Minggu, 29 Agustus 2010

Apa sih bedanya Laptop, Notebook sama Netbook?


Tidak jarang orang yang sering bergelut dengan computer masih suka ngerasa bingung ketika ada yang bertanya “apa sih bedanya Laptop, NoteBook sama Netbook?”
Hayooohh… bingung perbedaan diantara ketiga itu dimana? Yuk kita bahas satu-satu.
Laptop sebenarnya kata lain dari notebook, notebook yang disimpan di pangkuan (lap) atas (top). Perbedaan istilah notebook dan laptop lebih diakibatkan oleh pergeseran makna yang notabene berpengaruh pada penempatan posisi pemakai komputer itu sendiri, Jadi tidak ada bedanya antara laptop dengan notebook.


Spesifikasi hardware
1. Laptop/Notebook, biasanya menggunakan prosesor yang lebih kuat seperti, Pentium Dual-core, Core2 Duo, Turion X2 dengan RAM yang sama atau lebih besar dari netbook. Notebook juga dapat menggunakan discrete graphic dari Ati Radeon atau Nvidia GeForce. Memiliki ukuran 10-17 inchi dan berat 2kg keatas. Disertai dengan CD-ROM.
2. Netbook, Biasanya menggunakan prosesor Intel Atom, VIA C7 yang hemat energi, dibekali RAM 512 MB – 1 GB untuk mendukung performanya. Netbook juga biasanya sudah dibekali peralatan untuk berinternet dengan nyaman dengan menyertakan wi-fi dan bluetooth bahkan akhir-akhir ini ada produsen yang menyertakan modem 3G dan 3,5G (HSDPA), tak lupa webcam pun hadir di sebagian besar netbook yang beredar. Memiliki ukuran yang “hanya” 8-10 inchian dan berat yang hanya 1kg-an. Biasanya tidak disertai dengan CD-ROM.
Daya tahan baterai
1. Laptop/Notebook, pada umumnya hanya mampu hidup dengan baterai selama 1-3 jam saja.
2. Netbook, mampu bertahan lama antara 3-5 jam. Ini dikarenakan hardware yang digunakan netbook lebih hemat energi dibanding notebook.
Input dan Output device
1. Laptop/Notebook, Kita bisa menemukan optical drive dan slot usb.
2. Netbook, rata-rata hanya terdapat slot usb. Hal ini karena netbook memang didesain seringkas mungkin dan lebih content consumption.
Performa
1. Laptop/Notebook, dapat digunakan untuk berbagai jenis keperluan, dari mulai pengetikan, edit gambar, nonton video sampai main game (lebih komplit).
2. Netbook, memiliki performa dibawah Laptop/Notebook, yang biasanya digunakan untuk hal-hal ringan saja seperti ngenet, chatting dan nonton video.
Harga
1. Laptop/Notebook, memiliki kisaran harga dari 4,8 juta dengan spesifikasi hardware yang lumayan sampai dengan belasan juta rupiah.
2. Netbook, memiliki kisaran harga dari 3,3 juta. Tentunya lebih murah ketimbang Laptop/Notebook.

1 komentar:

Komentarmu berguna bagiku......

Powered By Blogger

Ayo Gabung di Sini !!

Arsip Blog