1. Penyusunan
warna berdasarkan tingkatan perpaduan dengan warna putih dan hitam disebut.....
a. analogus
b.
monokromatik
c.
polikromatik
d. prismatick
e. generalis
2. Tekstur nyata apabila diraba dan dilihat secara
fisik akan....
a. terasa halus dan kasarnya
b. terasa lembut dan kasarnya
c. terasa bentuknya
d. terlihat bendanya
e. terlihat kasar dan halusnya benda
e. tenun
3. Teknik rakit yaitu teknik membuat karya seni rupa
dengan .....
a. menyambung
atau menyusun secara organis hingga mencapai nilai artistik
b. menempel
bahan atau benda yang akan dibuat karya
c. memasukkan
cairan bahan yang dituangkan ke dalam cetakan
d. mengurangi sedikit demi sedikit bahan yang akan
dibuat karya
e. memukul-mukul bagian demi bagian sehingga
membentuk yang diinginkan
4. Unsur seni rupa yang terbuat dari rangkaian titik
yang terjalin memanjang menjadi satu titik disebut....
a. titik
b. garis
c. tekstur
d. bintik
e. bidang
5. Musik yang itu di masyarakat secara turun temurun
disebut musik ....
a. modern
b. kontemporer
c. adat
d. tradisional
e. mancanegara
6. Dibawah
ini merupakan ciri khas musik tradisional, kecuali ....
a. dipelajari secara tulisan
b. tidak memiliki notasi
c. pemain tidak terspesifikasi spesialisasi
d. syair lagu berbahasa daerah
e. bagian dari budaya masyarakat
7. Serangko adalah alat musik tradisional dari Jambi
yang terbuat dari.....
a. kayu bambu
b. kulit kerbau
c. tanduk kerbau
d. kuningan
e. logam
8. Berikut ini adalah alat musik yang dimainkan
dengan cara dipetik, kecuali.....
a. Japen
b. sasando
c. sampe’
d. panting
e. keso
9. Setiap lagu daerah umumnya berisi tentang ....
a. gambaran kehidupan penciptaannya
b. pengalaman batin masyarakat
c. kisah
asmara
d. ungkapan kegembiraan
e. gambaran kehidupan masyarakat
10. Gamelan adalah
perangkat alat musik tradisional Jawa dan berbagai wilayah di Indonesia.
Gamelan berasal dari bahasa Jawa dan Bali yaitu ........
a. Gamel yang artinya pukul.
b. Gamel yang artinya memainkan
c. Ngamel yang artinya pukulan
d. Ngomel yang artinya main
e. Gamel yang artinya membuat
11. Gamelan merupakan instrumen yang menggunakan
sumber bunyi alat itu sendiri yang disebut...
a. idiophone
b. membranophone
c. electrophone
d. chordophone
e. aerophone
12.
Instrumen musik gamelan Jawa yang tepat dibawah ini:................
a. Bonang, Saron, Slenthem, Ketuk-kenong-kempyang,
Gambang, Suling, Rebab, Siter, Kendang,
Gong
b. Bonang, Demung, Peking, Slenthem,
Ketuk-kenong-kempyang, Gambang, Suling, Rebab, Gitar, Kendang, Gong
c. Bonang, Balungan, Slenthem,
Ketuk-kenong-kempyang, Gambang, Suling, Rebab, Siter, Kendang, Suwuk
d. Bonang, Bonang Penerus, Saron, Saron Demung dan
Peking, Slenthem, Ketuk-kenong-kempyang, Gambang, Suling, Rebab, Siter,
Kendang, Gong
e. Bonang Penerus, Saron demung dan peking,
Slenthem, Ketuk-kenong-kempyang, Gambang, Suling, Kecapi, Siter, Kendang, Gong
13.
Pengertian tangga nada pentatonis dalam karawitan Jawa:.......
a. Tangga nada yang digunakan bangsa Asia, yang
mempunyai 5 nada, macamnya ada 2 yaitu
titilaras pelog : ji, lu, pat, mo, nem, pi (1,3,4,5,6,7 ) dan titilaras
slendro : nem, ji, ro, lu, mo (6,1,2,3,5)
b. Tangga nada yang digunakan suku Jawa, yang
mempunyai 5 nada, macamnya ada 2 yaitu titilaras pelog : ji, lu, pat , mo, nem,
pi (1,3,4,5,6,7 ) dan titilaras slendro : nem, ji, ro, lu, mo (6,1,2,3,5)
c. Tangga nada yang digunakan bangsa Asia, yang
mempunyai 5 nada, macamnya ada 2 yaitu titilaras pelog : ji, ro, lu, pat , mo,
nem, pi (1, 2, 3,4,5,6,7 ) dan titilaras slendro : nem, ji, ro, lu, pat, mo
(6,1,2,3,4, 5)
d. Tangga nada nusantara , yang mempunyai 5 nada,
macamnya ada 2 yaitu titilaras pelog : ji, lu, pat , mo, nem, pi (1,3,4,5,6,7 )
dan titilaras slendro : nem, ji, ro, lu, mo (6,1,2,3,5)
e. Tangga
nada yang digunakan suku Sunda, yang mempunyai 5 nada, macamnya ada 2 yaitu
titilaras pelog : ji, lu, pat , mo, nem, pi (1,3,4,5,6,7 ) dan titilaras
slendro : nem, ji, ro, lu, mo (6,1,2,3,5)
14.
Berikut ini adalah teknik menabuh “kendangan” bentuk
Lancaran yang kurang tepat
adalah...
a. t t
p b . p . p
b . p
. p . p .
p . p . p
. p . p
c. p p
p p p b p
p p b
p p p
b p p
d. p .
p . p b p
. b p
. b .
p . .
e. t p
b b b t t
p b b
t t p
p p p
t t t t
15.
Berikut ini adalah teknik menabuh “kendangan” bentuk
Landrang yang kurang tepat
adalah...
Buka : . .
b . .
(a). . b
. b .
b . p (d). p b .
b . b . p
. p
. p p
. p t . p .
p b p . b
b .
b p .
b p . p . b
p . b p .
p b
p . b
p . . . p .
b . .
. .
(b). .
p b p
p b t t (e). p b
p p b
t t
p .
. p p
. p t p b p
p b t t
b .
b p .
b p . p b p
p b t t
p b
p . b
p . . p b p
p b t t
(c) t
t t p
t t t
p
t t t
p t t
t p
t t t
p t t t p
t t t
p t t
t p
16. Teknik memainkan Saron balungan mlampah yang benar di bawah ini adalah....
a. 2 3
2 1 3 5 3 2
b. .
2 . 1 . 2
. 6
c. 3
2 3 5
6 5 3
2
d. 323.
3232 353. 3535
e. 3
. 3 .
3 . 3
.
17.
Urutan gambar dari instrumen musik di bawah ini, adalah....
a. Saron, Demung, dan
Peking
b. Peking, Demung, dan
Saron
c. Demung, Saron, dan Peking
d. Peking, Saron, dan Demung
e. Saron, Peking, dan Demung
18. Gambar dari instrumen musik di
samping ini, adalah....
19. Nama dari
gambar
instrumen musik di bawah ini yang
tepat, adalah....
a. ketuk
b. kempyang
c. bonang
d. kenong
e. kempul
20. Nama instrumen musik
dari gambar
di bawah ini yang tepat, adalah....
a.
ketuk
b.
slenthem
c.
bonang barung
d.
bonang penerus
e.
kenong
21. Langkah awal yang perlu diperhatikan dalam
menyusun pameran adalah..
a.
Pembuatan
proposal
b.
Pembentukan
panitia
c.
Menetapkan
tujuan pameran
d.
Mengadakan
evaluasi
e.
Menentukan
tema
22. Berikut yang tidak termasuk dalam fungsi pameran
di sekolah adalah...
a.
Belajar
organisasi
b.
Membangkitkan
motivasi seni
c.
Memamerkan
keunggulan sekolah
d.
Meningkatkan
apresiasi
e.
Berkarya
visual melalui karya seni
23. Keberhasilan dari suatu kegiatan pameran seni
dapat diukur dari kualitas....
a.
Kualitas karya
dan pengunjung
b.
Keindahan
tempat pameran
c.
Tempat pameran
yang luas
d.
Banyaknya
karya yang dipamerkan
e. Makanan yang diberikan
24. Kunci utama keberhasilan sebuah penyajian karya
musik sudah tampak pada proses berlatih. Hal yang harus dipatuhi oleh seluruh
peserta latihan adalah...
a.
Memainkan
partitur musik sendiri-sendiri sebelum dipadukan
b.
Membuat
catatan-catatan tentang lagu yang di mainkan
c.
Memenuhi
jadwal latihan yang telah disepakati
d.
Menganalisis
partitur sebelum dimulai latihan
e.
Memberikan
tekanan pada bagian-bagian yang perlu ditonjolkan oleh masing-masing individu
25. Mengapresiasi karya musik pada dasarnya mampu
memberikan sikap penghargaan terhadap karya musik tersebut secara wajar.
Kewajaran dalam penghargaan karya musik tersebut ditentukan oleh...
a.
Apresiator
terhadap karya musik tersebut
b.
Tingginya
kualitas karya musik yang diapresiasi
c.
Kemampuan
orang dalam mengoleksi album-album yang dikeluarkan oleh sebuah kelompok musik
d.
Popularitas
penyanyi atau kelompok yang membawakannya
e.
Popularitas
karya musik tersebut di masyarakat
26.
Elemen pokok dalam tari yang terdapat unsur ruang, waktu, dan tenaga adalah ….
a.
Gerak
b.
Tubuh
c.
Kostum
d.
Musik
e.
Panggung
27.
Gerakan tangan yang membuang selendang dari pangkal ikatan selendang sampai
merentang lurus di samping badan disebut ….
a.
Ngiting
b.
Ukel
c.
Seblak
d.
Kebyok
e.
Ngembat
28.
Gerakan tangan kanan menekuk di depan kening (pergelangan tangan menekuk dan
jari-jari melenting) serta tangan kiri menekuk di depan pinggang disebut ….
a.
Ulap-ulap
kanan
b.
Kenser
c.
Kebyok
d.
Ngembat
e.
Seblak
29.
Gerak yang digarap untuk mendapatkan bentuk yang artistik dan tidak dimaksudkan
untuk menggambarkan sesuatu disebut gerak ….
a.
Maknawi
b.
Murni
c.
Stilatif
d.
Distorsif
e.
Imitatif
30.
Berikut ini yang bukan termasuk nilai estetis dalam karya seni tari adalah ….
a.
Gerak
itu sendiri
b.
Kepekaan
rasa bagaimana penari dapat membawakan tarian dengan penuh penghayatan atau
penjiwaan
c.
Seorang
penari dapat terlihat menarik karena kostum yang digunakan menarik
d.
Penari
memiliki kepekaan yang baik dalam ritme dan music keberhasilan koreografi yang
tepat.
e.
Penari
harus memiliki wajah yang menarik
31.
Tari yang lahir, tumbuh, dan berkembang dalam suatu masyarakat yang kemudian
diturunkan atau diwariskan secara terus-menerus dari generasi ke generasi,
merupakan definisi dari ….
a.
Tari
modern
b.
Tari
kontemporer
c.
Tari
tradisional
d.
Tari
ballet
e.
Tari
massal
32.
Tahap akhir pada dari rangkaian sebuah pertunjukan adalah ….
a.
Menentukan
bentuk pertunjukan
b.
Menggelar
pertunjukan
c.
Menentukan
tema
d.
Menyeleksi
pemain
e.
Menyiapakan
perlengkapan
33.
Kehadiran penonton dalam suatu pergelaran teater bersifat ….
a.
Tidak
mempengaruhi
b.
Mutlak
c.
Dianjurkan
d.
Tidak
diperbolehkan
e.
Ketidakharusan
34.
Berikut hal-hal yang berkaitan dengan aturan dan persetujuan sutradara, kecuali
….
a.
Musik
yang dibutuhkan
b.
Pentas
yang akan disajikan
c.
Tata
cahaya
d.
Konsumsi
e.
Tata
rias
35. Tujuan dari pelaksanaan gladi kotor dalam pagelaran teater adalah….
a. Supaya lebih siap pentas
b. Mengetahui kekurangan sebelum pentas
c. Memantapkan latihan sebelum memasuki gladi bersih
d. Memperbaiki kelebihan yang
ada
e. Mengetahui kebaikan dan kekurangan
36. Pihak
yang bertanggung jawab terhadap kualitas karya seni teater adalah….
a. Sutradara
b. Penata kostum
c. Penata rias
d. Pimpinan produksi
e. Penata panggung
37. Kesejahteraan bagi beberapa awak pendukungnya dipercayakan kepada seseorang yang
Mengetahui secara ilmu dan praktek pengelolaan pagelaran, yakni….
a. manager produksi d. pengelola
pertunjukan
b. Stage manager e. pimpinan artistik
c. seksi konsumsi
38. Keragaman teater tradisi
Nusantara yang merupakan kekayaan budaya bangsa dapat
dijadikan sebagai….
a. promosi budaya
b. alat promosi pariwisata
c. kebanggaan bangsa
d. alat pemersatu bangsa
e. alat untuk mendapatkan bangsa
39. Awal tujuan dari tradisi musik barat yaitu.....
a. hiburan
b. pemujaan dewa
c. senandung
d. suka cita
e. pelipur lara
40. Istilah pop diambil dari kata populer, musik populer artinya, dibawah ini
kecuali.....
A.
musik yang asalnya dari barat.
B.
sebagai bersifat
kebarat-baratan atau berasal dari Barat
yang di adaptasikan sesuai dengan bahasa negara masing-masing.
C.
musik dari yang sulit diterima (klasik) menjadi musik ringan yang dapat
diterima oleh lapisan masyarakat.
D.
musik yang
disukai orang barat.
E.
musik yang ringan, sederhana, akrab, dan disenangi masyarakat pada masa
tertentu.
41. Berikut ini adalah unsur-unsur musik...
A. Melodi, harmoni, ritme, dinamika,
beat
B. Melodi, harmoni, ritme, dinamika,
birama
C. Melodi, harmoni, irama, dinamika,
ketukan
D. Melodi, harmoni, ritme, dinamika,
tempo
E. Melodi, harmoni, ritme, dinamika,
struktur lagu
42. Musik yang berasal dari satu jajaran nada dengan
jarak interval dan tidak ada hubungan khusus antara masing-masing not tangga
nada tersebut kecuali nada dasar yang merupakan pusat disebut musik ......
a. modal
b. tonal
c. atonal
d. reggae
e. pop
43. Musik yang memndang bunyi secara vertikal dan
horizontal adanaya pusat nada yang didengar atau dirasakan, disebut musik.....
a. modal
b. tonal
c. atonal
d. reggae
e. pop
44. Musik yang bersifat spontanitas disebut
musik......
a.modal
b. tonal
c. atonal
d. reggae
e. jazz
45. Berikut
adalah fungsi musik klasik, kecuali....
a. meningkatkan kecerdasan majemuk
b. ikatan emosional orang tua dan anak
c. membangun keterampilan pribadi
d. mengembangkan kontrol impulsif
e.
menjembatani kreativitas
46. Berikut ini tokoh ciri-ciri ( karakteristik ) musik klasik, kecuali....
a. Peralihan dinamik dari
decrescendo menjadi crescendo dan sebaliknya.
b. Peralihan kecepatan dari accelerando
atau menguranginya menjadi ritardando dan sebaliknya.
c. Hiasan ornament yang bervariasi
d. Hiasan ornament dibatasi pemakaiannya.
e.
Pemakaian harmoni akor tiga yang berlaku
47. Tokoh–tokoh musik zaman Barok dan zaman Rokoko, yang tepat
adalah......
a. Johann
Sabastian Bach (1685-1750) dan George Friederich Haendel (1685-1759)
b. Johnn
Stamitz (1717-1757) dan Franz Joseph Haydn(1732-1809)
c. Wolfgang
Amadeus Mozart (1765-1791) dan Johnn Stamitz (1717-1757)
d. Franz
Joseph Haydn(1732-1809) dan Wolfgang Amadeus Mozart (1765-1791)
e. Ludwig Von Beethoven
(1770-1827), Franz
Peter Schubert (1797-1823) dan
Francois
Frederic Chopin (1810-1849)
48. Tokoh–tokoh musik zaman Klasik, yang tepat di bawah
ini adalah........
a. Johnn
Stamitz (1717-1757), F.J Haydn(1732-1809) danW.A Mozart (1765-1791)
b. J. Sabastian Bach
(1685-1750) dan G. F Haendel (1685-1759)
c. Wolfgang
Amadeus Mozart (1765-1791) dan Johnn Stamitz (1717-1757)
d. Franz
Joseph Haydn(1732-1809) dan Wolfgang Amadeus Mozart (1765-1791)
e. L. V Beethoven (1770-1827), F.P Schubert (1797-1823) dan F. F Chopin (1810-1849)
49. Di
bawah ini adalah tokoh–tokoh musik zaman Romantik, yaitu......
a. Johnn
Stamitz (1717-1757), F.J Haydn(1732-1809) danW.A Mozart (1765-1791)
b. J. Sabastian Bach
(1685-1750) dan G. F Haendel (1685-1759)
c. Wolfgang
Amadeus Mozart (1765-1791) dan Johnn Stamitz (1717-1757)
d. Franz
Joseph Haydn(1732-1809) dan Wolfgang Amadeus Mozart (1765-1791)
e. Ludwig Von Beethoven
(1770-1827), Franz
Peter Schubert (1797-1823) dan
Francois
Frederic Chopin (1810-1849)
50. Pengertian
musik Jazz yang paling tepat di
bawah adalah .......
a. jenis
musik yang dimainkan atas dasar ritme dan perasaan disertai spontanitas dan
dari permainan tersebut dihasilkan
improvisasi-improvisasi.
b. jenis
musik yang dimainkan berdasarkan ritme dan perasaan ,spontanitas yang menghasilkan improvisasi
c.
musik penuh dinamika, tanpa perasaan, spontan dan improvisasi
d. selera musik
penuh dinamika, ornament, spontan dan improvisasi
e. jenis
musik yang dimainkan berdasarkan perasaan, dinamika dan,
spontanitas yang
menghasilkan ornament-ornament nada
51. Ciri~ciri musik Jazz secara umum adalah berikut ini,
kecuali :...
a. Bass progresif (walking bass)
b. Ritme mengantung/patah-patah (syncop)
c. Susunan melodi improvisasi
d.
Penggunaan akor dissonant
e.
Penggunaan akor 3 nada
52. Suatu
jajaran nada dengan jarak interval tertentu dan tidak ada hubungan khusus
antara masing-masing not tangga disebut.....
a. atonal
b. tonal
c. modal
d. kreasi
e. kontemporer
53. Satuan bunyi yang memiliki getaran teratur
disebut...
a. notasi
b. irama
c. komposisi
d. nada
e. not
54. Perbedaan mendengar dan mendengarkan musik yang
tepat di bawah ini, adalah......
a. mendengar hanya selintas atau sambil
lalu saja, mendengarkan adalah fokus yaitu
mendengar dengan detail-detailnya.
b.mendengar hanya asal, mendengarkan
adalah fokus
c. mendengar hanya selintas atau sambil
lalu saja, mendengarkan adalah konsentrasi
d.mendengar hanya lewat saja,
mendengarkan adalah benar-benar mendengar dengan detail-detailnya.
e. mendengar hanya sambil lalu saja,
mendengarkan adalah konsentrasi yaitu mendengar dengan detail-detailnya.
55.
Pengertian mengaransemen musik.......
a. penyesuaian komposisi musik baik vokal ataupun
instrumen musik yang didasarkan atas sebuah komposisi yang telah ada sehingga
esensi musik berubah
b. penyesuaian komposisi musik baik vokal ataupun
instrumen musik yang didasarkan atas sebuah komposisi yang telah ada sehingga
esensi musik berubah sama sekali
c. perubahan
komposisi musik baik vokal ataupun instrumen musik yang didasarkan atas sebuah
komposisi yang telah ada sehingga esensi musik ekslusif
d. mengubah atau penyesuaian komposisi musik baik
vokal ataupun instrumen musik yang didasarkan atas sebuah komposisi yang telah
ada sehingga esensi musik tidak berubah
e. mengubah atau penyesuaian komposisi musik baik
vokal ataupun instrumen musik yang didasarkan atas sebuah komposisi yang telah
ada sehingga esensi musik menarik
56. Sebuah ungkapan “hasil tidak menghianti proses”
demikian pula dengan penyajian karya musik memerlukan latihan,
dikarenakan......
a. Memperlancar materi, melatih kerukunan, revolusi
mental, mengevaluasi latihan, dan memperoleh hasil yang diharapkan.
a. Memperlancar
materi, melatih persatuan, mempersiapkan mental, mengevaluasi latihan, dan
memperoleh hasil yang diharapkan.
b. Memperlancar
materi, melatih kekompakkan, mempersiapkan mental, mengevaluasi latihan,
memperoleh hasil yang diharapkan.
c. Mempelajari
materi, melatih kekacauan, mempersiapkan mental, mengevaluasi latihan, dan
memperoleh hasil yang tidak diharapkan.
d. Mempelajari
materi, melatih kesatuan, mempersiapkan mental, mengabaikan evaluasi latihan,
dan memperoleh hasil yang diharapkan.
57.
Hal-hal pokok yang perlu dipersiapkan dalam latihan ......
a.
Menyusun jadwal latihan, materi latihan, pelatih , sarana dan prasana yang
diperlukan
b.Menyusun
jadwal latihan, materi latihan, peralatan , sarana dan prasana yang diperlukan
c.Jadwal
latihan, materi lagu, persiapan , sarana dan prasana yang diperlukan
d.Jadwal
latihan, materi lomba, aksesoris, sarana dan pendukung
e.
Menyusun jadwal, materi , mental dan fisik, serta sarana dan prasana yang
diperlukan
58.
Kerja atau kegiatan yang berhubungan dengan memelihara dan menjaga serta
mengawasi sebuah kegiatan pameran seni
rupa disebut....
a. Kurator
b. Kurasi
c. Kuratorial
d. Pameran
seni
e. Nilai
pameran
59.
Aspek seni rupa yang terdiri dari penemuan sumber inspirasi, penetapan interes
seni, dan penetapan interes bentuk adalah aspek....
a. Konseptual
b. Kreativitas
c. Keterampilan
d. Visual
e. Individual
60. Tujuan utama pameran karya seni rupa adalah....
a.
Mencari pembeli hasil karya yang di pamerkan
b.
Menyampaikan gagasan dan hasil karya
sehingga diapresiasi oleh masyarakat
c.
Menunjukkan kemampuan seorang seniman
d.
Mengumumkan kepada masyarakat bahwa
karya tersebut adalah milik seniman yang bersangkutan
e.
Menaikkan harga karya yang dipamerkan
61. Pameran bisa menjadi ajang kompetisi bagi para
pecinta seni, karena melalui karya seni kita akan mengetahui setinggi apa
keaktifan serta kreativitas pencita seni dalam membuat karya merupakan fungsi
pameran sebagai sarana....
a. Hiburan
b. Rekreasi
c. Edukasi
d. Prestasi
e. Apresiasi
62. Untuk memberikan penghargaan
terhadap suatu karya musik dapat mengembangkan
sikap-sikap berikut kecuali …
a. Mendengarkan,
menikmati dengan hati dan pikiran terbuka
b. Bersikap
antipati
c. Tidak
mengalahkan suatu karya musik
d. Tidak
menganggapi jenis musik mewakili kelompok tertentu
e. Kelompok
minoritas
63.
Estetika tari tidak dapat diamati melalui ...
a. Wiraga
b. Unsur
pendukung
c. Wiracarita
d. Wirama
e. Wirasa
64. Sebuah tari yang mengungkapkan emosi manusia
secara bebas yang tidak terikat oleh sebuah bentuk standar disebut ...
a.
Tari klasik
b.
Tari modern
c.
Tari tradisional
d.
Tari kontemporer
e.
Tari primitive
65. Berikut yang merupakan kelebihan dan kekurangan
pergelaran tari di tempat terbuka adalah ...
a. Dapat
menampung jumlah penonton yang banyak, tetapi keamanannya tidak terjamin
b. Memiliki
ruangan yang terbatas sehingga jumlah penonton harus dibatasi, tetapi keamanan
lebih terjamin
c. Adanya
layar pembatas, tetapi pandangan penonton satu arah
d. Tidak
ada layar pembatas, tetapi sudut pandang penonton bisa dari berbagai arah
e. Tidak
ada layar pembatas, tetapi penonton dibuat berjenjang, dengan bagian belakang
lebih tinggi dari bagian di depan
66. Rupa atau wujud memberi kejelasan gerak tari
yang diperagakan melalui warna busana atau rias dinamakan unsur ...
a. Wirama
b. Wirasa
c. Wiraga
d. Etika
e. Wirupa
67. Tari berfungsi sebagai media ekspresi, artinya
...
a. Dapat meningkatkan ekonomi
b. Mengembangkan bakat
c. Sebagai sarana/media
mengungkapkan perasaan dan curahan gejolak hati
f. Mencerdaskan
otak
g. Dapat
berhubungan dengan orang lain
68. Fungsi irama dalam tari adalah ...
a.Membantu penari dalam mengatur dan menguatkan
gerak
b. Membantu penari dalam mendesain pola lantai
c. Membuat pertunjukan tari menjadi lebih hidup
d. Membuat semangat pemain
e. Mengiringi penonton
69. Terdapat beberapa tahapan umum dalam cara
menulis kritik tari, di antaranya, evaluasi.
Evaluasi adalah ...
a.Suatu tahapan penguraian data
materi secara rinci tentang peristiwa pertunjukan atau fokus masalah yang
diamatinya
b.Tahapan yang dilakukan untuk
memberikan penekanan masalah yang lebih dalam dan luas tentang peristiwa
pertunjukan karya tari yang sudah di deskripsikan
c.Tahapan memberikan penekanan
masalah makna dari simbol-simbol yang teramati berdasarkan peristiwa
pertunjukan dari semua aspek pendukung pertunjukan
d. Tahapan tentang bagaimana sebaiknya kualitas
karya tari yang dianggap ideal menurut kita
e.Pernyataan sikap yang menyangkut
kesan dan pesan dari penulis dari apa yang telah dilihat dan dideskripsikan ke
dalam tulisan kritik tari
70. Penampakan visual lingkungan kurang lebih gerak
laku pemeran dalam satu buah lakon disebut ...
a. Set panggung
b.Tata busana
c.Properti
d. Perlengkapan
e. Tata rias
71. Teater yang berarti pertunjukan merupakan asal
kata dari theatron.
Pengertian teater dalam arti yang luas adalah
a.Segala pertunjukan
yang dipentaskan di depan orang banyak
b. Cerita tentang hidup
dan kehidupan manusia banyak dengan menggunakan naskah
c. Semua gedung yang
dibuat untuk mementaskan pertunjukan teater
d.Teater yang ditonton
oleh orang banyak
e.Teater yang jumlah
pemainnya lebih dari satu orang
72.
Seorang pemain teater harus menggambarkan diri sebagai...
a.Diri sendiri
b.Tokoh idola
c.Tohoh
yang diperankannya
d.Tokoh
masyarakat
e. Idola penonton
73. Hal-hal berikut yang paling menonjol dalam
pentas teater adalah....
a.Musik
b.Busana tokoh
c.MC
d.Cahaya/lampu
e.Dialog dan akting
tokoh
74. Salah satu pertimbangan dalam memilih naskah
adalah memiliki nilai sastra, yang artinya..
a.Indah dan mendidik
b. Sangat dikenal oleh
semua kalangan
c. Bahasa menggunaka
simbolisme
d. Ditulis oleh penulis
terkenal
e. Pernah mendapatkan
penghargaan atau memenangkan lomba
75. Secara umum ada dua jenis tindakan dalam persiapan dan pelaksanaan
pagelaran seni yaitu kreatifitas
managerial dan kreatifitas konseptual. Adapun kreatifitas managerial berkaitan dengan berbagai macam
pengaturan-pengaturan :
A. Waktu, honor, biaya, kepanitian, sarana-sarana,
rapat-rapat, dan evaluasi.
B. Waktu, tempat, biaya, kepanitian, sarana-sarana,
rapat-rapat, dan evaluasi.
C. Waktu, tempat, transport, kepanitian, latihan,
rapat-rapat, dan evaluasi.
D. Waktu, tempat, biaya, kepanitian, sarana-sarana,
rapat-rapat, dan evaluasi.
E. Waktu, tempat, biaya, kepanitian, pelatih,
rapat-rapat, dan evaluasi.
76. Kreatifitas Konseptual (pengembangan Ide) berkaitan erat dengan
penentuan, pengembangan, dan pelaksanaan suatu ide dasar dari pagelaran seperti
:
A. Perumusan sasaran, penentuan tema, penjabaran isi
tema, pengejahwantahan isi tema, dan apresiasi pagelaran
B. Perumusan tujuan, penentuan tema, penjabaran isi
tema, pengejahwantahan isi tema, dan apresiasi pagelaran
C. Perumusan hakikat, penentuan tema, penjabaran isi
tema, pengejahwantahan isi tema, dan apresiasi pagelaran
D. Perumusan tujuan, penentuan acara, penjabaran isi
acara, pengejahwantahan isi acara, dan evaluasi pagelaran
E. Perumusan tujuan, penentuan tujuan, penjabaran isi
tujuan, pengejahwantahan isi tujuan, dan apresiasi pagelaran
77. Kreatifitas managerial berkaitan erat dengan
pengembangan kemampuan kreatifitas
dengan mengacu pada....
A. Nilai realitas dan nilai efisiensi
B. Nilai efektifitas dan efisiensi
C. Nilai non efektifitas dan nilai efisiensi
D. Nilai moral dan estetika
E. Nilai efektifitas dan nilai keindahan
78. Kreatifitas konseptual berkaitan erat pengembangan kemampuan kreatifitas dengan
mengarah pada kepekaan rasa (empati) ...
A. Nilai-nilai estetis dan etika dalam seni
B. Nilai efektifitas dan efisiensi
C. Nilai-nilai religi
D. Nilai-nilai sosial
E. Nilai-nilai estetika
79. Kepanitian yang merupakan organisasi untuk pergelaran, di dalamnya
terdapat unsur yang harus mampu bekerja sama, sehingga dapat mengorganisir
pelaksanan pergelaran, antara lain di bawah ini, kecuali :
- Pihak–pihak yang telah ditunjuk menjadi
panitia harus mengetahui tugas masing-masing
- Para seksi harus segera membuat program kerja
dan rencana anggaran biaya serta melaporkannya kepada ketua panitia untuk
dibahas
- Pembuatan program kerja dan angaran biaya
tersebut harus realistis tidak mengada-ada
- Bertindaknya sebebasnya tanpa koordinasi
dengan Pembina
- Semua panitia harus dapat berkoordinasi dan
bersinergi
80. Rangkaian kegiatan pada saat pelaksanaan pagelaran yang di lakukan adalah....
- Pelaksanaan program dan tugas-tugas dari
panitia, setiap saat pembina menjalankan tugas yang berhubungan dengan
kegiatan pagelaran
- Pelaksanaan program dan tugas-tugas dari
pembina, setiap saat panitia menjalankan tugas yang berhubungan dengan
kegiatan pagelaran
- Pelaksanaan program dan tugas-tugas dari
panitia, setiap saat panitia menjalankan tugas yang berhubungan dengan kegiatan
pagelaran
- Pelaksanaan program dan tugas-tugas dari
kepala sekolah, setiap saat pembina dan panitia menjalankan tugas yang
berhubungan dengan kegiatan pagelaran
- Pelaksanaan program dan tugas-tugas dari
panitia, setiap saat seksi-seksi menjalankan tugas yang berhubungan dengan
kegiatan pagelaran
81.
Urutan tahapan dalam “kreatifitas konseptual”
yaitu:
- Pemilihan,
penjabaran tema, latihan persiapan hingga gladi resik dan pelaksanan
pentas
- Penjabaran,
pemilihan tema, latihan persiapan hingga gladi resik dan pelaksanan pentas
- Pemilihan,
penjabaran tema, pelaksanan pentas dan latihan persiapan hingga gladi
resik
- Pelaksanan
pentas, pemilihan, penjabaran tema,
dan latihan persiapan hingga gladi resik
- Latihan
persiapan hingga gladi resik, pemilihan, penjabaran tema, dan pelaksanan
pentas
82. Ide
dasar yang menjadi latar belakang suatu bentuk tari biasanya mengandung
kriteria menarik, orisinal, kreatif,
inovatif, mendidik dan berguna bagi pertumbuhan budaya bangsa disebut
......tari.
A. pokok
pikiran
B. topik
permasalahan
C.
gagasan
D.
koreografi
E.
gagasan utama
83. Tari
adalah keindahan ekspresi jiwa manusia yang diungkapkan berbentuk gerak tubuh
yang diperhalus melalui....
A.
iringan
B.
estetika
C. musik
D. tata
rias
E.
panggung
84. Gerakannya sederhana, musiknya sederhana, busana dan tata rias juga
sederhana serta berkembang di kalangan rakyat biasa adalah ciri dari tari....
A. klasik
B. kreasi
baru
C.
perjuangan
D. modern
E.
tradisional
85.
Tarian khas dari Sumatera Utara yang berciri khas gerak merapatkan dan
mengembangkan kedua telapak tangan sambil bergerak di tempat dan geser kaki,
adalah tari daerah tari......
A. serampang dua belas
B. jawa
C. seudati
D. saman
E. tor-tor
86. Yang bukan merupakan persoalan untuk
menampilkan suatu pergelaran seni tari adalah...
A.
manajemen
B. waktu
C. ruang
D.
penonton
E.
kesempatan
87. Tari
yang dibawakan oleh seorang penari yang membawakan karya koreografer yang
diketahui nama penciptanya dan memiliki karakteristik koreografernya disebut
tari tunggal....
A. tari
kreasi baru
B.
internasional
C.
nusantara
D ritual
E. modern
88. Penyajian pagelaran
seni 2018 pada tiap-tiap kelas yang benar adalah...
A.
legenda kerajaan Langko, legenda kerbau, legenda dwipayana, pangeran lidah
hijau,
legenda putri hijau,
Dramatari Penolakan Cinta Dewi Sekartaji, dan legenda danau lipan
B. legenda kerajaan Tangko, legenda minangkabau, sendratari ramayana,
pangeran lidah hijau, legenda putri hitam, seni barong, dan legenda danau lipan
C. legenda kerajaan Tangko, legenda minangkabau, legenda krisna
dwipayana, pangeran lidah hitam, legenda putri hijau, seni barong, dan legenda
danau lipan
D. legenda kerajaan Langko, legenda ranah minangkabau, legenda dwipayana,
pangeran lidah hijau, legenda putri hijau, seni barong, dan legenda danau lipan
E. legenda kerajaan Tangko, legenda ranah minang, legenda dwipayana,
pangeran lidah hitam, legenda putri hijau, seni barong, dan legenda danau toba
89. Kata
manajemen (seni) berasal dari kata management
(Inggris), managiare (latin), maneggio (Italia) yang artinya...
A.
mengurusi, mengendalikan atau menangani
B.
mengandalkan, menyerahkan dan meramaikan
C.
pengaturan dan pengelolaan
D.
mengatur dan memberdayakan serta
meramaikan
E.
perencanaan, penyusunan, pengarahan serta pengendalian
Untuk soal-soal no 90 s/d 95 perhatikan
pernyataan-pernyataan prinsip-prinsip manajemen seni berikut ini !
Prinsip-prinsip manajemen
dalam pagelaran seni :
(1)
Prinsip pembagian kerja
(2)
Prinsip wewenang dan tanggung jawab
(3)
Prinsip tertib dan disiplin
(4)
Prinsip kesatuan komando
(5)
Prinsip semangat kesatuan
(6)
Prinsip keadilan dan kejujuran
90. Penempatan orang
sesuai dengan keahlian dan minat sesuai dengan prinsip manajemen...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
91.
Setiap orang memiliki wewenang dan tanggung jawab untuk melaksanakan tugas
masing-masing sesuai bidangnya adalah prinsip manajemen...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 6
92.
Memiliki kepatuhan dan ketaatan dalam melaksanakan tugas dan perannya
merupakan prinsip...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 5
E. 6
93.
Bekerja sama saling membantu dan bahu membahu untuk mewujudkan hasil yang
maksimal adalah prinsip manajemen seni....
A. 1
B. 3
C. 4
D. 5
E. 6
94. Perlu
adanya keterbukaan secara bersama-sama dari ketercapaian hasil pekerjaan yang
sudah dilakukan adalah prinsip manajemen seni...
A. 1
B. 3
C. 4
D. 5
E. 6
95.
Adanya satu komando agar setiap anggota dapat mengetahui kepada siapa ia mesti
bertanggung jawab merupakan prinsip...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
96.
Bekerja saling membantu dan bahu membahu untuk mewujudkan hasil yang maksiamal
adalah prinsip...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
Untuk soal-soal no 97 s/d 100 perhatikan
pernyataan-pernyataan fungsi manajemen seni berikut ini !
Fungsi
managemen seni meliputi :
(1)
Fungsi perencanaan
(2)
Fungsi pengorganisasian
(3)
Fungsi pengarahan dan implementasi
(4)
Fungsi pengawasan dan pengendalian
97.
Mendefinisikan tujuan kegiatan, membuat strategi untuk mencapai tujuan, sumber
daya yang diperlukan, menetapkan standar keberhasilan dalam pencapaian tujuan
pagelaran dan mengembangkan rencana aktivitas kegiatan, merupakan fungsi
managemen seni.....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
98.
Proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan
dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan
tangguh, sistem dan lingkungan yang kondusif dan dapat memastikan semua pihak
dapat bekerja secara efektif dan efisien guna pencapaian tujuan kegiatan,
merupakan fungsi manajemen seni....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
99. Proses memotivasi agar semua pihak dapat
menjalankan tanggung jawabnya dengan penuh kesadaran dan produktivitas yang
tinggi merupakan fungsi manajemen seni.....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
100. Memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan, dan
di implementasikan dapat berjalan sesuai engan target yang diharapkan sekalipun
berbagai perubahan terjadi dalam pagelaran seni merupakan fungsi manajemen
seni.....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
101. Tim
produksi bertugas mengorganisir pementasan suatu seni pertunjukan, terdiri
atas.....
A. manajer, sekretaris, produksi, bendahara,
seksi dokumentasi, seksi pendanaan dan
tiketing
B.
pimpinan produksi, sekretaris, produksi, bendahara, seksi dokumentasi, seksi
pendanaan dan tiketing
C.
direktur, sekretaris, produksi, bendahara, seksi dokumentasi, seksi pendanaan
dan akomodasi
D. ketua
umum, sekretaris, produksi, bendahara, seksi dekorasi, seksi pendanaan dan
tiketing
E.
pimpinan produser, sekretaris, produser, bendahara, seksi dokumentasi, seksi
pendanaan dan tiketing
102. Pimpinan yang
bertugas untuk mengorganisir pementasan suatu seni pertunjukan adalah...
A. pimpinan produksi,
B. sekretaris,
C. produser,
D. bendahara,
E. direksi
103. Tim artistik terdiri
dari :...
A. produser, pimpinan artistik, stage manager, penata panggung, penata
cahaya, penata rias, penata busana, penata suara, dan penata musik
B. sutradara, pimpinan artistik, stage manager, penata panggung, penata
cahaya, penata rias, penata busana, penata suara, dan penata musik
C. pimpinan produksi, pimpinan artistik, stage manager, penata panggung,
penata cahaya, penata rias, penata busana, penata suara, dan penata musik
D. sutradara, pimpinan produksi, manager, penata panggung, penata cahaya,
penata rias, penata busana, penata suara, dan penata musik
E. produser, sutradara, stage manager, penata gedung, penata cahaya,
penata rias, penata busana, penata suara, dan penata musik
104. Orang yang membuat
konsep dari pertunjukan, dan mengatur atau laku dari sebuah pertunjukan
adalah...
A. sutradara,
B. pimpinan artistik,
C. stage manager,
D. penata panggung,
E. pelatih
105. Penanggung jawab dari karya, performa
penyajian hingga tata urut pementasan agar dapat menyajikan urutan pementasan,
di sebut.....
A. sutradara
B. pimpinan artistik
C. stage manager
D. penata panggung
E. pelatih
106. Orang yang
mengoordinasi seluruh bagian yang ada di panggung, yaitu...
A. sutradara
B. pimpinan artistik
C. stage manager
D. penata panggung
E. pelatih
107. Selain dapat memberi
rasa senang melalui konsentrasi yang tinggi kita dapat merasakan bahwa teater
juga memberi sumbangan pada ....
A. dunia seni
B. keluhuran budi dan
kematangan jiwa
C. kepuasan batin dan kematangan jiwa
D. para seniman
E. kemajuan seni teater
108. Mempertimbangkan
vokal peran merupakan hal yang diperlukan dalam....
A. pertemuan
B. pengkajian naskah
C. casting
D. pendahuluan
E. dialog
109. Unsur pertama yang
terdapat dalam kegiatan teater adalah.....
A. naskah
B. penonton
C. publik
D. promotor
E. produser
110. Masing-masing orang bebas menerjemahkan makna
sebuah karya menurut....
A. intelektual dan
pemikirannya
B. imajinasi dan gagasan
C. pengalaman estetis dan
intelektualitasnya
D. selera dan kemampuan
pemahamannya
E. daya tangkap dan
kemampuannya
111. Pelaku yang
menyebabkan timbulnya konflik dalam cerita adalah
A. tritagonis .
B. sampingan
C. figuran
D. central
E. antagonis
112. Penilaian secara utuh
terhadap pementasan teater dimulai dari menilai....
A. pokok-pokoknya
B. unsur-unsurnya
C. alur ceritanya
D. penokohannya
E. kreativitasnya
113. Musik modern dengan irama dan
melodi yang berkembang pada saat tertentu atau saat ini, disebut...
A.
Musik
Tradisional
B.
Musik Non Trasidisional
C.
Musik
Kontemporer
D.
Musik
Kolaborasi
E.
Musik Eksplorer
114. Pengertian dari musik kontemporer yang tepat berikut ini kecuali, ......
A. hasil karya seni yang dituangkan melalui
nada-nada yang melodis dan berirama dalam waktu tertentu.
B.
musik kreasi modern yang merupakan wahana untuk
menunjukkan kebolehan penata musik menciptakan bentuk
sajian musik yang lain daripada yang lain
C.
musik yang bisa bisa berupa bunyi dapat berasal
dari sumber yang beragam, tidak hanya dari instrumen musik.
D.
musik kreatifitas yang tinggi yang menawarkan alternatif.
E. musik
yang menuntut
diterima oleh masyarakat.
115. Langkah-langkah dalam
menciptakan sebuah komposisi musik kreasi adalah berikut ini, kecuali....
A. mendengarkan contoh bentuk-bentuk komposisi
lagu atau instrumen dari rekaman
B.
membaca teks dan membayangkan
jenis musik yang dapat mendukung isi teks dan media ungkap aspek musikal
C. membaca berulang-ulang
komposisi untuk mendapatkan gerak irama dan kelompok aksennya
D. menetapkan unsur-unsur musikal yang digunakan
dalam penyusunan komposisi musik
E. menulis karya komposisi dengan
baik, agar dapat dibaca, dinyanyikan, dan diapresiasi dalam kegiatan
selanjutnya.
116. Berikut ini merupakan
ciri-ciri musik kontemporer, kecuali......
A.
warna bunyi
bisa sejenis atau bisa berbagai jenis
B.
memiliki
improvisasi yang bervariasi mengikuti keinginan pemusik
C.
bunyi dapat
berasal dari sumber yang beragam, tidak hanya dari instrumen musik
D.
memakai
tangga nada pentatonis
E.
selera dan
pemikiran individual
117. Berikut ini adalah ciri-ciri
penyajian musik kontemporer yang lainnya dari pernyataan diatas , kecuali
:
A.
Inovatif
B.
Pemikiran
individual
C.
Perlu adanya kreatifitas yang
tinggi
D. Menawarkan alternative
E. Menuntut diterima oleh masyarakat
118. Berikut cara-cara mengembangkan gagasan membuat karya musik kreasi, kecuali...
A. mengubah syair
B. mengubah melodi
C. meniru sesuasi aslinya
D. memodifikasi melodi dan syair
E. mengambil esensi dari warna musik daerah yang
ada
119. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat karya musik kontemporer, kecuali........
A. Menentukan tema
B. Membentuk lagu
C. Membuat instrumen musik
D. Membuat syair lagu
E. Membuat
motif dan frase musik
120. Berikut ini adalah kemampuan dasar menciptakan musik kontemporer, kecuali......
A.
Pengetahuan
musik
B.
Olah vokal
C.
Apresiasi
musik
D.
Olah nada
E.
Teknik
memainkan musik
121. Perkembangan musik
kontermporer baru mulai dirasakan sejak diselenggarakannya acara Pekan Komponis Muda tahun 1979 di Taman
Ismail Marzuki Jakarta. Melalui acara itu, komunikasi para seniman antar daerah
dengan berbagai macam latar belakang budaya dapat terjalin dengan
menghasilkan....
A. forum diskusi sertadialog antar
seniman dalam acara tersebut saling memberi kontribusi sehingga membuka
paradigma kreatif musik menjadi lebih luas
B. forum menghasilkan musik kreasi
kontemporer
C. forum menghasilkan adanya
festival musik kontemporer setiap tahunnya
D. forum menghasil ide-ide kreatif
seniman untuk mencipta musik yang lain daripada yang lainnnya
E. forum menghasilkan tokoh-tokoh
musisi kontemporer
122. Tokoh-tokoh musik Kontemporer Indonesia, adalah berikut ini, kecuali....
A.
Rahayu
Supanggah, Al Suwardi, Komang Astita, Harry Roseli, Nano Suratno,
B.
Sutanto, Ben
pasaribu, Trisutji Kamal, Tony Prabowo,
C.
Yusbar
Jailani, Dody Satya Ekagustdiman, Nyoman Windha,
D.
Otto Sidharta,
Slamet Abdul Syukur, Oya Yukarya, Wayan Sandra
E.
Kitaro,
Sungut, Badingkut
123. Penyajian musik kontemporer dapat berupa kreasi musik yang tepat
dibawah ini, adalah...
A. Media vokal, media instrumen, media campuran dalam
seluruh kelompok masyarakat asia
B. Media vokal, media instrumen, media campuran dalam
seluruh kelompok masyarakat dunia
C. Media sosial, media instrumen, media campuran
dalam seluruh kelompok masyarakat Jawa
D. Media massa, media instrumen, media campuran dalam
seluruh kelompok masyarakat Indonesia
E. Media vokal, media instrumen, media sosial dalam
seluruh masyarakat dunia
124. Musik kontemporer merupakan
musik masa kini yang terbentuk dengan keterpaduan antara musik alam, musik
umum, musik daerah, dan musik....
A. Barat
B. Mesir
C. Romawi
D. Yunani
E. Arab
125. Notasi musik kontemporer kadang hanya dapat dimengerti pemusik karena
notasinya ditulis dengan...
A. Angka
B. Huruf
C. Tanda
D. Gambar
E. Abjad
126. Musik kontemporer dapat dibuat dengan
mengekplorasi berbagai sumber bunyi yang tepat dibawah ini, kecuali:....
A. Tepuk tangan, bersiul, suara mulut, alat musik
tradisional dan teknologi canggih
B. Tepuk tangan, bersiul, suara gigi, alat musik
tradisional, dan teknologi canggih
C. Tepuk tangan, bersiul, suara anggota tubuh, alat
musik tradisional, dan teknologi canggih
D. Tepuk tangan, bersiul, suara alam, alat musik
tradisional, dan teknologi canggih
E. Tepuk tangan, bersiul, suara horor, alat musik
tradisional, dan teknologi canggih
127. Sikap mengembangkan kreatifitas, menyintesis,
belajar menggunakan alat dan media dalam berolah musik, serta menyajkan karya seni musik disebut...
A. kreatif
B. inovatif
C. eksekusi
D. perseptual
E. keterampilan
128. Musik diciptaan untuk
mendukungn proses belajar mengajar, merupakan fungsi musik sebagian media..
A. religi
B. terapi
C. hiburan
D. pengiring
E. pendidikan
129. Kegiatan berkarya musik kreasi
dengan memberi tambahan pada komposisi lagu musik, sehingga menjadi lebih
indah, disebut membuat....
A. harmoni
B. komposisi
C. aransemen
D. festival musik
E. hasil karya musik
130. Salah satu ciri musik kontemporer adalah musik yang diciptakan semata-mata hanya untuk
mencapai kepuasan batin bagi senimannyadan juga
merupakan tujuan musik..
A. magis
B. kreatif
C. religius
D. rekreatif
E. komersial
131. Contoh peran musik krasi sebagai media komersial adalah digunakan
pada...
A. iklan
B. peribadatan
C. konser musik
D. pengiring upacara
E. pembelajarn di kelas
132. Unsur-unsur penjiwaan suatu karya musik
A. ketetapan intrepretasi terhadap tanda tempo
dalam pembawaan lagu
B. memperhatikan ritmr, yaitu
gerak yang mengalir dengan mengetahui bentuk-bentuk notasi dan bentuk tanda diam serta tanda birama
C. bentuk dan pola lagu yang dinyaika harus
sesuasi atau selaras dengan karakter lagunya
D. setiap membaeakan lagu, musik
harus ada bagian tertentu yang merupakan tempat klimaks lagu
E. ketepatan dalam menenbak suatu nada dan pitch
(tinggi suara) agar benar
133. Ciri-ciri
musik kontemporer luar negeri tidak jauh berbeda dengan musik kontemporer
Indonesia yaitu....
A. hanya
saja dikarenakan kemajuan teknologi
elektronikanya lebih unggul membuat musik kontemporernya lebih menonjol dibandingkan dengan musik kontemporer
Indonesia
B. musik kontemporer luar negeri menggunakan syntheisizer
yaitu sebuah alat elektronika (semacam keyboard) yang dapat
menghasilkan suara bermacam-macam dari suara seperti manusia sampai suara alam,
dan lain-lainnya.
C. musik
kontemporer luar negeri yang menggunakan syntheisizer
dan sejenisnya hampir selalu mendapat
predikat sebagai musik fungsional, yang lebih bersifat mesin
dibanding perasaan.
D. musik kontemporer luar negeri dengan ragam bunyi-bunyian
sintesis yang kering, monoton dan berbau robot yang menumbuhkan paham musik indusri
E. musiknya sintesis
saat itu boleh dikata mengacu pada keperkasaan teknologi dan eksplorasi ruang
angkasa
134. Kitaro adalah
musisi kontemporer legend dari jepang.
Pernyataan yang tepat berikut ini
dengan mendengarkan musik Kitaro, yaitu....
A. seakan-akan terbawa ke amosfir tepian laut, bersama sayap camar meniti ombak, menyimak melodi percik air dan
irama ayunan ombak.
B. desir magis syntheisizer-nya membawa kita menyelam ke relung laut
dalam, dimana arus dalam berkisar bergantian, atau menghayati api yang
meliuk-liuk dalam gelap.
C. memberi
kita sebuah dunia yang sebelumnya tak pernah kita angan-angankan, bahkan sebuah
perjanan misteri, astral trip, menuju
mikrokosmos, mendekati degup jantung (dalam komposisi : Beat) atau dalam
sebuah perjalanan abadi yang begitu ngungun (lewat komposisi : Endless
Journey).
D. musik
Kitaro tak melulu bertopang pada kekaguman terhadap alam, tetapi juga dilandasi
kesadaran untuk bersimpuh pada keluasan hidup dan misteri yang digelar Tuhan.
E. bagai
musafir yang mengendarai bunyi, dia berkelana terus menembus dimensi ruang dan
waktu (digambarkan bagus di nomor Time traveler, di album Tenku).
135. Komponis kontemporer yang
ciri-ciri karyanya sulit sekali dikategorikan secara konvensional. Karya-karya
mereka selain memiliki keunikan tersendiri, juga cukup bervariasi sehingga dari
waktu ke waktu konsep-konsep musik mereka bisa berubah-ubah tergantung pada
semangat serta kapasitas masing-masing dalam mengembangkan kreativitasnya.
Berikut ini adalah beberapa yang bukan tokoh komponis kontemporer
Indonesia yang berhasil menciptakan musik kontemporer:.....
A. Suratno, Sutanto, Ben Pasaribu
B. Trisujti Kamal, Tony Prabowo, dan Yusbar
Jailani
C. D. Dody Satya, Ekagustdiman
D. Nyoman Windha, Otto Sidharta
E. I Gde Bandem, Sucipto
136. Tokoh-tokoh
yang pernah menciptakan musik kontemporer Indonesia dengan judul
albumnya, antara lain selain diatas adalah berikut ini, kecuali:
A. Krakatau Band (Mystical
Myst), Sawung Jabo (Genggong)
B. Kiai Kanjeng dan Emha
Ainun Najib (Kado Muhammad),
C. Sujiwo Tejo (Anyam-anyaman
Nyaman),
D. Harry Rusly (Musik Gigi) , Slamet Abdul Syukur ( Besungut)
E. Dody Satya Ekagustdiman (Jalinan Kita) Oya Yukarya ( Badingkut)
137. Pernyataan tentang aliran
musik kontemporer luar negeri antara lain yang dibawah ini, kecuali:
A. space music, dengan membawa kita
seakan keluar angkasa
B. computer world, dengan ragam bunyi-bunyian sintesis yang kering, monoton dan berbau
robot
C. psyco-music, dimana luapan perasaan : takut, gentar, panik,
histeris, resah, dengan berbagai penyebabnya : teror, histeria, obsesi
D. new age, dimana teknologi merendahkan dirinya untuk menjadi sahabat alam
E. hi-tech dimana teknologi adalah segala-galanya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentarmu berguna bagiku......