannya
dalam bidang seni, atau kegiatan kritik yang disampaikan mengikuti
kaidah-kaidah atau metodologi kritik secara akademis disebut......
a.
kritik populer
b.
Kritik keilmuan
c.
Kritik jurnalis
d.
Kritik pendidikan
e.
Kritik artistik
- Penafsiran terhadap
jiwa atau karya musik yang diperoleh dari pengamatan mendalam akan karya
tersebut sebagai...
a.
Komposer
b.
Komponis
c.
Pembawaan lagu
d.
Interpretasi
e.
Interkomunikasi
46. Kritik
formalistik lebih menekankan pada...
a.
Ekspresi
pribadi
b.
Emosi
manusia
c.
Individual
seniman
d.
Keindahan
bentuk seni
e.
Komunikasi
emosi
47. Kritik yang
diterapkan dalam kegiatan proses belajar mengajar di lembaga pendidikan
kesenian adalah kritik...
a.
Ilmiah
b.
Jurnalistik
c.
Pedagogig
d.
Populer
e.
Formalistik
48. Kritik ilmiah
bersifat....
a.
Umum
b.
Khusus
c.
Tertutup
d.
Terbuka
e.
Pribadi
49. Kreasi artistik
tidak terletak pada kemampuan seniman untuk mengelolah material seni ataupun
pada masalah internal karya seni merupakan pendapat dari kritikus.....
a.
Jurnalistik
b.
Instrumentalistik
c.
ekspresivisme
d.
Formalistik
e.
Pedagogig
50. Pendekatan
kritik seni yang menganggap karya seni sebagai ekspresi perasaan manusia adalah
pendekatan...
a.
Jurnalistik
b.
Formalistik
c.
Instrumentalistik
d.
Pedagogig
e.
Ekspresisvisme
51. Proses
mengemukakan arti atau makna karya seni dari hasil deskripsi dan analisis yang
cermat disebut .....
a.
Analisis
b.
Interpretasi
c.
Evaluasi
d.
Deskripsi
e.
Kesimpulan
52. Pada tahap
interpretasi, kritikus bertindak sebagai .....
a.
Pengamat
karya seni
b.
Menilai
karya seni
c.
Memutuskan
makna seni
d.
Menanggapi
karya seni
e.
Menentukan
harga karya seni
53. Tujuan dari
kritik jurnalistik adalah .....
a.
Memberikan
informasi tentang berbagai peristiwa dalam dunia kesenian
b.
Mengembangkan
bakat dan potensi artistik-estetik peserta didik
c.
Dapat
mengungkap makna seni berdasarkan bukti-bukti yang dikemukakan
d.
Mendapatkan
makna dari karya seni yang dikritik
e.
Untuk
menentukan ekselensi karya seni adalah significant
from
54. Sisi subjektif
seniman dipengaruhi oleh faktor .....
a.
Psikologis
b.
Sosial
c.
Lingkungan
d.
Fisik
e.
Budaya
55. Scholarly criticism dalam bahasa
Indonesia berarti kritik .....
a.
Jurnalistik
b.
Ilmiah
c.
Pedagogik
d.
Populer
e.
Formalistik
56. Proses
mengemukan arti atau makna karya seni dari hasil deskripsi dan analisis yang
cermat disebut...
a.
Interpretasi
b.
Analisi
c.
Deskripsi
d.
Evaluasi
e.
Narasi
57. Dibawah ini bukan
termasuk kriteria yang digunakan penganut kritik ekspresivisme dalam melakukan
analisis seni, apresiasi dan penilaiannya adalah....
a.
Pembahasan
pengalaman estetis
b.
Individual
seniman
c.
Keluarga
seniman
d.
Komunikasi
emosi
e.
Ekspresi
diri
58. Kritik
formalistik lebih menekankan pada...
a.
Ekspresi
pribadi
b.
Emosi
manusia
c.
Individual
seniman
d.
Keindahan
bentuk seni
e.
Komunikasi
emosi
59. Kehidupan seni
memiliki dunia sendiri merupakan asumsi dari pendekatan....
a.
Jurnalistik
b.
formalistik
c.
ekpresivisme
d.
instrumentalistik
e.
populer
60. Kritik yang
diterapkan dalam kegiatan proses belajar mengajar di lembaga pendidikan
kesenian adalah kritik...
a.
Ilmiah
b.
Jurnalistik
c.
Pedagogig
d.
Populer
e.
Formalistik
61. Kritik ilmiah
bersifat....
a.
Umum
b.
Khusus
c.
Tertutup
d.
Terbuka
e.
Pribadi
62. Kreasi artistik
tidak terletak pada kemampuan seniman untuk mengelolah material seni ataupun
pada masalah internal karya seni merupakan pendapat dari kritikus.....
a.
Jurnalistik
b.
Instrumentalistik
c.
ekspresivisme
d.
Formalistik
e.
Pedagogig
63. Menemukan
gagasan yang terdapat pada sebuah karya seni adalah fungsi dari...
a.
Seniman
b.
Penikmat
seni
c.
Karya
seni
d.
Kritikus
seni
e.
Masyarakat
64. Jenis kritik
yang ditulis dalam surat kabar atau majalah adalah kritik...
a.
Populer
b.
Ilmiah
c.
Jurnalistik
d.
Formalistik
e.
Masyarakat
65. Pendekatan
kritik seni yang menganggap karya seni sebgai ekspresi perasaan manusia adalah
pendekatan...
a.
Jurnalistik
b.
Formalistik
c.
Instrumentalistik
d.
Pedagogig
e.
ekspresisvisme
B.SOAL ESSAY
1. Sebutkan
nilai-nilai sosial dalam proses pagelaran seni ?
2.
Mengapa kita perlu memahami makna
setiap adegan, gerakan, musikalitas ataupun syair lagu, properti, tata
panggung, tata rias kostum dalam pagelaran seni yang akan kita laksanakan ?
3.
Apa yang di maksud kritik seni instrumentalistik, berikan contohnya?
4.
Sebutkan dan jelaskan 2 (dua) fungsi kritik seni?
5.
Mengapa dalam kritik seni diperlukan media bahasa yang efektif dan
komunikatif ?
6. Jelaskan yang dimaksud kritik seni pendekatan formalistik, pendekatan
ekspresivisme dan pendekatan instrumentalistis ?
7. Apa saja aktifitas untuk memahami unsur estetis dalam suatu karya musik?
8. Sebutkan dan jelaskan unsur-unsur tari ?
9. Sebutkan tahap-tahap merancang
pertunjukan teater
10. Jelaskan maksud tentang tujuan kritik seni adalah evaluasi seni, apresiasi seni, dan pengembangan seni ke taraf yang lebih kreatif dan inovatif?
10. Jelaskan maksud tentang tujuan kritik seni adalah evaluasi seni, apresiasi seni, dan pengembangan seni ke taraf yang lebih kreatif dan inovatif?
11.
Sebutkan dan
Jelaskan macam kritik seni musik
12.
Apakah tujuan
dan manfaat diadakan pagelaran seni di sekolah ?
13.
Jelaskan
secara singkat dua langkah umum dalam mengadakan pagelaran seni di sekolah ?
14.
Buatlah tema
menarik, orisinal dan kemudian jabarkan menjadi sub tema ?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentarmu berguna bagiku......