Kamis, 23 September 2010

PENGERTIAN BATIK

Batik merupakan karya seni dua dimensi yang teknik pembuatannya melewati tiga kali proses, yaitu: Proses pemalaman ( pelekatan lilin batik ), Proses pewarnaan dan Proses pelorodan ( penghilangan lilin batik. Atau dalam istilah lainnya: merupakan teknik pembuatan karya seni yang menggunakan lilin sebagai perintang warna ( wax resist technique ). 

Pada perkembangannya  karya seni batik menggalami banyak perkambangan, kususnya dalam teknik produksi yang membuat batik terbagi dalam beberapa jenis menurut proses pembuatannya, seperti: Batik tulis, Batik cap dan Batik kombinasi. 
Hal yang membedakan dari tiap-tiap jenis batik terletak pada proses pelekatan lilin batik-
nya  saja, sedang proses pewarnaan dan proses penghilangan lilin batik tetap sama.

Disisi lain kita juga mengenal jenis batik printing, namun pada proses pembuatan batik printing  langsung melewati proses pewarnaan dan tidak menggunakan lilin batik sebagai perintang warna, seperti karya batik pada umumnya.

Kelebihan dari karya seni batik terletak pada desain pola (motif) dan keindahan warna yang khas dengan budaya atau  corak daerah setempat. Dan hal tersebut membuat karya seni batik banyak ditiru oleh jenis karya seni lainnya, seperti: Seni bordir, Seni tenun, Seni ukir, Seni lukis dan bentuk seni lainnya yang menggunakan motif serta warna khas batik untuk memperindah karya seni mereka.



Loading...

Ayo Gabung di Sini !!

Arsip Blog