Rabu, 30 April 2014

Kisah Kasih Pagelaran


Nama         : Luthfan Mazida
Kelas         : XI IPA 1
No              : 16

Kisah Kasih Pagelaran

Hari demi hari,waktu demi waktu aku lalui untuk pagelaran,mengorbankan waktu santai ku dirumah untuk latihan pagelaran.Awal nya  saya males sekali dengan adanya latihan pagelaran ini yang membuat badan capek,pegal,dan lain-lain.tetapi seiring berjalan nya waktu banyak kisah kasih,keluh kesah,tangis tawa yang aku dapatkan  pada saat latihan pagelaran ini.
Dalam latihan pagelaran kelas saya itu menerapkan sistem telat denda,barang siapa yang telat akan mendapatkan denda yang dimana denda itu dihitung setiap telat satu menit yaitu membayar uang tunai sebesar Rp.500 ,kalau telat 10 menit ya denda Rp.5000 banyak teman teman saya yang telat ,itu termasuk saya hal itu membuat uang kas pagelaran meningkat bung.
Kelas saya menyungsung tema kolaborasi,yang dimana kolaborasi antara tari hiphop dan tari jawa,serta msik yang diiringi music gamelan dan sedikit aroma ngebitz yg super setil.kelas saya terdiri dari 30 orang dan dibagi 6 orang hiphop,6 orang tari jawa,13 pemegang gamelan,dan 5 orang krueu.saya termasuk dalam tari hiphop padahal ya saya kagak bias tari tari an hiphop,awalnya saya menolak, tapi demi kepentingan kelas ya akhirnya saya menyetujui tari hiphop.kelas saya hari latihan nya pisah pisah,tetapi ada hari yang digunakan untuk berkumpul bersama membicarakan hasil kerja latihan tiap tari dan music yaitu pada hari minggu.
Pada suatu hari latihan hiphop pun dimulai , yang pelatih nya bernama mas Tio dia seorang yang jago ngedance dan pernah menjuarai perlombaan perlombaan.saya begitu kaku kaya cacing keceklek saat menirukan gerakan gerakan yang diajarkan oleh mas tio,dengan kerja keras saya akhirnya saya lumayan mengerti dan bisa gerakan hiphop ini.banyak gerakan gerakan yang diajarkan kepada saya,akhirnya latihan hari ini pun selesai.
Pada hari minggu itu saat dimana satu kelas kumpul untuk membicarakan hasil latihan.semua hasil latihan  sudah disampaikan,setelah itu banyak yang bertanya Tanya bagaimana konsep yang akan kita tampilkan pada pagelaran,semua teman teman pada diam seketika,teman teman saya kebanyakan hanya mengikut saja dari pada harus member masukan,jadi koordinator  kelas saya bingung,diam itu bertanda setuju apa malah memendam rasa tidak suka dengan masukan dari coordinator.akhirnya  kelas kami sepakat untuk menerapkan konsep seperti opera dengan dialog yang sin gkat tetapi sudah dapat di pahami.kesimpulan pun sudah didapatkan tinggal latihan latihan nya saja.
Hari demi hari saya lalui untuk latihan tari hiphop yang super sulit ini,banyak gerakan yang membuat otak saya berpikir ekstra untuk menghafalnya,mas tio mengajarkan gerakan hiphop kurang lebih nya ada 12 an dengan durasi  5 menit ,tetapi saya berusaha untuk memahami detail detail gerakan hiphop tersebut.tari hiphop sudah saya kuasai tinggal tari kolaborasi yang belum kunjung jadi,karena tari jawa dan tari hiphop belum kunjung dipertemukan,pelatih pun bingung dengan hari yang semakin mepet tari kolaborasi belum pernah dipelajari sama sekali,lagu pun belum ada.
Keesokan harinya saya membicarakan soal lagu yang akan diguanakan dalam pentas nya kepada penari jawa,semuanya pada bingung lagu yang pas untuk  pentas ini ,akhinya ada masukan lagu yang lumayan cocok untuk mengiringi tari hiphop dan tari jawa,yang didalam lagu itu ada music hiphop dan sedikit ada suara sinden dan gamelan yang lumayan oke,lagu itu berjudul jogja undercover.semua penari menyetujui lagu itu untuk menjadi pengiring pentas kelas kita.
Hari ini adalah hari pertama saya menari kolaborasi bersama rekan saya,tarian nya tidak lumayan susah ,hanya sedikit gerakan yang dibolak balik saja,saya pun bias memahinya dengan mudah serta teman teman saya juga semakin lihai dalam tari hiphop.mas tio berpesan kepada penari “agar gerkan yang diajarkan nya dari awal sampai kolaborasi ini harus dihapal dan dipelajari lagi dirumah agar cepat hafal karena hari H yang semakin mepet,sebentar lagi juga UAS otomatis latihan diliburkan dulu,waktu libur itu digunaka  untuk latihan dirumah.” Saya libur latihan 7 hari dan saya harus memanfaatkan nya sebaik mungkin
UAS pun sudah selesai ,pagelaran sudan memasuku H-7,semua pada bingung dan panik.H-7 ini sudah mulai membuat berbagai macam property yang akan ditampilkan.selain itu juga latihan terus selama 7 hari ini,walaupun hujan deras tetapi itu tidak mematahkan semangat saya untuk latihan,latihan kali ini dipusatkan di masehi.
Latihan lagi latihan lagi,tari dan gamelan pun sudah mulai kompak dan sangat asik didengarkan dan dilihat,saya begitu optimis dengan pentas yang akan ditampilkan kelas kami akan sangat bagus.akhirnya latihan sudah memasuki H-1 saya semakin bingung dan takut,dengan latihan yang sudah matang dan tinggal di tunjukan saja,semua property dibawa ke sekolah.gladi bersih pun dimulai kelas kami gladi bersih jam 3 sore,pas gladi bersih kita baru kepikiran siapa yang akan menjalankan operator musik nya.semua orang dikelas saya bingung .akhirnya salah satu teman dari kelas lain di tunjunjuk untuk menjadi operator.
Hari H pun  dimulai,teman teman saya pada berangkat jam setengah 7 nan untuk rias wajah dan sebagainya,sambutan demi sambutan telah terlaksana,kelas saya mendapat giliran tampil nomer 5.setelah sambutan sambutan selesai akhirnya kelas XI ipa 4 menjadi penampilan perdana,kemudian dilanjutkan dengan kelas XI ipa dua yang lumayan membuat ketawa,lalu kelas XI ips 2,lanjut XI ips 1,lah ini giliran kelas saya tampil,saya pun langsung menyiapkan property property dan menggotong aneka macam gamelan,penampilan pun akan segera dimulai,dengan rasa PD saya menari nari di tengah tengah lapangan bola basket,terus dan terus saya menari selama kurang lebih 5 menitan,setelah selesai saya menari ,tak lama kemudian tari jawa pun menari dengan aduhai dan lemah gemulai,lalu penari jawa dan penari hiphop berkolaborasi dengan asik ,sorak sorak penonton menambah semangat saya untuk lebih baik dan yang utama lebih percaya diri.pertunjukan saya pun ditutup dengan paduan suara dengan lagu gebyar yang bermakna dengan kemerdekaan dan persatuan Indonesia.akhirnya saya dan teman teman keluar dari lapangan dengan wajah gembira dan penuh senyuman.
Pengalaman yang tidak akan pernah saya lupakan seumur hidup saya,saya sangat senang dan bangga kepada diri saya dengan apa yang telah saya korbankan demi pagelaran ini ternyata tidak sia sia.dengan adanya pagelaran ini saya akhirnya bias menari hiphop dan menari jawa,ini pengalaman yang nanti akan saya ceritakan kepada anak istri nanti,sekian penggalan pengalaman pagelaran saya semoga menjadi inspirasi bagi kalian semua .wassalamuaikum wr.wb.


=TAMAT=

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentarmu berguna bagiku......

Powered By Blogger

Ayo Gabung di Sini !!

Arsip Blog