Sekolah : SMP N Pekalongan
Mata pelajaran : Seni Budaya/ Seni Musik
Kelas/Semester : IX (sembilan)/1 (satu)
Standar Kompetensi : Mengapresiasi karya seni musik
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi lagu mancanegara di Asia
Indikator : 1. Menentukan asal musik yang diperdengarkan
2. Mengidentifikasi ciri-ciri dan unsur budaya khas dari musik mancanegara
3. Menyimpulkan fungsi sosial musik dalam budaya mancanegara
Alokasi waktu : 2 x 40 menit ( 1 x pertemuan )
Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pelajaran peserta didik dapat:
a. Menentukan asal musik yang diperdengarkan
b. Mengidentifikasi ciri-ciri dan unsur budaya khas dari musik mancanegara
c. Menyimpulkan fungsi sosial musik dalam budaya mancanegara
Materi Ajar : lagu Mancanegara
Metode : CTL
Metode : CTL
Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan pendahuluan
Kegiatan inti
Mendengarkan lagu-lagu mancanegara melalui VCD/CD/kaset/ guru
Mendiskusikan lagu Mancanegara untuk mengetahui ciri-ciri dan unsur budaya khas lagu
Mendiskusikan lagu Mancanegara untuk mengetahui ciri-ciri dan unsur budaya khas lagu
Mempresentasikan hasil diskusi
Kegiatan Penutup
Menanyakan kesulitan siswa selama proses belajar mengajar
Menanyakan kesulitan siswa selama proses belajar mengajar
Menyimpulkan materi pembelajaran
Refleksi
Alat/sumber belajar : Buku teks,Partitur lagu Mancanegara, VCD/CD/kaset/guru
6. Penilaian : teknik : tes lisan/tertulis
bentuk instrumen : daftar pertanyaan dan uraian
Instrumen :
1. Dengarkan instrumen lagu berikut ini lalu sebutkan :
a. judul Lagu
b. irama
c. tempo
d. dinamik
2. Sebutkan unsur-unsur budaya dari musik yang didengar!
3. Sebutkan fungsi sosial dari musik yang didengar!
Pekalongan, Juli 2008
Mengetahui,
Kepala SMP N Pekalongan Guru Mapel Seni Musik
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMPN Pekalongan
Mata pelajaran : Seni Budaya/ seni musik
Kelas/semester : IX (sembilan) 1 (satu)
Standar kompetensi : Mengapresiasi karya seni musik
Kompetensi dasar : Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu mancanegara di Asia
Indikator : Menuliskan keunikan dan pesan dari musik yang di dengar.
Alokasi waktu : 2 x 40 menit
Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat
- Menuliskan keunikan dan pesan dari musik yang didengar 2. Materi Ajar : lagu Mancanegara
3. Metode : model pendekatan ctl dan lifeskil autentik asesment
4. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan pendahuluan
- Tanya jawab berbagai hal terkait dengan lagu yang telah diajarkan/diperdengarkan
- Kegiatan inti
Bertanya jawab tentang aspek sosial dalam musik mancanegaraMenyebutkan keunikan dan pesan dari lagu yang didengar.
Mempresentasikan tentang manfaat fungsi sosial budaya dari musik yang didengar
Menulis pendapat pribadi tentang musik yang ditonton/didengar
Kegiatan akhir
Menanyakan kesulitan siswa selama pembelajaran
Menyimpulkan materi pembelajaran
5. Alat/sumber belajar : buku teks, partitur lagu mancanegara / kaset
6. Penilaian : teknik : tes lisan/tertulis
Bentuk instrumen : daftar pertanyaan
Contoh instrumen : a. Tuliskan keunikan dan pesan yang disampaikan dari musik yang didengar.
Contoh instrumen : a. Tuliskan keunikan dan pesan yang disampaikan dari musik yang didengar.
Pekalongan, Juli 2008
Mengetahui,
Kepala SMP N Pekalongan Guru Mapel Seni Musik
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP N Pekalongan
Mata Pelajaran : Seni Budaya/ Seni Musik
Kelas/Semester : IX (sembilan) / 1 (Satu)
Alokasi Waktu : 2 X 40 Menit
Standar Kompetensi : Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
Kompetensi Dasar : Mengaransir lagu mancanegara di Asia
Indikator : 1. Mengaransir lagu berdasarkan ide kreatif mancanegara
2. Menyusun notasi irama, tempo, dan dinamika lagu tersebut
TUJUAN PEMBELAJARAN
Pada Akhir Pelajaran Siswa Dapat :
1. Mengaransir lagu berdasarkan ide kreatif mancanegara
2. Menyusun notasi irama, tempo, dan dinamika lagu tersebut
MATERI AJAR : Mengaransir Lagu Mancanegara
METODE : Model Pendekatan Ctl Dan Lifesskil .
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN :
Kegiatan Pendahuluan
Pertemuan I
Menginformasikan KD Yang Mau Dicapai
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan
Kegiatan Inti
Menuliskan paduan alat musik yang akan digunakan untuk mengiringi lagu mancanegara
Membuat iringan lagu mancanegara dengan alat musik yang dimiliki
Membuat iringan lagu mancanegara dengan alat musik yang dimiliki
Pertemuan II
Mempersiapkan partitur, alat musik dan penyaji untuk menampilkan hasil aransemen
Kegiatan Akhir
* Menanyakan Kepada Siswa Tentang Kesulitan Dalam Mengaransir Lagu
* Memberi Tugas Kepada Siswa melatih Suara Satu Dan Suara Dua Dirumah
ALAT/SUMBER BELAJAR :
* Buku Teks, Lagu-Lagu mancanegara
* Alat Musik Melodika
PENILAIAN : Teknik : Unjuk Kerja
Bentuk Instrumen : Unjuk Kerja
Contoh Instrumen :
Contoh Instrumen :
1. Nyanyikan dan mainkan lagu yang telah diaransir dengan vokal dan alat musik
2. Nyanyikan Lagu mancanegara yang diaransir dengan Satu Suara
RUBRIK PENILAIAN PRODUK
Rubrik Semester : 1
Semester : 1
Nama Siswa :
Mata Pelajaran : Seni Budaya/Seni Musik
Tugas Praktek : Menyanyikan Lagu Mancanegara
Contoh Lembar Penilaian Seni Musik
Aspek-Aspek Yang Dinilai | Kriteria Penilaian / Score | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||
1 | Persiapan | |||||
Teks Lagu | ||||||
Aransemen | ||||||
2 | Pelaksana Proses | |||||
Altikulasi | ||||||
Ekspresi | ||||||
Nilai = ∑Score Perolehan
∑Score Maksimal
Pekalongan, Juli 2008
Mengetahui,
Kepala SMP N Pekalongan Guru Mapel Seni Musik
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP N Pekalongan
Kelas/semester : IX (sembilan)/ 1
Mata pelajaran : Seni budaya/ seni musik
Alokasi waktu : 4 x 40 menit
Standar kompetensi : Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
Kompetensi dasar : Menampilkan hasil aransemen karya lagu mancanegara
Indikator : Memainkan lagu hasil aransemen dengan menggunakan alat musik yang tersedia
Tujuan pembelajaran
Pada akhir pelajaran siswa dapat :
Memainkan lagu hasil aransemen dengan menggunakan alat musik yang tersedia
2. Materi ajar : lagu mancanegara
Memainkan lagu hasil aransemen dengan menggunakan alat musik yang tersedia
2. Materi ajar : lagu mancanegara
3. Metode : model pendekatan Ctl dan life skil .
4. Langkah-langkah pembelajaran :
Pertemuan I
Kegiatan pendahuluan
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan
Kegiatan inti
hasil aransemen
Kegiatan akhir/penutup
Kegiatan akhir/penutup
- Menanyakan kesulitan siswa megaransemen lagu mancanegara
- Menyuruh siswa berlatih megaransemen lagu mancanegara di rumah
5. Alat/sumber alat
- partitur lagu mancanegara
- vcd/cd/kaset/guru
- recorder dan gita
6. Penilaian
6. Penilaian
Teknik : unjuk kerja
Bentuk instrument : unjuk kerja
Contoh instrument : pentaskan hasil aransemen secara utuh dikelas.
RUBRIK PENILAIAN PRODUK
Semester : 1
Nama Siswa :
Mata Pelajaran : Seni Budaya/Seni Musik
Tugas Praktek : Memainkan Lagu mancanegara secara utuh dikelas
Contoh Lembar Penilaian Seni Musik
Aspek-Aspek Yang Dinilai | Kriteria Penilaian / Score | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||
1 | Persiapan | |||||
Teks Lagu | ||||||
Aransemen | ||||||
2 | Pelaksana Proses | |||||
Altikulasi | ||||||
Ekspresi | ||||||
Nilai = ∑Score Perolehan
∑Score Maksimal
Pekalongan, Juli 2008
Mengetahui,
Kepala SMP N Pekalongan Guru Mapel Seni Musik
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP N Pekalongan
Kelas/Semester : IX (sembilan)/ 2
Mata pelajaran : Seni budaya/ seni musik
Standar kompetensi : Mengapresiasi karya seni musik
Kompetensi dasar : Mengidentifikasi jenis karya seni musik mancanegara di luar Asia
Indikator : 1. Mengidentifikasi beragam karya seni musik mancanegara dan komponisnya
2. Mengungkapkan rasa/kesan secara lisan tentang komponis berdasarkan karya musik yang didengarkan.
Alokasi waktu : 2 x 40 menit
1. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pelajaran siswa dapat :
A. Mengidentifikasi beragam karya seni musik mancanegara dan komponisnya
B. Mengungkapkan rasa/kesan secara lisan tentang komponis berdasarkan karya musik yang didengarkan
2. Materi Ajar : Lagu mancanegara dan komponisnya.
3. Metode : Model pendekatan ctl dan life skil .
4. Langkah-Langkah Pembelajaran :
Kegiatan Pendahuluan
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan
Kegiatan inti
Mendengarkan karya lagu mancanegara melalui contoh model
Mendiskusikan ciri-ciri khas musik dari mancanegara
Melakukan tanya jawab tentang latar belakang musik yang diperdengarkan
C. Kegiatan Penutup
Mendiskusikan ciri-ciri khas musik dari mancanegara
Melakukan tanya jawab tentang latar belakang musik yang diperdengarkan
C. Kegiatan Penutup
Menanyakan kesulitan siswa dalam proses belajar mengajar
Menyimpulkan materi pembelajaran
Menyimpulkan materi pembelajaran
5. Alat/Sumber Belajar
Buku Teks, Lagu-Lagu mancanegara, Model
6. Penilaian : Tertulis
Bentuk instrumen : tes uraian
Dengarkan musik berikut lalu sebutkan :
asal musiktersebu, siapa komponisny, abad keberapa, Deskripsikan maksud komponis dan musik yang didengarkan.
asal musiktersebu, siapa komponisny, abad keberapa, Deskripsikan maksud komponis dan musik yang didengarkan.
Pekalongan, Juli 2008
Mengetahui,
Kepala SMP Pekalongan Guru Mapel Seni Musik
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP N Pekalongan
Kelas/Semester : IX (sembilan)/ 2
Mata Pelajaran : Seni Budaya/ Seni Musik
Standar Kompetensi : Mengapresiasi Karya Seni Musik
Kompetensi Dasar : Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan seni musik mancanegara di luar Asia
Indikator : 1. Menuliskan keunikan/keindahan dan pesan dari musik yang didengar
2. Menuliskan pendapat pribadi tentang musik yang didengar.
Alokasi Waktu : 2 X 40 Menit
1. Tujuan Pembelajaran
Pada Akhir Pelajaran Siswa Dapat :
A. Menuliskan keunikan/keindahan dan pesan dari musik yang didengar
B. Menuliskan pendapat pribadi tentang musik yang didengar
2. Materi Ajar : Lagu Mancanegara di luar Asia
3. Metode : Model Pendekatan Ctl.
4. Langkah-Langkah Pembelajaran :
Kegiatan pendahuluan tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan
Kegiatan Inti
Mendengarkan lagu mancanegara diluarAsia melalui VCD/CD/Kaset/Guru
Menuliskan keunikan dan pesan dari musik yang didengar
Menuliskan keunikan dan pesan dari musik yang didengar
Menuliskan pendapat pribadi tentang musik yang didengar
Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
Menyimpulkan materi pembelajaran
5. Alat/Sumber Belajar
Buku teks, lagu-lagu mancanegara diluarAsia , VCD/CD/kaset
Buku teks, lagu-lagu mancanegara diluar
6. Penilaian
Teknik : Tes lisan/tertulis
Bentuk Instrumen : Daftar pertanyaan
Contoh Istrumen : Deskripsikan sejarah penciptan musik yang didengar.
Tuliskan pendapatmu tentang musik yang kamu dengar.
Pekalongan, Juli 2008
Mengetahui,
Kepala SMP N Pekalongan Guru Mapel Seni Musik
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP N Pekalongan
Kelas/Semester : IX (sembilan)/ 2
Mata Pelajaran : Seni Budaya/ Seni Musik
Standar Kompetensi : Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
Kompetensi Dasar : 1. Mengaransir lagu mancanegar diluar Asia
2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan seni musik mancanegara diluar Asia
Indikator : 1. Mengaransir lagu pop Mancanegara
2. Membuat karya aransemen berdasarkan pengembangan gagasan kreatif secar perseorangan/kelompok.
Alokasi Waktu : 2 X 40 Menit
1. Tujuan Pembelajaran
Pada Akhir Pelajaran Siswa Dapat :
A. Mengaransir lagu pop Mancanegara
B. Membuat karya aransemen berdasarkan pengembangan gagasan kreatif secar perseorangan/kelompok
2. Materi Ajar : Aransemen sederhana lagu Lir Ilir (Jawa Tengah)
3. Metode : Model pendekatan Ctl dan life skill
4. Langkah-Langkah Pembelajaran :
Kegiatan Pendahuluan
A. Menyiapkan partitur lagu Lir Ilir yang sudah diaransemen
Kegiatan Inti
Mendengarkan karya musik mancanegara diluar Asia
Mendiskusikan ciri-ciri khas dari musik mancanegara di Luar Asia
Memilih lagu pop mancanegara berdasarkan periodisasi waktu
Kegiatan Penutup
Menanyakan kesulitan siswa selama mengaransir lagu mancanegara
Menanyakan kesulitan siswa selama mengaransir lagu mancanegara
Menyimpulkan cara mengaransir
5. Alat/Sumber Belajar
Buku teks, lagu-lagu mancanegara diluar Asia
6. Penilaian : Unjuk kerja
RUBRIK PENILAIAN PRODUK
Semester : 2
Nama Siswa :
Mata Pelajaran : Seni Budaya/Seni Musik
Tugas Praktek : Menyanyikan lagu mancanegar diluar Asia yang sudah diaransemen
Contoh Lembar Penilaian Seni Musik
Aspek-Aspek Yang Dinilai | Kriteria Penilaian / Score | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||
1 | Persiapan | |||||
Aransemen lagu | ||||||
Stemflute | ||||||
2 | Pelaksanaan Proses | |||||
Ketepatan nada | ||||||
Ekspresi | ||||||
Improvisasi |
Nilai = ∑Score Perolehan
∑Score Maksimal Pekalongan, Juli 2008
Mengetahui,
Kepala SMP N Pekalongan Guru Mapel Seni Musik
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP N Pekalongan
Mata Pelajaran : Seni Budaya/ Seni Musik
Kelas/Semester : IX (sembilan)/ 2 (Dua)
Standar Kompetensi : Mengekspresikan Diri Melalui Karya Seni Musik
Kompetensi Dasar : Menampilkan karya seni musik mancanegara secara perorangan dan kelompok di kelas atau di sekolah
Indikator : 1. Membuat perencanaan pergelaran dikelas
2. Memainkan dalam bentuk ansambel
Alokasi Waktu : X 40 Menit
1. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pelajaran siswa dapat :
A. Membuat perencanaan pergelaran dikelas
B. Memainkan dalam bentuk ansambel
2. Materi Ajar : Aransemen lagu Suwe Ora Jamu
3. Metode : Model pendekatan Ctl dan Life skil .
4. Langkah-Langkah Pembelajaran :
Kegiatan pendahuluan
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan perencanaan pergelaran
Kegiatan Inti
* Mempersiapkan lagu serta menata musik yang akn digunakan untuk mengaransir lagu mancanegara
* Menyempurnakan hasil aransemen berdasarkan masukan dari kelas
* Melatih lagu dan iringan dalm bentuk ansambel
Kegiatan akhir
* Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
* Menyimpulkan materi pelajaran
5. Alat/Sumber Belajar
* Buku Teks
* Kumpulan lagu-lagu mancanegara
6. Penilaian : Teknik : tes tulis dan tes unjuk kerja
Bentuk Instrumen : uji petik kerja prosedur dan produk
Contoh instrument :
1. latih musik yang telah disiapkan
2. siapkan dalam bentuk pementasan ansambel
3. tampilkan hasil aransemen dalam bentuk ansambel
RUBRIK PENILAIAN PRODUK
Semester : 2
Nama Siswa :
Mata Pelajaran : Seni Budaya/Seni Musik
Tugas Praktek : Pergelaran Musik lagu mancanegara yang sudahdiaransemen
Contoh Lembar Penilaian Seni Musik
Aspek-Aspek Yang Dinilai | Kriteria Penilaian / Score | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||
1 | Pola irama | |||||
2 | Tempo | |||||
3 | Harmonisasi | |||||
4 | Variasi Nada | |||||
Nilai = ∑Score Perolehan
∑Score Maksimal Pekalongan, Juli 2008
Mengetahui,
Kepala SMP N Pekalongan Guru Mapel Seni Musik
SELAMAT BELAJAR DAN MENGAJAR DI SMA III KOTA PEKALONGAN, SEMOGA SUKSES SELALU. SALAM BUAT P SAIFUL.
BalasHapus