Senin, 02 Maret 2009

FACE BOOK


Facebook

Siapakah yang tidak punya facebook hari ini?Saat ini facebook merupakan salah satu identitas yang akan ditanyakan ketika ada individu baru yang menjalin pertemanan dengan individu lainnya. Kadar pentingnya mungkin berada setelah nama. jadi, nama dan facebook adalah identitas yang diperlukan ketika berkenalan.
Sebelum Facebook, ada Friendster yang juga merupakan situs jejaring pertemanan. Tapi sepertinya saat ini Friednster sudah mulai ‘ditinggalkan’ karena fasilitas yang ditawarkan tidak secanggih Facebook.
Berikut ada beberapa kelebihan facebook yang dipaparkan oleh Jafis (humas Wongkito.net) dan Ardi Hidayat (ketua wongkito.net) yang hadir sebagai narasumber Blogger Community pada Minggu (22/02).
1. Clean Layout
Layout yang sangat baik walaupun ada beberapa menu yang posisinya tak gampang ditemukan.
2. No advertising
Tidak adanya banner ataupun iklan gambar yang mencolok. Facebook memiliki block atau fitur yaitu flayer untuk mengiklankan sesuatu tapi pengguna tidak akan menyangka itu adalah iklan.
3. Network
Pada awal pembuatan akun kita disuruh memilih jaringan utama berdasar negara. Dengan fitur ini kita dengan mudah menemukan teman yang ada di Indonesia.
4. Grup
Berbeda dengan Friendster yang mengharuskan kita membuat akun untuk komunitas atau sekolah, di Facebook kita bisa membuat grup di mana grup ini memiliki fitur yang sangat baik untuk membentuk komunitas online seperti diskusi, foto, wall atau testimonial, dan fitur lainnya.
5. Photo Album
Kita bisa membuat foto album sehingga foto kita bisa dibuat kategori. Dan fantastisnya jumlah foto tak dibatasi alias unlimited.
6. Selling
Facebook memiliki fitur yang memungkinkan kita menawarkan barang atau jasa ke pengguna lain. Berbeda dengan Friendster yang cuma menyediakan buletin.
7. Even
Kita bisa mengisi even atau kegiatan yang kita ingin pengguna lain tahu. Misalnya ada party atau launching produk kita bisa mengisi even dan pengguna lain bisa melihatnya. Di Friendster lagi-lagi cuma bisa masuk di buletin.
8. Status update
Kita bisa mengisi status kita sedang apa saja. Misalnya lagi di rumah, pergi kuliah, semua itu bisa di update dan bisa dilihat oleh pengguna lain. Jadi kita bisa tahu kegiatan sehari-hari teman kita.
9. Mobile access
Fitur yang sangat mobile. Kita bisa update status, add friend, atau kegiatan di Facebook lainnya dengan mengirim SMS. Hampir sama dengan SMS Banking.
10. Mobile Browsing
Bisa mengakses website Facebook langsung dari telepon seluler (ponsel). Dengan tampilan yang disesuaikan kondisi ponsel akses lebih mudah dan cepat dibanding mengakses website dengan tampilan desktop dari ponsel.
11. Anti Fake Akun dan Spam
Facebook memiliki fitur yang mantap mencegah akun palsu dan spam. Untuk mendaftar dengan nama yang bisa dicurigai akun palsu kita harus mengirim request ke email untuk dibuatkan akun oleh technical support Facebook. Untuk tiap aksi posting, kita harus mengisi CAPTCHA untuk mencegah spam. Bila tidak ingin terus menggunakan CAPTCHA, kita bisa memverifikasi akun dengan mengirim konfirmasi ke ponsel kita dan kemudian mengisi form verifikasi sesuai kode yang dikirim ke akun kita.
12. Develop your Facebook Widget
Kita bisa membangun aplikasi kemudian dipasang di profil kita menggunakan API dari Facebook platform. Bisa buat game, feed reader, dan aplikasi lainnya.
13. Bandwith yang dipakai tidak terlalu besar, sehingga surf di Facebook lebih cepat daripada di Friendster.
14. Tag Photo dengan fitur ini, maka saat foto bersama, sesama pengguna Facebook bisa tagging atau menandai orang lain yang ada dalam foto tersebut, dan akan terkirim ke Facebook orang yang di tag.
15. Banyak game bagus yang bisa langsung dimainkan di Facebook langsung.
Loading...

Ayo Gabung di Sini !!

Arsip Blog