Kamis, 13 Desember 2018

Kita menampilkan semaksimal kita kepada seluruh penonton


Nama    : M. Daud Ayatulloh
Kelas     : XII MIPA 4
No.         : 18

Cerita Pagelaran


Pagelaran ini merupakan ajang pementasan siswa SMA kelas 3 yang dilakukan guna memenuhi nilai ujian praktekmapelsenibudaya di SMA 3, panitia tahun ini memberikan tema Akulturasi Budaya Indonesia, sehingga pagelaran tahun ini bernama SmagaProction “Progo In CultureAction”.
Berawal dari pemilihan daerah yang akan kita ceritakan, kelasku XII MIPA 4 mendapatkan daerah Sulawesi, awalnya kita bingung, karena kita tidak tau cerita apa yang ada di sulawesi dan kita juga belum menentukan siapa yang akan menjadi pelatih kita, setelah berdiskusi dengan teman satu kelas, ada yang mengusulkan untuk mas Sidik saja yang menjadi pelatihnya, akhirnyapun perwakilan dari kelas kita menemui ke rumah mas Sidik untuk menanyakan rincian apa saja yang didapatkan selama melatih, setelah berunding, ternyata uang yang dikeluarkan agak basar, tetapi semuanya sudah mencakupi kostum,alat alat dan properti yang akan kita gunakan nantinya.
Akhirnya kita merancang agenda latihan, dan denda yang akan di beri jika tidak berangkat, kita sepakat bahwa latihan di adakan hari jumat dan sabtu, hari jumatnya kita latihan sendiri, dan hari sabtu kita latihan dengan Mas Sidik, awalaku tidak setuju karena hari jumat aku biasanya ada les. Tetapi demi kepentingan kelas saya setuju-setuju saja, awal mula latihan hari sabtu kita sempat ragu karena mas sidik membatalkan latihan sebab ia ada urusan, dan kita berencana ingin mengganti pelatih saja, namun kita merasa tidak enak karena sudah bicara dengan mas sidik bahwa dia yang akan menjadi pelatih kita. Waktu kita terbuang karena awalnya pagelaran akan di adakan pada bulan september.
Hari pertama kita latihan bersama mas sidik, hari itu kita hanya berbincang-bincang pengenalan dan menentukan cerita yang akan kita tampilkan, setelah pertemuan berikutnya, akhirnya kita mendapatkan cerita yaitu Pangeran Lidah hitam,  latihan adegen pun dimulai, disini aku menjadi tokoh utama yaitu pangeran lidah hitam. Setelah latihan berjalan, kita mendengar dari panitia mengusulkan bahwa akan ada Guest Star dalam acara Pagelaran ini, namun ini masih wacana karena guru-guru tidak mengizinkan dengan adanya Guest Star.
Dari panitia ternyata memberikan informasi bahwa pagelaran di undur menjadi bulan Oktober, hal ini sangat melegakan kita karena waktu yang digunakan untuk latihan menjadi lebih lama, di sesi latihan mas sidik bilang bahwa akan di tambah tarian yaitu tari pembukaan, tari kelahiran, dan tari penutup, disitu kita di ajari tari terus sembari merekam dialog cerita kita.
Pagelaran pun semakin dekat, dan akhirnya panitia memilih Fourtwenty yang akan menjadi Guest Star dan sudah di setujuin oleh guru-guru karena semua siswa menginginkan adanya Guest Star. Tapi kita juga belum menyelesaikan rekaman karena latihan diisi dengan tarian-tarian terlebih dahulu agar semuanya kompak. Namun kita tidak langsung latihan tari di lapangan, sehingga ketika mencoba di lapangan tarian kita menjadi berantakan, karena belum beradaptasi dengan lapangan, setelah semuanya dan rekaman sudah jadi kita mulai latihan adengan kembali, dan mamatangkan adegan kami.
Hari dimana gladi diadakan, kelasku mendapatakan urutan terakhir yaitu malam hari, karena tidak ada yang menjadi perwakilan ketika ada kumpul membahas gladi sehingga kelasku di taruh di akhir, malam itu kita menunggu sangat lama sehingga kita pulang sampai tengah malam. hari itu pun datang , hari dimana penampilan kita akan di tonton oleh bapak dan ibu guru, teman-teman, dan juga oleh orang tua kita, di hari itu aku takut jika nantinya aku salah. Penampilan kita pun tiba, kita menampilkan semaksimal kita kepada seluruh penonton yang melihat,aku bersyukur akhirnya pagelaran selesai aku merasa lega karena semua yang sudah selesai.
Malam pun datang penutupan pagelaran diisi dengan penampilan Fourtwenty yang sangat meriah, dan juga band-band lain yang mengisi acara tersebut.Mungkin hanya seginiyang dapat saya ceritakan ketika pagelaran berlangsung.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentarmu berguna bagiku......

Powered By Blogger

Ayo Gabung di Sini !!

Arsip Blog