Kamis, 22 Januari 2009

Jazz Athrium Cafe Pekalongan













IDANG GELAR WORKSHOP DAN KONSER KETIGA
DI PEKALONGAN

Pekalongan, Minggu (19/10/08). Tak ada kapoknya mas Idang datang ke Pekalongan, setelah beberapa bulan yang lalu hadir dengan tajuk Jazz Hijau MEDCO Energy, kini mas Idang dkk datang lagi dengan membawa penyanyi cewek centil personel the Groove ( Rieke Ruslan).

Seperti biasa sebelum menggelar konsernya Om Idang cs, menggelar workshopnya gratis di Athrium cafe Pekalongan Jl. Merdeka. Seperti biasa pula workshop ini molor dari waktu yang di janjikan yaitu pukul 13.00 WIB, yang di mulai akhirnya pada pukul 15.00 WIB.
Dapat di maafkan keterlambatan ini yang konon konser sekaligus jalan, karena Sabtu 18/10/08, Idang and friend tampil di Jogjakarta dalam tajuk UGM Mandiri bersama penyanyi-penyanyi Jazz populer tanah air.

Om Idang tidak datang sendiri untuk mengisi workshop ini, ia ditemani oleh, yaitu Sadhu (Bass), Edy Syakroni (drum), Agam Hamzah (Gitar), dan Perkusionis asal Prancis Phillipe . Workshop kali ini di isi dengan beberapa hal antara lain : penjelasan aliran-aliran musik Jazz lengkap dengan demontrasi dan tanya jawab yang di akhiri sampai dengan pukul 17.00 WIB.

Di lanjutkan malamnya, konser di adakan mulai pukul 19.00 WIB. Pada session pembukaan di isi dari beberapa musisi muda Pekalongan, antara lain : yang pertama di buka oleh Trio Bass Yunior dari PBC ( Pekalongan Bass Club ) yang menampillkan dua komposisi yang di motori Eddy (Bass1), Yali (Bass 2), Anen (Bass 3), Alka (Drum) . Dan yang di kedua masih dalam instrumen bass oleh Kuartet Bass Senior dari P. Bass Club yang menampilkan dua komposisi permainan bass dengan beberapa style musik dari Funk sampai Swing. PBC di motori oleh Dwi Ferda Fermansyah (Bass 1), seorang guru musik SMAN 3 Pekalongan yang sudah tak asing lagi dalam kancah musik Jazz di kota Batik ini Bagus (Bass 2), Kadal (Bass 3), Andy (Bass 4), Irvan (Drum). Tak ketinggalan group Kacang Kulit Rasa yang kemarin mengisi acara Jazz hijau kini tampil lagi dengan dua komposisi : intrumentalia Jazz dan sebuah lagu “cintakan membawamu “dengan duo vokalisnya yang di aransemen ulang, namun kurang berhasil di sajikan.
Session ketiga, sebuah Trio jazz dari kota gudeg , menyajikan beberapa komposisi jazz standar. Menariknya adalah salah satu personilnya adalah drummer cilik asal Jogjakarta : Mahesa Kele, yang sudah beberapa kali tampil ini pada event-event Jazz di kota Batik. Konon sejak umur 4 tahun sudah belajar drum dan juga beberapa kali tampil pada event Jazz tingkat nasional maupun internasional seperti JakJazz dan Java Jazz.

Puncak acara adalah Idang and friend membawakan beberapa komposisi Jazz yang salah satunya di buat khusus untuk kota Batik yakni : Journey to Pekalongan . Tak kalah menarik para penonton di buai oleh alunan lagu-lagu dari Rieke Roslan yang mengajak audiens untuk interaktif dan juga bergoyang. Acara di akhiri pukul 12.00 malam, Namun Jazz Lover Pekalongan puas dengan sajian yang di bawakan, karena sajian musik Jazz sangatlah langka di kota ini. Walaupun mas Idang mengatakan dia juga harus merogoh kocek sendiri. Memang tak ada matinya mas Idang ini. Thank om Idang,......!!! Seperti pernah saya baca di artikel, musisi jazz murni dibayar dengan daun pun mau, demi idealis dan kepuasaan. Thank sekali lagi buat om Idang......!

Saiful Fallah
pashaiful@yahoo.com
Kontributor Jazz Lover Pekalongan

Loading...

Ayo Gabung di Sini !!

Arsip Blog