Senin, 21 Desember 2009

RPP SENI MUSIK SMP KELAS 9/1


Sekolah                                 :  SMP N  Pekalongan

Mata pelajaran                     :  Seni Budaya/ Seni Musik

Kelas/Semester                   :  IX (sembilan)/1 (satu)

Standar Kompetensi           :  Mengapresiasi karya seni musik


Kompetensi Dasar               :  Mengidentifikasi lagu mancanegara di Asia

Indikator                                 :  1. Menentukan asal musik yang diperdengarkan
2. Mengidentifikasi ciri-ciri dan unsur budaya khas dari musik mancanegara
3. Menyimpulkan fungsi sosial musik dalam budaya mancanegara

Alokasi waktu                       : 2 x 40 menit ( 1 x pertemuan )

Tujuan Pembelajaran
 Pada akhir pelajaran peserta didik dapat:
a. Menentukan asal musik yang diperdengarkan
b. Mengidentifikasi ciri-ciri dan unsur budaya khas dari musik mancanegara
c. Menyimpulkan fungsi sosial musik dalam budaya mancanegara

Materi Ajar                : lagu Mancanegara
Metode                     :  CTL
Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan pendahuluan

Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan.
Kegiatan inti
Mendengarkan lagu-lagu mancanegara melalui VCD/CD/kaset/ guru
Mendiskusikan lagu Mancanegara untuk mengetahui ciri-ciri dan unsur budaya khas lagu
Mempresentasikan hasil diskusi
Kegiatan Penutup
Menanyakan  kesulitan siswa selama proses belajar mengajar
Menyimpulkan materi pembelajaran
Refleksi
Alat/sumber belajar : Buku teks,Partitur lagu Mancanegara, VCD/CD/kaset/guru

6.  Penilaian       : teknik                       : tes lisan/tertulis
                                bentuk instrumen  : daftar pertanyaan dan uraian
                                Instrumen                :
1. Dengarkan instrumen lagu berikut ini lalu sebutkan :
a. judul Lagu
b. irama
c. tempo
d. dinamik

2. Sebutkan unsur-unsur budaya dari musik yang didengar!
3. Sebutkan fungsi sosial dari musik yang didengar!



                                                                        Pekalongan,     Juli 2008


Mengetahui,


Kepala SMP N  Pekalongan                   Guru Mapel Seni Musik






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)


Sekolah                                 :  SMPN  Pekalongan
Mata pelajaran                     :  Seni Budaya/ seni musik
Kelas/semester                    :  IX (sembilan) 1 (satu)
Standar kompetensi                        :  Mengapresiasi karya seni musik
Kompetensi dasar               :  Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu mancanegara di Asia

Indikator                                 :  Menuliskan keunikan dan pesan dari musik yang di dengar.
Alokasi waktu                       :  2 x 40 menit

Tujuan Pembelajaran

Pada akhir pembelajaran siswa dapat
  1. Menuliskan keunikan dan pesan dari musik yang didengar 2.   Materi Ajar              : lagu Mancanegara
    3.   Metode                    :  model pendekatan ctl dan lifeskil autentik   asesment
    4.   Langkah-langkah Pembelajaran       :
Kegiatan pendahuluan

  1. Tanya jawab berbagai hal terkait dengan lagu yang telah diajarkan/diperdengarkan
  2. Kegiatan inti
    Bertanya jawab tentang aspek sosial dalam musik mancanegara
    Menyebutkan keunikan dan pesan dari lagu yang didengar.
    Mempresentasikan tentang manfaat fungsi sosial budaya dari musik yang didengar
    Menulis pendapat pribadi tentang musik yang ditonton/didengar
    Kegiatan akhir
    Menanyakan kesulitan siswa selama pembelajaran
    Menyimpulkan materi pembelajaran
    5.  Alat/sumber belajar : buku teks, partitur lagu mancanegara / kaset
    6.  Penilaian : teknik : tes lisan/tertulis
Bentuk instrumen : daftar pertanyaan
Contoh instrumen : a. Tuliskan keunikan dan pesan yang disampaikan dari musik yang didengar.


                                                                                              Pekalongan,     Juli 2008

Mengetahui,


Kepala SMP N  Pekalongan                   Guru Mapel Seni Musik







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                 :  SMP N  Pekalongan
Mata Pelajaran                     :  Seni Budaya/ Seni Musik
Kelas/Semester                    :  IX (sembilan) / 1 (Satu)
Alokasi Waktu                      :  2 X 40 Menit
Standar Kompetensi           :  Mengekspresikan diri melalui karya seni musik  
Kompetensi Dasar               :  Mengaransir lagu mancanegara di Asia
Indikator                                 :  1. Mengaransir lagu berdasarkan ide kreatif mancanegara
2. Menyusun notasi irama, tempo, dan dinamika lagu tersebut


TUJUAN PEMBELAJARAN

Pada Akhir Pelajaran Siswa Dapat :
1. Mengaransir lagu berdasarkan ide kreatif mancanegara
2. Menyusun notasi irama, tempo, dan dinamika lagu tersebut

MATERI AJAR             : Mengaransir Lagu Mancanegara
METODE                      :  Model Pendekatan Ctl Dan Lifesskil .
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN          :

Kegiatan Pendahuluan
Pertemuan I
Menginformasikan KD Yang Mau Dicapai
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan
Kegiatan Inti
Menuliskan paduan alat musik yang akan digunakan untuk mengiringi lagu mancanegara 
Membuat iringan lagu mancanegara dengan alat musik yang dimiliki
Pertemuan II
Mempersiapkan partitur, alat musik dan penyaji untuk menampilkan hasil aransemen

Kegiatan Akhir

* Menanyakan Kepada Siswa Tentang  Kesulitan Dalam  Mengaransir Lagu
* Memberi Tugas Kepada Siswa melatih Suara Satu Dan Suara Dua Dirumah

ALAT/SUMBER BELAJAR :
* Buku Teks, Lagu-Lagu mancanegara
* Alat Musik Melodika
PENILAIAN : Teknik : Unjuk Kerja
Bentuk Instrumen : Unjuk Kerja
Contoh Instrumen :
1. Nyanyikan dan mainkan lagu yang telah diaransir dengan vokal dan  alat musik
2. Nyanyikan Lagu mancanegara yang diaransir dengan Satu Suara


RUBRIK PENILAIAN PRODUK

Rubrik Semester      : 1
Semester                   : 1
Nama Siswa             :
Mata Pelajaran         : Seni Budaya/Seni Musik
Tugas Praktek          : Menyanyikan Lagu Mancanegara
Contoh Lembar Penilaian Seni Musik



Aspek-Aspek Yang Dinilai


Kriteria Penilaian / Score




1


2


3


4


5


1


Persiapan








Teks Lagu








Aransemen







2


Pelaksana Proses








Altikulasi








Ekspresi














Nilai =      ∑Score Perolehan


                 ∑Score Maksimal


                                                                        Pekalongan,     Juli 2008


Mengetahui,


Kepala SMP N  Pekalongan                   Guru Mapel Seni Musik






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Sekolah                                 :  SMP N  Pekalongan
Kelas/semester                    :  IX (sembilan)/ 1
Mata pelajaran                     :  Seni budaya/ seni musik
Alokasi waktu                       :  4 x 40 menit
Standar kompetensi            :  Mengekspresikan diri melalui  karya seni musik
Kompetensi dasar               :  Menampilkan hasil aransemen karya lagu mancanegara
Indikator                                 :  Memainkan lagu hasil aransemen dengan menggunakan alat musik yang tersedia

Tujuan pembelajaran
Pada akhir pelajaran siswa dapat :
Memainkan lagu hasil aransemen dengan menggunakan alat musik yang tersedia
2.  Materi ajar               :  lagu mancanegara      
3.  Metode                     :  model pendekatan Ctl dan life skil .
4.  Langkah-langkah pembelajaran         :

Pertemuan I


Kegiatan pendahuluan
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan
Kegiatan inti
hasil aransemen
Kegiatan akhir/penutup
  • Menanyakan kesulitan siswa megaransemen lagu mancanegara
  • Menyuruh siswa berlatih megaransemen lagu mancanegara di rumah
5.  Alat/sumber alat
- partitur lagu mancanegara
- vcd/cd/kaset/guru
- recorder dan gita
6.  Penilaian
     Teknik                               : unjuk kerja
     Bentuk instrument          : unjuk kerja
     Contoh instrument         : pentaskan hasil aransemen secara utuh dikelas.


RUBRIK PENILAIAN PRODUK


Semester                   : 1
Nama Siswa             :
Mata Pelajaran         : Seni Budaya/Seni Musik
Tugas Praktek          : Memainkan Lagu mancanegara secara utuh dikelas
Contoh Lembar Penilaian Seni Musik



Aspek-Aspek Yang Dinilai


Kriteria Penilaian / Score




1


2


3


4


5


1


Persiapan








Teks Lagu








Aransemen







2


Pelaksana Proses








Altikulasi








Ekspresi















Nilai =      ∑Score Perolehan
                 ∑Score Maksimal

Pekalongan,     Juli 2008


Mengetahui,


Kepala SMP N Pekalongan                         Guru Mapel Seni Musik




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                                 :  SMP N  Pekalongan
Kelas/Semester                    :  IX (sembilan)/ 2
Mata pelajaran                     :  Seni budaya/ seni musik
Standar kompetensi            :  Mengapresiasi karya   seni musik
Kompetensi dasar               :  Mengidentifikasi jenis karya seni musik mancanegara di luar Asia
Indikator                                 :  1. Mengidentifikasi beragam karya seni musik   mancanegara dan komponisnya
                                                   2. Mengungkapkan rasa/kesan secara lisan tentang komponis berdasarkan karya musik yang didengarkan.
Alokasi waktu                       :  2 x 40 menit

1. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pelajaran siswa dapat :
A.  Mengidentifikasi beragam karya seni musik mancanegara dan komponisnya
B.  Mengungkapkan rasa/kesan secara lisan tentang komponis berdasarkan karya musik yang didengarkan
2.  Materi Ajar               : Lagu mancanegara dan komponisnya.
3.  Metode                     :  Model pendekatan ctl dan life skil .
4.  Langkah-Langkah Pembelajaran       :
Kegiatan Pendahuluan
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan
Kegiatan inti
Mendengarkan karya lagu mancanegara melalui contoh model
Mendiskusikan ciri-ciri khas musik dari mancanegara
Melakukan tanya jawab tentang latar belakang musik yang diperdengarkan
C.   Kegiatan Penutup
Menanyakan kesulitan siswa dalam proses belajar mengajar
Menyimpulkan materi pembelajaran
5.  Alat/Sumber Belajar
Buku Teks, Lagu-Lagu mancanegara, Model
6.  Penilaian : Tertulis
     Bentuk instrumen : tes uraian
      Dengarkan musik berikut lalu sebutkan :
asal musiktersebu, siapa komponisny, abad keberapa, Deskripsikan maksud komponis dan musik yang didengarkan.



Pekalongan,     Juli 2008


Mengetahui,


Kepala SMP  Pekalongan                   Guru Mapel Seni Musik





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                 :  SMP N  Pekalongan
Kelas/Semester                    :  IX (sembilan)/ 2
Mata Pelajaran                     :  Seni Budaya/ Seni Musik
Standar Kompetensi           :  Mengapresiasi Karya Seni Musik
Kompetensi Dasar               :  Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan seni musik mancanegara di luar Asia
Indikator                                 :  1. Menuliskan keunikan/keindahan dan pesan dari musik yang didengar
                                                   2. Menuliskan pendapat pribadi tentang musik yang didengar.
Alokasi Waktu                      :  2 X 40 Menit

1. Tujuan Pembelajaran
Pada Akhir Pelajaran Siswa Dapat :
A.  Menuliskan keunikan/keindahan dan pesan dari musik yang didengar
B.  Menuliskan pendapat pribadi tentang musik yang didengar
2.  Materi Ajar               : Lagu Mancanegara di luar Asia
3.  Metode                     : Model Pendekatan Ctl.
4.  Langkah-Langkah Pembelajaran       :
Kegiatan pendahuluan tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan
Kegiatan Inti
Mendengarkan lagu mancanegara diluarAsia melalui VCD/CD/Kaset/Guru
Menuliskan keunikan dan pesan dari musik yang didengar
Menuliskan pendapat pribadi tentang musik yang didengar

Kegiatan Penutup
Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
Menyimpulkan materi pembelajaran
5.  Alat/Sumber Belajar
Buku teks, lagu-lagu mancanegara diluar Asia, VCD/CD/kaset
6.  Penilaian
            Teknik : Tes lisan/tertulis
             Bentuk Instrumen : Daftar pertanyaan
Contoh Istrumen : Deskripsikan sejarah penciptan musik yang didengar.
              Tuliskan pendapatmu tentang musik yang kamu dengar.

                                                                             
                
Pekalongan,     Juli 2008


Mengetahui,


Kepala SMP N Pekalongan                   Guru Mapel Seni Musik










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                                 :  SMP N  Pekalongan
Kelas/Semester                    :  IX (sembilan)/ 2
Mata Pelajaran                     :  Seni Budaya/ Seni Musik
Standar Kompetensi           :  Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
Kompetensi Dasar               :  1. Mengaransir lagu mancanegar diluar Asia
2. Menampilkan sikap apresiatif  terhadap keunikan seni musik mancanegara diluar Asia

Indikator                                 :  1. Mengaransir lagu pop Mancanegara
                                                   2. Membuat karya aransemen berdasarkan pengembangan gagasan kreatif secar perseorangan/kelompok.
Alokasi Waktu                      :  2 X 40 Menit

1. Tujuan Pembelajaran
Pada Akhir Pelajaran Siswa Dapat :
A.  Mengaransir lagu pop Mancanegara
B.  Membuat karya aransemen berdasarkan pengembangan gagasan kreatif secar perseorangan/kelompok
2.  Materi Ajar               : Aransemen sederhana lagu Lir Ilir (Jawa Tengah)
3.  Metode                     : Model pendekatan Ctl  dan life skill
4.  Langkah-Langkah Pembelajaran       :
Kegiatan Pendahuluan
A.  Menyiapkan partitur lagu Lir Ilir yang sudah diaransemen
Kegiatan Inti
Mendengarkan karya musik mancanegara diluar Asia
Mendiskusikan ciri-ciri khas dari musik mancanegara di Luar Asia
Memilih lagu pop mancanegara berdasarkan periodisasi waktu

Kegiatan Penutup
Menanyakan kesulitan siswa selama mengaransir lagu mancanegara
Menyimpulkan cara mengaransir
5.  Alat/Sumber Belajar
Buku teks, lagu-lagu mancanegara diluar Asia
6.  Penilaian             : Unjuk kerja                                                


RUBRIK PENILAIAN PRODUK

Semester                   : 2
Nama Siswa             :
Mata Pelajaran         : Seni Budaya/Seni Musik
Tugas Praktek          : Menyanyikan lagu mancanegar diluar Asia yang sudah diaransemen

Contoh Lembar Penilaian Seni Musik


Aspek-Aspek Yang Dinilai


Kriteria Penilaian / Score




1


2


3


4


5


1


Persiapan








Aransemen lagu








Stemflute







2


Pelaksanaan Proses








Ketepatan nada








Ekspresi








 Improvisasi







Nilai =      ∑Score Perolehan
                 ∑Score Maksimal                                                                                                                                                                                    Pekalongan,     Juli 2008


Mengetahui,


Kepala SMP N  Pekalongan                   Guru Mapel Seni Musik





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Sekolah                                 :  SMP N  Pekalongan
Mata Pelajaran                     :  Seni Budaya/ Seni Musik
Kelas/Semester                    :  IX (sembilan)/ 2 (Dua)
Standar Kompetensi           :  Mengekspresikan Diri Melalui Karya   Seni Musik
Kompetensi Dasar               :  Menampilkan karya seni musik mancanegara secara perorangan dan kelompok di kelas atau di sekolah
Indikator                                 :  1. Membuat perencanaan pergelaran dikelas
                                                   2. Memainkan dalam bentuk ansambel
Alokasi Waktu                      :       X 40 Menit
1. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pelajaran siswa dapat :
A. Membuat perencanaan pergelaran dikelas
B. Memainkan dalam bentuk ansambel     
2.  Materi Ajar               : Aransemen lagu Suwe Ora Jamu
3.  Metode                     :  Model pendekatan Ctl dan Life skil .
4.  Langkah-Langkah Pembelajaran       :
Kegiatan pendahuluan
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan perencanaan pergelaran

Kegiatan Inti
* Mempersiapkan lagu serta menata musik yang akn digunakan untuk mengaransir lagu mancanegara
* Menyempurnakan hasil aransemen berdasarkan masukan dari kelas
* Melatih lagu dan iringan dalm bentuk ansambel

Kegiatan akhir
* Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
* Menyimpulkan materi pelajaran
5.  Alat/Sumber Belajar
* Buku Teks
* Kumpulan lagu-lagu mancanegara
6.  Penilaian  :   Teknik :     tes tulis dan tes unjuk kerja


     Bentuk Instrumen : uji petik kerja prosedur dan produk
Contoh instrument :
1. latih musik yang telah disiapkan
2. siapkan dalam bentuk pementasan ansambel
3. tampilkan hasil aransemen dalam bentuk ansambel


RUBRIK PENILAIAN PRODUK

Semester                   : 2
Nama Siswa             :
Mata Pelajaran         : Seni Budaya/Seni Musik
Tugas Praktek          : Pergelaran Musik lagu mancanegara yang sudahdiaransemen
Contoh Lembar Penilaian Seni Musik


Aspek-Aspek Yang Dinilai


Kriteria Penilaian / Score




1


2


3


4


5


1


Pola irama







2


Tempo







3


Harmonisasi







4


Variasi Nada















Nilai   =   ∑Score Perolehan
                ∑Score Maksimal                                                                                                                                                                         Pekalongan,     Juli 2008


Mengetahui,


Kepala SMP N  Pekalongan                                    Guru Mapel Seni Musik









1 komentar:

  1. SELAMAT BELAJAR DAN MENGAJAR DI SMA III KOTA PEKALONGAN, SEMOGA SUKSES SELALU. SALAM BUAT P SAIFUL.

    BalasHapus

Kasih Komentar bagi yang masuk !!!

Baca juga ini !

Loading...

Daftar Blog Saya

SMAGA

SMAGA
Tempatku Berprestasi
Loading...

National Geographic POD

Loading...
Loading...

Ayo Gabung di Sini !!

Arsip Blog

Komunitas Smaga Pekalongan

Enjoy broo, gabung, apa yang kamu lihat, rasakan dan dengar di Smaga tuangkan di sini....! thanks attensinya ........

Daftar Blog Saya