Kamis, 10 Desember 2009

SUSAHNYA MENGATUR DISIPLIN SISWA


Oleh            :Santika D.S
Kelas           :XI IPS 2

Ketertiban siswa sering kali kita dengar sebagai suatu masalah di sebuah sekolah , apalagi pada jenjang sekolah menengah yang siswa- siswanya beranjak dewasa dan mulai belajar mengenal jati diri pribadinya.dimana siswa sering melakukan pelanggaran di sekolah. Kondisi yang tidak menguntungkan dan cukup memprihatinkan ini, sekolah secara umumnya membentuk Tim Ketertiban Sekolah agar sekolah menjadi lebih baik. Namun sering kali tidak efektif dan mengalami banyak halangan serta hambatan dilapangan. Selain harus mengeluarkan dana tambahan dengan membentuk tim ketertiban, namun sering kali tidak efektif karena tidak didukung oleh guru- guru yang lainnya dan keterbatasan guru serta kepeduliannya kurang terhadap siswa.
Banyaknaya kenakalan siswa yang dilakukan disekolah .misalnyaada beberapa siswa yang melanggar tata tertib dengan membawa rokok,dan merokok di toilet, yang sebenarnya dilarang keras oleh sekolah,namun banyak siswa yang melaggarnya dengan alasan sudah kecanduan.selainitu banyak murit yang suka mencoret-coret tembok kelas atau meja kelas
Langkah strategis mencegah siswa yang suka mencoret- coret .
1. Tempat duduk siswa sesuai dengan denah yang telah ditentukan.
2. Sebulan sekali diadakan bersih lingkungan sekolah termasuk didalam kelas.
3. Setiap satu satu semester dilakukan kerja bakti massal sekolah.
4. Dicantumkan sanksi bagi pelaku corat coret didalam tata tertib sekolah.
5. Dalam suatu kesempatan tertentu diberikan tugas oleh guru agar siswa membuat karangan bertemakan corat coret.
6. Satu atau dua menit setiap jam pelajaran berlangsung, guru memeriksa lingkungan didalam kelas.
7. Dilaksanakan lomba kebersihan dan keindahan kelas dalam setiap event kegiatan sekolah.
8. Bila tingkat kesadaran para siswa sudah tumbuh, piket membersihkan ruangan dilakukan siang hari.
Sebagai langkah awal dalam upaya untuk menanggulangi upaya ketertiban yaitu

1.Meningkatkan disiplin anak & sedikit demi sedikit mengurangi indisipliner pembelajaran
2.Mewujudkan kinerja sekolah.yang dinamis, mengasyikkan, menyenangkan & mencerdaskan
3.Mengadakan antisipasi dalam mengatasi berbagai hal dalam proses pembelajaran.



MENYONTEK ALA SISWA SMAN 3


Kata menyontek mungkin sudah tidak asing lagi bagi pelajar. Setiap orang pasti ingin mendapat nilai yang baik dalam ujian, dan sudah tentu berbagai macam cara dilakukan untuk mencapai tujuan itu. Masalah menyontek selalu terkait dengan tes atau ujian. Banyak orang beranggapan menyontek sebagai masalah yang biasa saja, namun ada juga yang memandang serius masalah ini.
Terkadang menyontek juga menimbulkan kekecewaan yaitu apabila yang dicontek ternyata salah, atau anak yang menyonteki nilainya lebih rendah daripada anak yang diconteki atau anak yang tidak bisa mencontek karena posisi duduk yang sangat strategis bagi guru untuk mengawasi.
Strategi untuk mencontek makin lama makin berkembang , dari mulai yang paling sederhana yaitu mencontek teman sebelah, bikin “kepekan”,sms teman ,mengelabuhi guru ,menulis rumus dimeja dan banyak lagi tak-tik yang kita punya para pelajar.

Berbagai macam alasan yang kita punya untuk mentonyek, mulai dari ketiduran  jadi belum selesai belajar, kondisi badan enggak fit,mati lampu ,sampai yang paling “ndablek” yaitu MALES
Menyontek juga bisa terjadi karena seseorang berada dalam kondisi underpressure atau apabila dorongan atau harapan untuk berprestasi jauh lebih besar dari pada potensi yang dimiliki atau banyak dilakulan karena akibat pengaruh teman yang berani melakukannya sehingga ia berani meniru.


Nama          :Suci muniroh
Kelas           :XI IPS 2

SMAGA KEMBALI 100%, BENARKAH??//


OLEH              : KHOIRUN NASIFAH

KELAS           :X1 IPS 2


    Siswa SMAN 3 Pekalongan di pandang baik oleh masyarakat umum,namun apakah kenyataannya demikian......???
     Semua anak yang masuk di SMAN 3 Pekalongan bukan anak sembarangan, (katanya).mereka adalah anak-anak pilihan,terutama dalam hal nilai.namun,kenyataannya tidak semua siswa yang memperoleh nilai bagus,yang di terima di SMAN 3 bisa mendapatkan nilai yang baik.tapi mungkin itu hanya beberapa murid saja.
Namun, jangan salah SMAN 3 Pekalongan slalu dapat meluluskan siswanya hingga 100% tiap tahunnya.BAGUS,KAN.......??

    Ya mungkin karena giatnya belajar siswa kelas 3 yang akan menempuh UAN.dan juga karena doa.mudah-mudahan SMAN 3 Pekalongan slalu dapat meluluskan siswanya 100% sampai waktu yang akan datang.







ALAT REPRODUKSI KOK DI TABRAKKAN KE POHON???


NAMA            :NISMA OKIDAH
KELAS           :X1 IPS 2



      SMA Negeri 3 Pekalongan adalah salah satu SMA terfavorit di Pekalongan.Karena prestasinya,termasuk dapat meluluskan siswanya 100% itu SMA Negeri 3 mendapat pandangan positif dari masyarakat. Banyak orang tua yang ingin memasukkan anaknya ke SMA Negeri 3 Pekalongan.
    But,kenapa muridnya seperti tidak mencerminkan bahwa SMA Negeri 3 Pekalongan adalah SMA yang berprestasi dan berkualitas..????
    Kenakalan-kenakalan yang terjadi di SMA Negeri 3 pekalongan adalah siswa suka membolos saat pelajaran, Keluar dari sekolah pada saat jam sekolah,makan dan minum di kelas pada saat pelajaran sedang berlangsung, berkelahi antar warga SMA Negeri 3 karena hal yang sepele, labrak-labrakan karena soal cowox,,apalagi buat anak laki mainannya itu tidak wajar masak alat reproduksi di tabrak-tabrakan di tiang bendera,pohon dan lain-lain.
    Tapi walau anak-anaknya begitu,,,prestasinya tetep masih bagus kok,,,Untuk itu saya bangga bisa menjadi warga SMAN 3 Pekalongan. Buat SMAN 3 Pekalongan semoga tahun ini dapat meluluskan siswa 100% lagi
AMIEN.......

.



Powered By Blogger

Ayo Gabung di Sini !!

Arsip Blog