Kamis, 17 April 2014

SESULIT APA PUN PAGELARAN YANG DITEMPUH PASTI ADA CARA UNTUK MENGGAPAINYA.


                                                               By Fajril Fikri XII.IPA


DUBSTEP OF JAVA PERPADUAN ANTARA BUDAYA JAWA DENGAN BUDAYA LUAR

Pada akhir Agustus kami diberi tugas dari guru kami yang bernama pak saiful, untuk menampilkan pentas seni yang akan di laksanakan pada bulan Desember. Acara ini berlangsung secara turun temurun pada setiap tahun nya. Pada waktu itu pak saiful menerangkan tentang apa yang di maksud dengan pentas seni dan beliau menunjukan hasil karya kakak kelas yang sukses melakukan pentas seni pada tahun lalu. Kami pun disuruh untuk berembug apa yang akan kami tunjukan pada saat pentas seni berlangsung. Tema pada tahun kami adalah acultur projeck yaitu tentang akulturasi antara budaya lokal dengan budaya inter lokal, akulturasi sendiri adalah perpaduan bahasa kerenya duet lah. Kami bingung akan mengambil tema apa akhirnya satu minggu pun berlalu. pada saat itu pula pak saiful menagih “akan mengambil tema apa kelas kalian kelas kalian kelas yang lain juga sudah pada mengumpulkan apa yang akan dipentaskan””kami menjawab dengan tertawa belum pak” akhirnya pak saiful memberikan masukan tentang apa yang mau di pentaskan. Kami pun diberi waktu untuk berembug lagi, akhirnya kita sepakat perpaduan antara tari jawa dan tari hip hop (tari luar) yang diiiringi dengan musik jawa yaitu gamelan.
Dan diberi judul Dubstep of Java Cresendo yaitu perpaduan antara budaya jawa dengan budaya luar. Kami pun langsung membagi tugas jumlah siswa kelas kami ada 30 anak dan kami telah meilih empat bagian dalam koreo ini ada musik gamelan, penari jawa, penari hip hop, dan crew. Akhirnya kita mulai mencari pelatih, pelatih pertama telah gagal karena pemikiran pelatih dengan anak-anak tidak sejalan. Kita semua pusing mau mencari pelatih kemana lagi, berembug lagi lah kita. Akhirnya ketemulah pelatih tari jawa yang bernama bu Nanik, kita semua besyukur dengan kedatanagannya. Pada hari itu juga kita bertemu dengan pelatih hip hop yang bernama mas Tyo. Kita bingung karna belum ketemu pelatih pemain musik kita terus mencari, akhirnya salah satu guru Bk yaitu bu Dian meawarkan bahwa ayah adalah seorang pelatih musik jawa dan bernama pak Darsono, akhirnya kita mendapatkan pelatih masing-masing.
Kita pun membuat jadwal latian awalnya kita sepakat dengan hari minggu untuk berkumpul di sekolah semuanya. Tapi latian tari hip hop, jawa, dan gamelan dilakukan sepulang sekolah jadi pada hari minggu tersebut ketua kelompok menerangkan tentang perkembangan dan sampai mana kita latian. Dan tugas dari crew sendiri adalah membuat naskah drama, itu pada minggu awal latian. Pada minggu kedua latian karena pelatih tidak bisa datang ke sekolah akhirnya pemain gamelan berlatih di bernadus, tari hip hop dan jawa tetap di sekolah. Sebelum latian kami sepakat untuk iuran Rp2000 per anak setiap harinya, dan jika telat atau tidak datang pada saat latian berlangsung akan di denda.  Kami latian terus menerus setiap harinya pada akhirnya terjadilah perselisihan karna tidak sependapat tidak sepemikiran. Karna kita kurang berapa bulan lagi tamapil tapi belum menyatu jadi satu.
Kami juga bingung karna kita butuh property tetapi blum bikin dan tidak tau siapa kita akan menyerahkanya. Akhirnya salah satu dari kita mendapatkan orang yang mau membikin properti yaitu yang bernama pak Trinil disamping membikin property beliau juga mendampingi dan mengarahkan kekami agar pentas kami sukses. Tetapi apa boleh buat banayak anak yang ijin karena ada suatu hal yang harus di kerjakan, akhirnya kerjasa tim mulai redup lagi, karna itu latian kami tidak efektif anak-anak juga diatur pada susah sibuk maen hp sendiri sibuk ini sibuk itulah. Padahal pentas kurang satu bulan tetapi belum sempurna.
Kita hampir hancur kita hampir jatuh, akhirnya kita diberi masukan oleh pelatih-pelatih kita dan di beri motivasi tidak disangka masukan itu membuat anak-anak sadar bahwa kerja sama tim harus selalu ada bahwa kerja sama tim adalah kunci suksesnya acara ini. Walaupun diguyur hujan tetapi kita semua tetap semngat, alhamdullilah akhirnya semua koreo bisa menyatu menjadi satu dari awal pembukaan hingga penutupan. Akan tetapi property belum selesai seratus persen saya dan anak laki-laki mengerjakan hingga malam karna besok harus sudah tampil.
Kita selesai sekitar  jam 12 malam memebuat property, pagi jam lima kita harus sudah berkumpul untuk berangkat kesekolah untuk di make up. Tepat pukul jam delapan acara pagelaran seni di buka pada waktu itu bertepatan pada hari sabtu. Kelas kita sendiri mendapat jatah jam 11 siang. Lama menunggu akahirnya giliran kelas kita tiba perasaan degdegan menyelimuti kita semua. Dan akhirnya kita tampil sorak sorai penonton menghiasi suara telinga kami pada saat itulah tidak ada perasaan degdegan lagi hanya fokuslah yang ada dipikiran kami semua. Pembukaan diawali dengan musik gamelan dan diikuti dengan sinden dan dalang. Penari cowok jawa siap menunjukan aksinya dan penari hip hop masuk merusak keadaan dan terjadilah konflik antara penari jawa dengan penari hip hop. Konflik itu bisa diredam dan di damaikan setelah penari jawa menunjukan tarian jawa. Akhirnya penari hip hop terkagum kagum dengan tarian jawa mulai saat itulah terjadi perdamain dan terjadilah akulturasi. Pada ending pentas kami, kami mengibarkan bendera pusaka merah putih dan diikuti hormat dari penonton hal itu menunjukan suksesnya pentas kami. Saya juga sedikit kecewa sebagian TAMU maupun GURU ada yang tidak hormat entah lah apa mungkin mereka bukan warga INDONESIA. Pentas kami berakhir dengan adanya lagu gebyar-gebyar. Kita semua bersyukur tentang apa yang berhasil kita capai, kita semua terharu dan tidak percaya bahwa kita semua sukses melaksanakanya.
Itulah sedikit cerita tentang pengalaman kami , pengalaman ini tidak akan terlupakan bagi saya dengan adanya event ini kita satu kelas tambah akrab satu sama lain. INTINYA TIADA HAL YANG TIDAK BISA DI CAPAI SESULIT APA PUN MEDAN YANG DITEMPUH PASTI ADA CARA UNTUK MENGGAPAINYA.  Teruslah berdoa dan yakin dengan apa yang akan kita kerjakan………………………………………………………………………………………….END
Loading...

Ayo Gabung di Sini !!

Arsip Blog