Rabu, 19 Oktober 2011

KANTIN SMAGA SUDAHKAH LAYAK ?

KANTIN SEKOLAH


Kenyamanan saat KBM, itulah hal yang ingin dilakukan para siswa apabila saat belajar di sekolah. Coba bayangkan, apa yang terjadi jika kita sedang melaksanakan KBM, tiba – tiba perut merasa lapar karena tadi pagi kita tidak sempat makan di sekolah karena kesiangan. Pasti kita tidak konsentrasi, merasa gelisah, dan lemes. Oleh kaerna itu Kantin sekolah adalah solusi utama kita.

Kantin sekolah merupakan hal terpenting yang harus ada di tiap-tiap sekolah. Baik untuk tingkatan SD, SMP, ataupun tingkatan SMA. Selain Koperasio, kantin juga sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan siswa sekolah tersebut. Baik dari segi gizi ataupun yang lainnya. Manfaat dari kantin sekolah sangat banyak, seperti: untuk sekedar berkumpul sama temen saat istirahat. Oleh karena itu, kantin sekolah menjadi tempat yang paling strategis bagi para siswa-siswa.

Kebersihan, dan kelengkapan kantin sekolah juga harus diperhatikan. Karena hal tersebut dapat mempengaruhi nilai gizi makan-makanan yan di jual disana. Berikut adalah kriteria kantin sekolah yang sehat.
·         Bersih
·         Rapi
·         Udara segar (no smoking)
·         makanan yg dijual : halalan thoyyiban
·         gak ada lalat, ulat, cacing, kecoa, nyamuk, dan hewan-hewan kecil di kantin tsb, atau sekitar makanannya
·         Alat-alat makan telah disterilkan
·         Kalo membungkus makanan, dengan pembungkus kertas lapis daun pisang
·         fasilitas lengkap : Tempat cuci tangan + sabun, WC + musholla, tempat sampah, tempat naroh lap tangan, dll
·         Air es yg disediakan, es batunya adalah es buatan sendiri yg dibuat dari air masak, bukan es balok-an...
·         Semua pelayan ramah dan bersih .

Di sman 3 sendiri, kantin – kantin yang ada belum memenuhi kriteria tersebut. Padahal kantin di sangat berpengaruh dalam menjaga gizi para siswanya. Berikut adalah hal-hal yang masih kurang di perhatikan di sman 3 pekalongan mengenau kriteria kantin yang ada:
·         fasilitas yang kurang lengkap, seperti: Tempat cuci tangan + sabun (wastafel).
·         Air es yang digunakan masih menggunakan es batu balok-an.
·         Kebersihan masih kurang bisa di jaga.

Itu adalah hal-hal yang menurut saya perlu diperhatikan dalam menjaga agar kantin sekolah, selain bermanfaat bagi jasmanii maupun rohani.Dengan dimikian, keberadaan kantin di sekolah, tidak hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan makan dan minum siswa semata, namun juga dapat dijadikan sebagai wahana untuk mendidik siswa tentang kesehatan, kebersihan, kejujuran, saling menghargai, disiplin dan nilai-nilai lainnya.



M. GILANG APRIYANTO
XI IPA 3


Loading...

Ayo Gabung di Sini !!

Arsip Blog