Selasa, 10 Maret 2020

KISI-KISI DAN LATIHAN SOAL USBN SENI BUDAYA KELAS XII- 2020




1.  Penyusunan warna berdasarkan tingkatan perpaduan dengan warna putih dan hitam disebut.....
 a. analogus
 b. monokromatik
 c. polikromatik
 d. prismatick
 e. generalis



2. Tekstur nyata apabila diraba dan dilihat secara fisik akan....
a. terasa halus dan kasarnya
b. terasa lembut dan kasarnya
c. terasa bentuknya
d. terlihat bendanya
e. terlihat kasar dan halusnya benda
e. tenun



3. Teknik rakit yaitu teknik membuat karya seni rupa dengan .....
a.  menyambung atau menyusun secara organis hingga mencapai nilai artistik
b.  menempel bahan atau benda yang akan dibuat karya
 c. memasukkan cairan bahan yang dituangkan ke dalam cetakan
d. mengurangi sedikit demi sedikit bahan yang akan dibuat karya
e. memukul-mukul bagian demi bagian sehingga membentuk yang diinginkan



4. Unsur seni rupa yang terbuat dari rangkaian titik yang terjalin memanjang menjadi satu titik disebut....
a. titik
b. garis
c. tekstur
d. bintik
e. bidang





5. Musik yang itu di masyarakat secara turun temurun disebut musik ....
a. modern
b. kontemporer
c. adat
d. tradisional
e. mancanegara

6. Dibawah  ini merupakan ciri khas musik tradisional, kecuali ....
a. dipelajari secara tulisan
b. tidak memiliki notasi
c. pemain tidak terspesifikasi spesialisasi
d. syair lagu berbahasa daerah
e. bagian dari budaya masyarakat




7. Serangko adalah alat musik tradisional dari Jambi yang terbuat dari.....
a. kayu bambu
b. kulit kerbau
c. tanduk kerbau
d. kuningan
e. logam







8. Berikut ini adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik, kecuali.....
 a. Japen
 b. sasando
 c. sampe’
 d. panting
 e. keso

9. Setiap lagu daerah umumnya berisi tentang ....
a. gambaran kehidupan penciptaannya
b. pengalaman batin masyarakat
c.  kisah asmara
d. ungkapan kegembiraan
e. gambaran kehidupan masyarakat





10. Gamelan adalah perangkat alat musik tradisional Jawa dan berbagai wilayah di Indonesia. Gamelan berasal dari bahasa Jawa dan Bali  yaitu ........
a. Gamel yang artinya pukul.
b. Gamel yang artinya memainkan
c. Ngamel yang artinya pukulan
d. Ngomel yang artinya main
e. Gamel yang artinya membuat

11. Gamelan merupakan instrumen yang menggunakan sumber bunyi alat itu sendiri yang disebut...
a. idiophone
b. membranophone
c. electrophone
d. chordophone
e. aerophone






12. Instrumen musik gamelan Jawa yang tepat dibawah ini:................
a. Bonang, Saron, Slenthem, Ketuk-kenong-kempyang, Gambang, Suling, Rebab, Siter,  Kendang, Gong
b. Bonang, Demung, Peking, Slenthem, Ketuk-kenong-kempyang, Gambang, Suling, Rebab, Gitar, Kendang, Gong
c. Bonang, Balungan, Slenthem, Ketuk-kenong-kempyang, Gambang, Suling, Rebab, Siter, Kendang, Suwuk
d. Bonang, Bonang Penerus, Saron, Saron Demung dan Peking, Slenthem, Ketuk-kenong-kempyang, Gambang, Suling, Rebab, Siter, Kendang, Gong
e. Bonang Penerus, Saron demung dan peking, Slenthem, Ketuk-kenong-kempyang, Gambang, Suling, Kecapi, Siter, Kendang, Gong




13. Pengertian tangga nada pentatonis dalam karawitan Jawa:.......
a. Tangga nada yang digunakan bangsa Asia, yang mempunyai 5 nada, macamnya ada 2 yaitu    titilaras pelog : ji, lu, pat, mo, nem, pi (1,3,4,5,6,7 ) dan titilaras slendro : nem, ji, ro, lu, mo (6,1,2,3,5)
b. Tangga nada yang digunakan suku Jawa, yang mempunyai 5 nada, macamnya ada 2 yaitu titilaras pelog : ji, lu, pat , mo, nem, pi (1,3,4,5,6,7 ) dan titilaras slendro : nem, ji, ro, lu, mo (6,1,2,3,5)
c. Tangga nada yang digunakan bangsa Asia, yang mempunyai 5 nada, macamnya ada 2 yaitu titilaras pelog : ji, ro, lu, pat , mo, nem, pi (1, 2, 3,4,5,6,7 ) dan titilaras slendro : nem, ji, ro, lu, pat, mo (6,1,2,3,4, 5)
d. Tangga nada nusantara , yang mempunyai 5 nada, macamnya ada 2 yaitu titilaras pelog : ji, lu, pat , mo, nem, pi (1,3,4,5,6,7 ) dan titilaras slendro : nem, ji, ro, lu, mo (6,1,2,3,5)
  e. Tangga nada yang digunakan suku Sunda, yang mempunyai 5 nada, macamnya ada 2 yaitu titilaras pelog : ji, lu, pat , mo, nem, pi (1,3,4,5,6,7 ) dan titilaras slendro : nem, ji, ro, lu, mo (6,1,2,3,5)

14. Berikut ini adalah teknik menabuh  kendangan  bentuk  Lancaran yang kurang tepat adalah...

a.  t   t   p   b   .   p   .   p
b   .   p   .   p   .   p   .   p   .   p   .   p   .   p   .   p
c.  p  p   p  p   p  b   p  p   p  b  p   p  p   b   p  p
d.  p  .   p   .    p  b   p  .    b  p  .   b   .   p    .   .
e.  t  p   b   b   b   t    t   p   b  b  t  t   p   p  p  p  t  t  t  t

15. Berikut ini adalah teknik menabuh  kendangan  bentuk  Landrang yang kurang tepat adalah...
   Buka :          .   .   b   .   .
   (a).        .   b   .   b   .   b   .   p              (d).     p   b   .   b   .   b   .   p
             .   p   .   p   p   .   p   t                            .   p   .   p   b   p   .   b
             b   .   b   p   .   b   p   .                           p   .   b   p   .   b   p   .
             p   b   p   .   b   p   .   .                           .   p   .    b   .    .    .    .
 
  (b).      .    p   b   p   p   b   t   t               (e).      p   b   p   p   b   t   t
             p   .    .    p    p   .  p   t                           p   b   p   p   b   t   t
             b   .    b   p   .    b   p   .                           p   b   p   p   b   t   t
             p   b   p   .    b   p   .    .                           p   b   p   p   b   t   t

  (c)       t  t  t  p   t  t  t   p 
         t  t  t  p   t  t  t   p 
         t  t  t  p   t  t  t   p 
         t  t  t  p   t  t  t   p 

16. Teknik memainkan Saron balungan mlampah yang benar di bawah ini adalah....
a.   2   3   2   1   3   5   3   2
   b.   .   2   .   1   .   2   .   6
   c.  3     2     3     5     6     5     3     2
   d.  323.  3232  353.  3535
   e.  3    .    3    .    3    .    3    .

17. Urutan gambar dari instrumen musik di bawah ini, adalah....



demung saron peking.jpeg                 
a. Saron, Demung, dan Peking          
b. Peking, Demung, dan Saron
c. Demung, Saron, dan Peking
d. Peking, Saron, dan Demung
e. Saron, Peking, dan Demung










18. Gambar dari instrumen musik di samping ini, adalah....
         


a. Gambang 
b. Gender 
c. Bonang
d. Saron
e. Slenthem

alat musik bonang


           


19. Nama dari gambar instrumen musik di bawah ini yang tepat, adalah....



         a. ketuk 
b. kempyang 
c. bonang             
d. kenong                      
e. kempul
kenong.jpg



20. Nama instrumen musik dari gambar di bawah ini yang tepat, adalah....
Hasil gambar untuk kethuk kempyang
a. ketuk
b. slenthem
c. bonang barung
d. bonang penerus
e. kenong


21. Langkah awal yang perlu diperhatikan dalam menyusun pameran adalah..
a.       Pembuatan proposal
b.      Pembentukan panitia
c.       Menetapkan tujuan pameran
d.      Mengadakan evaluasi
e.       Menentukan tema

22. Berikut yang tidak termasuk dalam fungsi pameran di sekolah adalah...
a.       Belajar organisasi
b.      Membangkitkan motivasi seni
c.       Memamerkan keunggulan sekolah
d.      Meningkatkan apresiasi
e.       Berkarya visual melalui karya seni

23. Keberhasilan dari suatu kegiatan pameran seni dapat diukur dari kualitas....
a.       Kualitas karya dan pengunjung
b.      Keindahan tempat pameran
c.       Tempat pameran yang luas
d.      Banyaknya karya yang dipamerkan
e.       Makanan yang diberikan






24. Kunci utama keberhasilan sebuah penyajian karya musik sudah tampak pada proses berlatih. Hal yang harus dipatuhi oleh seluruh peserta latihan adalah...
a.       Memainkan partitur musik sendiri-sendiri sebelum dipadukan
b.      Membuat catatan-catatan tentang lagu yang di mainkan
c.       Memenuhi jadwal latihan yang telah disepakati
d.      Menganalisis partitur sebelum dimulai latihan
e.       Memberikan tekanan pada bagian-bagian yang perlu ditonjolkan oleh masing-masing individu

25. Mengapresiasi karya musik pada dasarnya mampu memberikan sikap penghargaan terhadap karya musik tersebut secara wajar. Kewajaran dalam penghargaan karya musik tersebut ditentukan oleh...
a.       Apresiator terhadap karya musik tersebut
b.      Tingginya kualitas karya musik yang diapresiasi
c.       Kemampuan orang dalam mengoleksi album-album yang dikeluarkan oleh sebuah kelompok musik
d.      Popularitas penyanyi atau kelompok yang membawakannya
e.       Popularitas karya musik tersebut di masyarakat


26. Elemen pokok dalam tari yang terdapat unsur ruang, waktu, dan tenaga adalah ….
a.       Gerak
b.      Tubuh
c.       Kostum
d.      Musik
e.       Panggung

27. Gerakan tangan yang membuang selendang dari pangkal ikatan selendang sampai merentang lurus di samping badan disebut ….
a.       Ngiting
b.      Ukel
c.       Seblak
d.      Kebyok
e.       Ngembat

28. Gerakan tangan kanan menekuk di depan kening (pergelangan tangan menekuk dan jari-jari melenting) serta tangan kiri menekuk di depan pinggang disebut ….
a.       Ulap-ulap kanan
b.      Kenser
c.       Kebyok
d.      Ngembat
e.       Seblak

29. Gerak yang digarap untuk mendapatkan bentuk yang artistik dan tidak dimaksudkan untuk menggambarkan sesuatu disebut gerak ….
a.       Maknawi
b.      Murni
c.       Stilatif
d.      Distorsif
e.       Imitatif

30. Berikut ini yang bukan termasuk nilai estetis dalam karya seni tari adalah ….
a.       Gerak itu sendiri
b.      Kepekaan rasa bagaimana penari dapat membawakan tarian dengan penuh penghayatan atau penjiwaan
c.       Seorang penari dapat terlihat menarik karena kostum yang digunakan menarik
d.      Penari memiliki kepekaan yang baik dalam ritme dan music keberhasilan koreografi yang tepat.
e.       Penari harus memiliki wajah yang menarik


31. Tari yang lahir, tumbuh, dan berkembang dalam suatu masyarakat yang kemudian diturunkan atau diwariskan secara terus-menerus dari generasi ke generasi, merupakan definisi dari ….
a.       Tari modern
b.      Tari kontemporer
c.       Tari tradisional
d.      Tari ballet
e.       Tari massal

32. Tahap akhir pada dari rangkaian sebuah pertunjukan adalah ….
a.       Menentukan bentuk pertunjukan
b.      Menggelar pertunjukan
c.       Menentukan tema
d.      Menyeleksi pemain
e.       Menyiapakan perlengkapan

33. Kehadiran penonton dalam suatu pergelaran teater bersifat ….
a.       Tidak mempengaruhi
b.      Mutlak
c.       Dianjurkan
d.      Tidak diperbolehkan
e.       Ketidakharusan

34. Berikut hal-hal yang berkaitan dengan aturan dan persetujuan sutradara, kecuali ….
a.       Musik yang dibutuhkan
b.      Pentas yang akan disajikan
c.       Tata cahaya
d.      Konsumsi
e.       Tata rias

35. Tujuan dari pelaksanaan gladi kotor dalam pagelaran teater adalah….
a.  Supaya lebih siap pentas
b.  Mengetahui kekurangan sebelum pentas
c.  Memantapkan latihan sebelum memasuki gladi bersih
d.  Memperbaiki kelebihan yang ada
e.  Mengetahui kebaikan dan kekurangan

36.   Pihak yang bertanggung jawab terhadap kualitas karya seni teater adalah….
a.   Sutradara
b.   Penata kostum
c.   Penata rias  
d.   Pimpinan produksi
e.   Penata panggung

37.  Kesejahteraan bagi beberapa awak pendukungnya dipercayakan kepada seseorang yang
Mengetahui secara ilmu dan praktek pengelolaan pagelaran, yakni….
a.   manager produksi                  d.   pengelola pertunjukan
b.   Stage manager                         e.   pimpinan artistik
c.   seksi konsumsi

38.   Keragaman teater tradisi Nusantara yang merupakan kekayaan budaya bangsa dapat
dijadikan sebagai….
a.   promosi budaya
b.   alat promosi pariwisata
c.   kebanggaan bangsa
d.   alat pemersatu bangsa
e.   alat untuk mendapatkan bangsa






39. Awal tujuan dari tradisi musik barat yaitu.....
a. hiburan
b. pemujaan dewa
c. senandung
d. suka cita
e. pelipur lara


40. Istilah pop diambil dari  kata populer, musik populer artinya, dibawah ini  kecuali.....
A.    musik yang asalnya dari barat.                                                       
B.     sebagai bersifat kebarat-baratan  atau berasal dari Barat yang di adaptasikan sesuai dengan bahasa negara masing-masing.                                                                  
C.     musik dari yang sulit diterima (klasik) menjadi musik ringan yang dapat diterima oleh lapisan masyarakat.
D.    musik yang disukai orang barat.
E.     musik yang ringan, sederhana, akrab, dan disenangi masyarakat pada masa tertentu.

41. Berikut ini adalah unsur-unsur musik...
A.      Melodi, harmoni, ritme, dinamika, beat                                                
B.       Melodi, harmoni, ritme, dinamika, birama                                                                   
C.       Melodi, harmoni, irama, dinamika, ketukan          
D.      Melodi, harmoni, ritme, dinamika, tempo             
E.       Melodi, harmoni, ritme, dinamika, struktur lagu               

42. Musik yang berasal dari satu jajaran nada dengan jarak interval dan tidak ada hubungan khusus antara masing-masing not tangga nada tersebut kecuali nada dasar yang merupakan pusat disebut musik ......
a. modal
b. tonal
c. atonal
d. reggae
e. pop

43. Musik yang memndang bunyi secara vertikal dan horizontal adanaya pusat nada yang didengar atau dirasakan, disebut musik.....
a. modal
b. tonal
c. atonal
d. reggae
e. pop

44. Musik yang bersifat spontanitas disebut musik......
a.modal
b. tonal
c. atonal
d. reggae
e. jazz

45.  Berikut adalah fungsi musik klasik, kecuali....
a. meningkatkan kecerdasan majemuk
b. ikatan emosional orang tua dan anak
c. membangun keterampilan pribadi
d. mengembangkan kontrol impulsif
e.  menjembatani kreativitas





46. Berikut ini tokoh ciri-ciri ( karakteristik ) musik klasik, kecuali....
     a.  Peralihan dinamik dari decrescendo menjadi crescendo dan sebaliknya.
  b. Peralihan kecepatan dari accelerando atau menguranginya menjadi ritardando dan sebaliknya.
  c. Hiasan ornament yang bervariasi
         d. Hiasan ornament dibatasi pemakaiannya.
       e. Pemakaian harmoni akor tiga yang berlaku

47. Tokoh–tokoh musik zaman Barok dan zaman Rokoko, yang tepat adalah......
a. Johann Sabastian Bach (1685-1750) dan George Friederich Haendel (1685-1759)
b. Johnn Stamitz (1717-1757) dan Franz Joseph Haydn(1732-1809)
c. Wolfgang Amadeus Mozart (1765-1791) dan Johnn Stamitz (1717-1757)
d. Franz Joseph Haydn(1732-1809) dan Wolfgang Amadeus Mozart (1765-1791)
e.  Ludwig Von Beethoven (1770-1827), Franz Peter Schubert (1797-1823) dan
              Francois Frederic Chopin (1810-1849)

48. Tokoh–tokoh musik zaman Klasik, yang tepat di bawah ini adalah........
a. Johnn Stamitz (1717-1757), F.J Haydn(1732-1809) danW.A Mozart (1765-1791)
b. J. Sabastian Bach (1685-1750) dan G. F Haendel (1685-1759)
c. Wolfgang Amadeus Mozart (1765-1791) dan Johnn Stamitz (1717-1757)
d. Franz Joseph Haydn(1732-1809) dan Wolfgang Amadeus Mozart (1765-1791)
e.  L. V Beethoven (1770-1827), F.P Schubert (1797-1823) dan F. F Chopin (1810-1849)

    49. Di bawah ini adalah tokoh–tokoh musik zaman Romantik, yaitu......
a. Johnn Stamitz (1717-1757), F.J Haydn(1732-1809) danW.A Mozart (1765-1791)
b. J. Sabastian Bach (1685-1750) dan G. F Haendel (1685-1759)
c. Wolfgang Amadeus Mozart (1765-1791) dan Johnn Stamitz (1717-1757)
d. Franz Joseph Haydn(1732-1809) dan Wolfgang Amadeus Mozart (1765-1791)
e.  Ludwig Von Beethoven (1770-1827), Franz Peter Schubert (1797-1823) dan
              Francois Frederic Chopin (1810-1849)

50. Pengertian musik Jazz yang paling tepat di bawah adalah .......
a. jenis musik yang dimainkan atas dasar ritme dan perasaan disertai spontanitas dan dari   permainan tersebut dihasilkan improvisasi-improvisasi.
b. jenis musik yang dimainkan berdasarkan ritme dan perasaan ,spontanitas yang  menghasilkan  improvisasi
c.  musik penuh dinamika, tanpa perasaan, spontan dan   improvisasi
d. selera musik penuh dinamika, ornament, spontan dan   improvisasi
e. jenis musik yang dimainkan berdasarkan perasaan, dinamika  dan, spontanitas yang menghasilkan  ornament-ornament nada

51. Ciri~ciri musik Jazz  secara umum adalah berikut ini, kecuali :...
a. Bass progresif (walking bass)
b. Ritme mengantung/patah-patah (syncop)
c. Susunan melodi improvisasi
d. Penggunaan akor dissonant
e. Penggunaan akor 3 nada

52.  Suatu jajaran nada dengan jarak interval tertentu dan tidak ada hubungan khusus antara masing-masing not tangga disebut.....
a. atonal
b. tonal
c. modal
d. kreasi
e. kontemporer





53. Satuan bunyi yang memiliki getaran teratur disebut...
a. notasi
b. irama
c. komposisi
d. nada
e. not

54. Perbedaan mendengar dan mendengarkan musik yang tepat di bawah ini, adalah......
a. mendengar hanya selintas atau sambil lalu saja, mendengarkan adalah fokus yaitu    mendengar dengan detail-detailnya.
b.mendengar hanya asal, mendengarkan adalah fokus
c. mendengar hanya selintas atau sambil lalu saja, mendengarkan adalah konsentrasi
d.mendengar hanya lewat saja, mendengarkan adalah benar-benar mendengar dengan detail-detailnya.
e. mendengar hanya sambil lalu saja, mendengarkan adalah konsentrasi yaitu mendengar dengan detail-detailnya.

55. Pengertian mengaransemen musik.......
a. penyesuaian komposisi musik baik vokal ataupun instrumen musik yang didasarkan atas sebuah komposisi yang telah ada sehingga esensi musik berubah
b. penyesuaian komposisi musik baik vokal ataupun instrumen musik yang didasarkan atas sebuah komposisi yang telah ada sehingga esensi musik berubah sama sekali
 c. perubahan komposisi musik baik vokal ataupun instrumen musik yang didasarkan atas sebuah komposisi yang telah ada sehingga esensi musik ekslusif
d. mengubah atau penyesuaian komposisi musik baik vokal ataupun instrumen musik yang didasarkan atas sebuah komposisi yang telah ada sehingga esensi musik tidak berubah
e. mengubah atau penyesuaian komposisi musik baik vokal ataupun instrumen musik yang didasarkan atas sebuah komposisi yang telah ada sehingga esensi musik menarik

56. Sebuah ungkapan “hasil tidak menghianti proses” demikian pula dengan penyajian karya musik memerlukan latihan, dikarenakan......
a. Memperlancar materi, melatih kerukunan, revolusi mental, mengevaluasi latihan, dan memperoleh hasil yang diharapkan.
a.    Memperlancar materi, melatih persatuan, mempersiapkan mental, mengevaluasi latihan, dan memperoleh hasil yang diharapkan.
b.    Memperlancar materi, melatih kekompakkan, mempersiapkan mental, mengevaluasi latihan, memperoleh hasil yang diharapkan.
c.    Mempelajari materi, melatih kekacauan, mempersiapkan mental, mengevaluasi latihan, dan memperoleh hasil yang tidak diharapkan.
d.   Mempelajari materi, melatih kesatuan, mempersiapkan mental, mengabaikan evaluasi latihan, dan memperoleh hasil yang diharapkan.

57. Hal-hal pokok yang perlu dipersiapkan dalam latihan ......
a. Menyusun jadwal latihan, materi latihan, pelatih , sarana dan prasana yang diperlukan
b.Menyusun jadwal latihan, materi latihan, peralatan , sarana dan prasana yang diperlukan
c.Jadwal latihan, materi lagu, persiapan , sarana dan prasana yang diperlukan
d.Jadwal latihan, materi lomba, aksesoris, sarana dan pendukung
e. Menyusun jadwal, materi , mental dan fisik, serta sarana dan prasana yang diperlukan







58. Kerja atau kegiatan yang berhubungan dengan memelihara dan menjaga serta mengawasi  sebuah kegiatan pameran seni rupa disebut....
a.       Kurator
b.      Kurasi
c.       Kuratorial
d.      Pameran seni
e.       Nilai pameran

59. Aspek seni rupa yang terdiri dari penemuan sumber inspirasi, penetapan interes seni, dan penetapan interes bentuk adalah aspek....
a.       Konseptual
b.      Kreativitas
c.       Keterampilan
d.      Visual
e.       Individual

60. Tujuan utama pameran karya seni rupa adalah....
a.         Mencari pembeli hasil karya yang di pamerkan
b.        Menyampaikan gagasan dan hasil karya sehingga diapresiasi oleh masyarakat
c.         Menunjukkan kemampuan seorang seniman
d.        Mengumumkan kepada masyarakat bahwa karya tersebut adalah milik seniman yang bersangkutan
e.         Menaikkan harga karya yang dipamerkan

61. Pameran bisa menjadi ajang kompetisi bagi para pecinta seni, karena melalui karya seni kita akan mengetahui setinggi apa keaktifan serta kreativitas pencita seni dalam membuat karya merupakan fungsi pameran sebagai sarana....
a.       Hiburan
b.      Rekreasi
c.       Edukasi
d.      Prestasi
e.       Apresiasi

62. Untuk memberikan penghargaan terhadap suatu karya musik dapat mengembangkan  sikap-sikap berikut kecuali
a.       Mendengarkan, menikmati dengan hati dan pikiran terbuka
b.      Bersikap antipati
c.       Tidak mengalahkan suatu karya musik
d.      Tidak menganggapi jenis musik mewakili kelompok tertentu
e.       Kelompok minoritas

63. Estetika tari tidak dapat diamati melalui ...
a.    Wiraga
b.    Unsur pendukung
c.    Wiracarita
d.   Wirama
e.    Wirasa

64. Sebuah tari yang mengungkapkan emosi manusia secara bebas yang tidak terikat oleh sebuah bentuk standar disebut ...
a.    Tari klasik
b.    Tari modern
c.    Tari tradisional
d.   Tari kontemporer
e.    Tari primitive
65. Berikut yang merupakan kelebihan dan kekurangan pergelaran tari di tempat terbuka adalah ...
a.    Dapat menampung jumlah penonton yang banyak, tetapi keamanannya tidak terjamin
b.    Memiliki ruangan yang terbatas sehingga jumlah penonton harus dibatasi, tetapi keamanan lebih terjamin
c.    Adanya layar pembatas, tetapi pandangan penonton satu arah
d.   Tidak ada layar pembatas, tetapi sudut pandang penonton bisa dari berbagai arah
e.    Tidak ada layar pembatas, tetapi penonton dibuat berjenjang, dengan bagian belakang lebih tinggi dari bagian di depan

66. Rupa atau wujud memberi kejelasan gerak tari yang diperagakan melalui warna busana atau rias dinamakan unsur ...
a.    Wirama                       
b.    Wirasa
c.    Wiraga                        
d.   Etika
e.    Wirupa

67. Tari berfungsi sebagai media ekspresi, artinya ...
a. Dapat meningkatkan ekonomi
b. Mengembangkan bakat
c. Sebagai sarana/media mengungkapkan perasaan dan curahan gejolak hati
f.     Mencerdaskan otak
g.    Dapat berhubungan dengan orang lain

68. Fungsi irama dalam tari adalah ...
a.Membantu penari dalam mengatur dan menguatkan gerak
b. Membantu penari dalam mendesain pola lantai
c. Membuat pertunjukan tari menjadi lebih hidup
d. Membuat semangat pemain
e. Mengiringi penonton

69. Terdapat beberapa tahapan umum dalam cara menulis kritik tari, di antaranya, evaluasi.  Evaluasi adalah ...
a.Suatu tahapan penguraian data materi secara rinci tentang peristiwa pertunjukan atau fokus masalah yang diamatinya
b.Tahapan yang dilakukan untuk memberikan penekanan masalah yang lebih dalam dan luas tentang peristiwa pertunjukan karya tari yang sudah di deskripsikan
c.Tahapan memberikan penekanan masalah makna dari simbol-simbol yang teramati berdasarkan peristiwa pertunjukan dari semua aspek pendukung pertunjukan
d. Tahapan tentang bagaimana sebaiknya kualitas karya tari yang dianggap ideal menurut kita
e.Pernyataan sikap yang menyangkut kesan dan pesan dari penulis dari apa yang telah dilihat dan dideskripsikan ke dalam tulisan kritik tari

70. Penampakan visual lingkungan kurang lebih gerak laku pemeran dalam satu buah lakon disebut ...
a. Set panggung                     
b.Tata busana
c.Properti                    
 d. Perlengkapan
e. Tata rias



71. Teater yang berarti pertunjukan merupakan asal kata dari theatron.
         Pengertian teater dalam arti yang luas adalah
a.Segala pertunjukan yang dipentaskan di depan orang banyak
b. Cerita tentang hidup dan kehidupan manusia banyak dengan menggunakan naskah
c. Semua gedung yang dibuat untuk mementaskan pertunjukan teater
d.Teater yang ditonton oleh orang banyak
e.Teater yang jumlah pemainnya lebih dari satu orang

72. Seorang pemain teater harus menggambarkan diri sebagai...
a.Diri sendiri
b.Tokoh idola
c.Tohoh yang diperankannya
      d.Tokoh masyarakat
e. Idola penonton

73. Hal-hal berikut yang paling menonjol dalam pentas teater adalah....
a.Musik
b.Busana tokoh
c.MC
d.Cahaya/lampu
e.Dialog dan akting tokoh

74. Salah satu pertimbangan dalam memilih naskah adalah memiliki nilai sastra, yang artinya..
a.Indah dan mendidik
b. Sangat dikenal oleh semua kalangan
c. Bahasa menggunaka simbolisme
d. Ditulis oleh penulis terkenal
e. Pernah mendapatkan penghargaan atau memenangkan lomba
75. Secara umum ada dua jenis tindakan dalam persiapan dan pelaksanaan pagelaran seni  yaitu kreatifitas managerial dan kreatifitas konseptual. Adapun kreatifitas managerial berkaitan dengan berbagai macam pengaturan-pengaturan :
A.    Waktu, honor, biaya, kepanitian, sarana-sarana, rapat-rapat, dan evaluasi.
B.     Waktu, tempat, biaya, kepanitian, sarana-sarana, rapat-rapat, dan evaluasi.
C.    Waktu, tempat, transport, kepanitian, latihan, rapat-rapat, dan evaluasi.
D.    Waktu, tempat, biaya, kepanitian, sarana-sarana, rapat-rapat, dan evaluasi.
E.     Waktu, tempat, biaya, kepanitian, pelatih, rapat-rapat, dan evaluasi.

76. Kreatifitas Konseptual (pengembangan Ide) berkaitan erat dengan penentuan, pengembangan, dan pelaksanaan suatu ide dasar dari pagelaran seperti :
A.    Perumusan sasaran, penentuan tema, penjabaran isi tema, pengejahwantahan isi tema, dan apresiasi pagelaran
B.     Perumusan tujuan, penentuan tema, penjabaran isi tema, pengejahwantahan isi tema, dan apresiasi pagelaran
C.    Perumusan hakikat, penentuan tema, penjabaran isi tema, pengejahwantahan isi tema, dan apresiasi pagelaran
D.    Perumusan tujuan, penentuan acara, penjabaran isi acara, pengejahwantahan isi acara, dan evaluasi pagelaran
E.     Perumusan tujuan, penentuan tujuan, penjabaran isi tujuan, pengejahwantahan isi tujuan, dan apresiasi pagelaran







77. Kreatifitas managerial berkaitan erat dengan pengembangan kemampuan kreatifitas dengan mengacu pada....
A.    Nilai realitas dan nilai efisiensi                            
B.     Nilai efektifitas dan efisiensi
C.     Nilai non efektifitas dan nilai efisiensi                
D.    Nilai moral dan estetika
E.     Nilai efektifitas dan nilai keindahan

78. Kreatifitas konseptual berkaitan erat  pengembangan kemampuan kreatifitas dengan mengarah pada kepekaan rasa (empati) ...
A.     Nilai-nilai estetis dan etika dalam seni                 
B.     Nilai efektifitas dan efisiensi
C.     Nilai-nilai religi                                                    
D.    Nilai-nilai sosial
E.     Nilai-nilai estetika

79. Kepanitian yang merupakan organisasi untuk pergelaran, di dalamnya terdapat unsur yang harus mampu bekerja sama, sehingga dapat mengorganisir pelaksanan pergelaran, antara lain di bawah ini, kecuali :
  1. Pihak–pihak yang telah ditunjuk menjadi panitia harus mengetahui tugas masing-masing
  2. Para seksi harus segera membuat program kerja dan rencana anggaran biaya serta melaporkannya kepada ketua panitia untuk dibahas
  3. Pembuatan program kerja dan angaran biaya tersebut harus realistis tidak mengada-ada
  4. Bertindaknya sebebasnya tanpa koordinasi dengan Pembina
  5. Semua panitia harus dapat berkoordinasi dan bersinergi

80. Rangkaian kegiatan pada saat pelaksanaan pagelaran yang di lakukan adalah....
  1. Pelaksanaan program dan tugas-tugas dari panitia, setiap saat pembina menjalankan tugas yang berhubungan dengan kegiatan pagelaran
  2. Pelaksanaan program dan tugas-tugas dari pembina, setiap saat panitia menjalankan tugas yang berhubungan dengan kegiatan pagelaran
  3. Pelaksanaan program dan tugas-tugas dari panitia, setiap saat panitia menjalankan tugas yang berhubungan dengan kegiatan pagelaran
  4. Pelaksanaan program dan tugas-tugas dari kepala sekolah, setiap saat pembina dan panitia menjalankan tugas yang berhubungan dengan kegiatan pagelaran
  5. Pelaksanaan program dan tugas-tugas dari panitia, setiap saat seksi-seksi menjalankan tugas yang berhubungan dengan kegiatan pagelaran

81. Urutan tahapan dalam “kreatifitas konseptual”  yaitu:
  1. Pemilihan, penjabaran tema, latihan persiapan hingga gladi resik dan pelaksanan pentas
  2. Penjabaran, pemilihan tema, latihan persiapan hingga gladi resik dan pelaksanan pentas
  3. Pemilihan, penjabaran tema, pelaksanan pentas dan latihan persiapan hingga gladi resik
  4. Pelaksanan pentas,  pemilihan, penjabaran tema, dan latihan persiapan hingga gladi resik
  5. Latihan persiapan hingga gladi resik, pemilihan, penjabaran tema, dan pelaksanan pentas

82. Ide dasar yang menjadi latar belakang suatu bentuk tari biasanya mengandung kriteria  menarik, orisinal, kreatif, inovatif, mendidik dan berguna bagi pertumbuhan budaya bangsa disebut ......tari.
A. pokok pikiran
B. topik permasalahan
C. gagasan
D. koreografi
E. gagasan utama

83. Tari adalah keindahan ekspresi jiwa manusia yang diungkapkan berbentuk gerak tubuh yang diperhalus melalui....
A. iringan
B. estetika
C. musik
D. tata rias
E. panggung
84. Gerakannya sederhana, musiknya sederhana, busana dan tata rias juga sederhana serta berkembang di kalangan rakyat biasa adalah ciri dari tari....
A. klasik
B. kreasi baru
C. perjuangan
D. modern
E. tradisional

85. Tarian khas dari Sumatera Utara yang berciri khas gerak merapatkan dan mengembangkan kedua telapak tangan sambil bergerak di tempat dan geser kaki, adalah tari daerah tari......
A. serampang dua belas
B. jawa
C. seudati
D. saman
E. tor-tor

86.  Yang bukan merupakan persoalan untuk menampilkan suatu pergelaran seni tari adalah...
A. manajemen
B. waktu
C. ruang
D. penonton
E. kesempatan

87. Tari yang dibawakan oleh seorang penari yang membawakan karya koreografer yang diketahui nama penciptanya dan memiliki karakteristik koreografernya disebut tari tunggal....
A. tari kreasi baru
B. internasional
C. nusantara
D  ritual
E. modern

88. Penyajian pagelaran seni 2018 pada tiap-tiap kelas yang benar adalah...
A. legenda kerajaan Langko, legenda kerbau, legenda dwipayana, pangeran lidah hijau,
legenda putri hijau, Dramatari Penolakan Cinta Dewi Sekartaji, dan legenda danau lipan
B. legenda kerajaan Tangko, legenda minangkabau, sendratari ramayana, pangeran lidah hijau, legenda putri hitam, seni barong, dan legenda danau lipan
C. legenda kerajaan Tangko, legenda minangkabau, legenda krisna dwipayana, pangeran lidah hitam, legenda putri hijau, seni barong, dan legenda danau lipan
D. legenda kerajaan Langko, legenda ranah minangkabau, legenda dwipayana, pangeran lidah hijau, legenda putri hijau, seni barong, dan legenda danau lipan
E. legenda kerajaan Tangko, legenda ranah minang, legenda dwipayana, pangeran lidah hitam, legenda putri hijau, seni barong, dan legenda danau toba

89. Kata manajemen (seni) berasal dari kata management (Inggris), managiare (latin), maneggio (Italia)  yang artinya...
A. mengurusi, mengendalikan atau menangani
B. mengandalkan, menyerahkan dan meramaikan
C. pengaturan dan pengelolaan
D. mengatur dan  memberdayakan serta meramaikan
E. perencanaan, penyusunan, pengarahan serta pengendalian







Untuk soal-soal no 90 s/d 95 perhatikan pernyataan-pernyataan prinsip-prinsip manajemen seni berikut ini !

Prinsip-prinsip manajemen dalam pagelaran seni :
(1) Prinsip pembagian kerja
(2) Prinsip wewenang dan tanggung jawab
(3) Prinsip tertib dan disiplin
(4) Prinsip kesatuan komando
(5) Prinsip semangat kesatuan
(6) Prinsip keadilan dan kejujuran

90. Penempatan orang sesuai dengan keahlian dan minat sesuai dengan prinsip manajemen...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

91. Setiap orang memiliki wewenang dan tanggung jawab untuk melaksanakan tugas masing-masing sesuai bidangnya adalah prinsip manajemen...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 6

92. Memiliki kepatuhan dan ketaatan dalam melaksanakan tugas dan perannya merupakan  prinsip...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 5
E. 6

93. Bekerja sama saling membantu dan bahu membahu untuk mewujudkan hasil yang maksimal adalah prinsip manajemen seni....
A. 1
B. 3
C. 4
D. 5
E. 6

94. Perlu adanya keterbukaan secara bersama-sama dari ketercapaian hasil pekerjaan yang sudah dilakukan adalah prinsip manajemen seni...
A. 1
B. 3
C. 4
D. 5
E.  6

95. Adanya satu komando agar setiap anggota dapat mengetahui kepada siapa ia mesti bertanggung jawab merupakan prinsip...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

96. Bekerja saling membantu dan bahu membahu untuk mewujudkan hasil yang maksiamal adalah prinsip...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

Untuk soal-soal no 97 s/d 100 perhatikan pernyataan-pernyataan fungsi manajemen seni berikut ini !

Fungsi managemen seni meliputi :
(1) Fungsi perencanaan
(2) Fungsi pengorganisasian
(3) Fungsi pengarahan dan implementasi
(4) Fungsi pengawasan dan pengendalian

97. Mendefinisikan tujuan kegiatan, membuat strategi untuk mencapai tujuan, sumber daya yang diperlukan, menetapkan standar keberhasilan dalam pencapaian tujuan pagelaran dan mengembangkan rencana aktivitas kegiatan, merupakan fungsi managemen seni.....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

98. Proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan yang kondusif dan dapat memastikan semua pihak dapat bekerja secara efektif dan efisien guna pencapaian tujuan kegiatan, merupakan fungsi manajemen seni....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

99.  Proses memotivasi agar semua pihak dapat menjalankan tanggung jawabnya dengan penuh kesadaran dan produktivitas yang tinggi merupakan fungsi manajemen seni.....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

100.  Memastikan seluruh rangkaian kegiatan  yang telah direncanakan, diorganisasikan, dan di implementasikan dapat berjalan sesuai engan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam pagelaran seni merupakan fungsi manajemen seni.....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5






101. Tim produksi bertugas mengorganisir pementasan suatu seni pertunjukan, terdiri atas.....
 A. manajer, sekretaris, produksi, bendahara, seksi dokumentasi, seksi pendanaan  dan tiketing
B. pimpinan produksi, sekretaris, produksi, bendahara, seksi dokumentasi, seksi pendanaan dan tiketing
C. direktur, sekretaris, produksi, bendahara, seksi dokumentasi, seksi pendanaan dan akomodasi
D. ketua umum, sekretaris, produksi, bendahara, seksi dekorasi, seksi pendanaan dan tiketing
E. pimpinan produser, sekretaris, produser, bendahara, seksi dokumentasi, seksi pendanaan dan tiketing

102. Pimpinan yang bertugas untuk mengorganisir pementasan suatu seni pertunjukan adalah...
A. pimpinan produksi,
B. sekretaris,
C. produser,
D. bendahara,
E. direksi

103. Tim artistik terdiri dari :...
A. produser, pimpinan artistik, stage manager, penata panggung, penata cahaya, penata rias, penata busana, penata suara, dan penata musik
B. sutradara, pimpinan artistik, stage manager, penata panggung, penata cahaya, penata rias, penata busana, penata suara, dan penata musik
C. pimpinan produksi, pimpinan artistik, stage manager, penata panggung, penata cahaya, penata rias, penata busana, penata suara, dan penata musik
D. sutradara, pimpinan produksi, manager, penata panggung, penata cahaya, penata rias, penata busana, penata suara, dan penata musik
E. produser, sutradara, stage manager, penata gedung, penata cahaya, penata rias, penata busana, penata suara, dan penata musik

104. Orang yang membuat konsep dari pertunjukan, dan mengatur atau laku dari sebuah pertunjukan adalah...
A. sutradara,
B. pimpinan artistik,
C. stage manager,
D. penata panggung,
E. pelatih

105.  Penanggung jawab dari karya, performa penyajian hingga tata urut pementasan agar dapat menyajikan urutan pementasan, di sebut.....
A. sutradara
B. pimpinan artistik
C. stage manager
D. penata panggung
E. pelatih

106. Orang yang mengoordinasi seluruh bagian yang ada di panggung, yaitu...
A. sutradara
B. pimpinan artistik
C. stage manager
D. penata panggung
E. pelatih

107. Selain dapat memberi rasa senang melalui konsentrasi yang tinggi kita dapat merasakan bahwa teater juga memberi sumbangan pada ....
A.  dunia seni
B. keluhuran budi dan kematangan jiwa
C.  kepuasan batin dan kematangan jiwa
D.  para seniman
E.  kemajuan seni teater

108. Mempertimbangkan vokal peran merupakan hal yang diperlukan dalam....
A. pertemuan
B. pengkajian naskah
C. casting
D. pendahuluan
E. dialog

109. Unsur pertama yang terdapat dalam kegiatan teater adalah.....
 A. naskah
B. penonton
C. publik
D. promotor
E.  produser

110.  Masing-masing orang bebas menerjemahkan makna sebuah karya menurut....
A. intelektual dan pemikirannya
B. imajinasi dan gagasan
C. pengalaman estetis dan intelektualitasnya 
D. selera dan kemampuan pemahamannya
E. daya tangkap dan kemampuannya

111. Pelaku yang menyebabkan timbulnya konflik dalam cerita adalah
A. tritagonis .
B. sampingan
C. figuran
D. central
E.  antagonis

112. Penilaian secara utuh terhadap pementasan teater dimulai dari menilai....
A.  pokok-pokoknya
B.  unsur-unsurnya
C.  alur ceritanya
D. penokohannya
E.  kreativitasnya

113. Musik modern dengan irama dan melodi yang berkembang pada saat tertentu atau saat ini, disebut...
A.                Musik Tradisional                       
B.                  Musik Non Trasidisional
C.                 Musik Kontemporer                                
D.                Musik Kolaborasi
E.  Musik Eksplorer

114. Pengertian dari  musik kontemporer yang  tepat berikut ini kecuali, ......
    A. hasil karya seni yang dituangkan melalui nada-nada yang melodis dan berirama dalam  waktu  tertentu.
       B.  musik kreasi modern yang merupakan wahana untuk menunjukkan  kebolehan  penata musik   menciptakan bentuk sajian musik yang lain daripada yang lain
C.  musik yang bisa bisa berupa bunyi dapat berasal dari sumber yang beragam, tidak hanya dari instrumen musik.
       D.  musik kreatifitas yang tinggi yang menawarkan alternatif.
E.  musik yang  menuntut diterima oleh masyarakat.





115. Langkah-langkah dalam menciptakan sebuah komposisi musik kreasi adalah berikut ini,   kecuali....
A. mendengarkan contoh bentuk-bentuk komposisi lagu atau instrumen dari rekaman
B.  membaca teks dan  membayangkan jenis musik yang dapat mendukung isi teks dan media    ungkap aspek musikal
C. membaca berulang-ulang komposisi untuk mendapatkan gerak irama dan kelompok aksennya
D. menetapkan unsur-unsur musikal yang digunakan dalam penyusunan komposisi musik
E. menulis karya komposisi dengan baik, agar dapat dibaca, dinyanyikan, dan diapresiasi dalam kegiatan selanjutnya.

116. Berikut ini merupakan ciri-ciri musik kontemporer, kecuali......
A.                warna bunyi bisa sejenis atau bisa berbagai jenis
B.                 memiliki improvisasi yang bervariasi mengikuti keinginan pemusik
C.                 bunyi dapat berasal dari sumber yang beragam, tidak hanya dari instrumen musik
D.                memakai tangga nada pentatonis
E.                 selera dan pemikiran individual

117. Berikut ini adalah ciri-ciri penyajian musik kontemporer yang lainnya dari pernyataan diatas , kecuali :
A.                Inovatif                                                    
B.                 Pemikiran individual                                            
C.                 Perlu adanya kreatifitas yang tinggi
D.  Menawarkan alternative
E.  Menuntut diterima oleh masyarakat

118. Berikut cara-cara mengembangkan gagasan membuat karya musik kreasi, kecuali...
A. mengubah syair
B. mengubah melodi
C. meniru sesuasi aslinya
D. memodifikasi melodi dan syair
E. mengambil esensi dari warna musik daerah yang ada

119. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat karya musik kontemporer, kecuali........
A.  Menentukan tema
B.  Membentuk lagu                                   
C.  Membuat instrumen musik
D.  Membuat syair lagu      
E.    Membuat motif dan frase musik

120. Berikut ini adalah kemampuan dasar menciptakan musik kontemporer, kecuali......
A.                   Pengetahuan musik                      
B.                   Olah vokal            
C.                   Apresiasi musik                            
D.                   Olah nada
E.                    Teknik memainkan musik

121. Perkembangan musik kontermporer baru mulai dirasakan sejak diselenggarakannya acara  Pekan Komponis Muda tahun 1979 di Taman Ismail Marzuki Jakarta. Melalui acara itu, komunikasi para seniman antar daerah dengan berbagai macam latar belakang budaya dapat terjalin dengan menghasilkan....
A. forum diskusi sertadialog antar seniman dalam acara tersebut saling memberi kontribusi sehingga membuka paradigma kreatif musik menjadi lebih luas
B. forum menghasilkan musik kreasi kontemporer
C. forum menghasilkan adanya festival musik kontemporer setiap tahunnya
D. forum menghasil ide-ide kreatif seniman untuk mencipta musik yang lain daripada yang lainnnya
E. forum menghasilkan tokoh-tokoh musisi kontemporer




122. Tokoh-tokoh musik Kontemporer Indonesia, adalah berikut ini, kecuali....
A.                Rahayu Supanggah, Al Suwardi, Komang Astita, Harry Roseli, Nano Suratno,
B.                 Sutanto, Ben pasaribu, Trisutji Kamal, Tony Prabowo,
C.                 Yusbar Jailani, Dody Satya Ekagustdiman, Nyoman Windha,
D.                Otto Sidharta, Slamet Abdul Syukur, Oya Yukarya, Wayan Sandra
E.                 Kitaro, Sungut, Badingkut
                                                     
123. Penyajian musik kontemporer dapat berupa kreasi musik yang tepat dibawah ini, adalah...
A.  Media vokal, media instrumen, media campuran dalam seluruh kelompok masyarakat asia
B.  Media vokal, media instrumen, media campuran dalam seluruh kelompok masyarakat dunia
C.  Media sosial, media instrumen, media campuran dalam seluruh kelompok masyarakat Jawa
D.  Media massa, media instrumen, media campuran dalam seluruh kelompok masyarakat Indonesia
E.   Media vokal, media instrumen, media sosial dalam seluruh  masyarakat dunia

124. Musik kontemporer merupakan musik masa kini yang terbentuk dengan keterpaduan antara musik alam, musik umum, musik daerah, dan musik....
A.  Barat
B. Mesir     
C. Romawi
D. Yunani  
E. Arab

125.  Notasi musik kontemporer  kadang hanya dapat dimengerti pemusik karena notasinya ditulis dengan...
A.  Angka   
B.  Huruf                
C.  Tanda                
D.  Gambar      
E.   Abjad

126.  Musik kontemporer dapat dibuat dengan mengekplorasi berbagai sumber bunyi yang tepat dibawah ini, kecuali:....
A.      Tepuk tangan, bersiul, suara mulut, alat musik tradisional dan teknologi canggih
B.       Tepuk tangan, bersiul, suara gigi, alat musik tradisional, dan teknologi canggih
C.       Tepuk tangan, bersiul, suara anggota tubuh, alat musik tradisional, dan teknologi canggih
D.      Tepuk tangan, bersiul, suara alam, alat musik tradisional, dan teknologi canggih
E.       Tepuk tangan, bersiul, suara horor, alat musik tradisional, dan teknologi canggih

127.  Sikap mengembangkan kreatifitas, menyintesis, belajar menggunakan alat dan media dalam berolah musik, serta  menyajkan karya seni musik disebut...
A. kreatif
B. inovatif
C. eksekusi
D. perseptual
E. keterampilan

128. Musik diciptaan untuk mendukungn proses belajar mengajar, merupakan fungsi musik sebagian media..
A. religi
B. terapi
C. hiburan
D. pengiring
E. pendidikan

129. Kegiatan berkarya musik kreasi dengan memberi tambahan pada komposisi lagu musik, sehingga menjadi lebih indah, disebut membuat....
A. harmoni
B. komposisi
C. aransemen
D. festival musik
E. hasil karya musik

130. Salah satu ciri  musik kontemporer adalah  musik yang diciptakan semata-mata hanya untuk mencapai kepuasan batin bagi senimannyadan juga  merupakan tujuan musik..
A. magis
B. kreatif
C. religius
D. rekreatif
E. komersial

131. Contoh peran musik krasi sebagai media komersial adalah digunakan pada...
A. iklan
B. peribadatan
C. konser musik
D. pengiring upacara
E. pembelajarn di kelas

132. Unsur-unsur penjiwaan suatu karya musik
A. ketetapan intrepretasi terhadap tanda tempo dalam pembawaan lagu
B. memperhatikan ritmr, yaitu gerak yang mengalir dengan mengetahui bentuk-bentuk notasi   dan bentuk tanda diam serta tanda birama
C. bentuk dan pola lagu yang dinyaika harus sesuasi atau selaras dengan karakter lagunya
D. setiap membaeakan lagu, musik harus ada bagian tertentu yang merupakan tempat klimaks lagu
E. ketepatan dalam menenbak suatu nada dan pitch (tinggi suara) agar benar

133. Ciri-ciri musik kontemporer luar negeri tidak jauh berbeda dengan musik kontemporer Indonesia yaitu....
A. hanya saja  dikarenakan kemajuan teknologi elektronikanya lebih unggul membuat musik  kontemporernya lebih menonjol dibandingkan dengan musik kontemporer Indonesia
B. musik kontemporer luar negeri  menggunakan syntheisizer yaitu sebuah alat elektronika (semacam  keyboard)  yang dapat menghasilkan suara bermacam-macam dari suara seperti manusia sampai suara alam, dan lain-lainnya.
C. musik kontemporer luar negeri yang menggunakan syntheisizer dan sejenisnya hampir selalu  mendapat predikat sebagai musik fungsional, yang lebih bersifat mesin dibanding perasaan.
D. musik kontemporer luar negeri  dengan ragam bunyi-bunyian sintesis yang kering, monoton dan berbau robot yang menumbuhkan paham musik indusri
E.  musiknya  sintesis saat itu boleh dikata mengacu pada keperkasaan teknologi dan eksplorasi ruang angkasa

134. Kitaro adalah musisi  kontemporer legend dari jepang.
       Pernyataan yang tepat berikut ini dengan  mendengarkan musik Kitaro, yaitu....
   A. seakan-akan terbawa ke amosfir tepian laut, bersama  sayap camar meniti ombak, menyimak melodi percik air dan irama ayunan ombak.
B.  desir magis syntheisizer-nya membawa kita menyelam ke relung laut dalam, dimana arus dalam berkisar bergantian, atau menghayati api yang meliuk-liuk dalam gelap.
C. memberi kita sebuah dunia yang sebelumnya tak pernah kita angan-angankan, bahkan sebuah perjanan  misteri, astral trip, menuju mikrokosmos, mendekati degup jantung (dalam komposisi : Beat) atau dalam sebuah perjalanan abadi yang begitu ngungun (lewat komposisi : Endless Journey).
D. musik Kitaro tak melulu bertopang pada kekaguman terhadap alam, tetapi juga dilandasi kesadaran untuk bersimpuh pada keluasan hidup dan misteri yang digelar Tuhan.
E. bagai musafir yang mengendarai bunyi, dia berkelana terus menembus dimensi ruang dan waktu (digambarkan bagus di nomor Time traveler, di album Tenku).








135. Komponis kontemporer yang ciri-ciri karyanya sulit sekali dikategorikan secara konvensional. Karya-karya mereka selain memiliki keunikan tersendiri, juga cukup bervariasi sehingga dari waktu ke waktu konsep-konsep musik mereka bisa berubah-ubah tergantung pada semangat serta kapasitas masing-masing dalam mengembangkan kreativitasnya.
       Berikut ini adalah beberapa yang bukan tokoh komponis kontemporer Indonesia yang berhasil menciptakan musik kontemporer:.....
A. Suratno, Sutanto, Ben Pasaribu
B. Trisujti Kamal, Tony Prabowo, dan Yusbar Jailani
C. D. Dody Satya,    Ekagustdiman
D. Nyoman Windha, Otto Sidharta
E. I Gde Bandem, Sucipto

136. Tokoh-tokoh yang pernah menciptakan musik kontemporer Indonesia dengan judul   albumnya, antara lain selain diatas adalah berikut ini, kecuali:
A. Krakatau Band (Mystical Myst),  Sawung Jabo (Genggong)
B. Kiai Kanjeng dan Emha Ainun Najib (Kado Muhammad),
C. Sujiwo Tejo (Anyam-anyaman Nyaman),
   D.  Harry Rusly (Musik Gigi) , Slamet Abdul Syukur ( Besungut)
   E. Dody Satya Ekagustdiman (Jalinan Kita) Oya Yukarya ( Badingkut)


137. Pernyataan tentang aliran musik kontemporer luar negeri antara lain yang dibawah ini, kecuali:
A.  space music, dengan membawa kita seakan keluar angkasa
B.  computer world,  dengan ragam bunyi-bunyian sintesis yang kering, monoton dan berbau robot
C. psyco-music, dimana luapan perasaan : takut, gentar, panik, histeris, resah, dengan berbagai penyebabnya : teror, histeria, obsesi
D. new age, dimana teknologi merendahkan dirinya untuk menjadi sahabat alam
E. hi-tech  dimana teknologi adalah segala-galanya






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentarmu berguna bagiku......

Powered By Blogger

Ayo Gabung di Sini !!

Arsip Blog