Sekolah : SMP Pekalongan
Mata pelajaran : Seni Budaya/ Seni Musik
Kelas/Semester : VIII (delapan)/1 (satu)
Standar Kompetensi : Mengapresiasi karya seni musik
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi jenis lagu Nusantara
Indikator : Menentukan jenis lagu yang diperdengarkan
Mengidentifikasi ciri-ciri lagu etnik dari beberapa daerah di Nusantara.
Alokasi waktu : 2 x 40 menit ( 1 x pertemuan )
1. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pelajaran peserta didik dapat:
a. Menyebutkan 5 judul lagu dari daerah di nusantara
b. Menjelaskan ciri-ciri lagu etnik dari beberapa daerah di nusantara.
2. Materi Ajar : lagu-lagu daerah di nusantara.
Metode : CTL
3. Langkah-langkah Pembelajaran :
A. Kegiatan pendahuluan
· Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan.
B. Kegiatan inti
· Mendengarkan ragam musik nusantara melalui VCD/CD/ kaset/guru
· Menyanyikan beberapa lagu daerah di nusantara bersama siswa untuk mendalami dan memahami ciri-ciri dari lagu-lagu daerah di nusantara.
· Mendiskusikan perbedaan ciri-ciri lagu daerah di nusantara kepada peserta didik
· Mempresentasikan hasil diskusi
C. Kegiatan Penutup
· Menanyakan kesulitan siswa selama proses belajar mengajar
· Menyimpulkan materi pembelajaran
· Refleksi
4. Alat/sumber belajar
· Buku teks
· Partitur lagu-lagu daerah di nusantara
· VCD/CD/kaset/guru
6. Penilaian : teknik: tes lisan/tertulis
bentuk instrumen : daftar pertanyaan dan uraian
Instrumen :
1. Sebutkan 5 judul lagu dari daerah nusantara!
2. Jelaskan perbedaan ciri-ciri lagu etnik dari :
a. Betawi
b. Jawa Tengah
c. Jawa Barat
Pekalongan, Juli 2008
Mengetahui,
Kepala SMP N Pekalongan Guru Mapel Seni Musik
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata pelajaran : Seni budaya/ seni musik
Kelas/semester : VIII (delapn) / 1 (satu)
Standar kompetensi : Mengapresiasi karya seni musik
Kompetensi dasar : Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu Nusantara
Indikator : 1. Mengidentifikasi lagu etnik yang didengar berdasarkan fungsi sosialnya.
2. Menuliskan/mengutarakan keunikan/keindahan dan pesan dari lagu yang didengar.
Alokasi waktu : 2 x 40 menit
1. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat
- Menyebutkan fungsi sosial dari lagu daerah di nusantara.
- Menjelaskan keunikan/keindahan dan pesan dari lagu yang didengar.
2. Materi Ajar : Lagu daerah dinusantara
3. Metode : model pendekatan ctl dan lifeskil autentik asesment
4. Langkah-langkah Pembelajaran :
Pertemuan I
Kegiatan pendahuluan
- Tanya jawab berbagai hal terkait dengan lagu yang telah diajarkan/diperdengarkan
- Kegiatan inti
- Menyanyikan lagu daerah di nusantara bersama-sama dengan nada yang tepat
- Mendiskusikan tentang fungsi sosial masing-masing lagu daerah di nusantara.
Pertemuan II
A. Apersepsi/tanya jawab berbagai hal yang terkait dengan lagu yang telah diajarkan
B. Kegiatan inti
- Menyanyikan lagu secara individual lagu daerah di nusantara dengan irama, tempo, nada serta dinamika yang tepat di depan kelas
- Menjelaskan keunikan/keindahan dan pesan dari lagu yang didengar.
C. Kegiatan akhir
Menanyakan kesulitan siswa selama pembelajaran
Menyimpulkan materi pembelajaran
5. Alat/sumber belajar :
buku teks, partitur lagu lagu daerah di nusantara / kaset/VCD
6. Penilaian : teknik : tes lisan/tertulis
Bentuk instrumen : daftar pertanyaan
Contoh instrumen :
1. Sebutkan fungsi sosial dari lagu etnik daerah :
a. Sulawesi
b. Sumatera
c. Jawa
2. Tuliskan pendapatmu tentang makna lagu etnik di nusantara
Pekalongan, Juli 2008
Mengetahui,
Kepala SMP Pekalongan Guru Mapel Seni Musik
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Seni Budaya/ Seni Musik
Kelas/Semester : VIII (delapan) / 1 (satu)
Alokasi Waktu : 2 X 40 Menit
Standar Kompetensi : Mengekspresikan diri melalui karya seni musik nusantara
Kompetensi Dasar : Mengaransir Secara Sederhana lagu etnik nusantara dalm bentuk ansambel
Indikator : mengaransir lagu etnik nusantara secara sederhana
Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pelajaran siswa dapat :
* Memahami pola irama lagu yang sudah di aransir
* Mengaransir lagu Apuse dengan dua suara
Materi Ajar : Mengaransir lagu Apuse
Metode : Model pendekatan Ctl dan Life skill .
Langkah Pembelajaran :
Kegiatan pendahuluan
Pertemuan I
A. Menginformasikan KD yang akan dicapai
B. Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan
Kegiatan inti
· Mendengarkan lagu Apuse
· Menirukan lagu Apuse
· Menuliskan pola irama, tempo, nada dan dinamika lagu Apuse
Pertemuan II
· Mengaransir lagu Apuse dua suara
Kegiatan akhir
* Menanyakan kepada siswa tentang kesulitan dalam mengaransir lagu
* Memberi tugas kepada siswa melatih suara satu dan suara dua di rumah
Alat Dan Sumber :
* Buku teks, lagu-lagu daerah Nusantara
* Alat musik melodika
Penilaian : Teknik : Unjuk kerja
Bentuk instrumen : Unjuk kerja
Contoh instrumen :
1. Tuliskan hasil aransemen dalam bentuk yang siap ditampilkan .
RUBRIK PENILAIAN PRODUK
Rubrik Semester : 1
Semester : 1
Nama Siswa :
Mata Pelajaran : Seni budaya/Seni musik
Tugas Praktek : Menyanyikan lagu Apuse
Contoh lembar penilaian Seni musik
Aspek-Aspek Yang Dinilai | Kriteria Penilaian / Score | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||
1 | Persiapan | |||||
Teks Lagu | ||||||
Aransemen | ||||||
2 | Pelaksana Proses | |||||
Altikulasi | ||||||
Ekspresi | ||||||
Nilai = ∑Score Perolehan
∑Score Maksimal
Pekalongan, Juli 2008
Mengetahui,
Kepala SMP Pekalongan Guru Mapel Seni Musik
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Kelas/semester : VIII / 1
Mata pelajaran : Seni budaya/ seni musik
Alokasi waktu : 2 x 40 menit
Standar kompetensi : 4.1 Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
Kompetensi dasar : 4.2 menampilkan hasil aransemen lagu etnik nusantara dalam bentuk asnsambel
Indikator : 1. Memainkan sebuah lagu etnik nusantara yang sudah diaransir dengan menggunakan alat musik yang ada.
1. Tujuan pembelajaran
Pada akhir pelajaran siswa dapat :
A. Memainkan lagu Apuse yang sudah diaransir dengan dua suara secara kelompok
2. Materi ajar : lagu Apuse
3. Metode : model pendekatan Ctl dan life skil .
4. Langkah-langkah pembelajaran :
Pertemuan I
Kegiatan pendahuluan
A. Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan
B. Kegiatan inti
· Membaca notasi lagu Apuse
Kegiatan akhir/penutup
- Menanyakan kesulitan siswa dalam membaca lagu Apuse
- Menyuruh siswa berlatih memainkan lagu Apuse di rumah
Pertemuan II
- Memainkan lagu Apuse yang sudah diaransir secara kelompok
5. Alat/sumber alat
- patitur lagu daerah nusantara
- vcd/cd/kaset/guru
- recorder dan gitar
6. Penilaian
Teknik : unjuk kerja
Bentuk instrument : unjuk kerja
Contoh instrument : Tampilkan hasil aransemen lagu Apuse dengan alat musik yang dipilih.
RUBRIK PENILAIAN PRODUK
Semester : 1
Nama Siswa :
Mata Pelajaran : Seni Budaya/Seni Musik
Tugas Praktek : Memainkan Lagu Apuse dengan dua suara secara ansambel
Contoh Lembar Penilaian Seni Musik
Aspek-Aspek Yang Dinilai | Kriteria Penilaian / Score | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||
1 | Persiapan | |||||
Teks Lagu | ||||||
Aransemen | ||||||
2 | Pelaksana Proses | |||||
Altikulasi | ||||||
Ekspresi | ||||||
Nilai = ∑Score Perolehan
∑Score Maksimal
Pekalongan, Juli 2008
Mengetahui,
Kepala SMP N Pekalongan Guru Mapel Seni Musik
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Kelas/Semester : VIII/ 2
Mata pelajaran : Seni budaya/ seni musik
Standar kompetensi : Mengapresiasi karya seni musik
Kompetensi dasar : Mengidentifikasi jenis karya musik tradisional Nusantara
Indikator : 1. Mengidentifikasi beragam karya musik nusantara sesuai dengan instrumen musik yang digunakan
2. Mengidentifikasi elemen-elemen musik : irama, tempo, nada, dan dinamika musik nusantara yang didengarkan
Alokasi waktu : 2 x 40 menit
1. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pelajaran siswa dapat :
A. Menyebutkan 4 jenis musik nusantara beserta dengan alat musik yang digunakan
B. Menyebutkan unsur-unsur musik irama, tempo, nada, dinamika lagu yang diperdengarkan
2. Materi Ajar : Ragam Musik Nusantara
unsur-unsur lagu : irama, tempo, nada, dinamika
3. Metode : Model pendekatan ctl dan life skil .
4. Langkah-Langkah Pembelajaran :
Kegiatan Pendahuluan
A. Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan
B. Kegiatan inti
· Mendengarkan ragam musik nusantara melalui contoh model
· Mendiskusikan tentang unsur-unsur musik : irama, tempo, dinamika
· Melakukan tanya jawab tentang musik nusantara yang diperdengarkan
· Memberikan tanggapan pribadi secara lisan atau tertulis terhadap musik nusantara
C. Kegiatan Penutup
- Menanyakan kesulitan siswa selam proses belajar mengajar.
- Menyimpulkan materi pembelajaran tentang
A. Ragam Musik Nusantara
B. Irama
C. Nilai/Harga Nada
D. Tempo
E. Dinamik
5. Alat/Sumber Belajar
Buku Teks, VCD Ragam Musik Nusantara, Model,
6. Penilaian : Tertulis
Bentuk instrumen : tes uraian
A. Sebutkan empat jenis musik nusantara?
B. Sebutkan sumber bunyi dari alat musik yang diperdengarkan?
Pekalongan, Juli 2008
Mengetahui,
Kepala SMP N Pekalongan Guru Mapel Seni Musik
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Kelas/Semester : VIII/ 2
Mata Pelajaran : Seni Budaya/ Seni Musik
Standar Kompetensi : Mengapresiasi Karya Seni Musik
Kompetensi Dasar : Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan seni musik tradisional Nusantara
Indikator : Mengungkapkan rasa/kesan dalam bentuk lisan dan tulisan terhadap seniman/penulis lagu berdasarkan karya musik yang diperdengarkan.
Alokasi Waktu : 1 X 40 Menit
1. Tujuan Pembelajaran
Pada Akhir Pelajaran Siswa Dapat :
Menjelaskan keunikan dan fungsi sosial musik etnik nusantara.
2. Materi Ajar : Lagu lagu musik nusantara
3. Metode : Model Pendekatan Ctl.
4. Langkah-Langkah Pembelajaran :
Kegiatan pendahuluan tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan
Kegiatan Inti
· Mendengarkan lagu lagu musik nusantara melalui VCD/CD/Kaset/Guru
· Mendiskusikan tentang musik keroncong
· Memberikan tanggapan pribadi atau kelompok secara lisan dan tertulis
Kegiatan Penutup
- Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
- Menyimpulkan materi pembelajaran
5. Alat/Sumber Belajar
Buku teks, lagu-lagu etnik daerah, VCD/CD/kaset
6. Penilaian
Teknik : Tes lisan/tertulis
Bentuk Instrumen : Daftar pertanyaan
Contoh Istrumen : Bagaimana pendapatmu tentang perkembangan fungsi sosial musik nusantara?
Pekalongan, Juli 2008
Mengetahui,
Kepala SMP Pekalongan Guru Mapel Seni Musik
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Kelas/Semester : VIII/ 2
Mata Pelajaran : Seni Budaya/ Seni Musik
Standar Kompetensi : Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
Kompetensi Dasar : Mengaransir secara sederhana lagu tradisi nusantara
Indikator : 1. Mengaransir secara sederhana lagu etnik nusantara
2. Menyusun pola irama, melodi berdasarkan musik nusantara
Alokasi Waktu : 2 X 40 Menit
1. Tujuan Pembelajaran
Pada Akhir Pelajaran Siswa Dapat :
A. Mengaransemen lagu nusantara secara sederhana
B. Menyusun pola irama, melodi berdasarkan musik nusantara
2. Materi Ajar : Aransemen sederhana lagu nusantara
3. Metode : Model pendekatan Ctl dan life skill
4. Langkah-Langkah Pembelajaran :
Kegiatan Pendahuluan
A. Menyiapkan partitur lagu nusantara yang sudah diaransemen
Kegiatan Inti
A. Menentukan irama lagu
B. Mengaransir lagu Nusantara secara sederhana
C. Menyusun pola irama, melodi lagu nusantara
Kegiatan Penutup
A. Menanyakan kesulitan siswa selama mengaransir lagu nusantara
B. Menyimpulkan cara mengaransir
5. Alat/Sumber Belajar
Buku teks, lagu-lagu Musik Nusantara
6. Penilaian : Unjuk kerja
RUBRIK PENILAIAN PRODUK
Semester : 2
Nama Siswa :
Mata Pelajaran : Seni Budaya/Seni Musik
Tugas Praktek : Menyanyikan lagu Nusantara yang sudah diaransemen
Contoh Lembar Penilaian Seni Musik
Aspek-Aspek Yang Dinilai | Kriteria Penilaian / Score | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||
1 | Persiapan | |||||
Aransemen lagu | ||||||
Stemflute | ||||||
2 | Pelaksanaan Proses | |||||
Ketepatan nada | ||||||
Ekspresi | ||||||
Improvisasi |
Nilai = ∑Score Perolehan
∑Score Maksimal
Pekalongan, Juli 2008
Mengetahui,
Kepala SMP N Pekalongan Guru Mapel Seni Musik
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Kelas/Semester : VIII/ 2
Mata Pelajaran : Seni Budaya/ Seni Musik
Standar Kompetensi : Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
Kompetensi Dasar : Menyiapkan seni musik tradisional nusantara untuk disajikan secara perseorangan dan kelompok dikelas atau sekolah
Indikator : Membuat perencanaan pementasan di dalam kelas dengan menyanyikan lagu etnik nusantara.
Alokasi Waktu : 2 X 40 Menit
1. Tujuan Pembelajaran
Pada Akhir Pelajaran Siswa Dapat :
Membuat perencanaan pementasan di dalam kelas dengan menyanyikan lagu etnik nusantara.
2. Materi Ajar : Pergelaran Kelas
3. Metode : Model pendekatan Ctl
4. Langkah-Langkah Pembelajaran :
Kegiatan Pendahuluan
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan
Kegiatan Inti
· Melihat dan mendengarkan pergelaran musik melalui contoh model
· Mendiskusikan tentang isi atau makna pergelaran
Kegiatan Penutup
- Menanyakan kesulitan siswa tentang PBM
- Menyimpulkan materi pembelajaran
5. Alat/Sumber Belajar
Buku Teks, VCD Pergelaran Musik
6. Penilaian : Teknik : Tes lisan
Bentuk Instrumen : Daftar pertanyaan
Contoh instrument : Apa yang dimaksud dengan pergelaran?
Apa saja komponen yang ada dalam suatu pergelaran musiK ?
Pekalongan, Juli 2008
Mengetahui,
Kepala SMP N Pekalongan Guru Mapel Seni Musik
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Kelas/Semester : VIII/ 2
Mata Pelajaran : Seni Budaya/ Seni Musik
Standar Kompetensi : Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
Kompetensi Dasar : Menyajikan karya seni musik tradisional nusantara secara perseorangan dan berkelompok di kelas atau sekolah.
Indikator : Menyajikan karya berdasarkan pengembangan gagasan kreatif secara perorangan dan kelompok.
Alokasi Waktu : 2 X 40 Menit
1. Tujuan Pembelajaran
Pada Akhir Pelajaran Siswa Dapat :
Menyajikan karya berdasarkan pengembangan gagasan kreatif secara perseorangan dan kelompok..
2. Materi Ajar : Pergelaran Kelas
3. Metode : Model pendekatan Ctl
4. Langkah-Langkah Pembelajaran :
Kegiatan Pendahuluan
A. Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan
B. Kegiatan Inti
· Pergelaran Musik
C. Kegiatan Penutup
· Menanyakan kesulitan siswa tentang PBM
· Menyimpulkan materi pembelajaran
5. Alat/Sumber Belajar
Buku Teks, VCD Pergelaran Musik
6. Penilaian : Unjuk Kerja
RUBRIK PENILAIAN PRODUK
Semester : 2
Nama Siswa :
Mata Pelajaran : Seni Budaya/Seni Musik
Tugas Praktek : Menampilkan hasil aransemen secara utuh.
Contoh Lembar Penilaian Seni Musik
Aspek-Aspek Yang Dinilai | Kriteria Penilaian / Score | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||
1 | Persiapan | |||||
Aransemen lagu | ||||||
Stemflute | ||||||
2 | Pelaksanaan Proses | |||||
Ketepatan nada | ||||||
Ekspresi | ||||||
Improvisasi |
Nilai = ∑Score Perolehan
∑Score Maksimal
Pekalongan, Juli 2008
Mengetahui,
Kepala SMP N Pekalongan Guru Mapel Seni Musik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentarmu berguna bagiku......