Kamis, 13 Desember 2018

Berbohong dengan orang tuanya, azab apa yang akan dia terima.


AZAB  PAGELARAN

Annisa Fitriani/XII MIPA 4


Cerita tentang pengalaman selama pagelaranku dimulai..
Diawal tahun kelas 12 selain memikirkan tentang TRYOUT, UN, SBMPTN dan ujian ujian lain yang menyertai kami kelas 12 juga memikirkan tentang pagelaran. Sangat diuntungkan ketika pagelaran dilakukan kelas 12 semester 1. Coba bayangkan apabila pagelaran diselenggarakan pada semester 2 yang dimana kelas 12 sibuk untuk mempersiapkan UN. Memikirkannya saja sudah membuat malas. Tapi untungnya ya itu pagelaran diselenggarakan di semester 1 walaupun sampai menduakan pelajaran sih.
Ada beberapa siswa dikelasku yang menjadi panitia inti pagelaran angkatan. Kelasku juga membentuk panitia kecil-kecilan untuk mengatur jadwal latihan, mengkoordinir pelatih dengan teman-teman yang lain. Aku tidak terlibat apapun didalamnya. Ya, memang aku sedikit tidak tertarik untuk ikut campur urusan seperti itu. Bukan, aku bukan siswa yang malas hanya saja sudah terlalu banyak temanku yang turun tangan didalamnya daripada terjadi perbedaan pendapat dan malah pecah kan susah. Tapi, walaupun aku tidak tergabung dalam kepanitiaan kelas aku tetap mengusahakan semampuku apabila memang ada yang dibutuhkan dariku walaupun sebenarnya tidak ada.
Sejujurnya pengalaman pagelaranku sangat sedikit, tidak ada yang special. Tentunya karena aku tidak terlalu memikirkannya yang aku pikirkan adalah bagaimana tampil dengan bagus dan professional agar teman-teman tidak kecewa. Aku yakin, teman-teman pasti banyak yang mengeluh tentang sikap masing-masing. Ya, kita semua sama. Tapi, semua itu hanya dipendam dengan tujuan agar semuanya jalan dengan baik dan lancar sampai hari-H. Sungguh sebenarnya kita mendapat pelajaran yang banyak dengan adanya pagelaran ini. Kekompakkan, kebersamaan, menghargai satu sama lain, dan masih banyak pelajaran hidup yang didapat.

Masalah-masalah kecil mulai muncul ketika kita sudah menentukan pelatih dan menyusun jadwal latihan beserta sanksi bagi yang telat atau tidak berangkat tanpa alasan. Minggu pertama dan kedua berjalan sesuai jadwal. Minggu ketiga mulai ada yang ijin tidak berangkat dengan alasan yang beragam. Pelatih pun terkadang mengundur bahkan mengganti hari latihan yang sebenarnya hari yang sudah ditentukan adalah hari dimana semua siswa dikelasku bisa dan bisa meluangkan waktunya. Sebagian siswa mengikuti bimbel yang waktunya pasti setelah pulang sekolah. Akhirnya ditunda minggu berikutnya. Ingin rasanya membatalkan bekerjasama dengan pelatih itu tetapi kita sudah kepalang mengucapkan sah dan berani mengambil konsekuensi. Bukan hanya masalah jadwal latihan, tetapi setelah dihitung-hitung mengenai pembiayaan terasa begitu mahal teringat kita sudah kelas 12 dan harus pandai-pandai menabung uang.
Dijanjikan ini itu dan kita sebagai siswa hanya mampu mengiyakan saja. Bagaimana tidak? Pilihan kata yang dia ucapkan mampu membuat kita terpana dan otomatis menyetujui. Memang hebat aku akui. Disisi lain siswa yang mengikuti bimbel harus membolos 1 sampai 2 minggu. Bahkan, ada yang rela berbohong dengan orang tuanya. Aku tidak habis fikir, azab apa yang akan dia terima. Semua tidak ada yang tau bukan? Tapi hubungan kita dengan pelatih baik-baik saja. Seperti yang aku bilang kkita pasti pernah mengeluhkan tentang sikap teman-teman sekalian.
Ketika kabar bahwa pagelaran kali ini akan ada guest star atau bintang tamu aku berpikir keren juga ya. Kabar siapa yang akan jadi bintang tamunya simpang siur. Panitia inti pagelaran juga menanyai teman-teman kira-kira siapa yang akan jadi guest starnya. Keputusannya adalah yang menjadi guest starnya adalah Fourtwnty. Aku tidak tahu grup band apa itu Fourtwnty. Aku tanya temanku dan sempat searching di youtube. Oh ternyata yang nyanyi Zona Nyaman. Aku benar-benar buta dengan lagu-lagu mereka. Banyak yang tidak tau Fourtwnty tapi lebih banyak lagi yang tahu. Padahal, aku berharap mungkin seperti Marion Jola, Jodie, Tulus atau kalo bisa Agnesmo tapi mungkin belum sekarang masih belum nyukup gitu. Mulai saat itu lagu-lagu Fourtwnty terdengar disudut-sudut sekolah. Bahkan, kelasku menjelang latihan selalu memainkan lagu itu dan nyanyi bersama-sama.
Kabar lain datang dari panitia bahwa pagelaran diundur. Waktu itu memang sudah ditentukan waktu dan semua kelas 12 pasti sudah bingung karena waktu itu sangat dekat dengan waktu PTS. Kabar itu berita baik sekaligus buruk. Dimana menjadi berita baik karena kita kelas 12 bisa mempersiapkan PTS dengan matang dan fokus dan ada waktu buat ngafalin lag-lagu fourtwnty. Kabar buruknya, sudah libur latihan beberapa minggu jadi pas latihan lagi bawaannya males pengen mengistirahatkan pikiran. Tapi, pasti semua membatin “ayo jangan males demi kelas” mungkin itu juga yang menjadi semangat teman-teman.
Mendekati hari-h latihan semakin diperketat bahkan setiap hari dan pulang malam. Orang tua pasti khawatir kondisi kesehatan anaknya yang lelah sekolah pulang malam latihan setiap hari. Akhirnya, kita semua memutuskan untuk memilih libur dihari minggu dan jumat hanya sekali puataran saja. Semua lelah pastinya. Aku kagum dengan teman-teman yang rela berkorban waktunya untuk mempersiapkan properti yang kurang. Maafkan aku yang tidak bisa membantu apa-apa.
Pada hari-h semua diharuskan untuk datang jam 3 pagi untuk makeup karena memang kita tampil urutan ke-2 dan itu sekitar jam 10. Untuk make up 36 anak tentunya lama kan. Sedangkan, memakai baju juga harus rapid an diatur oleh pelatih agar pas. Untung baju yang kami gunakan tergolong simple karena hanya baju Bodo dari Sulawesi. Saat hari-h cuacanya sangat panas dan kita diharuskan tampil nyeker a.k.a tidak memakai alas kaki. Tamu-tamu mulai berdatangan, aku si biasa aja karena memang tidak terlalu dipikirkan tidak tahu kalo teman-temanku. Kebanyakan yang sudah datang adalah orang tua yang anaknya tampil diawal-awal. Saat menuju panggung kenapa aku ikutan gugup ya. Properti sudah terpasang dengan rapi tapi angin saat itu sedang kencang jadi banyak properti kami yang jatuh terbawa angin. Tapi, semua itu bukan kendala. Penampilan kami tetap berjalan lancar. Hingga semuanya berakhir dan pulang kerumah kemudian kembali lagi ke sekolah pukul 5 sore untuk penutupan yang disertai konser guest star yaitu fourtwnty hingga malam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentarmu berguna bagiku......

Powered By Blogger

Ayo Gabung di Sini !!

Arsip Blog