Rabu, 18 Februari 2009

RPP SENI BUDAYA KELAS XI SMS DUA (SKM)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Musik)
Kelas/Program : XI
Semester : 2.
Alokasi waktu : 2 Jam ( 2 X 45 Menit)

Standar Kompentensi 3
Mengapresiasi karya seni musik
Kompentensi Dasar 3.1
Mengidentifikasi makna dan peranan musik non tradisional Nusantara dalam kontekskehidupan budaya masyarakat.
Indikator
· Mengidentifikasi karya musik non tradisional Nusantara.
· Mendeskripsikan makna musik non tradisional Nusantara dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya.
· Mendeskripsikan peranan musik non tradisional Nusantara dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya.
· Mendemonstrasikan bernyanyi dan bermain alat musik lagu-lagu non tradisional Nusantara secara perorangan atau kelompok.

1. TUJUAN PEMBELAJARAN
· Siswa dapat mengidentifikasi karya musik non tradisional Nusantara dalam konteks kehidupan budaya masyarakat.
· Siswa dapat mendeskripsikan makna musik non tradisional Nusantara dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya.
· Siswa dapat mendeskripsikan peranan musik non tradisional Nusantara dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya.
· Siswa dapat bernyanyi dan bermain alat musik non tradisional Nusantara dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya.


2. MATERI POKOK DAN URAIAN MATERI
Musik non tradisional Nusantara.
- Karya-karya musik non tradisional Nusantara.
- Makna musik non tradisional Nusantara.
- Peranan musik non tradisional Nusantara.


Contoh :
Musik non tradisional Nusantara :
Lagu-lagu Kroncong.
Lagu-lagu Langgam
Lagu-lagu Stambul.
Lagu-lagu Pop
Lagu-lagu Wajib Nasional
3. METODE PEMBELAJARAN
a. Model :
b. Metode :


4. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN

Pertemuan 1
Tatap Muka
Non Tatap Muka
a. Kegiatan Pendahuluan ( 5 menit )
1. Motivasi : Apa yang dimaksud dengan Musik non tradisional ?
2. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
b. Kegiatan Inti ( 35 menit )
1. Guru mempresentasikan peranan, makna dan macam-macam musik non tradisional Nusantara dengan memutar contoh karya musik non tradisional Nusantara sambil menjelaskan masing-masing karya tersebut.
3. Siswa memperhatikan sambil mengamati dan merangkum apa yang di amatinya

c. Penutup ( 5 menit)
Guru menginformasikan kepada siswa untuk mempelajari materi yang dipelajari untuk pada pertemuan berikutnya.

Siswa membuat tugas multi mediamacam-macam musik Non tradisional Nusantara sesuai kelompok masing-masing


Pertemuan 2
Tatap Muka
Non Tatap Muka
a. Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
Guru menanyakan tagihan tugas yang telah di berikan minggu yang lalu
b. Kegiatan Inti (35 menit )
1. Guru mengajarkan musik Non tradisional (lagu Keroncong)
2. Siswa menirukan

c. Kegiatan Penutup ( 5 menit )
Guru memberitahukan kepada siswa mengenai evaluasi praktek individual minggu depan

Siswa menyalin kembali notasi lagu keroncong yang telah di ajarkan.

Siswa menginterpretasikan lagu keroncong yang telah di ajarkan



6. ALAT, BAHAN DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Buku-buku yang menunjang
Modul Pembelajaran ( buatan guru )
Bahan Ajar Power Point
Kumpulan lagu-lagu non tradisional (Keroncong)
Laptop, LCD, Speaker aktif, Mix
Keyboard, Gitar

6. PENILAIAN
a. Penilaian proses ( teori)
· Mendefinisikan musik non tradisional Nusantara
· Menyebutkan makna dan peranan musik non tradisional Nusantara
b. Penilaian akhir (praktek)
· Menyajikan hasil presentasi hasil pengamatan dengan memberikan contoh karya
lagu musik tradisional seempat, baik dengan vokal, instrumen, atau campuran vokal dengan instrumen baik secara kelompok ataupun individu






Pekalongan, 5 Januari 2008





Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMA N 3 Pekalongan Seni Budaya ( Seni Musik )




Drs. Soeroso Saiful Fallah, S.Pd
NIP. 131797691 NIP. 500109734










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Musik)
Kelas/Program : XI
Semester : 2
Alokasi waktu : 4 Jam ( 4 X 45 Menit)

Standar Kompentensi 4
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik.
Kompentensi Dasar 4.1
Mengembangkan gagasan kreatif serta mengaransir/merancang karya musik dengan
menggali beragam proses, teknik, prosedur, media, dan materi musik non tradisional
Nusantara.
Indikator
· Mendeskripsikan teknik mengaransir / merancang karya musik non Tradisional Nusantara.
· Menjelaskan prosedur dan materi yang digunakan dalam mengaransir karya musik non tradisional Nusantara.
· Mendemonstrasikan bernyanyi dan bermain alat musik lagu-lagu non tradisional Nusantara secara perorangan atau kelompok.

1. TUJUAN PEMBELAJARAN
· Siswa dapat mendeskripsikan teknik mengaransir / merancang karya musik non tradisional Nusantara.
· Siswa dapat mendeskripsikan prosedur yang digunakan dalam mengaransir / merancang karya musik non tradisional Nusantara.
· Siswa dapat mengaransir / merancang karya musik non tradisional Nusantara.
· Siswa dapat bernyanyi dan bermain alat musik lagu non tradisional Nusantara hasil aransir / rancangan untuk menunjukan sikap menghargai

2. MATERI POKOK DAN URAIAN MATERI
Karya musik berdasarkan gagasan musik non tradisional Nusantara.
- Teknik-teknik mengaransir /merancang karya musik non Tradisional Nusantara.
- Prosedur mengaransir / merancang karya musik non Tradisional Nusantara.
- Apresiasi hasil karya mengaransir / merancang musik-musik non Tradisional Nusantara.










3. METODE PEMBELAJARAN
a. Model :
b. Metode :


4. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN

Pertemuan 1
Tatap Muka
Non Tatap Muka
a. Kegiatan Pendahuluan ( 5 menit )
1. Motivasi : Apa yang di maksud aransemen musik ?

b. Kegiatan Inti ( 35 menit )
1. Guru menjelaskan tehnik dan prosedur mengaransemen karya musik
2. Guru memutar contoh karya musik Non tradisional Nusantara yang telah di aransir sambil menjelaskan masing-masing teknik dan prosedur yang di pergunakan.
3. Siswa memperhatikan sambil mengamati dan merangkum apa yang di amatinya

c. Penutup ( 5 menit)
Guru menjelaskan kembali inti materi yang telah di berikan.

Siswa mengaransir karya musik non tradisional Nusantara

Pertemuan 2
Tatap Muka
Non Tatap Muka
a. Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
Guru mengulang kembali materi minggu lalu.
b. Kegiatan Inti (35 menit )
1. Guru menanyakan kembali tugas minggu kemarin dan membagi kelompok
2. Siswa berkelompok mengaransir karya musik Non tradisional Nusantara

c. Kegiatan Penutup ( 5 menit )
Guru menjelaskan kembali inti materi yang telah di berikan.

Siswa mengaransir karya musik Non tradisional Nusantara dengan membuat iringan dan gerakannya




5. ALAT, BAHAN DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Buku-buku yang menunjang
Modul Pembelajaran ( buatan guru )
Bahan Ajar Power Point
Kumpulan lagu-lagu non tradisional
Laptop, LCD, Speaker aktif, Mix
Keyboard, Gitar
Kumpulan lagu-lagu menyesuaikan.


6. PENILAIAN
a. Penilaian proses( teori)
· Menuliskan hasil aransemen dalam buku not musik
· Menjelaskan teknik-teknik yang digunakan
b. Penilaian akhir (praktek)
· Memainkan hasil aransemen musik non tradisional, baik dengan vokal, instrumen, atau campuran vokal dengan instrumen baik secara kelompok ataupun individu
· Mendemontrasikan hasil karya aransemen musik vokal, instrumen, atau campuran vokal dengan instrumen baik secara kelompok ataupun individu




Pekalongan, 5 Januari 2008



Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMA N 3 Pekalongan Seni Budaya ( Seni Musik )





Drs. Soeroso Saiful Fallah, S.Pd
NIP. 131797691 NIP. 500109734








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Musik)
Kelas/Program : XI
Semester : 2
Alokasi waktu : 6 Jam (6 X 45 Menit)

Standar Kompentensi 4
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
Kompentensi Dasar 4.2
Menyiapkan pertunjukan musik dikelas
Indikator
Menyusun penjadwalan kegiatan penampilan.
Mengidentifikasi kepanitiaan pergelaran.
Mengidentifikasikan kebutuhan dalam pergelaran/penampilan musik.
Mengidentifikasikan acara pergelaran musik vokal dan musik instrumental

1. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat menentukan kepanitian pergelaran / penampilan musik kelas.
Siswa dapat mengidentifikasi program kegiatan pelaksanaan pertunjukan / pergelaran musik di kelas.
Siswa dapat mengidentifikasikan jenis acara dalam pertunjukan / pergelaran musik di kelas.
Siswa dapat mengidentifikasi alat musik yang akan digunakan.
Siswa dapat menentukan tempat pergelaran / pertunjukan musik
Siswa dapat mengidentifikasi acara dalam pergelaran / penampilan musik.
Siswa dapat mengidentifikasi acara pergelaran musik vokal dan musik instrumen.
Siswa dapat menentukan acara dan pengisi acara dalam pergelaran / pertunjukan musik di kelas.
Siswa dapat mengidentifikasikan penjadwalan pergelaran / penampilan musik di kelas.

2. MATERI POKOK DAN URAIAN MATERI
Pergelaran musik
- Pembentukan Kepanitian pergelaran musik kelas.
- Kebutuhan sarana prasarana dalam pergelaran musik kelas.
- Jadwal, jenis dan pengisi acara pergelaran musik kelas.


3. METODE PEMBELAJARAN
a. Model :
b. Metode :


4. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN

Pertemuan 1
Tatap Muka
Non Tatap Muka
a. Kegiatan Pendahuluan ( 5 menit )
Motivasi : Apa yang dimaksud dengan Pergelaran ?
b. Kegiatan Inti ( 35 menit )
1. Guru menjelaskan tentang managerial pergelaran (kepanitiaan, program kerja, pelaksanaan dan evaluasi) .
2. Guru menjelaskan tentang konseptual pergelaran (tema dan penjabarannya)
3. Siswa memperhatikan sambil mengamati dan merangkum apa yang di amatinya

c. Penutup ( 5 menit)
Guru menjelaskan kembali inti materi yang telah di berikan.


Siswa membuat susunan kepanitian pergelaran.

Siswa membuat program kerja pergelaran.

.


Pertemuan 2
Tatap Muka
Non Tatap Muka
a. Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
Guru memberi motivasi dan menanyakan kesiapan siswa untuk menampilkan pergelaran
b. Kegiatan Inti (35 menit )
1. Guru membagi kelompok pergelaran
2. Guru mengarahkan masing-masing kelompok dengan konsep yang telah di persiapkan
3. Siswa berkelompok melatih karya musik yang akan di tampilkan
c. Kegiatan Penutup ( 5 menit )
Guru memberi komentar atas hasil yang di capai siswa untuk lebih meningkatkan lagi.


Siswa membuat proposal pergelaran

Siswa membuat susunan acara pergelaran







Pertemuan 3
Tatap Muka
Non Tatap Muka
a. Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
Guru memberi motivasi dan menanyakan kembali kesiapan siswa untuk menampilkan pergelaran

b. Kegiatan Inti (30 menit )
1. Guru mengarahkan kembali masing-masing kelompok dengan konsep yang telah di persiapkan
2. Siswa berkelompok berlatih kembali karya musik yang akan di tampilkan
c. Kegiatan Penutup ( 10 menit )
Guru memberi evaluasi dan motivasi untuk hasil karya yang akan di nilai minggu depan



Siswa menyiapkan kelompok pergelaran masing-masing




5. ALAT, BAHAN DAN SUMBER PEMBELAJARAN
· Buku-buku yang menunjang
· Modul Pembelajaran ( buatan guru )
· Bahan Ajar Power Point
· Laptop, LCD, Speaker aktif, Mix
· Alat-alat Band dan akustik

6. PENILAIAN
a. Penilaian proses( teori)
· Menyusun kelompok sesuai dengan jenis penampilan
· Menjelaskan penampilan yang ditampilkan
· Membuat proposal kepanitiaan
b. Penilaian akhir (praktek)
· Menyiapkan penampilan sesuai jenis tampilan yang akan dipertontonkan baik dalam bentuk vokal, instrumen, atau campuran vokal dan instrumen secara kelompok ataupun individu.
· Menyeleksi penampilan tiap individu maupun kelompok yang telah dipersipkan.






Pekalongan, 5 Januari 2008



Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMA N 3 Pekalongan Seni Budaya ( Seni Musik )





Drs. Soeroso Saiful Fallah, S.Pd
NIP. 131797691 NIP. 500109734




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Musik)
Kelas/Program : XI
Semester : 2
Alokasi waktu : 6 Jam (6 X 45 Menit)


Standar Kompentensi 4
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
Kompentensi Dasar 4.3
Menggelar pertunjukan musik di kelas.
Indikator
· Menggunakan teknik yang benar dalam penampilan / permainan musik vokal dan instrument
· Mendemonstrasikan bernyanyi dan bermain alat musik secara perorangan maupun kelompok

1. TUJUAN PEMBELAJARAN
· Bernyanyi lagu-lagu Tradisional dan non Tradisional Nusantara dengan nada yang sesuai.
· Bernyanyi dengan teknik yang benar secara perorangan atau kelompok bergantian
· Bermainan alat musik dengan teknik yang benar secara perorangan atau kelompok bergantian.
· Bernyanyi dan bermain alat musik lagu-lagu tradisional Nusantara dan non tradisional Nusantara

2. MATERI POKOK DAN URAIAN MATERI
Pergelaran musik.
- Penampilan musik vokal dengan teknik yang benar.
- Penampilan musik instrument dengan teknik yang benar.
- Penampilan musik vokal dan instrument dengan teknik yang benar.
- Penampilan perorangan dan kelompok dalam pergelaran musik

3. METODE PEMBELAJARAN
a. Model :
b. Metode :






4. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
Tatap Muka
Non Tatap Muka
a. Kegiatan Pendahuluan ( 5 menit )
Persiapan pergelaran Kelas
b. Kegiatan Inti ( 35 menit )
1. Siswa menampilkan hasil karya dan kreasi mereka ( Tahap I )
2. Siswa kelompok lain melihat, mengamati dan mengapresiasi.
c. Penutup ( 5 menit)
Guru menilai dan memberi komentar atas hasil yang di capai siswa untuk lebih meningkatkan lagi pada kelompok lain.

Siswa menyiapkan kelompok pergelaran masing-masing


Pertemuan 2
Tatap Muka
Non Tatap Muka
a. Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
Persiapan pergelaran Kelas Tahap II
b. Kegiatan Inti (35 menit )
1. Siswa menampilkan hasil karya dan kreasi mereka ( Tahap II )
2. Siswa kelompok lain melihat, mengamati dan mengapresiasi.
c. Kegiatan Penutup ( 5 menit )
Guru menilai dan memberi komentar atas hasil yang di capai siswa untuk lebih meningkatkan lagi pada kelompok lain.


Siswa menyiapkan kelompok pergelaran masing-masing


Pertemuan 3
Tatap Muka
Non Tatap Muka
a. Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
Persiapan pergelaran Kelas Tahap III
b. Kegiatan Inti (30 menit )
1. Siswa menampilkan hasil karya dan kreasi mereka ( Tahap III )
2. Siswa kelompok lain melihat, mengamati dan mengapresiasi.
c. Kegiatan Penutup ( 5 menit )
Guru menilai dan memberi komentar atas hasil pergelaran secara umum.


Siswa menyiapkan kelompok pergelaran masing-masing



5. ALAT, BAHAN DAN SUMBER PEMBELAJARAN

· Buku-buku yang menunjang
· Modul Pembelajaran ( buatan guru )
· Bahan Ajar Power Point
· Laptop, LCD, Speaker aktif, Mix
· Alat-alat musik akustik dan alat Band
· Kumpulan lagu-lagu menyesuaikan.

4. PENILAIAN

a. Penilaian proses( teori)
· Menjelaskan penampilan yang ditampilkan
· Mendeskripsikan hasil karya yang akan ditampilkan
b. Penilaian akhir (praktek)
· Mendemontrasikan penampilan sesuai jenis tampilan yang akan dipertontonkan baik dalam bentuk vokal, instrumen, atau campuran vokal dan instrumen secara kelompok ataupun individu







Pekalongan, 5 Januari 2008





Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMA N 3 Pekalongan Seni Budaya ( Seni Musik )





Drs. Soeroso Saiful Fallah, S.Pd
NIP. 131797691 NIP. 500109734





2 komentar:

  1. MENGUCAPAKAN BANYAK2 TERIMA KASIH.
    LEBIH LENGKAPA LAGI KALAU ADA KELAS X DAN XII ......HEHHEHEHEHEH

    BalasHapus

Kasih Komentar bagi yang masuk !!!

Baca juga ini !

Loading...

Daftar Blog Saya

SMAGA

SMAGA
Tempatku Berprestasi
Loading...

National Geographic POD

Loading...
Loading...

Ayo Gabung di Sini !!

Arsip Blog

Komunitas Smaga Pekalongan

Enjoy broo, gabung, apa yang kamu lihat, rasakan dan dengar di Smaga tuangkan di sini....! thanks attensinya ........

Daftar Blog Saya