Senin, 11 Mei 2009

MUSIK YANG JI TRADISI TIONGHUA






MUSIK YANG JI AGAMA BUDHA

TRADISI MASYARAKAT TIONGHUA CHINA


A. LATAR BELAKANG PEMILIHAN JUDUL

Kami mengambil musik Yang Ji ini karena musik ini masih langka di Pekalongan dan juga walaupun musik ini masih langka di Pekalongan tetapi musik ini dapat berkembang dengan baik. Selain itu, kami juga ingin agar musik ini lebih dikenal warga Pekalongan, bahkan bisa menjadi tradisi bagi warga Tionghua yang tinggal di Pekalongan.

B. ISI

1. Sejarah Musik

Musik Yang Ji merupakan rintisan musik dari negara China. Musik ini dibawa oleh orang-orang China yang merantau dan kemudian menetap di Indonesia. Musik ini diwariskan turun temurun dari generasi ke generasi, sehingga sampai sekarang musik ini masih dimainkan oleh keturunan orang Tionghua di Indonesia. Musik ini telah berumur ratusan tahun lamanya. Dahulu, musik ini sering dimainkan di kerajaan-kerajaan di negara China yang dimainkan oleh para pemusik-pemusik kerajaan. Musik ini dahulu sering dimainkan dalam acara penobatan raja, untuk kesenian dll.

2. Keunikan Musik

Musik ini sangat unik karena sangat langka dan dapat tetap berkembang di Indonesia walaupun pemainnya masih terbatas. Musik ini merupakan perpaduan dari alat musik yang dimainkan dengan cara digesek (bernama OLHU mirip rebab namun hanya terdiri dari 2 senar saja), dipukul (bernama YANKIN, bukan sejenis tambur atau kendang yang bahannya dari kulit melainkan terdiri dari senar yang telah disusun letaknya seperti kecapi) dan ditiup (bernama SERULING mirip dengan seruling biasa yang ada di Indonesia). Dari perpaduan ketiga alat musik yang berbeda cara memainkannya tersebut, timbullah alunan atau instrumen yang merdu dan khas dari musik Yang Ji.

3. Alat-alat Musik yang Digunakan

a) Olhu (digesek)

b) Yankin (dipukul)

c) Seruling (ditiup)

4. Tokoh-tokoh Musik dan Para Pemain

a) Tjan Hwie

b) Yoko

c) Yoland

d) Yopan

5. Fungsi Musik

a) Sebagai hiburan

b) Musik okestra

c) Untuk festival

d) Acara atau doa keagamaan

e) Untuk pelestarian

6. Peranan Musik

a) Instrumen para penyanyi

b) Instrumen syair

c) Instrumen doa

d) Iringan lagu

7. Contoh Lagu

AKU BERLINDUNG


C. KESIMPULAN


Musik Yang Ji ini dapat dimainkan oleh 3 atau 4 orang lebih, karena alat-alat musik yang digunakan atau dimainkan sedikit dan sederhana. Alat-alat musik tersebut seperti olhu, yankin dan seruling. Walaupun hanya dengan ketiga alat musik tersebut tetapi musik Yang Ji ini terdengar sangat merdu dan indah. Musik ini tidak hanya digunakan untuk acara atau doa keagamaan saja, tetapi juga dapat digunakan sebagai hiburan dan festival serta musik orkestra. Musik Yang Ji ini sangat langka di Indonesia namun sampai sekarang musik ini masih dapat bertahan dan berkembang.

D. DAFTAR PUSTAKA


Nara Sumber : Guru Musik Tjan Hwie.

Nama Kelompok :

1. Abdul Rohman (01)

2. Ahmad W. Mahfud (02)

3. Andy Rosadi (03)

4. Dharmawan S. (08)

5. Nugroho I. Y. (21)

6. Rizqi Haidar (28

Loading...

Ayo Gabung di Sini !!

Arsip Blog