KISI-KISI SOAL UJIAN TULIS SENI BUDAYA 2018
1.
Kritik seni merupakan......
A. Salah satu kegiatan memberikan apresiasi karya seni dengan tulisan
B. Salah satu kegiatan memberikan apresiasi karya seni dengan komentar
C. Salah satu kegiatan melemahkan apresiasi karya seni dengan menjelekkan
D. Salah satu kegiatan memberikan apresiasi karya seni dengan melebihkan
E. Salah satu kegiatan memberikan apresiasi karya seni dengan pujian
2. Kritik jenis populer adalah....
A. Jenis kritik seni yang ditujukan untuk
konsumsi massa/umum dengan gaya bahasa ilmiah
B. Jenis kritik seni yang
ditujukan untuk konsumsi massa/umum dengan gaya bahasa sederhana
C. Jenis kritik seni yang
ditujukan untuk konsumsi massa/umum dengan gaya bahasa populer
D. Jenis kritik seni yang hasil tanggapan atau penilaiannya disampaikan
secara terbuka melalui media massa.
E. Jenis kritik seni yang hasil tanggapan atau penilaiannya disampaikan
secara terbuka melalui internet
3.
Kritik
yang bertujuan mengangkat atau meningkatkan kepekaan artistik serta estetika
subjek belajar seni yaitu....
- Kritik
populer D.Kritik
kependidikan
- Kritik
jurnalis E. Kritik seni
- Kritik
keilmuan
4.
Urutan tahapan kritik seni yang tepat di bawah
ini:
- Deskripsi
data, analisa, interpretasif, simpulan/saran
- Deskripsi
data, analisis, interpretasi, simpulan/motivasi
- Deskripsi
data, analisis, interpretasi, simpulan/evaluasi
- Deskripsi
data, analisis, interprestasi, simpulan/evaluasi
- Deskripsi
data, analisis, kualifikasi, simpulan/evaluasi
5.
Menemukan, mencatat, dan memaparkan segala
sesuatu yang dilihat apa adanya dan tidak berusaha melakukan analisis atau
mengambil kesimpulan, adalah tahapan kritik seni...
A.
Deskripsi D.
Evaluasi
B.
Simpulan E.
Interpretasi
C.
Analisis
6. Menelusuri
sebuah karya seni berdasarkan struktur formal atau unsur-unsur pembentuknya,
adalah tahapan kritik seni....
A. Browsing D. Interpretasi
B. Searching E. Telusur
C. Analisis
7.
Penafsiran makna sebuah karya seni meliputi tema
yang garap, simbol, yang dihadirkan dan
masalah-masalah yang dikedepankan, adalah tahapan kritik seni....
A.
Deskripsi D.
Simpulan
B.
Analisis E.
Evaluasi
C.
Interpretasi
8.
Menentukan kualitas suatu karya seni bila
dibandingkan dengan karya lain yang sejenis
A. Deskripsi D. Simpulan
B. Analisis E. Evaluasi
C. Interpretasi
9.
Hasil interpretasi kritik seni yang baik,
tergantung dari.....
A.
Sudut pandang
D. Personal
B.
Wawasan luas E. Bahasa
C.
Agama
10.
Wujud kegiatan final dari
hasil berolah seni yang disajikan kepada khalayak ramai atau penonton.
A.
Pagelaran seni D. Pameran
B.
Ujian Praktek E. Pementasan
C.
Konser
11.
Istilah lain pagelaran yang tepat di bawah ini,
kecuali...
A.
Pementasan D.
Show, display
B.
Pertunjukan E.
Festival
C.
Exhibition
12.
Istilah pagelaran
biasanya digunakan dalam seni musik, seni tari, dan teater (drama), sedangkan dalam seni rupa dapat digunakan istilah.......
A. Pementasan D. Show,
display
B. Pertunjukan E. Festival
C. Exhibition
13.
Secara umum ada dua jenis tindakan dalam persiapan dan pelaksanaan pagelaran
seni yaitu ....
A. Kreatifitas managerial dan
kreatifitas konseptual
B. Kreatifitas emosional dan
kreatifitas ekspresional
C. Kreatifitas imajinasi dan kreatifitas
ekspresional
D. Kreatifitas pribadi dan
kreatifitas pelatih
E. Kreatifitas personal dan
kreatifitas antar teman
- Kreatifitas
managerial
berkaitan dengan berbagai macam pengaturan-pengaturan :
A.
Waktu, honor, biaya, kepanitian, sarana-sarana, rapat-rapat, dan evaluasi.
B.
Waktu, tempat, biaya, kepanitian, sarana-sarana, rapat-rapat, dan evaluasi.
C.
Waktu, tempat, transport, kepanitian, latihan, rapat-rapat, dan evaluasi.
D.
Waktu, tempat, biaya, kepanitian, sarana-sarana, rapat-rapat, dan evaluasi.
E.
Waktu, tempat, biaya, kepanitian, pelatih, rapat-rapat, dan evaluasi.
- Kreatifitas
Konseptual
(pengembangan Ide) berkaitan erat dengan penentuan, pengembangan, dan
pelaksanaan suatu ide dasar dari pagelaran seperti :
A.
Perumusan sasaran, penentuan tema, penjabaran isi tema, pengejahwantahan
isi tema, dan apresiasi pagelaran
B.
Perumusan tujuan, penentuan tema, penjabaran isi tema, pengejahwantahan isi
tema, dan apresiasi pagelaran
C.
Perumusan hakikat, penentuan tema, penjabaran isi tema, pengejahwantahan
isi tema, dan apresiasi pagelaran
D.
Perumusan tujuan, penentuan acara, penjabaran isi acara, pengejahwantahan
isi acara, dan evaluasi pagelaran
E.
Perumusan tujuan, penentuan tujuan, penjabaran isi tujuan, pengejahwantahan
isi tujuan, dan apresiasi pagelaran
- Kreatifitas
managerial berkaitan erat dengan pengembangan kemampuan kreatifitas dengan mengacu pada....
A. Nilai realitas dan nilai efisiensi
D. Nilai
efektifitas dan efisiensi
B. Nilai non efektifitas dan nilai efisiensi
E. Nilai moral dan
estetika
C. Nilai efektifitas dan nilai keindahan
- Kreatifitas
konseptual berkaitan erat pengembangan kemampuan
kreatifitas dengan mengarah pada kepekaan rasa (empati) ...
A.
Nilai-nilai estetis dan etika dalam seni D.
Nilai efektifitas dan efisiensi
B.
Nilai-nilai religi E.
Nilai-nilai sosial
C.
Nilai-nilai estetika
18. Sebelum merencanakan,
mempersiapkan, dan melaksanakan pergelaran di Sekolah, kita perlu
mempertimbangakan kesesuaian waktu pelaksanan pergelaran dengan
A.
Kalender umum D.
Kalender Masehi
B.
Kalender Hijriah E.
Kalender Sekolah
C.
Kalender Pendidikan
19.
Dua hal penting lainnya yang
diperlukan dalam pagelaran adalah......
A. Sumber jasa dan kepanitian
pergelaran
B.
Sumber dana dan kepanitian pergelaran
C.
Pembina dan kepanitian pergelaran
D. Kepala Sekolah dan kepanitian
pergelaran
E.
Sponsor dan kepanitian pergelaran
20.
Kepanitian yang merupakan organisasi untuk pergelaran, di dalamnya terdapat
unsur yang harus mampu bekerja sama, sehingga dapat mengorganisir pelaksanan
pergelaran, antara lain di bawah ini, kecuali :
- Pihak–pihak yang telah
ditunjuk menjadi panitia harus mengetahui tugas masing-masing
- Para seksi harus segera
membuat program kerja dan rencana anggaran biaya serta melaporkannya kepada
ketua panitia untuk dibahas
- Pembuatan program kerja dan
angaran biaya tersebut harus realistis tidak mengada-ada
- Bertindaknya sebebasnya
tanpa koordinasi dengan Pembina
- Semua panitia harus dapat
berkoordinasi dan bersinergi
21.
Demi efektifnya dan terkontrolnya suatu pekerjaan, panitia pelu membuat suatu
program atau agenda kerja, program ini berisi :
- Jadwal rapat dan
penanggungjawabnya, serta bagaimana pelaksanaannya
- Jadwal koordinator dan
penanggungjawabnya, serta bagaimana pelaksanaannya
- Jadwal kegiatan dan
penanggungjawabnya, serta bagaimana pelaksanaannya
- Jadwal acara dan
penanggungjawabnya, serta bagaimana pelaksanaannya
- Tujuan kegiatan dan
penanggungjawabnya, serta bagaimana pelaksanaannya
22.
Rangkaian kegiatan pada saat pelaksanaan pagelaran yang di lakukan adalah....
- Pelaksanaan program dan
tugas-tugas dari panitia, setiap saat pembina menjalankan tugas yang
berhubungan dengan kegiatan pagelaran
- Pelaksanaan program dan
tugas-tugas dari pembina, setiap saat panitia menjalankan tugas yang
berhubungan dengan kegiatan pagelaran
- Pelaksanaan program dan
tugas-tugas dari panitia, setiap saat panitia menjalankan tugas yang
berhubungan dengan kegiatan pagelaran
- Pelaksanaan program dan
tugas-tugas dari kepala sekolah, setiap saat pembina dan panitia
menjalankan tugas yang berhubungan dengan kegiatan pagelaran
- Pelaksanaan program dan
tugas-tugas dari panitia, setiap saat seksi-seksi menjalankan tugas yang
berhubungan dengan kegiatan pagelaran
23.
Evaluasi pagelaran
bertujuan untuk......
- melihat segi positif dari suatu
pagelaran yang telah dilakukan agar pelaksanaan pagelaran yang akan datang
lebih baik
- melihat segi negatif dari
suatu pagelaran yang telah dilakukan agar pelaksanaan pagelaran yang akan
datang lebih baik
- melihat segi anggaran dari
suatu pagelaran yang telah dilakukan agar pelaksanaan pagelaran yang akan
datang anggarannya lebih besar
- melihat segi positif dan
negatif dari suatu pagelaran yang telah dilakukan agar pelaksanaan pagelaran
yang akan datang lebih baik
- melihat segi acara dari
suatu pagelaran yang telah dilakukan agar pelaksanaan pagelaran yang akan
datang lebih meriah
24.
Setelah evaluasi dilaksanakan, maka selesailah pelaksanan pergelaran seni
musik sekolah. Kegiatan terakhir atau selanjutnya adalah...
- Pembubaran panitia D. Rapat
- Laporan pertanggung jawaban E. Piknik
- Makan-makan
25.
Tugas ketua panitia pagelaran yang kurang tepat
di bawah ini......
- Mengatur dan menentukan jalannya suatu
pertunjukkan
- Membuat proposal, mengurus
perizinan
- Mengkoordinasikan jalannya
operasional seksi-seksi
- Memantau kegiatan yang
dilaksanakan oleh seksi-seksi
- Membuat konsep, mengambil
keputusan dan mempertanggung jawabkan tugas-tugas secara umum yang
dilaksanakan
26.
Tugas wakil ketua pagelaran yang tepat di bawah
ini.....
- Melaksakan tugas ketua apabila ketua tidak dapat melaksanakan
fungsinya
- Mendampingi atau membantu mengatasi pekerjaan ketua
- Menyuruh seksi-seksi bekerja
- Memantau kegiatan yang dilaksakan oleh seksi-seksi
- Membuat konsep, mengambil keputusan dan mempertanggung jawabkan
tugas-tugas secara umum yang dilaksanakan
27.
Tugas sekretaris pagelaran adalah di bawah ini, kecuali.....
- Mendampingi ketua dalam pelaksanaan kegiatan
- Membantu ketua dalam bidang administrasi
- Mencatat semua kebijaksanaan yang telah diputuskan dalam rapat panitia
- Membantu ketua dalam penyusunan konsep perencanaan
- Membawa laptop
28.
Tugas bendahara pagelaran adalah berikut ini, kecuali.....
- Menyimpan dan membukukan uang
- Mengatur arus uang yang keluar masuk
- Mempertanggungjawabkan keuangan
- Membagi-bagikan uang kepada panitia
- Mendorong seksi dana untuk mencari sponsor
29. Tugas
seksi penghubung (Humas) adalah berikut ini, kecuali...
- Mengurus izin pergelaran bila perlu
- Membuat propaganda, misalnya dengan poster, pengumuman, iklan dalam
surat kabar, televisi, dll
- Mencetak dan menjual/mengedarkan tanda masuk dan program acara
- Mengurus penerimaan tamu almamater pada saat pergelaran
- Meminta kesanggupan masing-masing anggota untuk ikut pergelaran
30. Tugas seksi dana yakni mencari dana untuk kepentingan pelaksanaan pergelaran. Pengumpulan
dana dapat dilaksakan dengan berbagai cara, antara lain :
A. Mengadakan
iuran, D.
Menjual tiket,
B. Sumbangan wajib, E.
Mencari sponsor dan donatur
C. Sumbangan suka rela
31. Tugas dari seksi tempat .......
- Menyusun kursi penonton
- Menentukan pintu masuk –keluar yang diperlukan
- Menghias panggung
- Membagi ruang pergelaran, blocking, tempat instrumen dan hiasan
- Menentukan corak/warna dekorasi
32. Tugas dari seksi pakaian
atau kostum adalah.....
- Menentukan warna dan model pakain para peserta pergelaran
- Mengurus jahitan pakain baru bila perlu dibuat
- Memeriksa kelengkapan dan keadaan pakain bila sudah tersedia
- Membagikan pakaian sebelum pergelaran
- Mengumpulkan kembali dan mengurus semua pakain yang sudah dipakai
dalam pagelaran
33. Tugas dari seksi alat musik
yang kurang tepat di bawah ini.......
- Membicarakan dengan ketua panitia mengenai instrumen yang akan
digunakan dan para pengisi acara/peserta pagelaran
- Mencari instrumen lain, bila yang biasanya dipakai tidak dapat
dipergunakan karena kurang memenuhi syarat
- Menentukan tempat/letak instrumen di atas panggung
- Mengurusi transportasi pengangkutan instrumen
- Membersihkan instrumen dan menghiasinya bila perlu.
34. Tugas dari seksi sound system
(tata suara) adalah.....
- Mencari dan menyediakan mikropon dan menepatkan di tempat yang sudah
ditentukan
- Mengatur pengeras sura sedemikan rupa sehinga suaranya terdengar balance
- Mencari urutan acara dengan keterangan lengkap mengenai solis
dan instrumen yang dipakai
- Menghubungi persewaan sound system
- Menghubungi sound engginering dan memberikan run down acara
35. Tugas seksi tata lampu
(Lighting) adalah......
- Memeriksa kekuatan lampu dan tempatnya sebelum pelaksanaan
- Memeriksa kuat arus listrik total, untuk bahan pertimbangan bila
diperlukan lampu tambahan
- Mencari tempat saklar lampu dan membuat catatan skema tentang tempat
lampu, warna lampu, dam saklar yang bersangkutan
- Mencari informasi mengenai urutan acara yang akan berlangsung
- Mengatur cahaya lampu seoptimal mungkin dapat memberikan suasana yang
pas, terang, indah dan enak bagi penglihatan
36. Tugas seksi tranportasi (angkutan
) yang benar berikut ini, adalah.....
- Menyediakan alat transportasi yang diperlukan
- Mengusahakan agar para pengisi acara dapat tiba tepat pada waktu yang
sudah ditentukan
- Menjemput artis jika ada bintang tamu
- Menjemput semua peserta pendukung acara
- Menjemput semua undangan
37. Tugas seksi konsumsi yang
tepat dibawah ini, adalah....
- Menyediakan konsumsi yang dibutuhkan sesuai anggaran
- Menyajikan barang konsumsi kepada hadirin, sesuai dengan ketentuan
- Mencari konsumsi semurah mungkin tanpa memperhatikan kadaluarsa dan
kesehatan
- Membuat konsumsi sendiri biar irit
- Memesan konsumsi berupa cathering
38. Tugas dari seksi dokumentasi
yang tidak tepat,......
- Menyiapkan alat dokumentasi sesuai dengan kebutuhan
- Mendokumentasikan setiap peristiwa/momentum yang dianggap perlu dan
penting
- Membuat foto dan video selfie
- Menyimpan dokumentasi dengan baik
- Mempublikasikan video ke youtube bila perlu
39. Tugas dari seksi keamanan yang kurang tepat berikut ini, adalah ....
- Mengamankan pelaksanaan pargelaran mulai dari persiapan sampai selesai
pergelaran
- Menghubungi atau mencari bantuan keamanan kepada aparat keamanan
sesuai dengan kebutuhan
- Menghubungi hansip, banser, FPI untuk membantu keamanan
- Mengkoordinir atau mencari bantuan keamanan kepada pastiga sesuai
dengan kebutuhan
- Mengkoordinir kepada anggota osis untuk membantu keamanan sesuai
dengan kebutuhan
40. Tugas dari seksi kesehatan
(P3K) yang tidak tepat, berikut ini.....
- Memberikan pertolongan awal
kepada peserta pagelaran dan para hadirin
- Mengkoordinir kepada anggota
PMR untuk membantu P3K
- Menghubungi atau mencari
bantuan kepada petugas kesehatan
sesuai dengan kebutuhan
- Mengkoordinir pembina untuk
membantu P3K
- Membawa ke dokter apabila
memerlukan pertolongan lebih lanjut
41. Tugas dari seksi acara
pagelaran yaitu :
- Menyiapkan, memantau persiapan, dan menyeleksi para pengisi acra
- Menyiapkan pembawa acara (MC)
- Membuat tata tertib pengisi acara dan hadirin, agar acara berjalan
tertib
- Membuat konsep acara
- Mengkoordinasikan pihak-pihak yang bertugas pada saat acara
dilaksanakan
42. Urutan tahapan dalam “kreatifitas konseptual” yaitu:
- Pemilihan, penjabaran tema, latihan persiapan hingga gladi resik dan pelaksanan
pentas
- Penjabaran, pemilihan tema, latihan persiapan hingga gladi resik dan
pelaksanan pentas
- Pemilihan, penjabaran tema, pelaksanan pentas dan latihan persiapan
hingga gladi resik
- Pelaksanan pentas, pemilihan,
penjabaran tema, dan latihan persiapan hingga gladi resik
- Latihan persiapan hingga gladi resik, pemilihan, penjabaran tema, dan
pelaksanan pentas
43. Hal-hal yang harus ditentukan
sebelum merumuskan tema pagelaran :
- Tujuan pagelaran, bentuk pagelaran
dan sasaran pagelaran
- Tema pagelaran, bentuk
pagelaran dan sasaran pagelaran
- Konsep pagelaran, bentuk
pagelaran dan sasaran pagelaran
- Tujuan pagelaran, konsep
pagelaran dan sasaran pagelaran
- Tujuan pagelaran, bentuk
pagelaran dan sajian pagelaran
44. Dua syarat tema dalam
pagelaran sebaiknya:.....
A.
Komunikatif dan mudah diingat D. Ellegant dan mewah
B.
Jelas dan padat singkat E. Exelenct dan Ellegant
C.
Rumit dan njlimet
45. Berikut ini sumber-sumber
tema pagelaran dapat digunakan ,kecuali
:
- Unsur-unsur musik D.
Unik
- Gagasan/pesan dari hasil
refleksi E. Nusantara
- Tema umum yang ada
46.
Unsur-unsur non musikal sebagai pendukung pagelaran seni, kecuali.....
- Kostum D. Penari
latar
B. Blocking
E.
Acara
C. Setting
47.
Manfaat latihan persiapan untuk pergelaran adalah
berikut ini, kecuali
- Meningkatkan penguasaan
materi acara
- Memperbaiki skenario
tampilan demi kesatuan tema
- Mempelajari dan mendalami
strategi untuk menjaga kesatuan antar-acara oleh penanggung jawab acara
(MC)
- Menghabiskan dana dan energi
- Mempersiapkan mental penyaji
48.
Berikut ini yang tidak termasuk tujuan rias untuk penari adalah...
A.
Memperkuat karakter D. Memberi warna pada wajah penari
B.
Menambah menarik penampilan E.
Menghias wajah agar lebih indah
C.
Menonjolkan watak
49. Pemeran
yang memerankan tokoh dalam pertunjukan teater disebut....
A.
Pemain D.Figuran
B.
Sutradara E.Lighting
C.
Artistik
50. Untuk
mengungkapkan gambaran watak dapat dilakukan rias wajah yang realistis maupun
nonrealistis merupakan tugas....
A. Tata
busana D. Sutradara
B. Tata
rias E.
Aktor
C. Tata
lampu
51.
Produk dari proses seni harus...
A.
Salah, Jelek, Asal D.
Exelent, Elegant, Glamour
B.
Mewah, Megah, Indah E.
Senang, Baik, Bahagia
C.
Baik, Benar, Indah
52.
Musik
adalah suatu karya seni yang disampaikan dengan media....
A.
Suara D.
Warna
B.
Gerak
E. Visual
C.
Energi
53.
Media penikmatan dari alunan bunyi seni musik melalui .....
A.
Tangan
D. Telinga
B.
Mata E.
Mulut
C.
Kaki
54.
Unsur-unsur musik adalah berikut ini, kecuali :
A.
Melodi D. Tekstur
B.
Harmoni E. Nada
C.
Irama
55.
Unsur
musik yang bersumber dari getaran suatu benda disebut.....
A.
Bunyi D.
Dinamika
B.
Irama E.
Gaya
C.
Harmoni
56.
Bunyi
yang teratur disebut....
A. Melodi D. Tekstur
B. Harmoni E. Nada
C. Irama
57.
Unsur
musik yang bersumber dari pola irama disebut.....
A.
Bunyi D. Dinamika
B.
Ritme E. Gaya
C.
Harmoni
58.
Unsur
musik yang bersumber dari keselaran, keserasian bunyi adalah....
A. Bunyi D. Dinamika
B. Irama E. Gaya
C. Harmoni
59.
Berikut
ini yang tidak termasuk dalam unsur pokok musik yaitu....
A.
Tempo D.
Irama
B.
Bunyi E.
Tekstur
C.
Melodi
60.
Panjang
pendeknya nada dalam musik dinamakan.....
A.
Bunyi D.
Melodi
B. Irama E. Dinamik
C. Harmoni
61.
Berikut
ini contoh dari harmoni musik yang tepat, adalah....
A.
Akor D.
Dinamika
B.
Ritme E. Gaya
C.
Tekstur
62.
Rangkaian
sejumlah nada atau bunyi berdasarkan perbedaan tinggi rendah, disebut....
A. Bunyi D. Melodi
B. Irama E.
Dinamik
C. Harmoni
63.
Allegro
merupakan tempo...
A.
Cepat D. Cepat cepat
B.
Agak
cepat E. Makin cepat
C.
Lebih
cepat
64.
Moderato
adalah termasuk tempo...
A.
Sedang D. Sedang agak perlahan
B.
Sedang
agak cepat E.
Sedang-sedang saja
C.
Sedang
lambat
65.
Volume
bunyi yang kuat atau lembut dan peralihan dari lemah ke kuat atau sebaliknya,
dinamakan....
A.
Tekstur
D. Irama
B.
Dinamik E. Gaya
C.
Tempo
66.
Pianissimo
adalah istilah musik, yaitu peralihan
bunyi...
A.
Sangat
lemah B. Lemah C.
Agak lemah D. Agak kuat E.
Sangat kuat
67.
Pengertian istilah musik “Staccato” yaitu....
A.
Terputus-terputus B. Lengkung C.
Keras D.
Antusias E. Dengan tekanan
68.
Urutan
pertama nilai komunikasi karya musik terdapat pada....
A.
Melodi B. Nada C. Irama D. Syair E. Harmoni
69.
Instrumen
musik gamelan Jawa yang tepat dibawah ini:................
A.
Bonang,
Saron, Slenthem, Ketuk-kenong-kempyang, Gambang, Suling, Rebab, Siter, Kendang,
Gong
B.
Bonang,
Demung, Peking, Slenthem, Ketuk-kenong-kempyang, Gambang, Suling, Rebab, Gitar,
Kendang, Gong
C.
Bonang,
Balungan, Slenthem, Ketuk-kenong-kempyang, Gambang, Suling, Rebab, Siter,
Kendang, Suwuk
D.
Bonang,
Bonang Penerus, Saron, Saron Demung dan Peking, Slenthem,
Ketuk-kenong-kempyang, Gambang, Suling, Rebab, Siter, Kendang, Gong
E.
Bonang
Penerus, Saron demung dan peking, Slenthem, Ketuk-kenong-kempyang, Gambang,
Suling, Kecapi, Siter, Kendang, Gong
70.
Pengertian
tangga nada pentatonis dalam karawitan Jawa:.......
A.
Tangga
nada yang digunakan bangsa Asia, yang mempunyai 5 nada, macamnya ada 2 yaitu
titilaras pelog : ji, lu, pat, mo, nem, pi (1,3,4,5,6,7 ) dan titilaras slendro
: nem, ji, ro, lu, mo (6,1,2,3,5)
B.
Tangga
nada yang digunakan suku Jawa, yang mempunyai 5 nada, macamnya ada 2 yaitu
titilaras pelog : ji, lu, pat , mo, nem, pi (1,3,4,5,6,7 ) dan titilaras
slendro : nem, ji, ro, lu, mo (6,1,2,3,5)
C.
Tangga
nada yang digunakan bangsa Asia, yang mempunyai 5 nada, macamnya ada 2 yaitu
titilaras pelog : ji, ro, lu, pat , mo, nem, pi (1, 2, 3,4,5,6,7 ) dan
titilaras slendro : nem, ji, ro, lu, pat, mo (6,1,2,3,4, 5)
D.
Tangga
nada nusantara , yang mempunyai 5 nada, macamnya ada 2 yaitu titilaras pelog :
ji, lu, pat , mo, nem, pi (1,3,4,5,6,7 ) dan titilaras slendro : nem, ji, ro,
lu, mo (6,1,2,3,5)
E.
Tangga
nada yang digunakan suku Sunda, yang mempunyai 5 nada, macamnya ada 2 yaitu
titilaras pelog : ji, lu, pat , mo, nem, pi (1,3,4,5,6,7 ) dan titilaras
slendro : nem, ji, ro, lu, mo (6,1,2,3,5)
71.
Perbedaan musik tradisional dengan musik non tradisional terletak pada :
A.
Ciri instrumen dan lagu yang di bawakan D.
Ciri adat dan budaya
B.
Ciri jenis musik dan kostum E. Ciri daerah dan lokasi
C.
Ciri melodi dan syair
72.
Ciri-ciri
musik tradisional, kecuali....
A.
Diwariskan
turun temurun
B.
Melibatkan
alat-alat musik daerah
C.
Sudah
mendapat sentuhan teknologi
D.
Lahir
dari suatu budaya masyarakat tertentu
E.
Mencerminkan
budaya daerah tertentu
73.
Cara
menghargai dan melestarikan karya musik tradisional, kecuali :
A.
Melestarikan
musik tradisional melalui media pendidikan
B.
Mengikuti musik modern
C.
Mengembangkan
musik tradisional dengan pagelaran seni
D.
Menghargai
musik tradisional
E.
Mengajarkan
kepada anak cucu tentang musik tradisional
74.
Musik modern dengan irama dan melodi yang berkembang pada saat tertentu
atau saat ini, disebut...
A.
Musik Tradisional D.
Musik Non Trasidisional
B.
Musik Kontemporer E.
Musik Eksplorer
C.
Musik Kolaborasi
75.
Berikut ini ciri-ciri musik kontemporer, kecuali......
A.
Warna bunyi bisa sejenis atau bisa berbagai jenis
B.
Memiliki improvisasi yang bervariasi mengikuti keinginan pemusik
C.
Bunyi dapat berasal dari sumber yang beragam, tidak hanya dari instrumen
musik
D.
Memakai tangga nada pentatonis
E.
Selera dan pemikiran individual
76.
Musik kontemporer dapat dibuat dengan mengekplorasi berbagai sumber bunyi
yang tepat dibawah ini, kecuali:....
A.
Tepuk tangan, bersiul, suara mulut, alat musik tradisional dan teknologi
canggih
B.
Tepuk tangan, bersiul, suara gigi, alat musik tradisional, dan teknologi
canggih
C.
Tepuk tangan, bersiul, suara anggota tubuh, alat musik tradisional, dan
teknologi canggih
D.
Tepuk tangan, bersiul, suara alam, alat musik tradisional, dan teknologi
canggih
E.
Tepuk tangan, bersiul, suara horor, alat musik tradisional, dan teknologi
canggih
77.
Berikut ini ciri-ciri penyajian musik kontemporer, kecuali :
A.
Inovatif D.
Menawarkan alternatif
B.
Pemikiran individual E.
Menuntut diterima oleh
masyarakat
C.
Perlu
adanya kreatifitas yang tinggi
78.
Penyajian musik kontemporer dapat berupa kreasi musik yang tepat dibawah
ini, adalah...
A.
Media vokal, media instrumen, media campuran dalam seluruh kelompok
masyarakat asia
B. Media vokal, media instrumen,
media campuran dalam seluruh kelompok masyarakat dunia
C. Media sosial, media instrumen,
media campuran dalam seluruh kelompok masyarakat Jawa
D. Media massa, media instrumen,
media campuran dalam seluruh kelompok masyarakat Indonesia
E.
Media vokal, media instrumen, media sosial dalam seluruh masyarakat dunia
79.
Tokoh-tokoh musik Kontemporer Indonesia, adalah berikut ini, kecuali....
A.
Rahayu Supanggah, Al Suwardi, Komang Astita, Harry Roseli, Nano Suratno,
B.
Sutanto, Ben pasaribu, Trisutji Kamal, Tony Prabowo,
C.
Yusbar Jailani, Dody Satya Ekagustdiman, Nyoman Windha,
D.
Otto Sidharta, Slamet Abdul Syukur, Oya Yukarya, Wayan Sandra
E.
Kitaro, Sungut, Badingkut
80.
Musik kontemporer merupakan musik masa kini yang terbentuk dengan
keterpaduan anatara musik alam, musik umum, musik daerah, dan musik....
A.
Barat B. Mesir Romawi D. Yunani E.
Arab
81.
Berikut ini langkah-langkah dalam membuat karya musik kontemporer, kecuali........
A.
Menentukan tema D.
Membuat motif dan frase musik
B.
Membentuk lagu E.
Membuat instrumen musik
C.
Membuat syair lagu
82.
Notasi musik kontemporer kadang hanya dapat dimengerti pemusik karena
notasinya ditulis dengan...
A.
Angka B. Huruf C. Tanda D. Gambar
E. Abjad
83.
Berikut ini adalah kemampuan dasar menciptakan musik kontemporer, kecuali......
A.
Pengetahuan musik D.
Olah vokal
B.
Apresiasi musik E.
Olah nada
C.
Teknik memainkan musik
84.
Jenis-jenis penyajian seni tari yang tepat dibawah adalah:....
A.
Solo,
berpasangan, dan kelompok
B.
Tunggal,
berpasangan, dan kolosal
C.
Individu,
berpasangan, dan kelompok
D.
Personal,
berpasangan, dan duet
E.
Tunggal,
berpasangan, dan kelompok
85.
Jenis tari
menurut koreografinya yang tepat
dibawah ini adalah:....
A.
Tari
kampung, tari klasik, tari kreasi baru, dan tari modern
B.
Tari
rakyat, tari klasik, tari kreasi baru, dan tari modern
C.
Tari
rakyat, tari klasik, tari non kreasi, dan tari modern
D.
Tari
rakyat, tari klasik, tari kreasi baru, dan tari non kreasi baru
E.
Tari
rakyat, tari klasik, tari kontemporer, dan tari modern
86.
Berikut
adalah jenis-jenis tema atau isi tari
A.
Pantomin,
Erotis, Kepahlawanan, dan Dramatari
B.
Phantom,
Erotis, Heroik, dan Dramatari
C.
Pantomin,
Erotis, Kepahlawanan, dan Sendratari
D.
Pantomin,
Erotis, Kepahlawanan, dan Dramatari
E.
Pantomin,
Erotis, Kolosal, dan Dramatari
87.
Seni
tari dalam masyarakat dipengaruhi oleh masyarakat dan budayanya, adapun
fungsinya adalah...
A.
Media
pemujaan, hiburan, pergaulan, ekspresi dan terapi
B.
Media
tontonan, tuntunan, pergaulan,ekspresi dan terapi
C.
Media
upacara, hiburan, pergaulan,ekspresi dan terapi
D.
Media
keagamaan, tontonan, pergaulan,ekspresi dan terapi
E.
Media
upacara, hiburan, pergaulan,ekspresi dan aksi
88.
Nilai
estetis adalah nilai keindahan dalam karya seni, adapun ciri-ciri nilai estetis
dalam karya tari adalah sebagai berikut kecuali: ....
A.
Mengungkapkan
ketidakharmonisan antara bentuk tari dan isi
B.
Menarik
atau menggugah
C.
Membawa
penonton dalam imajinasi ideal
D.
Membebaskan
penonton dari suasana ketegangan
E.
Mendorong
akal penonton menuju perpaduan mental dan spiritual
89.
Gerak
tema kepahlawanan dalam tarian adalah berikut ini, kecuali .....
A.
Gerak
pencak silat D. Olah kanuragan
B.
Perang E. Olah raga
C.
Gerak
beladiri,
90.
Gerak
kegembiraan dalam tarian yang tepat dibawah ini, kecuali....
A.
Gerak
sukacita D. Melenggang, bergoyang
B.
Meloncat-loncat E.
Menerkam
C.
Melambai-lambai
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentarmu berguna bagiku......