Kamis, 01 April 2010

Penanganan Pelanggaran Terhadap Nilai Dan Norma Sosial


Penanganan pelanggaran terhadap nilai dan norma sosial mempunyai sanksi. Yang diberikan.selain itu sanksi akan di berikan kepada individu atau anggota kelompok. Jika diantara keduanya tidak mematuhinya.biasanya yang tidak mematuhi akan dijatuhkan. Sanksi yang bersifat negative dapat berupa cemoohan dalam bermasyarakat seperti pengucilan.

Bahan penggunjingan orang banyak bahkan hingga didenda dan di penjara sekalipun yang sesuai dengan perundang undangan yang berlaku.seharusnya kita sebagai individu atau anggota
Kelompok mampu menyesuaikan diri dengan baik terhadap nilai dan norma social yang berlaku.lalu ada juga sanksi yang bersifat positif. namun,untuk bisa bersifat positif hendaknya kita mampu mematuhi nilai dan norma sosial seperti contohnya mendapatkan pujian bahkan hingga penghargaan sehingga dapat mengharumkan nama individu atau anggota kelompok dalam bermasyarakat.


Penanganan terhadap pelanggaran nilai dan norma sosial dapat dikatakan bersifat preventif maupun represif, jika penanganan yang bersifat preventif ini dilakukan sebelum terjadi sebuah pelanggaran yang bertujuan untuk mencegah terjadinya pelanggaran.sementara itu represif akan di adakan jika telah terjadi pelanggaran dan yang telah di upayakan supaya keadaanmulai pulih seperti sediakala.dapun usaha yang dilakukan pemerintah untuk mengendalikan dengan memadukan cirri preventif dan represif yang dimaksudkan agar suatu perilaku tidak merugikan kepada orang lain yang nantinya akan menimbulkan sebuah konflik.

Penanganan terhadap nilai dan norma sosial pada dasarnya merupakan sistem
Proses yang mendidik,mengajakbahkan bersifat memaksa.warga yang berperilaku sesuai dengan norma-norma sosial dalam bermasyarakat seperti berikut:
1. Sistem mendidik dimaksudkan supaya didalam individu atau seseorang terdapat sebuah perubahan sikap   dan tingkah laku untuk bertidak sesuai dengan nilai maupun norma.
2. Sistem mengajak dimaksudkan untuk mengarahkan agar perbuatan seseorang tersebut didasarkan pada nilai maupun norma dan tidak mematuhi kemauan individu-individu.
3. Sistem memaksa bertujuan untuk memengaruhi secara tegas agar seseorang yang akan bertindak sesuai dengan nilai maupun norma.


Loading...

Ayo Gabung di Sini !!

Arsip Blog