Senin, 25 Mei 2009

MUSIK TRADISI REBANA PANJANG WETAN




MUSIK TRADISI REBANA PANJANG WETAN

PEKALONGAN UTARA

A. Latar belakang pemilihan judul

Musik rebana adalah musik tradisional yang bernafaskan Islam dari zaman dahulu sampai sekarang masih ada di beberapa daerah, khususnya di daerah Panjang Wetan, Pekalongan Utara.

Meskipun bukan lahir dari Indonesia, tetapi musik ini sangat bernilai harganya, terutama dalam mempelajari agama Islam. Selama ini, regenerasi musik rebana sangat minim. Bahkan cenderung tidak ada sama sekali, mengingat pemain musik ini lebih didominasi kalangan tua. Apalagi perkembangan musik sekarang terpengaruh budaya musik barat. Oleh sebab itu, kami hendak melestarikan rebana yang semakin lama semakin punah.

B. Isi

1. Sejarah musik rebana

Musik rebana mempunyai sejarah kemunculan pada masa penyebaran agama Islam oleh Sunan Kalijaga. Terutama dimainkan dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Karena perkembangan yang cukup menarik, kesenian ini digelar juga diluar acara Maulid Nabi, seperti dalam acara hajatan sunatan dan pernikahan. Alat rebananya sendiri berasal dari daerah Timur Tengah dan dipakai untuk acara kesenian. Kemudian alat musik ini semakin meluas perkembangannya hingga ke Indonesia. Pada musik gambus, kasidah dan hadroh adalah jenis kesenian yang sering menggunakan rebana.

2. Keunikan musik rebana

Keunikan musik rebana adalah hanya terdapat satu alat musik yaitu rebana yang dimainkan dengan cara dipukul secara langsung oleh tangan pemain tanpa menggunakan alat pemukul. Musik rebana dapat dimainkan oleh siapapun untuk mengiringi nyanyian dzikir, yang bertemakan pesan-pesan agama dan juga pesan-pesan sosial budaya.

3. Alat-alat musik yang digunakan dalam musik rebana

Rebana

4. Tokoh-tokoh musik dan para pemain musik rebana

1) M. Habib Al Muttaqin : vokalis & pemain

2) Toyiburrisqi : pemain

3) M. Razaqula’yum : vokalis

4) M. Razaqula’wan : pemain

5) Fathul Yamin : pemain

6) Wahyudi Albar : pemain

5. Fungsi musik rebana

Fungsi musik rebana adalah sarana hiburan untuk mengiringi tarian dan nyanyian dzikir dalam acara Maulid Nabi Muhammad SAW, hajatan sunatan pernikahan.

6. Peranan musik rebana

Peranan musik rebana adalah salah satu sarana untuk menyiarkan agama Islam serta untuk melestarikan musik tradisional islami.

7. Contoh lagu

Ya rabbi salli ãlã Muhammad

Malakha Fil ufqi nŭru kaukab

Ya rabbi salli ãlã Muhammad

Alfãtikhil khatimil muqarrab

Ya rabbi salli ãlã Muhammad

Almushtofãl mujtabãl muhabbab

Ya rabbi salli ãlã Muhammad

Malãkha bad ruwwa ghãba ghaihab

8. Gambar rebana

C. Kesimpulan

Penyebaran agama Islam di Kota Pekalongan, khususnya di daerah Panjang Wetan sampai sekarang masih dilestarikan yang dimainkan oleh beberapa kelompok.

D. Daftar Pustaka

Sentrarebana.com

Harian Umum Pelita





Disusun oleh :

1. Ayesha Nur Salma

2. Imroatus Sholekha

3. Melisa Dwi Yanti

4. Nisma Okidah

5. Nur Anis Kurlilah

6. Yenny Istiqomah




Loading...

Ayo Gabung di Sini !!

Arsip Blog