Kamis, 27 Februari 2014

DENOTASI-KONOTASI HIP HOP JAWA




“ Hip Hop Jawa”
Dalam rangka tugas Pergelaran Seni 
SMAN 3 Pekalongan 22 desember 2013



Anggota Kelompok :
1.     Anisa Mirra Tsaniya
2.     Anna Rosidah I.P.
3.     Febe Yuli Triana
4.     Kurnia Rizqie A.
5.     Luthfan Mazida
6.     Sekar Dwi S.
Kelas : XII IPA 1



SMA Negeri 3 Pekalongan
Tahun Ajaran 2013 / 2014
 A.  Pengertian Hip Hop
Hip hop adalah salah satu budaya luar , tepatnya dari New York yang akhirnya berkembang diseluruh dunia. Tarian ini yaitu berirama cepat, dan memiliko gerakan yang energik, tarian ini diiringi musik musik hip hop.

 B.   Pakaian
Pakaian yang dikenakan kami pada saat pagelaran adalah pakaian yang casual seperti kaos, celana panjang (jeans) dan jaket serta topi untuk pelengkapnya. Dalam berpakaian seperti itu kita menunjukkan bahwa kita penari hiphop, agar kesan hiphop lebih menonjol.




  C.   Gerakan – gerakan dalam Hip Hop
1.     Gerakan Come On
Dalam gerakan ini bermaksud kita mengajak penari jawa untuk ikut menari bersama kita, karena didalam pagelaran ini bercerita supaya budaya jawa terpengaruh oleh budaya modern atau hiphop ini.

2.    Gerakan Terbang
Mengapa diberikan nama gerakan terbang karna gerakannya sama seperti akan terbang dan sesuai dengan lirik lagunya yaitu “ i can fly i can fly i can fly “. Makna dari gerakan ini adalah kebebasan dalam diri yang tidak dapat terbendung lagi. Bagaikan seekor burung, ketika akan terbang lepas tanpa beban maka rasanya akan sangat lega dalam berpikir.

3.    Gerakan Shuffle
Shuffle Dance adalah sebuah tarian (shuffle dance) yang menitikberatkan pada gerakan kaki atau sering disebut gerakan shuffle dan tumit sehingga terlihat menempel di lantai, sesuai dengan artinya yaitu menyeret kaki dalam bahasa inggris “shuffle”.
Dalam pagelaran kemarin kita mempunyai makna yaitu kita memiliki jiwa yang semangat, bergairah, dan aktif dalam menjalankan sesuatu. Sehingga dakam gerakan shuffle bermaksudkan agar penari jawa ikut bersemangat melihat tarian kita.

4.    Gerakan Menunjuk
Artinya untuk menantang menari bersama kami. Disitu kita memperlihatkan bahwa kita menantang tarian jawa dan kuta bermaksudkan bahwa tarian hip hop lebih menarik dibandingkan tarian jawa.

5.    Gerakan Matrix
Gerakan ini adalah gerakan melambat, biasanya gerakan ini digunakan dalam lagu yang bertempo lambat. Makna dari gerakan ini adalah kita adalah orang yang memiliki kepribadian tenang, damai, dan santai. Walaupun kita penari hip hop namun kita mempunyai kepribadian tersebut.

 D.  Lagu yang Dipakai
1.     B1A4 (what’s happening )
2.    Justin Bieber (that power)
3.    Minions Song (YMCA)


Loading...

Ayo Gabung di Sini !!

Arsip Blog