Sabtu, 21 Mei 2011

LABORATORIUM DI SMAGA CANGGIH

LABORATORIUM DI SEKOLAH

Laboratorium adalah sarana yang cukup ikut andil besar dalam setiap sekolah. Selain sebagai media pembelajaran dalam KBM, juga untuk menunjang ketrampilan para siswanya di bidangnya masing-masing. Selain itu guru juga dapat mudah mnemberikan informasi dan pengajaran terhadap muridnya jika ada laboratorium seperti: lab. Fisika, lab. Bahasa, lab. Multimedia, dll.

Laboratorium juga sangat mempengaruhi prestasi belajar siswa, jika laboratorium yang digunakan baik maka prestasi siswa akan lebih baik. Begitu juga sebaliknya. Setiap laboratorium mempunyai fungsi tersendiri. Begitu juga dengan kelebihan dan kekurangannya.

Macam-macam laboratorium:
1.      laboratorium fisika
2.      laboratorium kimia
3.      laboratorium bahasa
4.      laboratorium multimedia
5.      laboratorium biologi
6.      laboratorium agama, dll.

Masih banyak laboratorium yang ada namun saya hanya memberikan yang ada di sman 3 saja. Untuk masalah srana dan prasaranpun juga sangat mempengaruhi kualits sebuah sekolah dalam membuat laboratorium. Laboratorium yang baik juga sangat diperlukan untuk menunjang semangat belajar siswa. Adapun ciri-ciri sebuah laboratorium yang baik adalah:
·         Ruangan cukup luas.
·         Ber-AC.
·         Kelengkapan laboratorium lengkap, seperti hydrant darurat, tempat sampah, jam, proyektor, komputer (kalau bisa sekalian dipasang internet).
·         Bersih, rapi, dan nyaman.

Namun, untuk lab di sman 3 masih ada yang kurang memadai, seperti contoh pada lab kimia: sarana yang di butuhkan masih kurang. Begitu juga untuk lab bahasa yang menurut saya sangat tertinggal dengan lab yang lain. Untuk masalah proyektor dan komputer semuannya ada, tapi untuk masalah kelengkapan seperti meja dan kursi masih kurang memadai. Begitu juga dengan atapnya yang sering bocor saat hujan datang. Untuk lab PAI, karena masih baru jadi belum ada kekurangan. Untuk lab fisika daN lab biologi kalau bisa di kasih AC, biar tidak gerah. Apalagi saat siang.

Mungkin itu sedikit saran saya yang kalau bisa diperhatikan, agar kami para siswa dapat melaksanakan KBM di laboratorium dengan maksimal. Terima kasih ..



Danie Amanullah
XI IPA 3

Loading...

Ayo Gabung di Sini !!

Arsip Blog