Sabtu, 23 Mei 2009

PEKAN BATIK NASIONAL & PAMERAN BUKU PEKALONGAN












Pekan Batik Internasional & Pameran Buku Nasional

Dalam rangka HUT Pekalongan yang ke 103, diadakan Pekan Batik Internasional yang bertempat di Museum Batik Kota Pekalongan jalan Jetayu Pekalongan, Jawa Tengah. Acara ini dikemas dengan tema “Batikku, Batik Kita, Batik Dunia”. Pekan Batik ini bukan kali pertama di Pekalongan, melainkan sudah kali yang kedua. Pembukaan PBI pada tanggal 29 April 2009 oleh Gubernur Jawa Tengah.
Dalam Pekan Batik Internasional tersebut terdapat berbagai macam stand batik dari berbagai daerah di Indonesia dan negara sahabat. Misalnya Kota dan Kabupaten Pekalongan, Kepulauan Riau, Sragi, dan lain sebagainya. Dari negara sahabat contohnya dari Thailand dan Filipina. Berbagai aksesoris juga tersedia di sana seperti Mutiara dari Lombok, serta berbagai koleksi gelang, kalung dan bros dari Nova Collection dan Babe Collection.
Tidak sekedar pameran batik dari berbagai daerah di Indonesia, tetapi digelar juga kegiatan pendukung lain. Diantaranya adalah stand kuliner khas Pekalongan dan pameran buku murah nasional yang bertempat di Gedung Karisidenan Pekalongan.
Serangkaian acara yang terlaksana dalam Pekan Batik Internasional di antaranya:
Batik Expo, yang akan menampilkan hasil penelitian batik, teknologi dan alat pembuatan batik. Hasil karya batik nusantara dan negara sahabat, hasil produksi perusahaan IKM dan UKM Mitra binaan. BUMN / BUMD, koperasi dan UMKM, mitra binaan pemda provinsi/kab/kota di Indonesia, produk corporate dan perbankan untuk UKM. Serta mediasi kredit perbankan dan akses permodalan.

Pesta kuliner/street party yang akan berusaha menampilkan masakan khas Pekalongan dan semua masakan yang ada di berbagai provinsi di Indonesia.
Forum bisnis dan seminar/dialog batik, menampilkan dialog antara pejabat negara dari kementerian/departemen terkait dengan para pengusaha atau pelaku bisnis batik Indonesia dan mancanegara. Acara akan dipandu oleh pejabat/artis/desainer yang berpengalaman dalam forum bisnis internasional khususnya dalam bidang batik.
Pentas seni dan budaya menampilkan hiburan terbaik, pentas seni dan budaya Indonesia serta musik tradisional dan modern yang dimeriahkan artis-artis ibukota.
Parade kendaraan batik dan fashion on the road. Selain menampilkan kendaraan hias, marching band, juga pakaian-pakaian karya designer, rumah mode milik pengusaha batik pekalongan dan peserta batik ekspo dari berbagai daerah di Indonesia dan negara sahabat.

Lomba designer melukis dan dekorasi batik melibatkan seluruh lapisan masyarakat baik pekerja maupun pengusaha batik, perkampungan-perkampungan batik serta konsumen dan produsen batik di Indonesia. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menunjukkan apresiasi terhadap karya batik dan mencari desain batik modern yang yang digemari konsumen.
Demo membuat canting batik tulis dan cap. Kegiatan ini dimaksudkan untuk melestarikan kebersamaan usaha pembuatan canting sebagai alat utama dalam proses membatik.
Acara Pameran Buku Nasional dihadiri oleh berbagai pengusaha percetakan dan penerbit buku. Selain itu, diadakan pula bermacam-macam lomba untuk memeriahkan acara tersebut, di antaranya adalah:

Lomba Baca Puisi
Dilaksanakan pada Hari Rabu, 29 April 2009, pada pukul 19.00-21.00
Lomba Karaoke
Dilaksanakan pada Hari Kamis, 30 April 2009, pada pukul 09.00-12.30
Lomba Hadhroh/Rebana/Simtuduror
Dilaksanakan pada Hari Jum’at, 1 Mei 2009, pada pukul 15.30-18.00
Lomba Menggambar/Mewarnai
Dilaksanakan pada Hari Minggu, 3 Mei 2009, pada pukul 09.30-12.0
Lomba Pildacil
Dilaksanakan pada Hari Minggu, 3 Mei 2009, pada pukul 15.30-17.30
Selain acara yang tersebut di atas, diadakan pula acara pendukung lain, yaitu:
Ø Temu artis Inneke Koesharawati dalam acara bedah buku dan launching lagu religi, pada Hari Sabtu, 2 Mei 2009, pukul 13.30 WIB.
Ø Seminar Pendidikan yang mendatangkan pakar Prof. Dr. H Abu Suud. Dilaksanakan pada Hari Kamis, 30 April 2009, pukul 10.00
Ø Bedah Buku Deadline Your Life, yang mendatangkan pakar Solikhin Abu Izzudin. Dilaksanakan pada Hari Minggu, 3 Mei 2009, pukul 13.00
Ø Bedah Buku Menanti Kehancuran Amerika Eropa, yang mendatangkan pakar Abu Fatihah Al Adnani. Dilaksanakan pada Hari Jum’at, 1 Mei 2009, pukul 13.30 WIB.
Ø Seminar Perpustakaan, yang mendatangkan pakar Drs. Anis Masruri S.IP MSI. Dilaksanakan pada Hari Rabu, 29 April 2009, pukul 13.00 WIB.
Ø Talk Show Kesehatan Ala Nabi, yang mendatangkan pakar dr. Afif Konsultan Medis. Dilaksanakan pada Hari Senin, 4 Mei 2009, pukul 13.00 WIB.
Loading...

Ayo Gabung di Sini !!

Arsip Blog