Rabu, 02 Desember 2015

KISI-KISI SENI BUDAYA KELAS X SEMESTER GANJIL 2015



KISI-KISI SOAL SENI BUDAYA KELAS X
ULANGAN AKHIR SEMESTER GANJIL TAHUN  


  1. Istilah genre musik, Pengertian genre musik
  2. Simbol-simbol elemen musik
  3. Pengertian unsur-unsur musik ..
  4. Nilai estetika  musik dari aspek musikal dan  nonmusikalnya,
  5. Pengertian musik , Sepuluh Fungsi musik
6.      Pengertian dari tempo, Istilah dalam tempo musik,
  1. Wilayah nada sopran, mezzo sopran, alto, tenor, baritone, bass....
8.      Instrumen melodis , Instrumen musik utama genre keroncong
  1. Pengertian Komposisi, Improvisasi, Aransemen, Tempo, Artikulasi, Dinamika, Nada, Intonasi
10.   Hal yang perlu diperhatikan untuk menghasilkan vokal yang baik
11.   Huruf huruf vocal, konsonan dalam bernyanyi
12.   Pengertian tangganada pentatonik, minor, mayor, diatonik,
13.   Musisi dari genre musik klasik, rock, jazz, blues, dll
14.   Lagu dolanan khas Pekalongan

Kamis, 09 Oktober 2014

PAGELARAN SENI BUDAYA MENYELAMATKAN BANGSA. ...JOZZZZZZ



INI CERITAKU, APA CERITAMU ?????
by //: inka sukma xii.opa.2

Cerita awal Pagelaran ini dimulai dari pembahasan kita mengenai apa yang akan kita tampilkan untuk para penonton yang ada. Konsep awal kelas kita adalah menampilkan budaya dari Negara Indonesia (tari dan drama), Jepang (tari, musik, dan drama), dan Belanda (musik dan drama) , dengan  menunjukkan budaya dari masing-masing Negara tapi dengan cara di kemas menjadi satu penampilan yang menakjubkan dengan judul BUDAYA MENYELAMATKAN BANGSA.
Setelah kita tau apa yang akan kita tampilkan kan, kita langsung mencari referensi guru dengan cara bertanya kepada Pak Saiful atau pun referensi dari teman-teman sekelas. Setelah beberapa kali mendapat referensi, kita berhasil menemukan guru yang tepat. Guru ya ng pertama adalah Mr. Tamakun, dia guru drama kita, konsep drama kolonial juga dimatangkan oleh Mr. Tamakun. Guru yang kedua adalah Mrs. Hesti, menurut saya dia guru yang tepat karena sudah pernah menari sampai di AS, apalagi ia pernah tinggal di LA, kerennya bukan main :D. Sedang yang terakhir MUSIK, baik music band maupun drumband kita tidak memakai guru, karena tau sendiri IPA2 itu sudah banyak musisinya hehe, jadi suddah pasti kita bisa mempelajarinya sendiri.
Latihan yang pertama ini adalah latihan untuk yang main alat music band, yaitu Inka, Fuad, Adi, dan Dimas. Seperti biasanya pertama latihan kita latihan niat banget, tapi akhirnya latihan yang bener cuma sebentar, habis itu langsung kita jamsesion dadakan bareng temen yang ada di studio. Dari rock sampe dangdut kita mainin dengan cara langsung haha. Kita latihan band kadang di studio sekolah kadang juga ke rumah dimas di batang. Kadang kita ada miss, kadang kita ga sejalan juga, jadi kadang ada yang uring-uringan. Sampe akhirnya kita bisa menyelesaikan musik untuk opening tari, tugas kita latihan band selesai.

Selanjutnya para master IPA 2 harus ngajari cowok-cowok yang main alat music drumband, itu pengorbanan yang bukan main capek dan bongkonya. Udah diajarin bener-bener ada yang mainan, ada yang ga pernah berangkat, sebenernya waktu itu sempet agkat tangan nangani mereka --. Sampe sekarang masih keinget, gimana susahnya kita latihan 11 orang sekaligus yang bermain dengan alat music yang berbeda dan harus tetap selaras. Dari bass, snare, trio, gitar bass, sampe double keyboard dengan efek berbeda haha itu luar biasa. Sempet inget juga waktu salah orang ada ynag marah sama satu anak, yang kalo diajarin ngoceh sendiri, bilang bisa tapi nyatanya ngekkkkk ancurrr. Perlu kesabaran tersendiri di grup drumband ini, dan akhirnya kita bisa memainkan lebih dari 5 lagu daerah dengan banyak alat music.

Latihan tari pertama kali itu di rumah Bu hesti, aku ga ikut nganter karena harus ajarin mereka yang drumband di sekolah.  Para penari mulai latihan gerakan yang di beri Bu hesti dan diiringi oleh music opening yang dimainkan oleh band, yang sebelumnya telah direkam. Mereka latihan itu cukup lama, sampai akhirnya mereka menyelesaikan tari opening mereka. Lalu dilanjutkan mereka latihan dengan music closing yang dimainkan oleh drumband, menurut saya itu gerakan sangat baik karena telah dipadu-padankan oleh gerakan di luar gerakan gerakan tari Jawa. Mereka udah lihai menari untuk opening dan closing.
Para penari sering latihan sendiri, seperti pada waktu itu para penari latihan di Cempaka, sanggar senam. Saya ikut menemani mereka saat latihan di Cempaka, itu pengalaman yang ga bisa di lupakan. Gimana awalnya kita nunggu ibu-ibu selesai senam, dan disana ketemu mbak-mbak yang dianter ke Cempaka sama polisi gara-gara dia ketilang, kasihan sih tapi lucu juga hehehe. Setelah cerita itu kita mulai nunggu temen-temen pada dating, yaps sampai akhirnya kita udah pada kumpul. Kita mulai masuk tempat latihan, enaknya latihan di Cempaka itu kita bisa liat gerakan kita dan temen-temen kita lewat kaca yang mengelilingi tempat latihan, ya awalnya ada yang foto-foto dulu hehe biasa lah narsis. Langsung setelah semua siap termasuk kamera dan music rekaman, kita mulai latihan. Beberapa kali kita latihan, dan akhirnya dapet capeknya juga. Kita main-main dulu di sana, pertama kita ikutin gerakan Zumba dari laptop itu asik banget. Yang kedua ada yang foto-foto termasuk saya juga ikutan, dan yang ketiga kita main bola karet yang buat senam, kita naikkin, atau kita lempar-lemparin ke temen lain, itu seru banget. Saking asiknya main, kita ga sadar kalo yang punya sanggar (read : MAMI)) masuk, sampai akhirnya kita sadar, dan cuma mringis-mringis karena malu. Malah Mami ngajarin kita gerak-gerakkan senam haha, dari yang ga pake alat sampe yang pake bola karet yang kita mainin tadi. Akhirnya setelah itu kita mulai latihan nari lagi dari gerakan-gerakan tari opening sampai tari closing. Setelah diulang beberapa kali kita mnyudahi latihan hari itu. Wow latihan yang menyenangkan guys J.

Latihan drama, ini adalah latihan paling mengesalkan menurut saya, banyak membuang waktu, banyak juga anggota grup drama yang tidak datang saat latihan, dan susahnya mencari jadwal kosong Mr Tamakun, karena dia termasuk seniman Kota Pekalongan yang sibuk, apalagi jadwal latihan kita itu berdekatan dengan Hari Batik di Pekalongan, jadi ya sudah pasti drama itu banyak mundurnya. Music dan tari udah oke tapi drama nya belum apa-apa.
Bahkan kita baru rekaman vocal drama H-14, dan rekaman itu baru jadi H-7 acara. Gimana emosinya ketika ada yang males-malesan latihan. Aku sempet mikir apa mereka ga inget uang yang mereka bayarin buat guru tari dan drama. Kita semua iuran per minggu 15 ribu, kita bayar denda kalo telat. Dan itu denda banyak nggak jalannya.

Latihan gabungan kita mulai dari music dan tari opening sampe drumband dan tari closing. Awalnya kita latihan di aula sekolah, tapi ada anak yang bilang “nanti kalo latihan di sekolah ga surprise”. Oke setelah itu kita coba latihan di luar sekolah. Gimana kebayang nya bawa alat alat drumband yang gedenya segitu. Akhirnya kita yang naik motor bonceng boncengan bawa barang barang itu ke Karesidenan. Dan yang bilang suruh pindah tempat latihan itu ga bantuin mindahin barang barang ke tempat latihan, kampreetttt malah mainan hp.

Ada juga yang ga pernah ikut latihan gara-gara ga boleh keluar, hahah jaman sekarang masih aja dipingit, padahal keluar kan cuma buat lathan, bukan buat main-main yang ga jelas. Giliran kita udah siap semua dia baru ngajak latihan, dia ga ngebayangin gimana seringnya dan lincahnya temen-temen lainnya nari, kan kasihan yang latihan tari terus, jadi bosen kalo di suruh dikit-dikit latihan. Certita tentang temen-temen yang ngeselin udah cukup, sampe di sini dulu hehehe. Tapi walaupun suka buat dongkol, mereka tetap temen-temen terbaik yang pernah ada dalam hidupku.

Mendekati hari H kita mulai sering latihan di luar sekolah, yang pertama kita latihan di Karesidenan. Latihan di Karesidenan dimulai dari pulang sekolah sampai sekitar jam 4 sore, kendala latihan di Karesidenan yaitu kita harus gotong royong membawa alat-alat drumband, sound, bass, keyboard ke lokasi. Di latihan pertama di luar sekolah ada kendala besar nya adalah waktu udah kumpul semua, malah jack penyambung keyboard ke sound itu ngadat, temen-temen penari bilang “ayo mulai cepetan” enak aja mereka bilang gitu, padahal yang main music lagi ngakalin gimana caranya biar suara keyboardnya keluar di sound. Maka diantara mereka yang tidak sabar, ijin pulang. Satu per satu pada pulang, akhirnya kita memutuskan untuk menyudahi latihan. Latihan kedua di luar sekolah itu di Gor Jetayu, awalnya mau tetap latihan di Karasidenan tapi, ternyata Karesidenan masih ada acara. Kita bawa alat-alat ke tempat latihan, terus kita mulai latihan. Nah di tengah-tengah latihan ada bapak-bapak nyamperin kita, ternyata dia penjaga Gor. Kita ga ngerti kalo mau pake depan Gor itu harus tetep ijin, kita yang salah juga ga ijin dulu. Tapi yaudah masalah itu beres, kita lanjut latihan, sampai akhirya kita ngrasa udah cukup. Kita pulang ke rumah masing-masing setelah membawa alat-alat kembali ke sekolah. Latihan gabungan di luar sekolah yang ketiga itu tempatnya di Wapres, di wapres ada lat music band, jadi sekalian yang opening bisa main secara live. Keuntungan latihan di wapres itu ada fasilitas yang aku sebutin tadi, di tambah ada sound nya lengkap. Cuma pada waktu latihan di Wapres para penari itu di hantui oleh bayang-banyang dimana mereka harus ke rumah Bu hesti buat ngepasin baju. Jadi mereka piker, udah aja latihannya, kita kan juga mau ke tempat Bu hesti. Jadi banyak yang ga konsen hari itu. Lagi-lagi ditambah pemain drama yang di latih secara terpisah oleh kita yang main music dan nari. Padahal sebagian pemain drama itu juga sebagai penari dan pemain drumband. Sampai akhirnya setelah dhuhur jam 1 siang, kita memutuskan untuk mengakhiri latihan di Wapres.

H-7 kita mulai latihan di lapangan basket sekolah, waktu itu sekolah hari bebas, soalnya setelah UAS1. Jadi kita mulai latihan itu jam 7 pagi, tapi seperti biasa molor sampe jam 8 pagi. Alat-alat udah standby di lapangan voli, kita langsung mulai latihan, tapi bedanya dengan latihan-latihan gabungan sebelumnya, kita hari itu itu sudah latihan dengan kelompok drama, karena rekaman juga udah jadi. Latihan hari itu melelahkan, ada sinar terik matahari yang menyinari kita. Sampai akhirnya kita lelah dan menyudahi latihan hari itu.?

H-4 / H-3 kita mulai latihan di lapangan basket sekolah, yang merupakan tempat kami akan tampil. Setelah latihan dari lapangan voli, kita pindahkan alat-alat dumband ke lapangan basket. Kita menata property drama, tari, dan drumband. Kita mulai latihan di temani oleh Mas Tamakun, banyak pengarahan dari mas Tamakun. Sampai akhirnya latihan kita selesai. Melelahkan sekali menurut saya.

H-1 kita gladi bersih dan hanya di beri waktu 20 menit, itu waktu yang sangat singkat untuk menyiapkan property yang akan kami pakai. Gladi bersih di lapangan sekolah tidak efisien untuk kelas kami. Akhirnya kami melanjutkan latihan di Taman baca sampai jam 5 sore kami selesai latihan.

Hari H, kita mulai datang jam 5 pagi ke sekolah, karena kita menurut jadwal tampil pukul 9 pagi. Yang datang terlebih dahulu akan di dandani, khususnya untuk pemain drama dan penari. Banyak diantara mereka yang datangnya molor. Arena kita berangkat jam 5 pagi, maka Addina telah menyapkan makan pagi untuk kita. Saya sampai sekolah masih sepi, tapi tak berapa lama kemuadian saya melihat addina, langsung samperin dia, bantuin barang-barang yang haus di bawa nya, termasuk makan pagi dan minumnya. Makan dan minum udah ada, langsung deh ambil makan dulu hehe, sambil nunggu giliran dandan. Persiapan udah 90%, yang dandani bilang “kalo tampilnya diundur bisa ? soalnya ini ga cukup waktunya”. Mendengar perkataan itu ‘ngekkk’ langsung panic deh. Sambil nunggu mereka yang belum selesai dandan, kita yang udah selesai turun ke bawah, untuk menyiapkan property. Kelas sebelum kita udah hamper selesai, dan yang lain belum turum, pada waktu itu sempet emosi juga si, karena mereka nya nggak cepat tanggap sama yang aku maksut. Aku mndar-mandir ke atas, tapi mereka belum turun-turun juga. Sampai akhirnya mereka udah selesai semua, cukup lega pada saat mereka udah pada ada di dekat lapangan basket.

Dan ini waktunya kita menunjukkan apa yang telah kita pelajari selama beberapa bulan. Kita mulai memposisikan dimana tempat kita masing-masing. Setlah itu mulai lah pertunjukkan yang menurut saya luar biasa, akulturasi budaya dari 3 negara yang dikemas jadi 1 pertunjukkan. Dimulai dari aba-aba pemain drum yang tidak lain adalah saya. Awal pertunjukkan adalah Musik band dan tari opening, kedua adalah drama, ketiga saya dan teman-teman menyanyikan lagu Indonesia Pusaka yang diiringi keyboard, dan yang terakhir adalah tari closing yang diiringi oleh drumband, keybord, dan bagg gitar. Itu sangat menakjubkan, tidak akan bisa terlupakan, perjuangan kita tidak sia-sia, IPA 2 BISA !!!!!!!!!!!

Pagelaran Seni TOP , Amazing....



Story About Culture Project

Door !haha.. Assalamualaikum, saya Imma Mauliasofa, kelas XII IPA 2 di SMA favorit seduniaaa. SMA 3 Pekalongan atau biasa kami singkat SMAGA. Oyaaa, tulisan ini kupersembahkan untuk guru Seni music tercinta, Bapak Saiful Falah yang unyu-unyu J untuk memenuhi nilai sebagai nilai ulangan pertama. Di sini aku, ane, saya, kula atau bahasa kerennya gue. (bukan gule, itu makanan) akan menceritakan perjalanan penuh pertumpahan keringat untuk menampilkan pertunjukan pagelaran seni sebagai nilai ujian praktek.
Di SMAGA, setiap tahun dilaksanakan pagelaran seni, tak terkecuali tahun ini. Dan panitia tahun ini yang diketuai oleh si Rangga, Rang to the ga, Rangga. Dari pawakannya udah keliatan, wibawanyaa beeeh T O P !tegasnya beeeh jangan ditanya (y). luar biasa pokoknya. Tahun ini pagelaran seni SMAGA mengangkat tema Culture Project. Tahu maksudnya ?saya juga nggak tahu, hahaha. Jadi gini intinya, pagelaran tahun ini mengusung sebuah kolaborasi antara kebudayaan dan kesenian Indonesia dengan Dunia, entah itu di benua Amerika, Australia atau manapun, yang penting masih masuk dalam wilayah bumi.
Jika dianalogikan tema pagelaran tahun lalu dengan tahun ini, mungkin sedikit lebih extrim. Mengapa ?karena tahun yang kemarin pagelaran hanya mengusung tema khusus budaya Indonesia. Dan tidak bisa dipungkiri kedahsyatannya, bombastis dan fantastis. Luar biasa buat kakak-kakak kelasku itu, muaaah hahaha. Kalau untuk tahun ini kan lebih menyeluruh. Lebih mendunia. Culture project ini jadi satu wadah untuk kita, siswa-siswi kelas XII mengukir cerita SMA. Amaziiing !
Dengan durasi kurang lebih 30 menit, setiap kelas diharuskan menampilkan sebuah pertunjukan akulturasi antara budaya sendiri dengan Negara luar. Nah, kelasku XII IPA 2 memutuskan untuk menggabungkan budaya Indonesia, Belanda dan Jepang. Bagaimanakah ketiga Negara tersebut dapat kami gabungkan ?mau tau aja apa mau tau banget haaa ? haha. Jadi kita, aku dan teman-teman luar biasaku, mengemasnya dalam sebuah cerita sejarah kemerdekaan Indonesia.
Dengan menggabungkan berbagai unsur seni, seperti seni drama, seni music(drum band atau apalah itu yaa) , seni rupa (arsitektur), seni suara (menyanyikan Indonesia Pusaka, walaupun dengan suara maksa dan pas-pasan) dan seni tari (menggabungkan berbagai tarian termasuk tari Jawa dengan kipas khas Jepang). Konsep ini berdasarkan segala ide pikiran kami menjadi satu kesatuan yang utuh. Walaupun butuh waktu sekitar sebulan atau kurang, aku juga lupaa, hehe. Konsep itu telah “menelan” (berlebihan nih kayaknya kata-kata saya, wkwk)  beberapa siswa XII IPA 2 soalnya banyak yang harus berantem, “bacot-bacotan” (anggap sensor) dan sejenisnya untuk menyatukan pendapat kami.
Berbekalkan konsep sedemikian rupa, mulailah kami berkelana, menelusuri hutan, menyeberangi samudera dan mendaki gunung melewati lembah bersama teman berpetualang, syalalala, untuk mencari pelatih yang akan membantu kami “menggebrak” panggung pagelaran tahun ini. Dan kami berlabuh pada dua orang pelatih. Yang pertama adalah Mas Tamakun, yang kami bilang mirip dengan Rian D’masiv, sebagai pelatih drama. Dan Ibu Hesti sebagai pelatih tari. Mereka berdua inilah yang menjadikan kami bisa sebaik sekarang, terima kasih pelatihkuuuu L.
Kembali ke menu awal, culture project ini sedikit membuat kami kesulitan menentukan alur pertunjukan. Setelah beberapa minggu kami bersemedi, akhirnya kami satukan tekad dan pendapat bahwa ceritanya begini begitu bla bla bla. Setelah itu, kamipun mulai sedikit demi sedikit melatih diri. Aku juga lupa berapa lama kelasku berlatih, mungkin karena keseringan jadi lupa berapa bulan, berapa pertemuan. Yang saya ingat adalah iuran yang harus kami keluarkan adalah…. Jengjengjengjeng… 15 ribu / MINGGU. Dari yang doyan jajan jadi Cuma bisa beli aqua dan 5 permen mint. Dari yang bensin motor selalu full jadi miris liat jarumnya anjlok ke merah. Itu semua kami lakukan agar tidak memberatkan orang tua. Kami ini ingin menjadi anak yang berbudi luhur dan berhati malaikat, akhirnya kami menyisikan uang saku kami untuk memenuhi iuran per minggu yang semakin lama semakin “mencekek” leher kami, rasanya sulit untuk bernafas lega saat bel istirahat berbunyi. Tapi tidak masalah, itu semua agar kami bisa memberikan pertunjukan yang terbaik dari yang terbaikkk.
Kemudian, dari seni drama kami menceritakan penjajah Belanda dan Jepang yang ingin menangkap mata-mata Jendral Soedirman, namun mereka terpukau dan kagum pada luhurnya budaya Indonesia. Di situ tidak lupa kami juga menunjukkan kesenian tari Jawa, alat music seperti kendang dan juga seni ketrampilan membatik. Kita tahu bahwa batik kita punya sudah dikenal dunia. Selain drama, kami juga menyuguhkan tarian, live music seperti marchine band (kalau nggak salah tulisannya) dan menyanyikan secara paduan suara yang sedikit “maksa” kalau boleh jujur, hahaha. Kami menyanyikan lagu Indonesia Pusaka. Yah tujuannya supaya lebih rahat untuk merenungi arti kemerdekaan Indonesia.
Sebelumnya, latar belakang kami memilih cerita sejarah kemerdekaan yaa tidak lain tidak bukan untuk menyadarkan bahwa kita, generasi muda banyak yang tidak cukup paham bagaimana arti kemerdekaan untuk kita. Kami ingin memperlihatkan betapa sulitnya mencapai kemerdekaan, betapa sulitnya meraih kebebasan. Nah makanya itu, kami menampilkan drama sebagai pertunjukan utama dari pagelaran ini. Selain itu kami juga menampilkan berbagai budaya dan kesenian Indonesia agar kita semua bisa mencintai dan lebih menghargainya sebagai sebuah kebanggaan bangsa Indonesia. Kalau bukan kita yang merawatnya, siapa lagi (iklaaan) hehe.
Kalau ditanya bahagia ?so pasti, jelas kami bahagia maksimal. Tapi bukan berarti perjalanan kami menyiapkan pagelaran ini berjalan mulus-mulus saja. Bahkan tidak sedikit dari kami yang harus menangis setiap latihan, harus marah-marah, menjerit-jerit, membentak dan “gendok” atau sebeel maksimal. Pertengkaran, cek cok, atau bahkan “pisuh-pisuhan”pun tidak terhindarkan. Semua itu karena selalu ada perbedaan dan ego dari kami yang belum bisa di redam. Namun lama kelamaan, kami bisa mengerti keadaan, saling menghargai satu sama lain juga menghargai waktu. Kami juga rela capek-capekan, latihan dari pagi sampai sore. Membawa alat-alat music yang luar biasa itu kesana kemari ke tempat latihan yang nomaden. Begitulah keseharian kami sebelum pagelaran.
Ngomong-ngomong tentang tempat latihan kami ini, banyak sekali tempat yang kami kunjungi (kayak wisata) haha. Salah satunya adalah karesidenan, gedung wapress dan jugaa sanggar senam cempaka.
Di karesidenan ini, kami memakai area belakang. Tentu saja, dengan alat music kami yang luar biasa repotnya itu, kami harus “usung-usung” bolak balik itu alat. Dan bukan anak muda namanye kalau nggak ade berantemnye. Harus ada yang rela bolak-balik karena ada beberapa oknum yang tidak mau membantu. Yah begitulah.
Selain di karesidenan, kami memakai sanggar senam cempaka. Di sana yang latihan Cuma dari grup tari. Untuk lebih mengompakkan gerakan kami, kami berlatih keras seperti kerja rodi istilah Bulenya, Belanda maksudnya. Dan kerja romusha, istilah Jepangnya. Sampai nggak sedikit yang harus tumbang, gugur di Pekalongan pertempuran (bukan pake Medan deh ya) wkwkw. Enggak, itu alay. Yang nggak alay itu ya banyak yang sakit gara-gara kecapekan latihan, gitu deh intinya. Nah di sanggar Cempaka kan dikelilingi kaca-kaca seperti rumah kacanya si Cinderella (emang Cinderella punya rumah kaca ?) ngarang sih hehe. Yah namanya juga naluri anak muda yang sedikit alay ya pasti ada ajalah kelakuannya. Selain latihan kami juga foto-foto, untuk menjaga ke-eksisan di dunia fana ini. Wkwkw. Selain itu juga ada videonya kok. Dan so pasti, udah ada di pak shaiful kan ya. Udah di tonton kan pak ?hehe.
Nah kalau yang di Wapress itu berdasarkan Mas Tamakun atau “Tamagochi” plesetannya. Oh ya waktu itu latihan juga dateng orang dari korea, temennya mas Tamakun pastinya, bukan dari super junior, big bang atau bahkan snsd. Yang jelas itu cowok dan itu fix manusia asli.
Hari H, tanggal 21 Desember. Pagelaran seni SMA 3 Pekalongan dilaksanakan. Semua berjalan alhamdulilah lancar dan baik-baik saja. Semua lelah semua amarah semua masalah terbayarkan dengan tepuk tangan yang kami dapatkan saat memberikan penghormatan sebagai penutup pertunjukan kami. Waktu itu kami harus datang jam 5 pagi, untuk menghindari “nggak selesai riasnya” omegat -_-. Karena gueh telat dateng, kira-kira jam 6 lebih baru dateng, dan ternyata nggak Cuma satu dua anak doang yang telat dateng. Dan karena itu, kami sedikit maksa dan gelagepan (kayak klelep). Ribut sana sini karena udah jam nya tampil tapi belum siap 100 %. Tapi walaupun gitu, tetep bisa mengatasi kok J.
Dari pagelaran ini banyak sekali hal yang kami dapatkan. Kebersamaan, kenangan, seru-seruan, gokil-gokilan atau bahkan menggila karena larut dalam suasana bahagia, wowowow luaaar biasaa XII IPA 2 !karena di dalam pagelaran ini bukan Cuma sekedar sebuah pertunjukan atau sebuah penampilan tapi ini lebih dari sebuah karya dan karunia yang bisa kami asah lebih dalam. Dan berkat itu kami jadi lebih tahu banyak tentang sesuatu yang tidak bisa didapatkan dari sekedar duduk di kelas, mendengarkan guru mengajar, membaca lks dan bahkan mengerjakan soal fisika yang kami nggak tahu buat apa, hehe. Ini namanya ilmu dari non akademik. Ilmu yang kami dapatkan dari menjalani kehidupan, sebuah pengalaman yang kata semboyannya adalah ilmu terbaik.
Yang mungkin tidak banyak orang rasakan adalah pengalaman ini menjadikanku sebagai salah satu orang yang bersyukur bisa menjalani aktivitas luar biasa ini. Berkat pagelaran ini, aku terutama, lebih mengerti bagaimana rasanya berjuang, rasa 5L (lelah letih lesu lemah lunglai) pun bisa kurasakan. Dan dengan menampilkan yang terbaik semua itu jadi ada artinya. Semua yang kami kerjakan dengan susah payah nggak sia-sia. Pokoknya masa SMA itu masa yang nggak ada matinya (kayak judul film yang baru keluar) wkwk. Yah begitulah dahsyatnya manfaat dari sebuah pengalaman. Kalau nggak ada pagelaran mah, rasanya nggak hidup deh masa SMA kalian. Awalnya sih aku mikir, aduh pagelaran ya ?kayaknya bakal susah banget, kayaknya bakal ribet dan kayaknya-kayaknya yang lain juga ada. Tapi kalau kita nggak coba, gimana mau tahu rasanya, gimana mau liat hasilnya ?ya nggak seeeh ?J
Pagelaran juga bisa melatih sikap percaya diri kita lho. Dari yang tadinya Cuma bisa ngumpet dibelakang pintu kelas (kayak “rok umpet” itu mainan jaman dulu SD) dan dari yang Cuma bisa senyum senyum kalau suruh maju di depan kelas. Jadi bisa tampil di depan umum, bahkan ada orang tua, guru dan tamu dari luar lainnya. Itu udah jadi nilai plus-plus buat kita kan. Nah banyak yang nggak sadar makna itu. Makanya saya sadarkan kalian. Heh sadaaar sadaaar !wkwk.
Selain itu, pagelaran juga memberi kita pelajaran untuk jadi orang yang bertanggung jawab lho. Kok bisa ?ya bisalah. Apa sih yang nggak bisa dilakuin di hidup ini ? “ngawur”. Dari bertanggung jawab pada Allah SWT, pada diri sendiri, pada orang tua dan pada orang lainnya. Ya nggak ?iya dong. Kalau nggak tanggung jawab, nggak bakal kita bisa menyelesaikan tugas mulia dari pashaiful unyu J
Berpedoman pada semboyan “ IMPOSSIBLE IS NOTHING” kita jadi tahu kan bahwa nggak ada yang mustahil kalau kita mau mencoba dan berusaha. Semua pasti ada caranya. Orang sakit aja ada obatnya kok, halah apaan hahaha. Jadi itulah beberapa manfaat dari pagelaran. Selain membanggakan diri sendiri dan orang tua juga sekolah, kita jadi dapet banyak hal, banyak ilmu dan banyak pengalaman yang harusnya sebagai manusia yang berakal, itu semua bisa dimanfaatkan sebaik mungkin.
Masih kurang nggak sih curhatan saya ?apa masih kurang juga ? haha. Enggak lah, ini semua murni dari hati saya lho pak, nggak ada copas nggak ada plagiatnya, sueeer. Jadi pak shaiful bisa tahu kan, saya dapet banyak ilmu lho dari tugas bapak. Nggak terkecuali tugas nulis curhat ini. Saya jadi berasa penulis beneran, wkwkw. Bisa jadi tugas ini jadi dasar kita, murid murid SMAGA buat ngalahin pamornya Raditya Dika (mungkinkah?) kayak judul lagu.
Oh iya makasih buat panitia pagelaran tahun ini, berkat kalian juga acara ini bisa berlangsung. Lumayan kan dapet satu kaos ?wkwkw. Yah makasih lah kalian sudah menjadi pondasi dari pagelaran ini. Walaupun saya bukan panitia, tapi saya bisa kok merasakan apa yang kalian rasakan (alay bangeeet). Kok makin kesini jadi makin ngawur ya ngomongnya wkwk. Tapi bisa mengambil intinya kan ?intinya ya Cuma satu sih. Pagelaran tahun ini amaziiing ! wkwkwk
terima kasih untuk pak Shaiful karena pagelaran ini jadi salah satu tempat kami mengukir bahagianya masa SMA kami, terima kasih juga untuk teman-teman semua dan terutama untuk kedua orang tuakuuu, I lope you pull !pokoknya luar biasalah buat SMAGA tahun ini J kalian semua itu seperti satu buku yang penuh dengan tulisan, nggak ada bosen nulisnya, nggak ada bosen bacanya. Itu kalianJ
Ini gambar-gambar yang diambil saat kami latihan dan saat tampil hari H, cekidottt

Loading...
Loading...

Ayo Gabung di Sini !!

Arsip Blog

Daftar Blog Saya