Rabu, 18 Februari 2009

RPP SENI BUDAYA KELAS XI SMS DUA (SKM)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Musik)
Kelas/Program : XI
Semester : 2.
Alokasi waktu : 2 Jam ( 2 X 45 Menit)

Standar Kompentensi 3
Mengapresiasi karya seni musik
Kompentensi Dasar 3.1
Mengidentifikasi makna dan peranan musik non tradisional Nusantara dalam kontekskehidupan budaya masyarakat.
Indikator
· Mengidentifikasi karya musik non tradisional Nusantara.
· Mendeskripsikan makna musik non tradisional Nusantara dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya.
· Mendeskripsikan peranan musik non tradisional Nusantara dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya.
· Mendemonstrasikan bernyanyi dan bermain alat musik lagu-lagu non tradisional Nusantara secara perorangan atau kelompok.

1. TUJUAN PEMBELAJARAN
· Siswa dapat mengidentifikasi karya musik non tradisional Nusantara dalam konteks kehidupan budaya masyarakat.
· Siswa dapat mendeskripsikan makna musik non tradisional Nusantara dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya.
· Siswa dapat mendeskripsikan peranan musik non tradisional Nusantara dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya.
· Siswa dapat bernyanyi dan bermain alat musik non tradisional Nusantara dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya.


2. MATERI POKOK DAN URAIAN MATERI
Musik non tradisional Nusantara.
- Karya-karya musik non tradisional Nusantara.
- Makna musik non tradisional Nusantara.
- Peranan musik non tradisional Nusantara.


Contoh :
Musik non tradisional Nusantara :
Lagu-lagu Kroncong.
Lagu-lagu Langgam
Lagu-lagu Stambul.
Lagu-lagu Pop
Lagu-lagu Wajib Nasional
3. METODE PEMBELAJARAN
a. Model :
b. Metode :


4. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN

Pertemuan 1
Tatap Muka
Non Tatap Muka
a. Kegiatan Pendahuluan ( 5 menit )
1. Motivasi : Apa yang dimaksud dengan Musik non tradisional ?
2. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
b. Kegiatan Inti ( 35 menit )
1. Guru mempresentasikan peranan, makna dan macam-macam musik non tradisional Nusantara dengan memutar contoh karya musik non tradisional Nusantara sambil menjelaskan masing-masing karya tersebut.
3. Siswa memperhatikan sambil mengamati dan merangkum apa yang di amatinya

c. Penutup ( 5 menit)
Guru menginformasikan kepada siswa untuk mempelajari materi yang dipelajari untuk pada pertemuan berikutnya.

Siswa membuat tugas multi mediamacam-macam musik Non tradisional Nusantara sesuai kelompok masing-masing


Pertemuan 2
Tatap Muka
Non Tatap Muka
a. Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
Guru menanyakan tagihan tugas yang telah di berikan minggu yang lalu
b. Kegiatan Inti (35 menit )
1. Guru mengajarkan musik Non tradisional (lagu Keroncong)
2. Siswa menirukan

c. Kegiatan Penutup ( 5 menit )
Guru memberitahukan kepada siswa mengenai evaluasi praktek individual minggu depan

Siswa menyalin kembali notasi lagu keroncong yang telah di ajarkan.

Siswa menginterpretasikan lagu keroncong yang telah di ajarkan



6. ALAT, BAHAN DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Buku-buku yang menunjang
Modul Pembelajaran ( buatan guru )
Bahan Ajar Power Point
Kumpulan lagu-lagu non tradisional (Keroncong)
Laptop, LCD, Speaker aktif, Mix
Keyboard, Gitar

6. PENILAIAN
a. Penilaian proses ( teori)
· Mendefinisikan musik non tradisional Nusantara
· Menyebutkan makna dan peranan musik non tradisional Nusantara
b. Penilaian akhir (praktek)
· Menyajikan hasil presentasi hasil pengamatan dengan memberikan contoh karya
lagu musik tradisional seempat, baik dengan vokal, instrumen, atau campuran vokal dengan instrumen baik secara kelompok ataupun individu






Pekalongan, 5 Januari 2008





Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMA N 3 Pekalongan Seni Budaya ( Seni Musik )




Drs. Soeroso Saiful Fallah, S.Pd
NIP. 131797691 NIP. 500109734










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Musik)
Kelas/Program : XI
Semester : 2
Alokasi waktu : 4 Jam ( 4 X 45 Menit)

Standar Kompentensi 4
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik.
Kompentensi Dasar 4.1
Mengembangkan gagasan kreatif serta mengaransir/merancang karya musik dengan
menggali beragam proses, teknik, prosedur, media, dan materi musik non tradisional
Nusantara.
Indikator
· Mendeskripsikan teknik mengaransir / merancang karya musik non Tradisional Nusantara.
· Menjelaskan prosedur dan materi yang digunakan dalam mengaransir karya musik non tradisional Nusantara.
· Mendemonstrasikan bernyanyi dan bermain alat musik lagu-lagu non tradisional Nusantara secara perorangan atau kelompok.

1. TUJUAN PEMBELAJARAN
· Siswa dapat mendeskripsikan teknik mengaransir / merancang karya musik non tradisional Nusantara.
· Siswa dapat mendeskripsikan prosedur yang digunakan dalam mengaransir / merancang karya musik non tradisional Nusantara.
· Siswa dapat mengaransir / merancang karya musik non tradisional Nusantara.
· Siswa dapat bernyanyi dan bermain alat musik lagu non tradisional Nusantara hasil aransir / rancangan untuk menunjukan sikap menghargai

2. MATERI POKOK DAN URAIAN MATERI
Karya musik berdasarkan gagasan musik non tradisional Nusantara.
- Teknik-teknik mengaransir /merancang karya musik non Tradisional Nusantara.
- Prosedur mengaransir / merancang karya musik non Tradisional Nusantara.
- Apresiasi hasil karya mengaransir / merancang musik-musik non Tradisional Nusantara.










3. METODE PEMBELAJARAN
a. Model :
b. Metode :


4. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN

Pertemuan 1
Tatap Muka
Non Tatap Muka
a. Kegiatan Pendahuluan ( 5 menit )
1. Motivasi : Apa yang di maksud aransemen musik ?

b. Kegiatan Inti ( 35 menit )
1. Guru menjelaskan tehnik dan prosedur mengaransemen karya musik
2. Guru memutar contoh karya musik Non tradisional Nusantara yang telah di aransir sambil menjelaskan masing-masing teknik dan prosedur yang di pergunakan.
3. Siswa memperhatikan sambil mengamati dan merangkum apa yang di amatinya

c. Penutup ( 5 menit)
Guru menjelaskan kembali inti materi yang telah di berikan.

Siswa mengaransir karya musik non tradisional Nusantara

Pertemuan 2
Tatap Muka
Non Tatap Muka
a. Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
Guru mengulang kembali materi minggu lalu.
b. Kegiatan Inti (35 menit )
1. Guru menanyakan kembali tugas minggu kemarin dan membagi kelompok
2. Siswa berkelompok mengaransir karya musik Non tradisional Nusantara

c. Kegiatan Penutup ( 5 menit )
Guru menjelaskan kembali inti materi yang telah di berikan.

Siswa mengaransir karya musik Non tradisional Nusantara dengan membuat iringan dan gerakannya




5. ALAT, BAHAN DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Buku-buku yang menunjang
Modul Pembelajaran ( buatan guru )
Bahan Ajar Power Point
Kumpulan lagu-lagu non tradisional
Laptop, LCD, Speaker aktif, Mix
Keyboard, Gitar
Kumpulan lagu-lagu menyesuaikan.


6. PENILAIAN
a. Penilaian proses( teori)
· Menuliskan hasil aransemen dalam buku not musik
· Menjelaskan teknik-teknik yang digunakan
b. Penilaian akhir (praktek)
· Memainkan hasil aransemen musik non tradisional, baik dengan vokal, instrumen, atau campuran vokal dengan instrumen baik secara kelompok ataupun individu
· Mendemontrasikan hasil karya aransemen musik vokal, instrumen, atau campuran vokal dengan instrumen baik secara kelompok ataupun individu




Pekalongan, 5 Januari 2008



Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMA N 3 Pekalongan Seni Budaya ( Seni Musik )





Drs. Soeroso Saiful Fallah, S.Pd
NIP. 131797691 NIP. 500109734








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Musik)
Kelas/Program : XI
Semester : 2
Alokasi waktu : 6 Jam (6 X 45 Menit)

Standar Kompentensi 4
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
Kompentensi Dasar 4.2
Menyiapkan pertunjukan musik dikelas
Indikator
Menyusun penjadwalan kegiatan penampilan.
Mengidentifikasi kepanitiaan pergelaran.
Mengidentifikasikan kebutuhan dalam pergelaran/penampilan musik.
Mengidentifikasikan acara pergelaran musik vokal dan musik instrumental

1. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat menentukan kepanitian pergelaran / penampilan musik kelas.
Siswa dapat mengidentifikasi program kegiatan pelaksanaan pertunjukan / pergelaran musik di kelas.
Siswa dapat mengidentifikasikan jenis acara dalam pertunjukan / pergelaran musik di kelas.
Siswa dapat mengidentifikasi alat musik yang akan digunakan.
Siswa dapat menentukan tempat pergelaran / pertunjukan musik
Siswa dapat mengidentifikasi acara dalam pergelaran / penampilan musik.
Siswa dapat mengidentifikasi acara pergelaran musik vokal dan musik instrumen.
Siswa dapat menentukan acara dan pengisi acara dalam pergelaran / pertunjukan musik di kelas.
Siswa dapat mengidentifikasikan penjadwalan pergelaran / penampilan musik di kelas.

2. MATERI POKOK DAN URAIAN MATERI
Pergelaran musik
- Pembentukan Kepanitian pergelaran musik kelas.
- Kebutuhan sarana prasarana dalam pergelaran musik kelas.
- Jadwal, jenis dan pengisi acara pergelaran musik kelas.


3. METODE PEMBELAJARAN
a. Model :
b. Metode :


4. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN

Pertemuan 1
Tatap Muka
Non Tatap Muka
a. Kegiatan Pendahuluan ( 5 menit )
Motivasi : Apa yang dimaksud dengan Pergelaran ?
b. Kegiatan Inti ( 35 menit )
1. Guru menjelaskan tentang managerial pergelaran (kepanitiaan, program kerja, pelaksanaan dan evaluasi) .
2. Guru menjelaskan tentang konseptual pergelaran (tema dan penjabarannya)
3. Siswa memperhatikan sambil mengamati dan merangkum apa yang di amatinya

c. Penutup ( 5 menit)
Guru menjelaskan kembali inti materi yang telah di berikan.


Siswa membuat susunan kepanitian pergelaran.

Siswa membuat program kerja pergelaran.

.


Pertemuan 2
Tatap Muka
Non Tatap Muka
a. Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
Guru memberi motivasi dan menanyakan kesiapan siswa untuk menampilkan pergelaran
b. Kegiatan Inti (35 menit )
1. Guru membagi kelompok pergelaran
2. Guru mengarahkan masing-masing kelompok dengan konsep yang telah di persiapkan
3. Siswa berkelompok melatih karya musik yang akan di tampilkan
c. Kegiatan Penutup ( 5 menit )
Guru memberi komentar atas hasil yang di capai siswa untuk lebih meningkatkan lagi.


Siswa membuat proposal pergelaran

Siswa membuat susunan acara pergelaran







Pertemuan 3
Tatap Muka
Non Tatap Muka
a. Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
Guru memberi motivasi dan menanyakan kembali kesiapan siswa untuk menampilkan pergelaran

b. Kegiatan Inti (30 menit )
1. Guru mengarahkan kembali masing-masing kelompok dengan konsep yang telah di persiapkan
2. Siswa berkelompok berlatih kembali karya musik yang akan di tampilkan
c. Kegiatan Penutup ( 10 menit )
Guru memberi evaluasi dan motivasi untuk hasil karya yang akan di nilai minggu depan



Siswa menyiapkan kelompok pergelaran masing-masing




5. ALAT, BAHAN DAN SUMBER PEMBELAJARAN
· Buku-buku yang menunjang
· Modul Pembelajaran ( buatan guru )
· Bahan Ajar Power Point
· Laptop, LCD, Speaker aktif, Mix
· Alat-alat Band dan akustik

6. PENILAIAN
a. Penilaian proses( teori)
· Menyusun kelompok sesuai dengan jenis penampilan
· Menjelaskan penampilan yang ditampilkan
· Membuat proposal kepanitiaan
b. Penilaian akhir (praktek)
· Menyiapkan penampilan sesuai jenis tampilan yang akan dipertontonkan baik dalam bentuk vokal, instrumen, atau campuran vokal dan instrumen secara kelompok ataupun individu.
· Menyeleksi penampilan tiap individu maupun kelompok yang telah dipersipkan.






Pekalongan, 5 Januari 2008



Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMA N 3 Pekalongan Seni Budaya ( Seni Musik )





Drs. Soeroso Saiful Fallah, S.Pd
NIP. 131797691 NIP. 500109734




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Musik)
Kelas/Program : XI
Semester : 2
Alokasi waktu : 6 Jam (6 X 45 Menit)


Standar Kompentensi 4
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
Kompentensi Dasar 4.3
Menggelar pertunjukan musik di kelas.
Indikator
· Menggunakan teknik yang benar dalam penampilan / permainan musik vokal dan instrument
· Mendemonstrasikan bernyanyi dan bermain alat musik secara perorangan maupun kelompok

1. TUJUAN PEMBELAJARAN
· Bernyanyi lagu-lagu Tradisional dan non Tradisional Nusantara dengan nada yang sesuai.
· Bernyanyi dengan teknik yang benar secara perorangan atau kelompok bergantian
· Bermainan alat musik dengan teknik yang benar secara perorangan atau kelompok bergantian.
· Bernyanyi dan bermain alat musik lagu-lagu tradisional Nusantara dan non tradisional Nusantara

2. MATERI POKOK DAN URAIAN MATERI
Pergelaran musik.
- Penampilan musik vokal dengan teknik yang benar.
- Penampilan musik instrument dengan teknik yang benar.
- Penampilan musik vokal dan instrument dengan teknik yang benar.
- Penampilan perorangan dan kelompok dalam pergelaran musik

3. METODE PEMBELAJARAN
a. Model :
b. Metode :






4. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
Tatap Muka
Non Tatap Muka
a. Kegiatan Pendahuluan ( 5 menit )
Persiapan pergelaran Kelas
b. Kegiatan Inti ( 35 menit )
1. Siswa menampilkan hasil karya dan kreasi mereka ( Tahap I )
2. Siswa kelompok lain melihat, mengamati dan mengapresiasi.
c. Penutup ( 5 menit)
Guru menilai dan memberi komentar atas hasil yang di capai siswa untuk lebih meningkatkan lagi pada kelompok lain.

Siswa menyiapkan kelompok pergelaran masing-masing


Pertemuan 2
Tatap Muka
Non Tatap Muka
a. Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
Persiapan pergelaran Kelas Tahap II
b. Kegiatan Inti (35 menit )
1. Siswa menampilkan hasil karya dan kreasi mereka ( Tahap II )
2. Siswa kelompok lain melihat, mengamati dan mengapresiasi.
c. Kegiatan Penutup ( 5 menit )
Guru menilai dan memberi komentar atas hasil yang di capai siswa untuk lebih meningkatkan lagi pada kelompok lain.


Siswa menyiapkan kelompok pergelaran masing-masing


Pertemuan 3
Tatap Muka
Non Tatap Muka
a. Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
Persiapan pergelaran Kelas Tahap III
b. Kegiatan Inti (30 menit )
1. Siswa menampilkan hasil karya dan kreasi mereka ( Tahap III )
2. Siswa kelompok lain melihat, mengamati dan mengapresiasi.
c. Kegiatan Penutup ( 5 menit )
Guru menilai dan memberi komentar atas hasil pergelaran secara umum.


Siswa menyiapkan kelompok pergelaran masing-masing



5. ALAT, BAHAN DAN SUMBER PEMBELAJARAN

· Buku-buku yang menunjang
· Modul Pembelajaran ( buatan guru )
· Bahan Ajar Power Point
· Laptop, LCD, Speaker aktif, Mix
· Alat-alat musik akustik dan alat Band
· Kumpulan lagu-lagu menyesuaikan.

4. PENILAIAN

a. Penilaian proses( teori)
· Menjelaskan penampilan yang ditampilkan
· Mendeskripsikan hasil karya yang akan ditampilkan
b. Penilaian akhir (praktek)
· Mendemontrasikan penampilan sesuai jenis tampilan yang akan dipertontonkan baik dalam bentuk vokal, instrumen, atau campuran vokal dan instrumen secara kelompok ataupun individu







Pekalongan, 5 Januari 2008





Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMA N 3 Pekalongan Seni Budaya ( Seni Musik )





Drs. Soeroso Saiful Fallah, S.Pd
NIP. 131797691 NIP. 500109734





RPP SENI BUDAYA KELAS XI SMS SATU (SKM)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Musik)
Kelas/Program : XI
Semester : I
Alokasi waktu : 4 Jam ( 4 X 45 Menit)

Standar Kompentensi 1.
Mengapresiasi karya seni musik.
Kompentensi Dasar 1.1.
Mengidentifikasi makna dan peranan musik tradisional Nusantara dalam konteks kehidupan budaya masyarakat
Indikator :
· Mengidentifkasikan karya musik tradisional Nusantara dalam konteks kehidupan budaya masyarakat .
· Mendeskripsikan makna musik tradisional Nusantara dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya.
· Mendeskripsikan peranan musik tradisional Nusantara dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya.
· Bernyanyi dan bermain alat musik karya musik tradisional Nusantara dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya

1. TUJUAN PEMBELAJARAN
· Siswa dapat mengidentifikasi karya musik tradisional Nusantara.
· Siswa dapat mendeskripsikan makna musik tradisional Nusantara dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya.
· Siswa dapat mendeskripsikan peranan musik tradisional Nusantara dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya.
· Siswa dapat mendemonstrasikan bernyanyi dan bermain alat musik lagu-lagu tradisional Nusantara secara perorangan atau kelompok

2. MATERI POKOK DAN URAIAN MATERI
Musik tradisional Nusantara.
- Karya-karya musik tradisional Nusantara.
- Makna musik tradisional Nusantara.
- Peranan musik tradisional Nusantara.


Contoh musik tradisional Nusantara khas Daerah Pekalongan
· Musik Tradisional setempat dari Pekalongan Jawa Tengah (kesenian Simtud Durror , alat musiknya Rebana, dan karya lagu “Tholaal Badru”.





1. 3. METODE PEMBELAJARAN
a. Model :
b. Metode :

4. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN

Pertemuan 1
Tatap Muka
Non Tatap Muka
a. Kegiatan Pendahuluan ( 5 menit )
1. Motivasi : Apa yang dimaksud dengan Musik tradisonal ?
2. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran

b. Kegiatan Inti ( 35 menit )
1. Guru menjelaskan peranan, makna dan macam-macam musik tradisional Nusantara
2. Guru memutar contoh karya musik tradisional Nusantara sambil menjelaskan masing-masing karya tersebut.
3. Siswa memperhatikan sambil mengamati dan merangkum apa yang di amatinya

c. Penutup ( 5 menit)
Guru menjelaskan kembali inti materi yang telah di berikan.

Siswa membuat makalah tentang musik tradisional dari Pekalongan

Pertemuan 2
Tatap Muka
Non Tatap Muka
a. Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
Motivasi : Guru menanyakan tagihan tugas yang telah di berikan minggu yang lalu.
b. Kegiatan Inti (35 menit )
1. Guru memutar contoh karya musik tradisional Nusantara sambil menjelaskan masing-masing karya tersebut.
2. Siswa memperhatikan sambil mengamati dan merangkum apa yang di amatinya.
3. Guru mengajarkan lagu tradisional Nusantara yang telah di aransemen
4. Siswa menirukan.




c. Kegiatan Penutup ( 5 menit )
Guru memberi tugas untuk penilaian minggu depan


Siswa mencari video musik tradisional lainnya dari Internet

Siswa berkelompok mencari lagu tradisional dengan membuat gerakannya.

4. Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
· Buku-buku yang menunjang
· Modul Pembelajaran ( buatan guru )
· Bahan Ajar Power Point
· Kumpulan lagu-lagu tradisional Nusantara.
· VCD lagu-lagu tradisional Nusantara
· Laptop, LCD, Speaker aktif, Mix
· Keyboard, Gitar, alat perkusi

6. Penilaian
a. Penilaian proses ( teori)
o Menjelaskan fungsi ,makna dan peranan musik daerah Pekalongan (sesuai tempat tinggal masing-masing-masing)
b. Penilaian akhir (praktek)
o Menyajikan karya lagu musik tradisional setempat, dengan contoh vokal, instrumen, atau campuran vokal dengan instrumen secara kelompok.





Pekalongan, 5 Januari 2008








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Musik)
Kelas/Program : XI
Semester : I
Alokasi waktu : 4 Jam ( 4 X 45 Menit)

Standar Kompentensi 1
Mengapresiasi karya seni musik
Kompentensi Dasar 1.2
Menunjukkan nilai-nilai dari pengalaman musikal yang terkandung pada musik tradisional
Nusantara.
Indikator :
· Mendeskripsikan karakteristik /keunikan karya musik tradisional Nusantara.
· Mendeskripsikan jenis – jenis alat musik tradisional Nusantara.
· Mendeskripsikan isi lagu tradisional Nusantara kedalam bahasa Indonesia.
· Mendemonstrasikan bernyanyi dan bermain alat musik karya musik tradisional Nusantara secara perorangan atau kelompok

1. TUJUAN PEMBELAJARAN
● Siswa dapat mendeskripsikan karakteristik / keunikan karya musik tradisional Nusantara.
· Siswa dapat mendeskripsikan keunikan alat-alat musik tradisional Nusantara.
· Siswa dapat mendeskripsikan teknik memainkan alat musik tradisional Nusantara.
· Siswa dapat mendeskripsikan syair lagu tradisional Nusantara ke dalam bahasa Indonesia.
· Siswa dapat mendemonstrasikan bernyanyi dan bermain alat musik karya musik tradisional Nusantara

2. MATERI POKOK DAN URAIAN MATERI
Tanggapan terhadap musik tradisional Nusantara.
- Keunikan /karakteristik karya musik Tradisional Nusantara.
- Jenis alat musik Tradisional Nusantara.
- Syair lagu karya musik Tradisional Nusantara.

3. METODE PEMBELAJARAN
a. Model :
b. Metode :


4. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN


Pertemuan 1
Tatap Muka
Non Tatap Muka
a. Kegiatan Pendahuluan ( 5 menit )
· Guru menanyakan alat musik tradisional Nusantara

b. Kegiatan Inti ( 35 menit )
1. Guru menjelaskan keunikan baik syair/ bahasa, alat musik masing-masing musik tradisional Nusantara
2. Guru memutar kembali contoh karya musik tradisional Nusantara sambil menjelaskan masing-masing keunikan karya-karya tersebut.
3. Siswa memperhatikan sambil mengamati dan merangkum apa yang di amatinya

d. Penutup ( 5 menit)
Guru menjelaskan kembali inti materi yang telah di berikan.

Siswa membuat kliping lagu-lagu dan instrumen yang di pakai musik dalam tradisional Nusantara secara kelompok.

Siswa membawa alat musik Rebana khas Pekalongan


Pertemuan 2
Tatap Muka
Non Tatap Muka
a. Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
Motivasi : Guru menanyakan tagihan tugas yang telah di berikan minggu yang lalu.
b. Kegiatan Inti (35 menit )
1. Guru mengajarkan musik tradisional khas Pekalongan
2. Siswa memeperhatikan, mengamati dan menirukan secara kelompok bergantian
c. Kegiatan Penutup ( 5 menit )
Guru memberi tugas untuk penilaian minggu depan


Siswa mencari video musik tradisional lainnya dari Internet

Siswa berkelompok mencari lagu tradisional Nusantara dengan membuat iringan dan gerakannya.


5. ALAT, BAHAN DAN SUMBER PEMBELAJARAN

Buku-buku yang menunjang
Modul Pembelajaran ( buatan guru )
Bahan Ajar Power Point
Kumpulan lagu-lagu tradisional Nusantara
VCD lagu-lagu tradisional Nusantara
VCD musik tradisional Pekalongan
Laptop, LCD, Speaker aktif, Mix
Keyboard, Gitar, alat perkusi dan alat musik Rebana.


6. PENILAIAN

a. Penilaian proses ( Teori)
o Menjelaskan keunikan /karakteristik, jenis alat musik ,syair lagu musik daerah Pekalongan (sesuai tempat tinggal masing-masing-masing)
b. Penilaian akhir (Praktek)
o Memainkan hasil pengamatan dengan memberikan contoh karya lagu musik tradisional setempat, baik dengan vokal, instrumen, atau campuran vokal dengan instrumen baik secara kelompok.





Pekalongan, 5 Januari 2008








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Musik)
Kelas/Program : XI
Semester : I
Alokasi waktu : 6 Jam ( 6 X 45 Menit)

Standar Kompentensi 2.
Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
Kompentensi Dasar 2.1
Mengembangkan gagasan kreatif serta mengaransir/merancang karya musik dengan menggali beragam teknik, prosedur, media, dan materi musik/lagu tradisional Nusantara.
Indikator
· Mendeskripsikan teknik mengaransir / merancang karya musik Tradisional Nusantara.
· Menjelaskan prosedur dan materi yang digunakan.
· Mendemonstrasikan bernyanyi dan bermain alat musik lagu-lagu tradisional Nusantara secara perorangan atau kelompok.

1. TUJUAN PEMBELAJARAN
· Siswa dapat mengidentifikasi teknik mengaransir / merancang karya musik tradisional Nusantara.
· Siswa dapat mendeskripsikan teknik mengaransir / merancang karya musik tradisional Nusantara.
· Siswa dapat mendemonstrasikan teknik mengaransir /merancang karya musik tradisional Nusantara.
· Siswa dapat mengidentifikasi prosedur yang digunakan dalam mengaransir / merancang karya musik tradisional Nusantara.
· Siswa dapat mendeskripsikan prosedur yang digunakan dalam mengaransir / merancang karya musik tradisional Nusantara.
· Siswa dapat mendemonstrasikan prosedur dalam merancang / mengaransir lagu tradisional Nusantara.
· Siswa dapat mengaransir / merancang karya musik tradisional Nusantara .
· Siswa dapat bernyanyi dan bermain alat musik lagu tradisional Nusantara hasil aransir / rancangan untuk menunjukan sikap menghargai


2. MATERI POKOK DAN URAIAN MATERI
Karya musik berdasarkan gagasan musik tradisional Nusantara
- Teknik-teknik mengaransir /merancang karya musik Tradisional Nusantara.
- Prosedur mengaransir / merancang karya musik Tradisional Nusantara.
- Apresiasi hasil karya mengaransir / merancang musik-musik Tradisional Nusantara


3. METODE PEMBELAJARAN
a. Model :
b. Metode :

4. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN

Pertemuan 1
Tatap Muka
Non Tatap Muka
a. Kegiatan Pendahuluan ( 5 menit )
1. Motivasi : Apa yang di maksud aransemen musik ?

b. Kegiatan Inti ( 35 menit )
1. Guru menjelaskan tehnik dan prosedur mengaransemen karya musik
2. Guru memutar contoh karya musik tradisional Nusantara yang telah di aransir sambil menjelaskan masing-masing teknik dan prosedur yang di pergunakan.
3. Siswa memperhatikan sambil mengamati dan merangkum apa yang di amatinya

e. Penutup ( 5 menit)
Guru menjelaskan kembali inti materi yang telah di berikan.

Siswa mengaranser karya musik tradisional Nusantara


Pertemuan 2
Tatap Muka
Non Tatap Muka
a. Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
Guru mengulang kembali materi minggu lalu.
b. Kegiatan Inti (35 menit )
1. Guru menanyakan kembali tugas minggu kemarin dan membagi kelompok
2. Siswa berkelompok mengaransir karya musik tradisonal Nusantara
c. Kegiatan Penutup ( 5 menit )
1. Salah satu kelompok mendemontasikan karya musik tradisional yang telah di aransir
2. Guru memberi tugas untuk penilaian minggu depan



Siswa mengaransir karya musik tradisional Nusantara dengan membuat iringan dan gerakannya.


Pertemuan 3
Tatap Muka
Non Tatap Muka
a. Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
Guru memberi motivasi dan menanyakan kesiapan siswa untuk menampilkan hasil kreasi mereka.
b. Kegiatan Inti (35 menit )
1. Siswa menampilkan hasil kreasi karya musik
yang telah di buat secara kelompok.
2. Guru mengamati, mengapresiasi, dan menilai hasil aransir karya musik yang telah di buat
c. Kegiatan Penutup ( 5 menit )
Guru memberi motivasi dan komentar atas semua yang telah di pertunjukkan.



5. ALAT, BAHAN DAN SUMBER PEMBELAJARAN
Buku-buku yang menunjang
Modul Pembelajaran ( buatan guru )
Bahan Ajar Power Point
Kumpulan lagu-lagu non tradisional
Laptop, LCD, Speaker aktif, Mix
Keyboard, Gitar, pianika dan alat perkusi
Kumpulan lagu-lagu Tradisional Nusantara.


6. PENILAIAN

a. Penilaian proses( teori)
Menuliskan hasil aransemen dalam buku not musik
Menjelaskan teknik-teknik yang digunakan
b. Penilaian akhir (Praktek)
· Memainkan hasil aransemen musik non tradisional, baik dengan vokal, instrumen, atau campuran vokal dengan instrumen baik secara kelompok ataupun individu
· Mendemontrasikan hasil karya aransemen musik vokal, instrumen, atau campuran vokal dengan instrumen baik secara kelompok ataupun individu




Pekalongan, 5 Januari 2008






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Seni Budaya (Seni Musik)
Kelas/Program : XI
Semester : I
Alokasi waktu : 6 Jam ( 6 X 45 Menit)

Standar Kompentensi 2.
Mengekspresi diri melalui karya seni musik.
Kompentensi Dasar 2.2.
Menampilkan karya musik yang telah diaransir di kelas.
Indikator
· Mendeskripsikan bentuk-bentuk penampilan musik
· Mendeskripsikan teknik-teknik penampilan musik vocal hasil aransir.
· Mendeskripsikan teknik-teknik penampilan musik instrumental hasil aransir.
· Mendemonstrasikan musik vokal dan instrumental dengan teknik yang benar secara perorangan atau kelompok

1. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa dapat mengidentifikasikan bentuk-bentuk penampilan musik di kelas.
Siswa dapat mendeskripsikan bentuk-bentuk penampilan musik di kelas.
Siswa dapat mendeskripsikan teknik-teknik penampilan musik vokal.
Siswa dapat mendeskripsikan teknik-teknik penampilan musik instrument.
Siswa dapat bermain alat musik hasil aransir dengan teknik yang benar.
Siswa dapat mendiskripsikan teknik-teknik penampilan musik vocal dan instrument.
· Siswa dapat bernyanyi dan bermain alat musik vokal dan instrument

2. MATERI POKOK DAN URAIAN MATERI
Pergelaran musik.
- Wawasan penampilan musik di kelas.
- Teknik penampilan musik vokal.
- Teknik penampilan musik instrument.
- Teknik penampilan musik vocal dan instrument hasil aransir


3. METODE PEMBELAJARAN
a. Model :
b. Metode :


4. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN

Pertemuan 1
Tatap Muka
Non Tatap Muka
a. Kegiatan Pendahuluan ( 5 menit )
Guru memberi motivasi siswa dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
b. Kegiatan Inti ( 35 menit )
1. Guru menjelaskan bentuk-bentuk penampilan karya musik baik dengan vokal, instrumen maupun campuran vokal dan instrumen.
2. Guru memutar contoh karya musik baik dengan vokal, instrumen maupun campuran vokal dan instrumen.sambil menjelaskan masing-masing teknik dan prosedur yang di pergunakan.
3. Siswa memperhatikan sambil mengamati dan merangkum apa yang di amatinya
c. Penutup ( 5 menit)
Guru menjelaskan kembali inti materi yang telah di berikan.

Siswa mencari partitur karya musik baik dengan vokal, intrumen maupu campuran vokal dan instrumen.

Pertemuan 2
Tatap Muka
Non Tatap Muka
a. Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
Guru membagi kelompok akapela, ansambel musik dan vokal group serta akustik.
b. Kegiatan Inti (30 menit )
1. Guru mengarahkan masing-masing kelompok dengan partitur yang telah di persiapkan

2. Siswa berkelompok melatih karya musik yang telah di persiapkan
c. Kegiatan Penutup ( 10 menit )
1. Salah satu kelompok mendemontasikan hasil latihan karya musik.
2. Guru memberi evaluasi dan motivasi untuk hasil karya yang akan di nilai minggu depan



Siswa mengaransir karya musik vokal
(akapela, paduan suara).

Siswa mengaransir karya musik instrumen
(ansambel ).

Siswa mengaransir karya musik campuran vokal dan instrumen
( vokal group, akustik)


Pertemuan 3
Tatap Muka
Non Tatap Muka
a. Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
Guru memberi motivasi dan menanyakan kesiapan siswa untuk menampilkan hasil latihan.
b. Kegiatan Inti (35 menit )
1. Siswa menampilkan hasil kreasi karya musik
yang telah di buat secara kelompok.
2. Guru mengamati, mengapresiasi, dan menilai hasil aransir karya musik yang telah di buat
c. Kegiatan Penutup ( 5 menit )
Guru memberi motivasi dan komentar atas semua yang telah di pertunjukkan.


5. ALAT, BAHAN DAN SUMBER PEMBELAJARAN
· Buku-buku yang menunjang
Modul Pembelajaran ( buatan guru )
Bahan Ajar Power Point
Kumpulan lagu-lagu non tradisional
Laptop, LCD, Speaker Aktif, Mix
Keyboard, Gitar, Pianika dan alat perkusi
Kumpulan lagu-lagu Tradisional Nusantara.

6. PENILAIAN
a. Penilaian proses( teori)
· Menuliskan macam-macam bentuk penyajian
· Menuliskan teknik-teknik penampilan musik hasil aransir sendiri
· Menjelaskan teknik-teknik penampilan musik hasil aransir sendiri
b. Penilaian akhir (praktek)
· Memainkan hasil aransemen musik tradisional, baik dengan vokal, instrumen, atau campuran vokal dengan instrumen baik secara kelompok ataupun individu
· Mendemontrasikan hasil karya aransemen musik vokal, instrumen, atau campuran vokal dengan instrumen baik secara kelompok ataupun individu


Pekalongan, 5 Januari 2008

Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala SMA N 3 Pekalongan Seni Budaya ( Seni Musik )



Drs. Soeroso Saiful Fallah, S.Pd
NIP. 131797691 NIP. 500109734

LDK 2007






Materi Pembekalan OSIS


Pelatihan Dasar Kepemimpinan 2007
Oleh : Saiful Fallah, S.Pd


Tujuan Pokok OSIS :
1.Menghimpun ide, pemikiran, bakat, kreativitas serta minat siswa ke dalam salah satu bentuk wadah yang bebas dari berbagai pengaruh negatif dari luar sekolah
2.Mendorong sikap, jiwa dan semangat kesatuan dan persatuan diantara para siswa, sehinga timbul satu kebanggaan umtuk mendukung peran sekolah sebagai tempat terselenggaranya proses belajar mengajar.
3.Sebagai tempat dan sarana untuk berkomunikasi, menyampaikan pikiran dan gagasan dalam usaha untuk lebih mematangkan kemampuan berfikir, wawasan, dan pengambilan keputusan.

Perangkat OSIS
1. Pembina OSIS
Ketua : Kepala Sekolah
Wakil : Wakil Kepala Sekolah ( Kesiswaan )
Anggota : Guru ( Pembina Seksi ) minimal 5 orang dan bergantian setiap tahun pelajaran.
2. Perwakilan Kelas
Terdiri atas 2 (dua) orang dari setiap kelas.
3. Pengurus OSIS
Ketua
~ Waka I
~ Waka II
Sekretaris I
~ Wasek I
~ Wasek II
Bendahara
~ Wakil Bendahara
Seksi Ketaqwaan terhadap Tuhan YME (IMTAQ).
Seksi Kehidupan Berbangsa dan Bernegara ( KB 2 ).
Seksi Pendidikan Pendahuluan Bela Negara ( P2BN ).
Seksi Kepribadian dan Budi Pekerti Luhur ( KBPL ).
Seksi Berorganisasi, Pendidikan Politik dan Kepemimpinan ( BP 2K ).
Seksi Ketrampilan dan Kewiraswastaan ( K 2 ).
Seksi Persepsi, Apresiasi dan Kreasi Seni ( PAK ).
Seksi Kesegaran Jasmanidan Daya Kreasi (KJDK ).

Pokok-pokok Kegiatan Seksi
1.Seksi Ketaqwaan terhadap Tuhan YME ( IMTAQ)
~ menjalankan ibadah sesuai dengan ketentuan agama masing-masing
~ memperingati hari-hari besar
~ mengadakan kegiatan lomba yang bersifat keagamaan
~ kegiatan lainnya yang berhubungan keagamaan
2.Seksi Kehidupan Berbangsa dan Bernegara ( KB 2 )
~melaksanakan upacara bendera pada setiap Senin pagi dan Sabtu sore, serta hari-hari besar lainnya.
~ melaksanakan Bakti Sosial/ masyarakat
~ memelihara kelestarian dan keindahan sekolah
~ dll
3.Seksi Pendidikan Pendahuluan Bela Negara ( P2BN )
~ melaksanakan tata tertib sekolah
~ melaksanakan baris- berbaris
~ melaksanakan wisata siswa, mendaki gunung, napak tilas
~ dll
4. Seksi Kepribadian dan Budi Pekerti Luhur ( KBPL )
~ melaksanakan P 4
~ melaksanakan tata krama siswa
~ melaksanakan kegiatan amal untuk meringankan penyandang cacat, yatim piatu, orang jompo dan orang yang tertimpa musibah bencana alam
~ dll

5. Seksi Berorganisasi, Pendidikan Politik dan Kepempipinan ( BP 2K )
~ memantapkan OSIS dan mengembangkan program OSIS
~ melaksanakan latihan kepempimpinan
~ menyelenggarakan forum diskusi ilmiah
~ membantu pelaksanaan penataran P 4 siswa
~ dll
6. Seksi Ketrampilan dan Kewiraswastaan ( K 2 ).
~ meningkatkan usaha koperasi sekolah dan unit produksi
~ melaksanakan praktek kerja nyata ( PKN )
~ membuat ketrampilan dengan bahan bekas
~ dll
7. Seksi Persepsi, Apresiasi dan Kreasi Seni ( PAK ).
~ menyelenggarakan berbagai pentas seni
~ menyelenggarakan lomba seni, panggung remaja, panggung remaja, deklamasi/baca puisi
~ menyelenggarakan mading ( majalah dinding ) sekolah maupun seiap kelas
~ menyelenggarakan sanggar seni ( teater, tari, dll)
~ kegiatan lainnya yang berhubungan dengan seni
8. Seksi Kesegaran Jasmani dan Daya Kreasi (KJDK ).
~ menyelenggarakan lomba olah raga
~ menyelenggarakan senam pagi
~ melaksanakan pencegahan penyalahgunaan narkotika
~melaksanakan pelestarian lingkungan hidup yang dikreasikan berupa kegiatan : penghijauan, perbaikan selokan, mandi cuci kakus ( MCK ) dan sebagainya
~menyelenggarakan gerakan kebersihan lingkungan kebersihan yang dikreasikan berupa kegiatan : membersihkan coret-coret ditembok/dinding/papan nama jalan/papn reklame/ dinding, bis umum, memelihara telepon umum dan sebagainya
~ menciptakan barang-barang yang semula tidak berguna menjadi tidak berguna dan bernilai
~ dll

Manfaat OSIS
1.Meningkatkan nilai-nilai ketaqwaan terhadap Tuhan YME.
2.Meningkatkan kesadaran berbangsa, bernegara, dan cinta tanah air.
3.Meningkatkan kepribadian dan budi pekerti luhur
4.Meningkatkan kemampuan berorganisasi, pendidikan politik, dan kemimpinan.
5.Meningkatkan ketrampilan, kemandirian, dan percaya diri.
6.Meningkatkan kesehatan jasmanida rohani.
7.Menghargai dan mewujudkan nilai-nilai seni, meningkatkan dan mengembangkan kreasi seni.

Indikator Keberhasilan OSIS
1. Ada ruang OSIS.
Di dalam ruang tersebut dapat dibaca/dilihat struktur organisasi dan kepengurusan, program kerja dan berbagai macam piagam dan penghargaan yang diperoleh sebagai hasil prestasi yang dicapai.
2. Keterlibatan pengurus OSIS, anggota OSIS/Siswa dalam berbagai kegiatan masyarakat.
3. Diselenggarakannya berbagai pelatihan kepemimpinan bagi pengurus, perwakilan kelas, dan anggota, baik dilingkungan sekolah maupun kota/provinsi.
4. Terselenggaranya berbagai kerja sama antar sekolah dalam berbagai macam kegiatan olah raga, seni dan pramuka dan sebagainya
5. Terbentuknya kelompok-kelompok belajar, forum membaca tingkat sekolah maupun antar sekolah .
6. Terbinanya dengan baik pelatihan upacara bendera di sekolah.
7. Diselenggarakannya latihan lomba baris berbaris pada hari-hari tertentusecara terencan dan terus-menerus.
8. Dilaksanakannya delapan materi pembinaan kesiswaan secara terencana dan berkelanjutan.
9. Terbinanya hubungan yang penuh kekeluargaan antar sesama siswa, antar pejabat, hubungan dengan guru, kepala sekolah, orang tua siswa dan masyarakat.
10. Terwujudnya sekolah sebagai Wawasan Wiyatamandala.

Unsur-unsur Sekolah
1. Kepala Sekolah ( Drs. Soeroso )
Wakil kepala sekolah bidang Sarana dan Prasana ( Bpk. Trimo Susilo, S.Pd )
Wakil kepala sekolah bidang Hubungan Masyarakat (Bpk. Agus Mintoro, S.Pd)
Wakil kepala sekolah bidang Kurilukum (Bpk. Tri Yuli Rahardjo, S.Pd)
Wakil kepala sekolah bidang Kesiswaan (Bpk. Drs. Abu Umar)

2. Staf Guru
· Guru Mata Pelajaran
· Guru BK/BP ( pengembangan diri ) :
Bpk.Cipto Suwarno, S.Pd ; Ibu Siti Rikhanah,S.Pd ; Bpk. Sumarlan, S.Pd
· Guru Wali kelas
· Guru Pembina Osis (Pramuka , PMR, pastiga, Ekstra Kurikuler dll)
· Guru STP2K (satuan tugas pembantu pelaksanaan kesiswaan)

3. Tata Usaha
a. Kasubag umum (Kepala TU) : Hj.Susiloningsih, S.E
b. Karyawan
· Bendahara BP3 ( Ibu Iswindarti/Supartinah)
· Bendahara Gaji ( Ibu Sri Lesarti Hastarini)
· Persuratan dan Arsip ( Ibu Kholilah)
· Kesiswaan (Mbak Sumilah)
· Laboratotium ( Mas Yuli Dwi Yanto)
· Perpustakaan (Ibu Yuniasih dan Mas Kusmono)
· Satpam (Bpk. M. Sholeh dan Mas Andi Listia)
· Pesuruh / kurir (Bpk. Sardjono)
· Tukang Kebun ( Bpk. Sugiyanto, Mas Abdul majid)
· Penjaga Sekolah (Bpk. Edi suwarno)

MATERI MOS 2007



Materi MOS SMA Negeri 3 Pekalongan

Adminitrasi Sekolah
Oleh : Saiful Fallah, S.Pd
( Sekretaris Kesiswaan )
Tahun Pelajaran 2007/2008



Unsur-unsur Sekolah
1. Kepala Sekolah ( Drs. Soeroso )
Wakil kepala sekolah bidang Sarana dan Prasana ( Bpk. Trimo Susilo, S.Pd )
Wakil kepala sekolah bidang Hubungan Masyarakat (Bpk. Agus Mintoro, S.Pd)
Wakil kepala sekolah bidang Kurilukum (Bpk. Tri Yuli Rahardjo, S.Pd)
Wakil kepala sekolah bidang Kesiswaan (Bpk. Drs. Abu Umar)

2. Staf Guru
· Guru Mata Pelajaran
· Guru BK/BP ( pengembangan diri ) :
Bpk.Cipto Suwarno, S.Pd ; Ibu Siti Rikhanah,S.Pd ; Bpk. Sumarlan, S.Pd
· Guru Wali kelas
· Guru Pembina Osis (Pramuka , PMR, pastiga, Ekstra Kurikuler dll)
· Guru STP2K (satuan tugas pembantu pelaksanaan kesiswaan)

3. Tata Usaha
a. Kasubag umum (Kepala TU) : Hj.Susiloningsih, S.E
b. Karyawan
· Bendahara BP3 ( Ibu Iswindarti/Supartinah)
· Bendahara Gaji ( Ibu Sri Lesarti Hastarini)
· Persuratan dan Arsip ( Ibu Kholilah)
· Kesiswaan (Mbak Sumilah)
· Laboratotium ( Mas Yuli Dwi Yanto)
· Perpustakaan (Ibu Yuniasih dan Mas Kusmono)
· Satpam (Bpk. M. Sholeh dan Mas Andi Listia)
· Pesuruh / kurir (Bpk. Sardjono)
· Tukang Kebun ( Bpk. Sugiyanto, Mas Abdul majid)
· Penjaga Sekolah (Bpk. Edi suwarno)

4. Siswa
Kelas X.1,2,3,4,5,6 : enam kelas
Kelas XI.( IPA.1,2,3 dan XI. IPS 1,2,3) : enam kelas
Kelas XII.( IPA.1,2,3 dan XI. IPS 1,2,3) : enam kelas



5. OSIS
Pramuka
PMR
PKS dan Pastiga (Pasukan Istimewa SMA Negeri 3)
Olah Raga (Basket , Volley, Karate, Penacak Silat, dll)
Agama : BTQ (Baca tulis Alqur’an), Tadarus, Sholat Jum’at, Sholat Dzuhur, Pengajian Hari Minggu, dll)
KIR (karya Ilmiah Remaja) : IPA dan IPS
Seni (Musik dan Teater)
Bahasa Inggris ( Debat Bahasa Ingris dan English Club)
Komputer ( Internet)
Olympiade ( Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Ekonomi, Komputer)

6. Kantin Sekolah
Koperasi Siswa ; Mbak Indah
Kantin Bang amat ; Mie Ayam, gorengan, dll
Kantin Bu Jon ( Sardjono ); pecel, soto, tempe sambel, dll
Kantin Siomay dan Batagor



Pekalongan, 13 Juli 2007



Saiful Fallah, S.Pd

CHANGCUTTERS GOES TO SMAGA














CHANGCUTTERS GO TO SMAN 3 PEKALONGAN

Bersama Telkomsel-Kartu As, SMAN 3 PEKALONGAN berhasil mendatangkan band asal bandung. Bravo smaga-telkom-changcut
Powered By Blogger

Ayo Gabung di Sini !!

Arsip Blog