Jumat, 01 Mei 2020

KISI-KISI DAN LATIHAN SOAL KELAS XI PAT-2020






1. Pada umumnya, nilai-nilai yang terkandung dalam musik (lagu) disampaikan melalui

a. Irama

b. Alat musik

c. Tempo

d. Melodi

e. syair



2. Hasil karya musik berupa rangkaian nada-nada dan syair yang sengaja disusun untuk mengungkapkan pikiran disebut....

a. Musik

b. Kreasi

c. Suara

d. Nada

e. Lagu



3. Musik merupakan bahasa ekspresi yang dapat digunakan untuk mengungkapkan....

a. Perasaan

b. Keadilan

c. Gambaran

d. Kejujuran

e. Kebenaran



4. Musik yang semata-mata untuk didengar dan dinikmati nilai-nilai keindahannya dinamakan tempat...

a. Keagamaan

b. Murni

c. Tidak murni

d. Terapan

e. Edukasi



5. Hasil karya musik berupa rangkaian nada-nada dan syair yang sengaja disusun untuk mengungkapkan pikiran disebut....

a. Musik

b. Kreasi

c. Suara

d. Nada

e. Lagu



6. Musik merupakan bahasa ekspresi yang dapat digunakan untuk mengungkapkan....

a. Perasaan

b. Keadilan

c. Gambaran

d. Kejujuran

e. Kebenaran



7. Di bawah ini termasuk elemen-elemen musik, kecuali .....

a. Harmoni

b. Ritme

c. Proporsi

d. Nada

e. Ekspresi




8. Media permainan, media penerangan, dan iringan pertunjukan termasuk dalam ..... musik

a. Unsur

b. Hakikat

c. Ideologi

d. Fungsi

e. Tujuan


9.Penentuan jadwal kegiatan ketika akan melakukan pagelaran seni sangat menentukan dibawah ini, kecuali:

a. Sponsor yang masuk

b. Jumlah pemain

c. Kesuksesan

d. Keuntungan

e. Jumlah alat yang di butuhkan


10.Suatu pagelaran akan berjalan dengan baik apabila terdapat....

a. Penanggung jawab

b. Kepanitiaan

c. Latihan

d. Ketua

e. Pemimpin pagelaran


11. Pertunjukan dilingkungan sekolah tentu berbeda dengan pertunjukan yang sering diselenggarakan secara akbar di masyarakat. Namun pada dasarnya, sebelum pertunjukan intinya harus.....

a. Mempersiapkan acara pertunjukan

b. Memperkirakan keuntungan yang diperoleh

c. Mengesampingkan budaya daerah setempat

d. Menjauhi teman yang tidak berbakat seni

e. Dilaksanakan secara besar-besarna tanpa memikirkan anggaran yang ada


12. Rencana kerja yang dibuat secara tertulis disebut....

a. Tema

b. Proposal

c. Jurnal kerja

d. Skedul

e. Rundown


13. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mementaskan karya seni pertunjukan, kecuali....

a. Menguasai materi yang akan ditampilkan

b. Memeriksa peralatan yang akan digunakan

c. Tidak mengulang pertunjukan

d. Mengusai teknik

e. Memilih pertunjukan yang berdurasi lama


14. Dibawah ini adalah pernyataan yang kurang tepat tentang keberhasilan pagelaran seni dalam aspek edukatif, yaitu.....

a. Harus dapat menuntun penonton/penikmat ke arah pengembangan cita rasa keindahan

b. Mengandung gagasan pesan yang mudah diserap oleh penikmat

c. Harus mampu memberikan penerangan positif kepada penonton meskipun secara tidak langsung

d. Mampu memberikan pelajaran dan pendidikan berharga bagi publiknya

e. Mampu menampilkan gagasan-gagasan baru yang orisinal dan murni


15. Ikatan perjanjian yang dilakukan ketika siswa secara bersama-sama merencanakan suatu pagelaran disebut sebagai...

a. Tanggung jawab

b. Komitmen

c. Konsekuen

d. Promis

e. Konsisten


16. Berikut ini bentuk tanggung jawab pantitia pagelaran seni, kecuali:...

a. Membantu penggalangan dana

b. Membuat laporan

c. Selalu ikut rapat

d. Ikut nebeng nama sebagai panitia

e. Selalu koordinasi


17. Suatu pertunjukan seni yang terbilang profesional harus dibatasi waktu penyelenggarannya. Pembatasan waktu pertunjukan tersebut, disebut....

a. Interval

b. Durasi

c. Tempo

d. Irama

e. Jeda


18. Fungsi pagelaran secara umum adalah di bawah ini, kecuali....

a. apresiasi

b. edukasi

c. intervensi

d. rekreasi

e. prestasi


19. Membuat hiasan tempat pagelaran seni menjadi indah dan menarik merupakan tugas seksi..

a. Dokumentasi

b. Publikasi

c. Dekorasi

d. Penyeleksi

e. Perlengkapan


20. Di bawah ini bukan menjadi bahan pertimbangan dalam memilih tempat pertunjukan adalah....

a. Lokasinya yang strategis

b. Alokasi dana yang cukup

c. Ukurannya sesuai dengan perkiraan jumlah penonton

d. Ketersediaan fasilitas yang dibutuhkan

e. Persetujuan ketua panita


21. Berikut ini yang akan mengalami kejenuhan saat menyaksikan pagelaran, kecuali..

a. Susunan materi acara tidak menarik

b. Tarian yang sama di ulang-ulang

c. Tidak ada kesesuaian antara tim produksi dan tim artistik

d. Tidak ada interaksi anatara penampil dan penonton

e. Susunan acara dinamis dan konsisten dengan tema


22. Di bawah ini adalah fungsi pagelaran seni, kecuali :

a. Membiasakan diri untuk bersikap sportif, dalam arti kita dituntut untuk bersikap jujur dan bertanggung jawab atas hasil kerja dan kemampuan kita sendiri

b. Sarana komunikasi antara seniman dengan seniman

c. Memperluas wawasan dan pengetahuan berorganisasi melalui pagelaran seni

d. Menumbuhkan rasa percaya diri untuk menampilkan kreatifitas di hadapan publik

e. Mengembangkan sikap apresiasi serta kreasi seni di kalangan siswa


23. Sebelum pelaksanaan kegiatan pameran, pagelaran kelas atau sekolah, perlu di buat terlebih dahulu

a. Laporan

b. Evaluasi

c. Proposal

d. Brosur

e. dekorasi


24. Panggung yang berada dalam suatu ruangan atau auditorium disebut dengan panggung...

a. Prosenium

b. Terbuka

c. Tapal kuda

d. Letter U

e. Pertunjukan


25.Latihan persiapan yang diadakan menjelang pelaksanan pagelaran seni sesungguhnya, dikenal dengan istilah...

a. Gladi bersih

b. Latihan pamungkas

c. Pembukaan

d. Gladi kotor

e. Gladiator


26. Secara umum ada dua jenis tindakan dalam persiapan dan pelaksanaan pagelaran seni yaitu kreatifitas :

a. Managerial dan Konseptual

b. Emosional dan Ekspresional

c. Imajinasi dan ekspresional

d. Pribadi dan pelatih

e. Personal dan Antar teman


27. Kreatifitas managerial berkaitan dengan berbagai macam pengaturan-pengaturan :

a. Waktu, honor, biaya, kepanitian, sarana-sarana, rapat-rapat, dan makan-makan.

b. Waktu, tempat, biaya, kepanitian, sarana-sarana, rapat-rapat, dan evaluasi.

c. Waktu, tempat, transport, kepanitian, latihan, rapat-rapat, dan evaluasi.

d. Tempat, biaya, kepanitian, sarana-sarana, rapat-rapat, gladi bersih dan evaluasi.

e. Waktu, tempat, biaya, kepanitian, pelatih, rapat-rapat, dan evaluasi.


28. Kreatifitas Konseptual (pengembangan ide) berkaitan erat dengan penentuan, pengembangan, dan pelaksanaan suatu ide dasar dari pagelaran seperti :

a. Perumusan sasaran, penentuan tema, penjabaran isi tema, pengejahwantahan isi tema, dan apresiasi pagelaran

b. Perumusan tujuan, penentuan tema, penjabaran isi tema, pengejahwantahan isi tema, dan apresiasi pagelaran

c. Perumusan hakikat, penentuan tema, penjabaran isi tema, pengejahwantahan isi tema, dan apresiasi pagelaran

d. Perumusan tujuan, penentuan acara, penjabaran isi acara, pengejahwantahan isi acara, dan evaluasi pagelaran

e. Perumusan tujuan, penentuan tujuan, penjabaran isi tujuan, pengejahwantahan isi tujuan, dan apresiasi pagelaran


29. Kreatifitas managerial berkaitan erat dengan pengembangan kemampuan kreatifitas dengan mengacu pada....

a. Nilai realitas dan nilai efisiensi

b. Nilai efektifitas dan efisiensi

c. Nilai non efektifitas dan nilai efisiensi

d. Nilai moral dan estetika

e. Nilai efektifitas dan nilai keindahan

30. Sebelum merencanakan, mempersiapkan, dan melaksanakan pagelaran di sekolah, kita perlu mempertimbangkan kesesuaian waktu pelaksanan pagelaran dengan....

a. Kalender umum

b. Kalender Masehi

c. Kalender Hijriah

d. Kalender Sekolah

e. Kalender Pendidikan



31. Kepanitian yang merupakan organisasi untuk pagelaran, di dalamnya terdapat unsur yang harus mampu bekerja sama, sehingga dapat mengorganisir pelaksanan pergelaran, antara lain di bawah ini, kecuali :

a. Pihak–pihak yang telah ditunjuk menjadi panitia harus mengetahui tugas masing- masing

b. Para seksi harus segera membuat program kerja dan rencana anggaran biaya serta melaporkannya kepada ketua panitia untuk dibahas

c. Pembuatan program kerja dan angaran biaya tersebut harus realistis tidak mengada-ada

d. Bertindaknya sebebasnya tanpa koordinasi dengan Pembina

e. Semua panitia harus dapat berkoordinasi dan bersinergi

32.Demi efektifnya dan terkontrolnya suatu pekerjaan, panitia perlu membuat suatu program atau agenda kerja, program ini berisi :

a. Jadwal rapat dan penanggungjawabnya, serta bagaimana pelaksanaannya

b. Jadwal koordinator dan penanggungjawabnya, serta bagaimana pelaksanaannya

c. Jadwal kegiatan dan penanggungjawabnya, serta bagaimana pelaksanaannya

d. Jadwal acara dan penanggungjawabnya, serta bagaimana pelaksanaannya

e. Tujuan kegiatan dan penanggungjawabnya, serta bagaimana pelaksanaannya

33.Evaluasi pagelaran bertujuan untuk......

a. melihat segi positif dari suatu pagelaran yang telah dilakukan agar pelaksanaan pagelaran yang akan datang lebih baik

b. melihat segi negatif dari suatu pagelaran yang telah dilakukan agar pelaksanaan pagelaran yang akan datang lebih baik

c. melihat segi anggaran dari suatu pagelaran yang telah dilakukan agar pelaksanaan pagelaran yang akan datang anggarannya lebih besar

d. melihat segi positif dan negatif dari suatu pagelaran yang telah dilakukan agar pelaksanaan pagelaran yang akan datang lebih baik

e. melihat segi acara dari suatu pagelaran yang telah dilakukan agar pelaksanaan pagelaran yang akan datang lebih meriah

34.Tugas seksi penghubung (Humas) adalah berikut ini, kecuali.....

a. Mengurus izin pergelaran bila perlu

b. Membuat propaganda, misalnya dengan poster, pengumuman, iklan dalam surat kabar, televisi, dll

c. Mencetak dan menjual/mengedarkan tanda masuk dan program acara

d. Mengurus penerimaan tamu almamater pada saat pagelaran

e. Meminta kesanggupan masing-masing anggota untuk ikut pergelaran

35. Tugas dari seksi acara pagelaran yang kurang tepat yaitu :

a. Menyiapkan, memantau persiapan, dan menyeleksi para pengisi acara

b. Menyiapkan pembawa acara (MC)

c. Membuat tata tertib pengisi acara dan hadirin, agar acara berjalan tertib

d. Membuat konsep acara

e. Mengkoordinasikan pihak-pihak yang bertugas pada saat acara dilaksanakan



36.Urutan tahapan dalam “kreatifitas konseptual” yaitu:

a. Pemilihan, penjabaran tema, latihan persiapan hingga gladi resik dan pelaksanan pentas

b. Penjabaran, pemilihan tema, latihan persiapan hingga gladi resik dan pelaksanan pentas

c. Pemilihan, penjabaran tema, pelaksanan pentas dan latihan persiapan hingga gladi resik

d. Pelaksanan pentas, pemilihan, penjabaran tema, dan latihan persiapan hingga gladi resik

e. Latihan persiapan hingga gladi resik, pemilihan, penjabaran tema, dan pelaksanan pentas

37. Hal-hal yang harus ditentukan sebelum merumuskan tema pagelaran :

a. Tujuan pagelaran, bentuk pagelaran dan sasaran pagelaran

b. Tema pagelaran, bentuk pagelaran dan sasaran pagelaran

c. Konsep pagelaran, bentuk pagelaran dan sasaran pagelaran

d. Tujuan pagelaran, konsep pagelaran dan sasaran pagelaran

e. Tujuan pagelaran, bentuk pagelaran dan sajian pagelaran

38. Manfaat latihan persiapan untuk pergelaran adalah berikut ini, kecuali

a. Meningkatkan penguasaan materi acara

b. Menghabiskan dana dan energi

c. Memperbaiki skenario tampilan demi kesatuan tema

d. Mempersiapkan mental penyaji

e. Mempelajari dan mendalami strategi untuk menjaga kesatuan antar-acara oleh penanggung jawab acara (MC)

39. Media kritik seni adalah...

a. Kertas

b. Laptop

c. Bahasa

d. Mata

e. Buku

40. Kegiatan kritik ini umumnya menanggapi kesesuain atau keterkaitan antara judul, tema, isi dan visualisasi objek-objek yang ditampilkan dalam sebuah karya disebut...

a. Artistik

b. Formalistik

c. populer

d. Instrumentalistik

e. Ekspresivistik

41. Pendekatan yang menganggap bahwa karya seni sebagai rekaman perasaan yang diekspresikan penggubahnya disebut pendekatan....

a. Formalistik

b. Instrumentalistik

c. Ekspresivistik

d. Jurnalis

e. Ilimiah

42. Tugas kritikus dalam menguraikan gerak, ruang, waktu, tenaga dan ekspresi pada karya seni tari masuk ke dalam tahapan...

a. Deskripsi

b. Interpretasi

c. Analisis

d. Evaluasi

e. Penafsiran



43 . Kritik seni yang hasil tanggapan atau penilainnya di sampaikan secara terbuka kepada publik melalui media massa khusunya surat kabar disebut kritik...

a. Populer

b. Jurnalis

c. Ilmiah

d. Pendidikan

e. Formalistik

44. Kritik jenis ini umumnya disampaikan oleh seorang kritikus yang sudah teruji kepakarannya dalam bidang seni, atau kegiatan kritik yang disampaikan mengikuti kaidah-kaidah atau metodologi kritik secara akademis disebut......

a. kritik populer

b. Kritik keilmuan

c. Kritik jurnalis

d. Kritik pendidikan

e. Kritik artistik

45 . Penafsiran terhadap jiwa atau karya musik yang diperoleh dari pengamatan mendalam akan karya tersebut sebagai...

a. Komposer

b. Komponis

c. Pembawaan lagu

d. Interpretasi

e. Interkomunikasi



46. Kritik formalistik lebih menekankan pada...

a. Ekspresi pribadi

b. Emosi manusia

c. Individual seniman

d. Keindahan bentuk seni

e. Komunikasi emosi



47. Kritik yang diterapkan dalam kegiatan proses belajar mengajar di lembaga pendidikan kesenian adalah kritik...

a. Ilmiah

b. Jurnalistik

c. Pedagogig

d. Populer

e. Formalistik


48. Kritik ilmiah bersifat....

a. Umum

b. Khusus

c. Tertutup

d. Terbuka

e. Pribadi



49. Kreasi artistik tidak terletak pada kemampuan seniman untuk mengelolah material seni ataupun pada masalah internal karya seni merupakan pendapat dari kritikus.....

a. Jurnalistik

b. Instrumentalistik

c. ekspresivisme

d. Formalistik

e. Pedagogig



50. Pendekatan kritik seni yang menganggap karya seni sebagai ekspresi perasaan manusia adalah pendekatan...

a. Jurnalistik

b. Formalistik

c. Instrumentalistik

d. Pedagogig

e. Ekspresisvisme



51. Proses mengemukakan arti atau makna karya seni dari hasil deskripsi dan analisis yang cermat disebut .....

a. Analisis

b. Interpretasi

c. Evaluasi

d. Deskripsi

e. Kesimpulan



52. Pada tahap interpretasi, kritikus bertindak sebagai .....

a. Pengamat karya seni

b. Menilai karya seni

c. Memutuskan makna seni

d. Menanggapi karya seni

e. Menentukan harga karya seni



53. Tujuan dari kritik jurnalistik adalah .....

a. Memberikan informasi tentang berbagai peristiwa dalam dunia kesenian

b. Mengembangkan bakat dan potensi artistik-estetik peserta didik

c. Dapat mengungkap makna seni berdasarkan bukti-bukti yang dikemukakan

d. Mendapatkan makna dari karya seni yang dikritik

e. Untuk menentukan ekselensi karya seni adalah significant from



54. Sisi subjektif seniman dipengaruhi oleh faktor .....

a. Psikologis

b. Sosial

c. Lingkungan

d. Fisik

e. Budaya



55. Scholarly criticism dalam bahasa Indonesia berarti kritik .....

a. Jurnalistik

b. Ilmiah

c. Pedagogik

d. Populer

e. Formalistik



56. Proses mengemukan arti atau makna karya seni dari hasil deskripsi dan analisis yang cermat disebut...

a. Interpretasi

b. Analisi

c. Deskripsi

d. Evaluasi

e. Narasi



57. Dibawah ini bukan termasuk kriteria yang digunakan penganut kritik ekspresivisme dalam melakukan analisis seni, apresiasi dan penilaiannya adalah....

a. Pembahasan pengalaman estetis

b. Individual seniman

c. Keluarga seniman

d. Komunikasi emosi

e. Ekspresi diri



58. Kritik formalistik lebih menekankan pada...

a. Ekspresi pribadi

b. Emosi manusia

c. Individual seniman

d. Keindahan bentuk seni

e. Komunikasi emosi


59. Kehidupan seni memiliki dunia sendiri merupakan asumsi dari pendekatan....

a. Jurnalistik

b. formalistik

c. ekpresivisme

d. instrumentalistik

e. populer



60. Kritik yang diterapkan dalam kegiatan proses belajar mengajar di lembaga pendidikan kesenian adalah kritik...

a. Ilmiah

b. Jurnalistik

c. Pedagogig

d. Populer

e. Formalistik



61. Kritik ilmiah bersifat....

a. Umum

b. Khusus

c. Tertutup

d. Terbuka

e. Pribadi



62. Kreasi artistik tidak terletak pada kemampuan seniman untuk mengelolah material seni ataupun pada masalah internal karya seni merupakan pendapat dari kritikus.....

a. Jurnalistik

b. Instrumentalistik

c. ekspresivisme

d. Formalistik

e. Pedagogig



63. Menemukan gagasan yang terdapat pada sebuah karya seni adalah fungsi dari...

a. Seniman

b. Penikmat seni

c. Karya seni

d. Kritikus seni

e. Masyarakat



64. Jenis kritik yang ditulis dalam surat kabar atau majalah adalah kritik...

a. Populer

b. Ilmiah

c. Jurnalistik

d. Formalistik

e. Masyarakat



65. Pendekatan kritik seni yang menganggap karya seni sebgai ekspresi perasaan manusia adalah pendekatan...

a. Jurnalistik

b. Formalistik

c. Instrumentalistik

d. Pedagogig

e. ekspresisvisme

66. Suatu kegiatan penyajian atau penyampaian ide atau gagasan karya seni rupa melalui media karya seni kepada masyarakat umum untuk dapat diapresiasi disebut..

a. pameran

b. pertunjukan

c. pementasan

d. pergelaran

e. pemilihan

67. Adanya suatu kesadaran diri terhadap nilai-nilai karya seni berdasarkan pengertian tentang kedalaman suatu bentuk dan isinya merupakan tujuan pameran secara...

a. komunikasi

b. apresiasi

c. rekreasi

d. prestasi

e. pendidikan


68.Seseorang yang bertugas mengoordinasi dan memimpin semua kegiatan yang berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan pameran adalah....

a. bendahara

b. seksi acara

c. penanggung jawab

d. sekretaris

e. ketua panitia

69. Dalam kegiatan pameran memerlukan pencahayaan. Pencahayaan pada kegiatan pameran sebaiknya diarahkan ke

a. panitia

b. karya

c. pengunjung

d. dinding

e atap

70. Pameran yang biasanya dilakukan oleh lembaga profesional atau pemerintah seperti penyajian karya-karya koleksi olehgaleri, museum, dan sebagainya disebut pameran

a. temporer

b. keliling

c nasional

d. tetap

e umum



71. Kegiatan menanggapi karya seni untuk menunjukkan kelebihan dan kekurangan

suatu karya seni disebut ..

a. evaluasi

b. gladi bersih

c. kritik seni

d. pameran

e. berkarya

72. Berikut tahapan-tahapan tentang pendekatan dalam kritik seni, kecuali...

a. deskripsi

b. analisis formal

c. persuasif

d. interpretasi

e. evaluasi

73 . Berikut langkah-langkah mengevaluasi karya-karya seni, kecuali

a. menetapkan sejauh mana karya yang menyimpang dari yang ada sebelumnya

b. menetapkan harga jual karya seni di pasaran

c. mengaitkan sebanyak-banyaknya karya yang dinilai dengan karya yang sejenis

d. menelaah karya dari segi pandang tertentu yang melatarbelakanginya

e. menetapkan tujuan atau fungsi karya yang ditelaah

74. Karya seni dapat dibedakan menjadi karya seni tiga dimensi dan karya seni dua

dimensi. Berikut ini yang termasuk karya seni tiga dimensi adalah....

a. gambar

b. poster

c. seni grafis

d. anyaman

e. lukisan

75. Kritik yang bertujuan mengangkat atau meningkatkan kepekaan artistik serta estetika subjek belajar seni adalah kritik

a. pendidikan

b. populer

c. formalistik

d. keilmuan

e. jurnalistik


76. Kritik yang menanggapi kesesuaian atau keterkaitan antara judul, tema, isi. Dan visualisasi objek-objek yang ditampilkan dalam sebuah karya adalah kritik

a. formalistik

b. populer

c. instrumentalistik

d. ekspresivistik

e. jurnalistik

77. Yang dimaksud dengan tahap analisis formal dalam kritik seni rupa adalah

a. tahap menemukan, mencatat, dan mendeskripsikan segala sesuatu yang dilihat

b.tahap menjernihkan persoalan di dalam proses mengerti suatu karya

c. tahap menelusuri sebuah karya sen berdasarkan struktur formal atau unsur-unsur pembentuknya

d. tahap menentukan kualitas suatu karya seni

e. tahap mengungkapkan setiap detail proses interpretasi dengan bahasa yang tepat


78. Fungsi kritik seni bagi apresiator atau penikmat karya seni adalah...

a. membangun kekurangan pada karya seni

b. membantu memahami karya dan mening katkan pengetahuannya terhadap karya seni yang berkualitas

c. mengupas kedalaman karya seni

d. mengkritik karya seni

e. mendeteksi kelemahan karya seni

79. Kegiatan pameran bertujuan untuk menumbuhkan dan menambah kemampuan dalam memberi apresiasi terhadap karya orang lain serta menambah wawasan dan kemampuan dalam memberikan evaluasi karya secara lebih objektif, merupakan...

a. pengertian pameran

b. jenis pameran

c. füngsi pameran

d. tujuan pameran

e. manfaat pameran

80. Berikut yang tidak termasuk dalam fungsi pameran di sekolah adalah....

a. memamerkan keunggulan sekolah

b. meningkatkan apresiasi seni

c. belajar berorganisasi

d. membangkitkan motivasi seni

e. berkarya visual melalui karya seni

81. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan sehubungan dengan penataan ruang

kecuali

a. pemasangan karya yang lebih tinggi dari tubuh penikmatnya harus dibuat condong ke atas sehingga mudah dinikmati

b. pemberian cahaya lampu jangan sampai menyilaukan mata atau mengganggu pandangan orang yang

melihatnya

c. karya yang memiliki komposisi warna yang kuat hendaknya tidak didekatkan karya dengan komposisi warna yang lemah

d. pemasangan karya hendaknya sejajar dengan pandangan mata, tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah

e. karya dengan komposisi warna yang kurang hendaknya tidak diletakkan pada ruang yang sedikit sinar karena akan semakin memperlemah warna yang ada

82.Perlengkapan pameran yang digunakan sebagai penjelasan tentang seniman dan

karya seni yang dipamerkannya adalah...

a. katalog

b. lighting

c. buku tamu

d. sound system

e. sketsel atau dinding

83.Keberhasilan dari suatu kegiatan pameran seni rupa dapat diukur dari

a. tempat pameran yang luas

b. makanan yang diberikan

c. kualitas karya dan pengunjung

d. banyaknya karya yang dipamerkan

e. keindahan tempat pameran

84.Berikut yang bukan termasuk pola pameran

a. kerja sama

b. khusus

c. tunggal

d. bersama

e. tetap

85.Pameran yang diselenggarakan oleh seorang seniman saja disebut pameran

a. heterogen

b. kelompok

c. insidental

d. tunggal

e. homogern

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentarmu berguna bagiku......

Powered By Blogger

Ayo Gabung di Sini !!

Arsip Blog