Kamis, 26 Februari 2009

MUSIK MANCANEGARA




MUSIK POPULER LUAR NEGERI


A. Musik Populer Luar Negeri
Adalah musik populer yang lirik dan melodinya datang dan berasal dari luar negeri.

Jenis-jenis musik populer luar negeri :
1. Musik Klasik
Adalah musik yang memiliki estetika atau keindahan yang mencapai tingkat mutu yang memuaskan dan mengandung nilai seni yang sangat tinggi.
Musik klasik lahir dan berkembang pada zaman setelah Barok-Rokoko yang dimulai melalui karya Johann Stamitz.

Ciri-ciri ( karakteristik ) musik klasik :
1. Peralihan dinamik dari pelan (decrescendo) menjadi keras (crescendo) dan sebaliknya.
2. Peralihan kecepatan dari mempercepat tempo (accelerando) atau menguranginya menjadi lambat (ritardando) dan sebaliknya.
3. Hiasan ornament dibatasi pemakaiannya.
4. Pemakaian harmoni akor tiga yang berlaku.

Latar belakang sejarah perkembangan musik klasik :
a. Musik Zaman Abad Tengah
1. Musik liturgi bersuara satu
2. Musik duniawi bersuara satu
b. Musik Beberapa Suara
c. Musik Zaman Renainssance
1. Pertumbuhan musik duniawi
2. Pertumbuhan musik instrumental tersendiri
3. Pertumbuhan musik opera
4. Pertumbuhan musik kegerejaan Protestan
d. Musik Zaman Barok dan Zaman Rokoko
Tokoh-tokohnya :
~ Johann Sabastian Bach (1685-1750)
~George Friederich Haendel (1685-1759)
e. Musik Zaman Klasik
~Johnn Stamitz (1717-1757)
~Franz Joseph Haydn(1732-1809)
~Wolfgang Amadeus Mozart (1765-1791)
f. Musik Zaman Romantik
~Ludwig Von Beethoven (1770-1827)
~Franz Peter Schubert (1797-1823)
~Francois Frederic Chopin (1810-1849)
g. Musik Peralihan Menuju Zaman Modern
~Gustav Mahler (1860-1911)
~Peter Ilist Tsaikofski (1840-1893)
h. Musik Angkatan Modern
~Claude Achille Debussy (1862-1918)
~Bela Bartok (1881-1945)

Tugas kelompok : Carilah biografi salah satu dari tokoh musik klasik di atas !

2. Musik Jazz
Adalah jenis musik yang dimainkan atas dasar ritme dan perasaan disertai spontanitas dan dari permainan tersebut dihasilkan improvisasi-improvisasi.

Improvisasi ialah mencetuskan suatu rangkaian melodi lagu pada vocal atau dalam susunan nada harmoni/chord pada istrumen (piano/gitar) yang pada suatu saat ide tersebut muncul di otak tanpa difikirkan atau dipersiapkan terlebih dahulu.

Ciri~ciri musik Jazz :
~Bass progresif (walking bass)
~Ritme mengantung/patah-patah (syncop)
~Susunan melodi improvisasi
~Penggunaan akor dissonant

Sejarah lahirnya musik Jazz
Pada dasarnya, musik jazz berakar pada musik blues. Tahun 1861-1865 di Amerika Serikat berkecamuk perang saudara (civil war), antara pihak utara dan pihak selatan. Pihak utara dipimpin oleh Abraham Lincoln menghendaki perbudakan dihapuskan. Pihak selatan yang di pimpin Kolonel Robert E. Lee tentu saja menolak, karena di daerah selatan banyak terdapat kawasan pekebunan yang banyak memperkerjakan budak-budak belian yang terdiri dari kaum negro.
Demikian juga keadaan di kebun kapas milik orang Perancis yang terdapat di delta sungai Mississipi. Para budak belian yang kerja paksa tersebut dilarang berbicara satu sama lainnya, walau pada saat istirahat sekalipun, tetapi mereka diperkenankan menyanyi atau berpantun. Oleh karenanya pada waktu istirahat mereka bernyanyi dengan pantun sebagai sarana komunikasi dalam mencurahkan kepedihan hatinya. Mereka bernyanyi silih berganti, sementara yang lainnya mengiringi dengan bertepuk tangan atau memukul-mukul kayu dan benda-benda lainnya.
Setahun sekali orang-orang Perancis itu, merayakan hasil panen mereka dengan pesta yang disebut Mardi Grass, yang dimeriahkan oleh marching band. Sehari-harinya orang-orang Perancis sering memainkan musik tradisional yang mereka bawa dari Eropa yaitu musik klasik pada sore atau malam hari.
Pada waktu civil war berlangsung, banyak orang Perancis yang mengungsi dan meninggalkan rumah kediaman mereka beserta isinya. Budak-budak negro itupun menemukan alat-alat musik yang ditinggalkan tuannya, dan mencoba memainkan instrument tersebut. Para budak negro tersebut meniru cara tuan mereka memainkan intrumen tersebut apa adanya dan asal bunyi saja.
Tanggal 9 April 1865, Kolonel Lee menandatangai perjanjian. Pihak selatan kalah dan perbudakan dihapuskan. Selanjutnya pada pesta Mardi Grass, para negro itu menari dan bernyanyi-nyanyi sepanjang jalan di New Orleans. Gaya nyanyian mereka kemudian disebut sebagai gaya New Orleans atau Blues.
Dengan berakhirnya civil war dan perang Amerika–Spanyol, banyak alat-alat marching band milik militer yang diperjual-belikan di toko-toko loak. Para Negro itupun banyak yang membelinya, mereka memainkan alat-alat tersebut untuk mengiringi gaya menyanyi New Orleans ataupun instrumental. Itulah peristiwa yang disebut sebagai lahirnya atau asal mula musik Blues yang juga dikatakan sebagai lahirnya musik Jazz.
Blues sendiri berasal dari kata blue artinya sedih. Berdasarkan moment historial inilah maka dikatakan bahwa jazz adalah manifestasi tangis kesedihan kaum negro yang mendambakan pembebasan dirinya dari perbudakan.

Tokoh-tokoh musik Jazz
~Louis Amstrong
Penyanyi, trompetis, dan pencipta lagu dengan julukan Scathmo. Dikenal karena teorinya tentang syncopation dan suara seraknya. Salah satu karyanya adalah Hello Dolly.
~Paul Whiteman
Dirigen dan arranger Amerika yang lahir pada akhir abad ke -19. Ia banyak menggarap ilustrasi film. Salah satu karya yag penting adalah Rhapsody in blue dari karya Gershwin yang terkenal.
~Duke Ellington
Pemimpin orkes, aransir, pencipta, dan pianis yang merupakan tokoh besar jazz Negro-Amerika. Lahir di Washington 1899 dan wafat di New York 1974. Jika mendengar karya-karyanya seakan-akan menyaksikan gambaran plastik perjalanan sejarah suatu bangsa besar yang nota-bene lengkap pula dengan jeritan dan aib lewat kemapuan yang musykil namun luluh dari seoarang seniman besar. Karya-karya populernya yang menjadi lagu standar, misalnya Sophisticated lady, Mondigo, Solitude dan yang lain Such sweet thunder.
~Chris Barber
Pemimpin band, pemain trombone, dan pencipta lagu. Ia termasuk pemusik jazz paling baik dari Inggris pada dasawarsa 50-60 an. Album jazz-nya yang terkenal antara lain Collaboration.
~Charlie Parker
~Miles Davis
~Ornette Coleman

Aliran-aliran dalam musik Jazz
1. Ragtime 7. Free Jazz
2. New Orleans /Dixieland 8. Latin Jazz
3. Swing 9. Afro Cuban Jazz
4. Be-Bop 10. R & B Jazz
5. Cool Jazz 11. Acid Jazz
6. Hard Bop



3. Musik Rock
Adalah aliran musik dalam bentuk komposisi melodi maupun harmoni penuh dengan improvisasi dissonan (tidak enak didengar) yang memekakkan telinga.

Ciri-ciri musik Rock :
~Dibawakan oleh anak-anak muda dengan penuh emosi yang berkobar-kobar, sehingga bernyanyi sambil menjerit-jerit, berjingkrak-jingkrak sebebas mungkin
~Menggunakan alat–alat listrik dan sound berkekuatan watt besar
~ Syair/lirik biasanya anti kemapanan dan protes sosial
~Berpakaian (kostum) apa adanya

Di awal kemunculannya (dasawarsa 1950-an) sangat di gusari oleh pihak kaum tua. Namun musik ini justru disenangi oleh kaum muda karena dianggap sebagai musik yang diharapkan memberi kebebasan gerak, sekaligus alat ekspresi diri, yang memberi pernyataan disertai pelepasan diri atas kungkungan yang berlaku.

Tokoh-tokoh musik rock yang populer :
~Queen
Kelompok vokal dan instrumental yang paling hebat awal dasawarsa 1970-an. Beranggotakan Freddie Mercury (vokal), Brian May (gitar), Roger Taylor (bass), dan John Deacon (drum). Berhasil memadukan unsur klasik yang menghasilkan musik rosk paling mewah dari musik yang ada saat ini pun.
Lagu-lagunya yang populer diantaranya : Queen, Bohemian Rhapsody, Ibrahim, dll.
~Rolling Stone
Kelompok vokal dan instrumental paling tangguh sejak tahun 1964, terdiri dari Mick Jagger (vokal, harmonica), Keith Richard (gitar utama, vokal), Brian Jones (gitar, harmonica, sitar), Bill Wyman (bass), dan Charlie Watts (drum)
~Scorpions, Emerson Lake Palmer, Def Leppard, Deep Purple
~Focus , Led Zeppelin, Radio head, Motley Crue, Nazareth,
~White Lion, Fire House, Jon Bon Jovi, Faith No More, Mr.Big
~Guns N’ Roses, Poison, White Snake, Iron Maiden, Van Hellen, Aerosmith, Mettalica, Sepultura , Nirvana, Linkin Park,dll

4. Musik Rock ‘n Roll
Adalah suatu corak musik hiburan yang berangkat dari pola boogie woogie sebagai kesinambungan blues di satu pihak dan akar country di pihak lain.
Tokoh-tokoh musik Rock’n Roll :
~Fats Antoine Domino
Adalah penemu dari musik rock’n roll yang saat itu secara tidak sengaja bermain di atas piano untuk gaya yang saat itu disebut honky tonk piano.
Pianis, penyanyi dan pencipta lagu ini, lahir di New Orleans 1928. Ia mencipta suatu melodi dengan cara lumrah yaitu duduk didepan piano, menyiapkan pita rekaman, dan begitu tertangkap gagasan-gagasannya, langsung ia memainkannya, dan langsung jadi pula. Lagu ciptaan yang pertama Fatman (1950) mendapat sambutan yang sukses. Lagu-lagunya yang lain : Rockin chair, How long, goin’ home. Fats Domino mencipta dan menyanyi beberapa hit, yang kemudian menjadi pola musik rock di kemudian hari antara lain : Ain’t it a shame, All by myself, Ican’t go on dan Poor me.


~Elvis Presley
Penyanyi, gitaris, pencipta lagu, dan aktor, lahir di Tupelo, Mississipi, 8 Januari 1935. Julukannya The King of Rockn’ roll. Salah satu ciri yang membuat publik menyukainya adalah suaranya yang mirip orang kedinginan, selain wajahnya yang cakep, rambut serta pakaiannya yang khas, membuat banyak fans wanita menggilainya. Lagu perdananya yang cukup digandrungi adalah Heart Break Hotel. Lagu–lagu lainnya antara lain : Love me tender, I feel so good, dll

5. Musik Pop
Musik ini identik dengan Band, yaitu kesatuan musik yang terdiri dari 4 hingga 8 orang yang membawakan lagu jenis pop dengan ciri dan gaya tersendiri yang mengutamakan beat (gerak irama), emosi dan hot.

Instrumen yang dipergunakan dalam band, tidak ditentukan jenisnya, namun pada umumnya satu perangkat terdiri dari : gitar (melodi, rhytm), gitar bass, organ/keyboard, drum serta tambahan saksophone, trompet dll. Sehingga merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

Kebanyakan group band ternama beserta orang-orang top, sebagian besar di dominasi oleh negara Inggris seperti The Beatles dan Bee Gees (Australia).
~The Beatles
Berdiri di Liverpool Inggris, yang beranggotakan John Lennon (lead vokal, pencipta, piano dan gitar), Paul McCartney (gitar , piano, fuzz, vokal), George Harrison (lead gitar, sitar) dan Ringgo Starr (drum, vokal). Pengaruh musik Beatles sangat besar sekali ke penjuru dunia, banyak band bermunculan yang berkiblat padanya, baik dari segi musikalitas maupun gayanya. Lagu-lagunya banyak digemari, antara lain: I saw you standing there, Hey Jude, Imagine, dll.
~Bee Gees
Band asal Australia dari periode rock akhir dasawarsa 1960-an, yang disebut-sebut sebagai pelopor sweet sound rock. Personilnya Barry Gibb (vokal), Maurice Gibb (bass), Robin Gibb (vokal, piano), Vince Melanoey (gitar), dan Colin Peterson (drum).
Bentuk musiknya banyak merangsang pemusik Indonesia, seperti : Koes Plus, Panbers, dan The Mercy’s . Lagu-lagu hits-nya antara lain : I star a joke, Words, dll.
~Air Supply, ABBA, dll.

Tugas kelompok : Nyanyikan lagu barat, baik dengan atau tanpa iringan alat musik !






































Loading...
Loading...

Ayo Gabung di Sini !!

Arsip Blog

Daftar Blog Saya