Senin, 21 Desember 2009

BAHAN AJAR SEMESTER 1 KELAS 9

KERAGAMAN LAGU MANCANEGARA DI ASIA


Standar Kompetensi :
a.       Mengapresiasi karya seni musik
b.      Mengekspresikan diri melalui karya seni musik

Kompetensi Dasar :
1.      Mengidentifikasi lagu mancanegara di Asia.
2.      Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu mancanegara di Asia.
3.      Mengaransir lagu mancanegara di Asia.
4.      Menampilkan hasil aransemen lagu mancanegara di Asia.

Indikator:
1.      Siswa dapat menyebutkan alat-alat musik mancanegara di Asia
2.      Siswa dapat menyebutkan keunikan lagu mancanegara di Asia.
3.      Siswa dapat menyanyikan salah satu lagu mancanegara di Asia.
4.      Siswa dapat menjelaskan perkembangan musik mancanegara di Asia

Alokasi Waktu :
12 jam pelajaran ( 6 X pertemuan )






Pengantar Materi

Lagu yang berasal atau lagu yang berada di luar negeri atau di negara asing disebut lagu mancanegara. Lagu  mancanegara di Asia dalam khasanah musik  Indonesia mempunyai pengertian lagu yang berasal dari luar negeri dalam lingkup dan dibatasi Asia.
            Lagu merupakan ungkapan gagasan atau perasaan yang estetis dan bermakna yang diwujudkan melalui media nada dari suara/ vokal manusia. Mancanegara mempunyai arti luar negeri/ di luar Indonesia/ negara asing. Jadi lagu mancanegara adalah lagu yang berasal atau lagu yang berada di luar negeri atau di negeri asing.
            Lagu mancanegara di Asia dalam khasanah musik Indonesia mempunyai pengertian lagu yang berasal dari luar negeri dan dibatasi di Asia seperti musik yang berasal dari China, India, timur Tengah, Melayu, Jepang dan sebagainya.

Ringkasan Materi

A.    Musik Barat dan Timur
Menurut sejarah seni,musik dianggap sebagai seni yang paling tua usianya. Bahkan sama tuanya dengan keberadaan manusia di bumi. Ini karena semenjak lahir kita sudah berhubungan dengan musik. Dalam peradaban masyarakat Mesir dan Yunani kuno, musik dianggap sebagai suatu aktivitas yang penting. Hal ini terbukti dengan lukisan-lukisan purba yang menggambarkan kegiatan musik. Mereka banyak mempergunakan musik dalam kegiatan upacara-upacara ritual yang berhubungan dengan kekuatan ghaib.
Daalam perkembangan sejarah musik,terdapat dua rumpun musik yangt berbeda yaitu musik yang berasal dari barat dan musik yang berasal dari timur. Masing-masing rumpun musik tersebut memiliki system nada yang berbeda. Musik barat menggunakan system nada-nada yang matematik, dimana nada-nadanya disusun berdasarkan frekuensi yang tetap dalam tujuh nada (tangga nada diatonis) yang kemudin berkembang menjadi system 12 nada yang berjarak sama (tangga nada kromatis).Sedangkan musik timur menggunakan system nada yang amatematik, yaitu tangga nada pentatonic yang nada-nadanya disusun dalam jarak yang tidak sama untuk satu oktafnya.
Sistem musik barat digunakan dalam pengembangan dalam daya pikir abstrak, imajinasi, dan kreativitas. Musik dapat dipelajari secara lebih nyata. Hal ini telah dapat membawa musik barat memasuki wilayah timur dengan kegunaan yang lebih luas daripada musik timur.

B.     Perkembangan Musik Mancanegara di Asia
1.      Indonesia
Di Indonesia dalam masa berjayanya kerajaan-kerajaan besar di Indonesia. Musik bisa di bilang berkembang secara primitif atau masih bersifat lokal/ kedaerahan. Berbagai daerah di Nusantara masih menggunakan musik-musik bertangga nada pentatonic. Sebagai contoh berkembangnya musik gamelan di pulau jawa, ataupun musik-musik berorientasi kerajaan.
Tahun 1950 menjadi titik balik perkembangan musik di Indonesia yang sesungguhnya. Tahun-tahun tersebut merupakan awal pembinaan musik melalui disiplin akademik Beberapa orang muda Indonesia maneruskan pendalaman musik di luar negeri. Ditandai munculnya komposer-komposer muda seperti : W.R Supratman, Amir Pasaribu, Koesbini, Mochtar Embut, A. Riyanto, dll. Di tahun-tahun ini pula, musik populer berkembang dibandingkan musik tradisional.
2.      Oriental
Yaitu musik yang berkembang di daratan China, Jepang, Korea, dan Hongkong. Negara-negara tersebut ada kesamaan dalam cara hidup, adat istiadat, industri, dan bidang seni, tetapi perihal peradaban dan perkembangannya, Jepang adalah lebih muda dari pada China. Musik pada bangsa Jepang masih sekeluarga dengan musik China dan alat-alat musik yang terdapat di Jepang mirip dengan alat musik yang berada di negeri China Musik tersebut diciptakan oleh orang China yang dipengaruhi oleh daerah linguistik, grup etnis dan latar belakang sosio cultural. Musik China dikelompokkan menjadi musik tradisi kuno dan modern. Flute Jiahu adalah alat musik dari tulang yang ditemukan didaratan China. Alat tersebut merupakan instrumen musik  tertua di dunia. Musik modern china merupakan hasil persilangan musik tradisional China dengan musik popular.
Berdasarkan alat musiknya, musik china dikelompokkan menjadi musik China kuno dan musik China modern.
Instrumen musik China  kuno antara lain :
-                Flute (dizi).
-                Paixio
-                Perkusi ; lonceng (qin), drums (gu), Gong (luo).
-                Kecapi (ruan, qin, pipa, sanxian).
Instrumen musik china modern antara lain :
-                Suona.
-                Yang qin.
-                Bili.
-                Berbagai jenis biola
-                Kecapi leher bengkok.
Di Jepang terdapat alat musik yang bernama koto, yaitu Kin-koto yang berdawai 13 dan Yamuto-Koto yang berdawai 5 helai. Di antara alat musik yang berdawai di Jepang terdapat sejenis mandolin (luit), Shamisen yangb berbadan persegi dan berleher panjang, berdawai 3 helai, dimainkan dengan alat petik. Di Korea sendiri peradabanya sama dengan Jepang, sedangkan Hongkong yang merupakan koloni Inggris perkembangan musiknya terpengaruhi perkembangan musik barat dan China.
3.      Hindustan
Yang amat dominan pada musik Hindustan adalah negara India atau Pakistan. Musik Hindustan mudah dikenali dari ritme instrumen tabla yaitu kendang India berbentuk bejana (kendil), dimainkan dengan sentuhan jari dan telapak tangan.
Alat musik India yang lainya yaitu Vina, yaiut alat musik petik India. Alat itu mempunyai 7 dawai  dengan jangkauan nada  yang lebih luaus dari 2 oktaf. Alat ini adalah alat yang paling sempurna dan yang paling mengakar di hati masyarakat India dibandingkan dengan alat-alat yang lain. Musik/ lagu-lagu Hindustan popular karena sering digunakan sebagai ilustrasi musik (musik Score) dalam industri perfilman di Bollywood. Lagu-lagunya yang popular dan familiar adalah diantaranya lagu Kuch Kuch Hotahai.
4.      Timur Tengah/ Padang Pasir
Musik Timur Tengah antara lain musik Gambus. Musik gambus adalah musik berirama padang pasir (bernafaskan islam). Musik ini menggunakan alat musik gitar gambus (luth). Gitar gambus adalah alat musik dawa yang ditala secara rangkap seperti mandolin. Disamping itu juga menggunakan alat musik Rebana, Bass, Seruling, Gendang, Akordion, dan Biola.


5.      Melayu
Rumpun Melayu diantaranya Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam , temasuk Indonesia. Musik Melayu cirri utamanya adalah menggunakan alat musik membranofon atau gendang tradisional yang memungkinkan membawa sentuhan dendang dan joget. Musik Melayu di Indonesia identik disebut dengan musik dangdut.
Ciri musik dangdut :
-                Irama musik dihasilkan oleh permainan dua kendang yang dapat menghasilkan bunyi “dang” dan “dut”.
-                Bunyi “dang” jatuh pada birama ke empat pada hitungan keempat.
-                Bunyi “dut” pada hitungan pertama birama berikutnya.
Musik/ lagu mancanegara di Asia disajikan dalam bentuk musik vokal maupun musik instrumen.

C.     Apresiasi lagu mancanegara di Asia.
Apresiasi yaitu suatu kegiatan seseorang di dalam meniali atau menghargai karya seni. Penilaian yang lahir setelah melihat karya seni dapat bermacam-macam bentuknya. Hal tersebut timbul karena tingkat penilain seseorang terhadap seni beragam dan dipengaruhi latar belakang, tingkat intelektual dan status social yang beragam pula.
Ketika akan dapat menilai suatu lagu/ karya musik apabila kita menegrti benar-benar tentang lagu secara keselruhan mulai dari melodi, harmoni, ritme, birama, tangga nada, dan sebagainya. Apabila kita sudah dapat memahami lagu dengan baik, maka proses ini akan membantu menjadi seorang apresiator yang baik. Di dalam apresiasi karya seni dikenal dengan tiga tingkatan apresiasi yaitu :
1.            apresiasi empatik, adalah apresiai yang hanya menilai baik dan kurang baiknya sebuah karya seni berdasarkan penglihatan mata saja.
2.            Apresiasi estetis, adalah apresiasi tentang keindahan dan mempunyai penilain tentang keindahan karya seni tersebut.
3.            Apresiasi kritis, Adalah apresiasi yang sudah dalam tingkat penganalisaan.

Ketika akan dapat menilai sebuah lagu/ karya musik apabila kita mengerti benaR tentang lagu secara keseluruhan mulai dari melodi, harmoni, ritme, tangga nada dan sebagainya. Apabila kita sudah dapat memahamim lagu dengan baik, maka proses ini akan membantu menjadi seoprang apresiator yang baik.
Substansi dasar dari musik adlah bunyi yang unsurnya disebut nada, yaitu bunyi yang mempunyai getaran teratur tiap detik denga sifat tinggi, panjang, keras, lembut, dan warna yang berbeda.
  1. Melodi
Melodi adlah naik turunya nada yang ditanggapi berdasarkan perbedaan tinggi rendahnya atau neik turunya.
  1. Ritme
Ritme atau irama adalah gerak nada yang teratur mengalir karena munculnya aksen tetap.
  1. Birama
Birama yaitu suatu tanda untuk menunjukkan jumlah ketukan dal;am satu ruas birama.
  1. Harmoni
Harmoni adalah hal yang berhubungan dengan keselarasan paduan bunyi.
  1. Tangga nada
Tangga nada adalah urutan nada yang disusun secara berjenjang.

D.    Keunikan lagu mancanegara di Asia
1.      Musik Melayu
Melayu adalah musik yang tumbuh dan berkembang di negara rumpun melayu seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam. Untuk negara Filliphina karena bekas jajahan Portugal musiknya langsung berkiblat pada musik diatonis barat. Ciri khas pada musik melayu adalah mempergunakan gendang tradisional ataupoun rebana berukuran besar yang memungkinkan membawa sentuhan dendang dan joget melayu. Instrumen yang dominan adalah biola dan accordion dan gong. Khusus untuk negara Indonesia yang berkembanh musik melatu hanya daerah sumatera khususnya daerah Riau dan Sumatera Barat.
2.      Musik Oriental
Musik Oriental berkembang di Cina, Korea, Jepang. Keunikan pada musik Cina maupun Jepang adalah pada instrumen khususnya alat musik string baik yang dipetik maupun yang digesek. Tangga nada yang digunakan adalah tangga nada pentatonic (1 2 3 5 6) (do re mi sol la). Karena instrumen yang unik dan khas maka sudah barang tebtu ketika dimainkan akan menimbulkan suasana musik yang amat ekspressif. Contoh alat musik string Cina dan Jepang :
a.                   Koto adalah gitar klasik Jepang ke-13 senarnya yang dimainkan dengan dua tangan dapat menghasilkan musik yang sangat ekspressif.
b.                  Qina Adalah siter Cina, Setiap senar berjumlah empat belas menghasilkan nada rendah dan tinggi tergantung pada sisi mana kuda-kuda tempat senar ditabuh.
c.                   Shamisen adalah kecapi berleher panjang yang sering dimainkan di Jepang. Ketiga senar shamisen disetem dalam berbagai macam nada, termasuk satu seteman untuk musik gembira. Pemain menggunakan pemetik. Senar dan penabuh perut dari kulit kucing. Perut di pelurut dengan kulit domgba untuk menahan pukulan pemetik.
d.                  San xian adlah kecapi Cina yang mirip denga shamisen Jepang. San xian berarti tiga senar.








3.      Musik Hindustan/ India
Musik Hindustan tumbuh dan berkembang di negara India, Pakistan, Bangladesh, tetapi yang paling dominan adalah di negara India. Cirri khasnya adalah terletak pada ritmr yang disebut tabla, dan instrumen string yang disebut gitar. Instrumen musik India antara lain :
a.             Tabla adalah sepasang drum uang memimpin gitar dan tambura dalam musik klasik India. Pemain tabla memukul bagian tengah kulit pukul dengan jari sedangkan telapak tangan menekan bidang pukul untuk membuat variasi nada.
b.            Sitar adalah gitar klasik India semacam kecapi yang memilikki tujuh senar utama yang terbentang melewati fret logam lengkung. Fret ini memungkinkan pemain untuk mengatur senar dan musik turunkan nada yang membuat bunyi senar meliuk-liuk.
c.             Tambura seperti juga gitar, alat musi ini pengiring gitar dalam musik klasik India berujud kecapipanjang. Dibalik melodi gitar yang ramai tambura berfungsi sebagi pendengung yang mantap.
d.            Sarangi adalah rebab India. Badannya yang berbentuk bongkahan ditegakkan dan dimainkan dengan penggesek. Senar harmoni terbentang diatas lubang dipapan bilah yang lebar.
4.      Musik Timur Tengah
Musik Timur tengah berkembang di negara arab dan sekitarnya bahkan ada yang menyebut irama padang pasir.  Musik yang paling menonjol adalah qasidah yaitu lagu yang bernafaskan islam yang alur nadanya berorientasi pada irama padang pasir. Dalam islam : sajak lirik dengan metrum yang sesuai untuk dinyanyikan atau disenandungkan; baikoleh penyanyi utnggal, paduan suara mauopun sahut-menyahut antara penyayi tunggal dan koor. Isinya berupa pengagungan terhadap ke-Esaan Allah SWT, melukiskan kebesaran Rasul-Nya, mengajak beramal dan bejihad di jaln Allah SWT serta anjuran untuk menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Sebagai alat pengiring biasanya digunakan “rebana”, dewasa ini juga meliputi alat-alat musik modern lainya.
Lagu-lagu Qasidah rebana berdasarkan tangga nada tradisional Timur Tengah yang selain memiliki skala nada diatonic juga terdapat dalam nada-nada mikrotonik seperti terdapat dalam alunan tangga nada al bayat, al rast, al sika, al’ajarm, al nakriez, al hijaz, dan al saba.
Instrumen yang khas dari Qasidah antara lain :
a.             Rebana adalah alat musik berupa kendang satu sisi dengan badan tidak rendah sesuai dengan kemampuan genggamann tangan.
b.            Gitar gambus adalah kecapi Arab yang kepalanya berbentuk S, badanya lebih dalam dan lehernya lebih sempit di banding kecapi klasik yang popular di Eropa.

TAGIHAN 1
a.             Carilah  alat-alat musik yang diperguanakan dalam penyajian musik di Asia, kemudian kelompokkanlah alat-alat musik tersebut berdasarkan asal negaranya
No
Nama alat musik
Melayu
Oriental
Hindustan
Padang Pasir
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.





b.            Carilah dan kemudian uliskan lagu-lagu yang berasal dari daerah berikut :
1.      India
2.      Malaysia

TAGIHAN 2
Guru memperdengarkan beberapa buah lagu dari mancanegara di Asia dari sumber kaset/ CD. Kemudian dari beberapa buah lagu yang diperdengarkan tersebut, diskusikanlah dengan kelompokmu yang berkaitan dengan yang terdapat  di bawah ini dan tulislah hasil dikusi tersebut pada tempat yang telah ditentukan sesuai dengan lagu tersebut !

  1. Lagu Pertama
Judul lagu                    :
Nama Pencipta            :
Nama Penyanyi           :
Negara Asal                :
Isi lagu                                    :
Bahasa                         :
Tema lagu                    :

  1. Lagu Kedua
Judul lagu                    :
Nama Pencipta            :
Nama Penyanyi           :
Negara Asal                :
Isi lagu                                    :
Bahasa                         :
Tema lagu                    :

  1. Lagu Ketiga
Judul lagu                    :
Nama Pencipta            :
Nama Penyanyi           :
Negara Asal                :
Isi lagu                                    :
Bahasa                         :
Tema lagu                    :

  1. Lagu Keempat
Judul lagu                    :
Nama Pencipta            :
Nama Penyanyi           :
Negara Asal                :
Isi lagu                                    :
Bahasa                         :
Tema lagu                    :
  1. Lagu Kelima
Judul lagu                    :
Nama Pencipta            :
Nama Penyanyi           :
Negara Asal                :
Isi lagu                                    :
Bahasa                         :
Tema lagu                    :



MENGARANSEMEN LAGU MANCANEGARA DI ASIA


Standar Kompetensi :
a.       Mengapresiasi karya seni musik
b.      Mengekspresikan diri melalui karya seni musik

Kompetensi Dasar :
a.       Mengidentifikasi lagu mancanegara di Asia.
b.      Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu mancanegara di Asia.
c.       Mengaransir lagu mancanegara di Asia.
d.      Menampilkan hasil aransemen lagu mancanegara di Asia.

Indikator:
1.            Siswa dapat mengaransemen lagu mancanegara di Asia
2.            Siswa dapat menampilkan hasil aransemen lagu mancanegara di Asia.


Alokasi Waktu :
12 jam pelajaran ( 6 X pertemuan )








A. Pengertian aransemen
Aransemen berasal dari bahasa belanda arrangement, yang artinya penyesuaian komposisi musik dengan warna suara penyanyi atau instrumen musik yang didasdarkan atas sebuah komposisi yang telah ada sehingga esensi musiknya tidak berubah.
Setiap orang dapat menyusun aransemen lagu sesuai dengan selera masing-masing. Orang yang melakukan aransemen lagu dikenal dengan arranger atau pengaransemen. Modala dasar yanhg harus dimilikki seseorang arranger adalah menguasai pengetahuan tentang harmoni. Ada tiga jenis aransemen.
1.      Aransemen Vokal
Setiap lagu dapat disusun aransemen khusus vokal, yaitu dalam suara dua, tiga suara atau ermpat suara. Untuk menyusun aransemen vokal, yang paling mudah adalah menyusun aransemen lagu dalam dua suara. Untuk menyusun aransemen lagu dalam tiga dan empat suara ada banyak persyaratan yang harus diperhatikan.
Untuk memperoleh hasil yang lebih baik dan memuaskan, setelah selesai disusun aransemen lagunya kemudian dicoba untuk dinyanyikan secara bersama-sama, apabila dirasa masih kurang memuaskan maka dapat dicoba lagi untuk menyusun aransemen lagutersebut hingga pada akhirnya diperoleh hasil yang baik dan memuaskan.
2.      Aransemen Instrumen
Dalam menyusun instrumen aransemen instrumen sangat berbeda dengan menyusun aransemen vokal. Untuk menyusun aransemen instrumen kita harus menyesuaikan dengan alat-alat musik yang dipergunakan. Semakin lengkap alat musik yang kita pergunakan, semakin banyak pula kemungkinan variasi yang dapat diciptakan.   Untuk menyusun aransemen instrumen, kita harus berpedoman pada pengetahuan ilmu harmoni dan akor. Bagian dari suatu aransemen musik dikenal dengan istilah partituur (Belanda), partitura (Italia), part (Inggris), parte (Prancis). Dan aransemen instrumen, kebanyakan partitur bermain bergantian tugas, sedangkan dalam aransemen vokal pada umumnya semua partitur semuanya berbunyi bersamaan.
3.      Aransemen Campuran
Yang dimaksud aransemen campuran adalah campuran aransemen vokal dan aransemen instrumen. Teknik yang dilakukan adalah menggabungkan dua jenis aransemen yang telah ada. Dalam aransemen instrumen yang ditonjolkan pada umunya adalah vokalnya,sedangkan instrumennya berfungsi untuk pengiring dan memeriahkan sehingga pertunjukan yang disajikan bertambah sempurna. Untuk mengendalikan keseimbangan dalam menampilkan aransemen yang telah disusun diperlukan adanya seorang pemimpin yaitu seorang dirigen atau konduktor.







KEANEKA RAGAMAN LAGU MANCANEGARA DI LUAR ASIA

Standar Kompetensi :
c.       Mengapresiasi karya seni musik
d.      Mengekspresikan diri melalui karya seni musik

Kompetensi Dasar :
a.       Mengidentifikasi lagu mancanegara di Luar Asia.
b.      Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu mancanegara di Luar Asia.
c.       Mengaransir lagu mancanegara di Luar Asia.
d.      Menampilkan hasil aransemen lagu mancanegara di Luar Asia.

Indikator:
1.   Siswa dapat mengaransemen lagu mancanegara di Asia
6.      Siswa dapat menampilkan hasil aransemen lagu mancanegara di Asia.


Alokasi Waktu :
12 jam pelajaran ( 6 X pertemuan )


A.    Sejarah Musik Mancanegara
1.            Yunani Kuno (675 SM – Awal masehi )
Bangsa  Yunani dikenal sebagai peletak dasar seni musik barat. Mereka menyusun 2 tetrachord (dari phytagoras)yang membentuk sebuah tangga nada diatonis dalam satu oktaf.
Musik bagi bangsa Yunani juga berfungsi sebagai :
a.             Iringan upacara religius, penyembahan dewa.
b.            iringan upacara kerajaan.
c.             Iringan drama tari, sastra, atletik, gladiator, dan hiburan social.
d.            Iringan berperang.
Para ahli musik bangsa Yunani diantaranya : Aischylos (425 SM-456 SM), Sophocles (496 SM – 406 SM ), Pythagoras (585 SM – 505 SM), Aristoteles (384 SM – 422 SM), dan Aristoxenos (sekitar 325 SM). Instrumen yang terkenal adalah lyra, kitara (petik), dan Autos (seperti oboe).

2.            Abad Pertengahan (Abad V – XVI).
Abad pertengahan berada di antara  zaman akhir kerajaan Roma (476) dan zaman bangkitnya ilmu pengetahuan dan munculnya berbagai penemuan. Perubahan besar terjadi pada musik dunia di abad pertengahan. Musik yang dulunya terdiri dari satu suara (monofonik) bertambah menjadi beberapa suara (polifonik).
Pada abad ini terdapat perkembangan perbaikan tulisan musik dan dasar-dasar teori musik. Pencetus tulisan musik atau notasi musik ini adalah Guido d’Arezzo (+1050).
Paduan suara juga berkembang di Eropa Barat, serta musik Greogiran oleh Paus Greogirus.
Pelopor musik pada abad pertengahan adalah :
a.       Guillanme Dufay dari Perancis.
b.      Adam de la Halle dari Jerman.
3.             Renaissance (Abad XVI – XVII)
Renaissance artinya “terlahir kembali”.Pada abad ini perkembangan musik gereja merosot, sedangkan musik duniawi mulai mendapat perhatian dan kedudukan yang makin penting. Instrumen musik , dulunya hanya sebagai pengiring lagu, mulai dibuat komposisinya. Instrumen orgel mendapat perhatian di Italia dan Jerman, sedangkan di Inggris lebih memperhatikan instrumen pendahulu piano yaitu virginal. Komponis terpenting abad Renaissance adalah Frescobaldi (1583 – 1644 Italia), Scheidt (1857 – 1654), Scheid Mann (1595 – 1663, Jerman), dan Bull (1563 – 1628, Inggris).
Opera mulai berkembang dengan menggunakan permainan solo sebuah instrumen (solistis) dan Koor besar.

4.             Barok dan Rakoko
Istilah “barok” dan “rokoko”dipinjam dari dunia arsitektur. Kemajuan pada abad ini terdapat dua aliran yang sifatnya hampir sama. Pada aliran Barok dan Rokoko sama-sama menggunakan ornamentik (hiasan musik). Tetapi pada aliran Barok memakai ornamentik yang diserahkan pada improvisasi spontan oleh pemain. Sedangkan pada Rokoko semua ornamentik dicatat.
Komponis-komponis pada abad Barok dan rokoko ini diantaranya :
a.             Johan Sebastian Bach (1685 – 1750) dari Jerman.
b.            George Frederick haendel (1685 – 1759) dari London.

5.            Klasik (Abad XVIII – Awal Abad XIX)
Istilah “klasik” dipinjam dari satu bentuk jenis dalam dunia sastra yang memberi cirri-ciri ketaatan pada kaidah-kaidah formal bentuk dan struktur komposisi dalam mencapai keseimbangna dan kesempurnaan musik. Abad klasik diawali sepeninggal bach dan Handel, sekitar tahun 1750. Komponis yang terpenting pada abad klasik adalah Johbn Stamitz (1717-1757),Franz Joseph Haydn (1732-1809) yang dikenal sebagai “Bapak Orkes Simfoni”(.100karya) dan “Bapak Kwartet” (.80 karya), dan Wolfgang Amadeus Mozart (1765-1791).

6.            Romantik (Abad XIX – Awal Abad XX).
Musik romantik sangat mementingkan perasaan yang subjektif. Musik bukan saja digunakan untuk mencapai keindsahan nada-nada,tetapi dipergunakan untujk mengungkapkan perasaan, sehingga banyak menggunakan dinamik dan tempo.
Komponis-komponis yang terkenal antara lain :
a.       Ludwig Van Beethoven dari Jerman.
b.      Franz Peter Schubert dari Wina.
c.       Francois Frederick Chopin dari Polandia.
d.      Robert Alexander Schumann dari Jerman.
e.       Johannes Brahms dari Jerman.

7.            Peralihan (Abad XX)
Sesungguhnya zaman kebesaran Romantik telah selesai sepeninggal Wagner. Zaman setelah Romantik bersifat membelakangi adat kebiasaan pada zaman Romantik. Munculnya berbagai unsure gaya yang tegas menunjukan arah pembaharuan yang berarti Revolusi musik. Komponis zaman peralihan menuju modern di antaranya : Cesar Auguste Franck (1882-1890), Gustav Mahler (1860-1911), Peter Ilyich Tschaikovsky (1840-1893), dan Sergei Rachmaninoff (1873-1943).

8.            Modern (Abad XX – Sekarang)
Musik pada zaman modern tidak mengakui adanya hokum-hukuim dan peraturan-peraturan karena kemajuan IPTEK yang semakin pesat, dan berkembangnya globalisasi dunia yang juga berimbas di perkembangan musik dunia.
Komponis zaman modern antara lain :
a.             Claude Archille Debussy dari Perancis.
b.            Bella Bartok dari Hongaria.
c.             Maurice Ravel dari Perancis.
d.            Igor fedorovinsky dari Rusia.
e.             Edward Benyamin Britten dari Inggris.
Perkembangan lagu menyesuaikan perkembangan musik pada waktu itu, kebanyakan lagu-lagu dari zaman Yunani hingga zaman peralihan berorientasi klasik atau berbentuk seriosa dengan iringan musik orkestra.

B.     Apresiasi lagu mancanegara di Asia.
Apresiasi yaitu suatu kegiatan seseorang di dalam meniali atau menghargai karya seni. Penilaian yang lahir setelah melihat karya seni dapat bermacam-macam bentuknya. Hal tersebut timbul karena tingkat penilain seseorang terhadap seni beragam dan dipengaruhi latar belakang, tingkat intelektual dan status social yang beragam pula.
Ketika akan dapat menilai suatu lagu/ karya musik apabila kita menegrti benar-benar tentang lagu secara keselruhan mulai dari melodi, harmoni, ritme, birama, tangga nada, dan sebagainya. Apabila kita sudah dapat memahami lagu dengan baik, maka proses ini akan membantu menjadi seorang apresiator yang baik. Di dalam apresiasi karya seni dikenal dengan tiga tingkatan apresiasi yaitu :
1.      Apresiasi empatik, adalah apresiai yang hanya menilai baik dan kurang baiknya sebuah karya seni berdasarkan penglihatan mata saja.
2.      Apresiasi estetis, adalah apresiasi tentang keindahan dan mempunyai penilain tentang keindahan karya seni tersebut.
3.      Apresiasi kritis, Adalah apresiasi yang sudah dalam tingkat penganalisaan.


Ketika akan dapat menilai sebuah lagu/ karya musik apabila kita mengerti benaR tentang lagu secara keseluruhan mulai dari melodi, harmoni, ritme, tangga nada dan sebagainya. Apabila kita sudah dapat memahamim lagu dengan baik, maka proses ini akan membantu menjadi seoprang apresiator yang baik.
Substansi dasar dari musik adlah bunyi yang unsurnya disebut nada, yaitu bunyi yang mempunyai getaran teratur tiap detik denga sifat tinggi, panjang, keras, lembut, dan warna yang berbeda.
1.      Melodi
Melodi adlah naik turunya nada yang ditanggapi berdasarkan perbedaan tinggi rendahnya atau neik turunya.
2.      Ritme
Ritme atau irama adalah gerak nada yang teratur mengalir karena munculnya aksen tetap.
3.      Birama
Birama yaitu suatu tanda untuk menunjukkan jumlah ketukan dal;am satu ruas birama.
4.      Harmoni
Harmoni adalah hal yang berhubungan dengan keselarasan paduan bunyi.
5.      Tangga nada
Tangga nada adalah urutan nada yang disusun secara berjenjang.

C.    KEUNIKAN LAGU MANCANEGARA di LUAR ASIA

Musik Populer Mancanegara adalah musik popular yang lirik dan melodinya datang dan berasal dari luar negeri.
Jenis-jenis musik popular mancanegara :
1.            Musik Klasik
Adalah musik yang memiliki estetika atau keindahan yang mencapai tingkat mutu yang memuaskan dan mengandung nilai seni yang sangat tinggi.
Musik klasik lahir dan berkembang pada zaman setelah barok-Rokoko yang dimulai melalui karya Johann Stamitz.
Ciri-ciri (karakteristik) musik klasik :
a.             Peralihan dinamik dari pelan (descrendo) menjadi keras (crescendo) dan sebaliknya.
b.            Peralihan kecepatan dari mempercepat tempo (accelerando) atau menguranginya menjadi lambat (ritardando) dan sebaliknya.
c.             Hiasan ornament dibatasi pemakaiannya.
d.            Pemakaian harmoni akor tiga yang berlaku.
e.              Pemakaian accelereando (mempercepat tempo) dan ritardando (memperlambat tempo) dalam penyajian musik.
f.             Pembatasan pemakaian nada-nada penghias (ornamet).
g.            Pemakaian akor trinada.
Bentuk musik sonata, simfoni, concerto, dan karya-karya lepas (pieces) mengalami pendalamn dan penyempurnaaan yang ekspansif.

2.            Musik Jazz
Adalah jenis musik yang dimainkan atas dasar ritme dan perasaan disertai spontanitas dan dari permainan tersebut dihasilkan improvisasi-improvisasi.
Ciri-ciri musik jazz secara umum :
a.             Bass progresif (walking bass)
b.            Ritme menggantung/ patah-patah (syncope)
c.             Susunan melodi improvisasi
d.            Penggunaan akor dissonant
e.             Kebanyakan instrumental (lagu hanya dengan alat musik).
f.             Improvisasi relatif bebas
g.            Kebanyakan menggunakan alat-alat musik akustik
h.            Menggunakan standar teknologi rendah
i.              Memiliki tingkat kesulitan harmonisasi akor yang tinggi
j.              Teknik pengolahan lagu bervariasi
k.            Lagu berdurasi panjang
l.              Alat tiup dan piano mendominasi
Sejarah lahirnya musik jazz
Pada dasarnya, musik jazz berasal dari musik blues. Tahun 1861-1865 di Amerika Serikat berkecamuk perang saudara (civil war), antara pihak utara dan pihak selatan. Pihak utara dipimpin oleh Abraham Lincoln menghendaki perbudakan dihapuskan. Pihak selatan yang dipimpin oleh Kolonel Robert E. Lee tentu saja menolak, karena di daerah selatan banyak terdapat kawasan perkebunan yang banyak memperkerjakan budak-budak belian yang terdiri dari kaum Negro.
Demikian juga keadaan dikebun kapas milik orang Perancis yang terdapat di delta sungai Mississipi. Para budak belian yang kerja paksa tersebut dilarang berbicara satu sama lainnya, walau pada saat istirahat sekalipun, tetapi mereka diperkenankan menyanyi atau berpantun. Oleh karenanya pada waktu istirahat mereka bernyanyi dengan pantun sebagai sarana komunikasi dalam mencurahkan kepedihan hatinya. Mereka bernyanyi silih berganti, sementara yang lainnya mengiringi dengan bertepuk tangan atau memukul-mukul kayu dan benda-benda lainnya.

Setahun sekali orang-orang Perancis itu, merayakan hasil panen mereka dengan pesta yang disebut Mardi Grass, yang dimeriahkan oleh marching band. Sehari-harinya orang-orang Perancis sering memainkan musik tradisional yang mereka bawa dari Eropa yaitu musik klasik pada sore atau malam hari.
Pada waktu civil war berlangsung, banyak orang Perancis yang mengungsi dan meninggalkan rumah kediaman mereka beserta isinya. Budak-budak Negro itupun menemukan alat-alat musik yang ditinggalkan tuannya, dan mencoba memainkan instrumen tersebut. Para budak Negro tersebut meniru cara tuannya memainkan instrumen tersebut apa adanya dan asal bunyi saja.
Tanggal 9 April 1865, Kolonel Lee menandatangani perjanjian. Pihak selatan kalah dan perbudakan dihapuskan. Selanjutnya pada pesta Mardi grass, para Negro itu menari dan bernyanyi-nyanyi sepanjang jalan di New Orleans. Gaya nyanyian mereka kemudian disebut sebagai gaya New Orleans atau Blues.
Dengan berakhirnya civil war dan perang Amerika-Spanyol, banyak alat-alat marching band milik militer yang diperjual-belikan di took-toko loak (bekas). Para Negro itupun banyak yang membelinya, mereka memainkan alat-alat musik tersebut untuk mengiringi gaya menyanyi New Orleans ataupun instrumental. Itulah peristiwa yang disebut sebagai lahirnya atau asal mula musik Blues yang juga dikatakan sebagai lahirnya musik Jazz.
Blues sendiri berasal dari kata blue artinya sedih. Berdasarkan moment historal inilah maka dikatakan bahwa jazz adalah manifestasi tangis kesedihan kaum Negro yang mendambakan pembebasan dirinya dari perbudakan.


Tokoh-tokoh musik Jazz
a.             Louis Amstrong
Penyanyi, trompetis, dan pencipta lagu dengan julukan Scathmo. Dikenal karena teorinya tentang syncopation dan suara seraknya. Salah satu karyanya adalah Hello Dolly.
b.            Paul whiteman
Dirigen dan arranger Amerika yang lahir pada akhir abad ke-19. Ia banyak menggarap ilustrasi film. Salah satu karya yang penting adalah Rhapsody in blue dari karya Gershwin yang terkenal.
c.             Duke Ellington
Pemimpin orkes, aransir, pencipta, dan pianis yang merupakan tokoh besar jazz Negro-Amerika. Lahir di Washington 1899 dan wafat di New York 1974. Karya-karyanya yang popular dan menjadi lagu standar jazz, misalnya sophisticated lady, Mondigo, Solitude dan yang lain Such Sweet Thunder.
d.            Chris Barber
Pemimpin band, pemain trombone, dam pencipta lagu. Ia termasuk pemusik jazz paling baik dari Inggris pada dasawarsa 50-60 an. Album jazz-nya yang terkenal antara lain Collaboration.
e.             Charlie Parker
f.             Miles davis
g.            Ornette coleman

3.            Musik Rock
Adalah  aliran musik dalam  bentuk komposis melodi maupun harmoni penuh denga improvisasi dissonant (tidak enak didengar) yang memekakkan telinga.


Ciri-ciri musik Rock :
a.       Dibawakan oleh anak-anak muda dengan penuh emosi yang berkobar-kobar, sehingga bernyanyi sambil menjeri-jerit, berjingkrak-jingkrak sebebas mungkin.
b.      Menggunakan alat-alat elektrik (listrik) dan sound yang tajam (sangar).
c.       Syair/ lirik biasanya anti kemapanan dan protes social
d.      Berpakaian (kostum) apa adanya.
e.       Vokal mendapat bagian yang banyak
f.       Musik sudah diaransemen terlebih dahulu
g.      Mengikuti standar yaitu selalu sesuai dengan perkembangan teknologi
h.      Standar gramatik musik konserfatif berorientasi pada blues, harmoni-harmoni dasar, mayor-minor, diatonis, kadang-kadang ada unsure pentatonic
i.        Teknik pengolahan biasanya bentuk lagu pendek
Aliran-aliran dalam musik rock adalah progressive rock, alternative rock, punk, heavy metal, hard rock, garage rock, rock n roll.
 Di awal kemunculannya (dasawarsa 1950-an) sangat dirisaukan oleh pihak kaum tua. Namun musik ini justru disenangi oleh kaum muda karena dianggap sebagai musik yang diharapkan memberi kebebasan gerak, sekaligus alat ekspresi diri, yang memberi pernyataan disertai pelepasan diri atas kungkungan yang berlaku.
Tokoh-tokoh musik Rock yang popular :
a.       Queen
Kelompok band yang palinh popular dan hebat di awal dasawarsa 1970-an. Beranggotakan Freddie Mercury (vokal), Brian May (gitar), Roger Taylor (bass), dan John Deacon (drum). Berhasil memadukan unsure klasik yang menghasilkan musik rock paling mewah dari musik yang ada pada saat inipun.
Lagu-lagunya yang sangat popular diantaranya : Queen, Bohemian Rhapsody, We are the Champion, dll.
b.      Rolling Stone
Kelompok Band paling tangguh sejak tahun 1964, terdiri dari Mick Jagger (vokal, harmonica), Keith Richard (gitar utama, vokal), Brian Jones (gitar, harmonica, sitar), Bill wyman (bass), dan Charlie Watts (drum).
c.       Scorpions, Emerson Lake Palmer, Deff Leppard, Deep Purple, Focus, Led Zeppelin, Radio Head, Montley Crue, Nazareth, White Lion, fire House, Jon bon Jovi, Mr. Big, Faith No More, guns N Roses, Poison, White Snake, Iron Maiden, Van Hallen, Aerosmith, Mettalica, Spultura, Nirvana, Linkin Park, dll.
d.      Fats Antoine Domino
Adalah penemu dari musik rock n roll yang saat itu secara tidak sengaja bermain di atas piano untuk gaya yang sdaat itu disebut honky tonk piano.
Pianis, penyanyi dan pencipta lagu ini lahir, lahir di New Orleans 1928.
e.       Elvis Presley
Penyanyi, gitaris, pencipta lagu, dan aktor, lahir di Tupello, Mississipi, 8 Januari 1935. Julukannya The King of Rock n Roll. Salah satu cirri yang membuat publik menyukainya adalah suaranya yang mirip orang kedinginan, selain wajahnya yang cakep, rambut serta pakaiannya yang khas, membuata banyak fans wanita menggilainya. Lagu perdananya yang cukup digandrungi adalah Heart Break Hotel. Lagu-lagunya lainnya antara lain : Love me tender, I feel so good, dll.
4.            Musik Pop
Musik ini identik dengan Band, yaitu kesatuan musik yang terdiri dari 4 hingga 8 orang yang membawakan lagu jenis pop dengan cirri dan gaya tersendiri yang mengutamakan beat (gerak irama), emosi dan hot.
Instrumen yang dipergunakan dalam band, tidak ditentukan jenisnya, namun pada umumnya satu perangkat alat musik terdiri dari : gitar (melodi,rhytm), gitar bass, organ/keyboard, drum serta tambahan saxophone, trompet, dll. Sehingga merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.
Kebanyakan grup band ternama beserta orang-orang top, sebagian besar di dominasi oleh negara Inggris seperti The Beatles dan Bee Gees (Australia).

a.       The Beatles
Berdiri di Liverpool Inggris, yang beranggotakan John Lennon (Lead vokal, pencipta lagu, piano, dan gitar ), Paul McCartney (gitar, piano, fuzz, vokal), George Harrison (Lead gitar, sitar ) dan Ringo starr (drum, vokal). Pengaruh musik Beatles sangat besar sekali ke penjuru dunia, banyak band bermunculan yang berkiblat padanya, baik dari segi musikalitas maupun gayanya. Lagu-lagunya banyak digemari, antara lain : I saw you standing there, Hey jude, Imagine, dll.
b.      Bee Gees
Band Australia dari periode rock akhir dasawarsa 1960-an, yang disebut-sebut sebagai pelopor sweet sound rock. Personilnya Barry Gibb (vokal), Maurice Gibb (bass), Robin Gibb (vokal, piano), Vince Melanoey (gitar), dan Colin Peterson (drum).
Bentuk musiknya banyak merangsang pemusik Indonesia, seperti : Koes Plus, Pan Bers, dan The Mercy’s. Lagu-lagunya yang hits antara lain : I star a joke, words, dll.
c.       Air Supply, ABBA, dll



5.            Musik Ska
Musik ska lahir tahun 1962 di Jamaika dari perpaduan musik R&B dan mento (paduan musik Afrika dan Jamaika). Pada saat itu jamaika sedang menggemari dan banyak meniru musik Amerika khususnya R&B dan Jazz. Maka, seseorang yang bernama Cecil Bustamente cambell – kemudian dikenal sebagai “Prince Buster”- mulai membuat sesuatu yang baru. Dia bekerjasama dengan pemain gitarnya yaitu  Jah Jerry untuk bereksperimen di musik. Mereka mencoba menitik beratkan ketukan after beat seperti itu kemudian menjadi cirri khas musik dari Jamaika hingga saat ini. Awalnya musik ska bersifaty instrumental. Lalu juga berkembang unsure vokalnya. Musik ska memeang dicirikan dengan dominannya suara instrumen brass/ tiup logam seperti terompet, trombone, juga saxophone. Musik ska kemudian menjadi musik komersil pertama dari Jamaika. Pada kenyataannya musik ska dikenal sebagai musik dansa rakyat Jamaika.

6.            Musik Reggae
Reggae berakar dari musik mento, ska, dan rocksteady (aliran ska yang lebih lambat). Reggae mulai berkembang pada akhir tahun 60-an di Jamaika. Saat itu generasi muda Jamaika sedang menyukai musik popular dari Amerika. Karena musik dari Amerika sedikit yang masuk ke Jamaika, maka musisi-musisi jalanan (street musicians) menciptakan musik ska pada awal tahun 60-an, kemudian, musik ska ini diubah lagi menjadi musik yang lebih banyak dimainkan dengan alat elektronik dan kemudian
disebut musik reggae. Irama reggae yang lebih lambat daripada ska, lebih memungkinkan masuknya unsure vokal dalam musik ini. Istilah reggae sendiri tidak jelas asalnya. Diperkirakan berasal dari kota Jamaika untuk orang lusuh atau biasa. Salah seorang tokoh yang sangat berjasa pada perkembangan musik reggae adalah Bob Marley . Bob adalah tokoh legendaries yang dikenal sebagai bagian dari gerakan pembebasan kaum buruh di Jamaika yang diperlakukan tidak adil oleh kaum elit dalam tatanan social.

7.            Rhytm & Blues
Salah satu sumber kebanyakan aliran musik popular abad ke-20 adalah Blues. Aliran ini mulai berkembang pada tengah abad lalu di Amerika di antara orang kulit hitam yang kebanyakan merupakan buruh kasar.Diskriminasi ras yang masih kental pada saat itu membuat musik blues mencerminkan keterpencilan kaum buruh.
Rhytm & Blues adalah musik pernyataan budaya Amerika dan Afrika setelah Perang Dunia II 91939-1945) yang juga merupakan tanggapan terhadap musik popular Amerika. R&B adalah paduan dari jenis musik blues, jazz, boogie-woogie, dan musik gospel. Artis utama yang menampilkan gaya R&B adalah Nat King Cole pada tahun 1950.


MENGARANSEMEN LAGU MANCANEGARA DI LUAR ASIA


Standar Kompetensi :
1. Mengapresiasi karya seni musik
2. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik

Kompetensi Dasar :
a.             Mengidentifikasi lagu mancanegara di Asia.
b.            Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu mancanegara di Asia.
c.             Mengaransir lagu mancanegara di Asia.
d.            Menampilkan hasil aransemen lagu mancanegara di Asia.

Indikator:
1.            Siswa dapat mengaransemen lagu mancanegara di Asia
2.            Siswa dapat menampilkan hasil aransemen lagu mancanegara di Asia.


Alokasi Waktu :
12 jam pelajaran ( 6 X pertemuan )










A.    Pengertian aransemen
Aransemen berasal dari bahasa belanda arrangement, yang artinya penyesuaian komposisi musik dengan warna suara penyanyi atau instrumen musik yang didasdarkan atas sebuah komposisi yang telah ada sehingga esensi musiknya tidak berubah.
Setiap orang dapat menyusun aransemen lagu sesuai dengan selera masing-masing. Orang yang melakukan aransemen lagu dikenal dengan arranger atau pengaransemen. Modala dasar yanhg harus dimilikki seseorang arranger adalah menguasai pengetahuan tentang harmoni. Ada tiga jenis aransemen.
  1. Aransemen Vokal
Setiap lagu dapat disusun aransemen khusus vokal, yaitu dalam suara dua, tiga suara atau ermpat suara. Untuk menyusun aransemen vokal, yang paling mudah adalah menyusun aransemen lagu dalam dua suara. Untuk menyusun aransemen lagu dalam tiga dan empat suara ada banyak persyaratan yang harus diperhatikan.
Untuk memperoleh hasil yang lebih baik dan memuaskan, setelah selesai disusun aransemen lagunya kemudian dicoba untuk dinyanyikan secara bersama-sama, apabila dirasa masih kurang memuaskan maka dapat dicoba lagi untuk menyusun aransemen lagutersebut hingga pada akhirnya diperoleh hasil yang baik dan memuaskan.
  1. Aransemen Instrumen
Dalam menyusun instrumen aransemen instrumen sangat berbeda dengan menyusun aransemen vokal. Untuk menyusun aransemen instrumen kita harus menyesuaikan dengan alat-alat musik yang dipergunakan. Semakin lengkap alat musik yang kita pergunakan, semakin banyak pula kemungkinan variasi yang dapat diciptakan.   Untuk menyusun aransemen instrumen, kita harus berpedoman pada pengetahuan ilmu harmoni dan akor. Bagian dari suatu aransemen musik dikenal dengan istilah partituur (Belanda), partitura (Italia), part (Inggris), parte (Prancis). Dan aransemen instrumen, kebanyakan partitur bermain bergantian tugas, sedangkan dalam aransemen vokal pada umumnya semua partitur semuanya berbunyi bersamaan.

  1. Aransemen Campuran
Yang dimaksud aransemen campuran adalah campuran aransemen vokal dan aransemen instrumen. Teknik yang dilakukan adalah menggabungkan dua jenis aransemen yang telah ada. Dalam aransemen instrumen yang ditonjolkan pada umunya adalah vokalnya,sedangkan instrumennya berfungsi untuk pengiring dan memeriahkan sehingga pertunjuikan yang disajikan bertambah sempurna. Untuk mengendalikan keseimbangan dalam menampilkan aransemen yang telah disusun diperlukan adanya seorang pemimpin yaitu seorang dirigen atau konduktor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentarmu berguna bagiku......

Powered By Blogger

Ayo Gabung di Sini !!

Arsip Blog