Rabu, 30 April 2014

Pagelaran seni mengasah kreativitas, mengontrol emosi, dan menigkatkan kekompakan.


Nama           : Sekar Dwi Setyaningrum
Kelas           : XII IPA 1
No               : 28
                                     
CULTURE PROJECT
XII IPA 1

          Saya disini akan menceritakan kegiatan kelas XII IPA 1 sebelum acara pagelaran seni musik. Sebelumnya saya akan menjelaskan sedikit tentang Pagelaran Seni Musik. Pagelaran Seni Musik ini adalah acara tradisi yang Alhamdulillah selalu ada di SMAN 3 Pekalongan, Pagelaran Seni Musik bukan hanya sebuah pertunjukan seni, namun Pagelaran Seni ini juga untuk memenuhi nilai praktek ujian seni musik di SMAN 3 Pekalongan. Pagelaran yang awalnya menjadi beban mental saya, pagelaran yang mau tidak mau harus lebih bagus dari tahun kemarin. Pagelaran seni musik ini benar benar mengasah kreativitas, mengontrol emosi, dan menigkatkan kekompakan masing masing kelas.
          Kepanitiaan Pagelaran Seni Musik ini terdiri dari masing masing perwakilan kelas, dan saya termasuk dari perwakilan kelas untuk menjadi panitia, dengan ketua pagelaran Agustinus Rangga dan Pembina  Pak Shaiful. Dari awal pertemuan rapat kita mulai perdebatan tema pagelaran, waktu pelaksaan dan lain lain. Beberpa panitia banyak mengusulkan tema, melalui perdebatan sengit memilih tema, akhirnya tema terpilih dengan judul tema “CULTURE PROJECT”.
          Tema Pagelaran Seni Musik ini mengedapankan sebuah akulturasi budaya, antara budaya asing dengan budaya lokal. Karena tema pagelaran yaitu akulturasi, akhirnya kelas XII IPA 1 mulai memikirkan apa itu penampilan yang cocok sesuai tema Pagelaran tahun 2013 ini. Setelah melalui perdebatan dan masukan - masukan dari teman – teman kelas, akhirnya terpilih tema pagelaran kelas XII IPA 1, yaitu “DUB STEP OF JAVA CRESSENDO”. Makna dari pemilihan tema kelas XII IPA 1 ini adalah akulturasi dari tarian jawa kehidupan tradisional dengan tarian hip hop kehidupan modern. Setelah tema terbentuk, akhirnya ditentukan untuk kelompok pemain tarian jawa, tarian hip hop dan gamelan. Setelah personil dibentuk, masing masing kelompok tarian ini mulai mencari pelatih masing masing terlebih dahulu. Masing masing kelompok berlatih sendiri – sendiri terlebih dahulu. Gamelan latihan di SMP-SMA Masehi, tarian jawa sering nya latian disekolah, dan tarian hip hop latian disekolah.
Saya sendiri sebagai tarian hip hop berlatih dengan pelatih hip hop. Memang awalnya agak berat, berat dalam pembagian waktu untuk latihan dan les nya, mengingat sudah kelas XII, banyak kegiatan belajar diluar atau les yang menyita waktu, tapi bagaimanapun juga ini sebuah tugas yang harus dijalankan, kita harus pintar – pintar membagi waktu untuk bisa tetap ikut latihan namun les juga tidak ketinggalan.
Setiap minggu kelas selalu sempatkan untuk kumpul, untuk membahas perkembangan latihan yang sudah dijalankan, masing masing kelompok memberi laporan kepada teman - teman kelas. Setelah latihan terus menerus dan setelah perkembangan latihan kelompok seperti nya sudah matang, akhirnya kelas berencana untuk mengadakan latihan bersama. Menggabungkan antara kelompok kelompok yang sudah latihan masing – masing tersebut. Sempat ada kendala dalam latihan bersama ini, yang pertama masalah waktu latihan nya, dimulai dari waktu yang dimana anak satu kelas pada bisa hadir dan kendala yang kedua adalah musik pada saat akulturasinya tersebut. Namun Alhamdulillah kendala tersebut dapat teratasi. XII IPA 1 selalu mengadakan latihan di SMP-SMA Masehi. Kita mengadakan latihan kurang lebih 3 bulan. Disitu kita ngerasain saling emosi, saling menyalahkan, namun tanpa sadar kebersamaan mulai terbentuk, rasa kekeluargaan mulai ada, dan rasa pengertian mulai muncul. Bahkan rasa ketidakputus asaan saya dapatkan dikelas XII IPA 1, mereka tetep latihan walaupun harus hujan – hujanan, semangat mereka bener – bener tinggi agar pertunjukan seni kelas tidak mengecewakan. Disitu kita mulai merasakan susah seneng bareng, emosi bareng, dan ini adalah masa – masa yang tidak akan pernah bisa dilupakan, dan akan selalu mejadi sebuah cerita di hati masing – masing anak.
Setelah latihan terus menerus akhirnya beberapa minggu sebelum hari H pelaksaan, kelas XII IPA 1 mulai memikirkan properti serta kostum apa yang harus digunakan untuk penampilan nanti. Akhirnya sekitar kurang lebih satu minggu properti mulai dibuat, properti dibuat di GOR, anak anak mulai kumpul untuk membuat properti, saya sempat mengalami kewalahan, dimana saya harus tetap ikut membantu dikelas, dan dimana saya harus tetap hadir pada saat rapat pagelaran dengan panitia lain, mengingat saya termasuk salah satu panitia dalam acara Pagelaran Seni Musik ini. Pengertian yang luar biasa saya dapatkan dari kelas XII IPA 1 ini.
Setelah latihan dan pengorbanan waktu hingga tenaga, tiba H-1 Pagelaran Seni Musik SMA N 3 Pekalongan, tiba saatnya gladi bersih Pagelaran Seni Musik. Gladi bersih ini dilaksanain hari Jumat, disitu dimulai siang, dimana perkelas hanya diberi waktu 20 menit untuk mencoba posisi yang ada dipanggung tempat akan dilaksanain pentas.
Besoknya hari H Pagelaran Seni Musik dilaksanain. Kelas XII IPA 1 mndapatkan urutan tampil ke 5. Deg degan , cemas, semua rasa dirasain anak kelas XII IPA 1. Waktu urutan tampil ke 4, kita sudah mulai siap siap disebelah panggung pentas , akhirnya giliran kita pun tampil, dengan “bismillahirrohmanirrahim” kelas XII IPA 1 tampil, ada sedikit kendala pada saat kaset yang diputar, namun alhamdulilah sudah dapat diatasi. Akhirnya kita tampil dengan pertunjukan yang memuaskan. Terimakasih atas segala ridho Allah SWT dan terimakasih untuk semua pihak yang membantu dan mendukung pagelaran ini sehingga sukses,
Itulah cerita sedikit dari saya tentang Pagelaran Seni Musik.

Loading...

Ayo Gabung di Sini !!

Arsip Blog