Rabu, 16 Desember 2009

SIFAT-SIFAT GURU SMAN 3 PKL

Oleh : Riva  XI.IPS.1


            Ditempat saya bersekolah tepatnya SMA N 3 Pekalongan,terdapat banyak guru yang sifatnya berbeda-beda.
            Ada guru yang suka bercanda,beliau suka sekali bercanda dengan murid-muridnya,tetapi malah muridnya menganggap beliau sepele.Bahkan mereka sering mengejek guru tersebut.Kadang-kadang beliau suka menahan tawa dan itu yang membuat beliau ditertawakan oleh para muridnya.Tetapi bagi saya beliau adalah guru yang sangat sabar dan mudah memaafkan muridnya,walaupun terkadang murid-muridnya sering keterlaluan,tetapi beliau tetap sabar.hal itu juga yang membuat para muridnya tidak pernah membolos pada jam pelajaran .
            Ada juga tipe guru yang terlalu serius dalam mengajar.Kadang beliau mengejek/merendahkan muridnya yang tidak pandai(malas/bodoh).Dan tak jarang muridnya yang ngantuk,bahkan tidur dikelas pada saat beliau mengajar,mungkin mereka bosan atau tak nyaman dengan cara beliau mengajar.
            Ada juga tipe guru yang suka membeda-bedakan gender atau jenis kelamin. Mayoritas lebih cenderung memperhatikan murid perempuan,mungkin karena perempuan lebih rajin daripada laki-laki .
            Untuk guru yang satu ini saya akan menuilskan langsung nama guru tersebut karena kalian sudah pasti tau karna dia adalah guru agama yaitu Pak Fathan .
            Pak Fathan adalah guru Agama di SMA N 3 . Dia termasuk guru yang cuek dan acuh tak acuh kepada para muridnya . Kadang-kadang ketika sedang ribut atau gaduh dia diam saja tidak menyuruh diam , selain itu saat muridnya bertanya dia selalu tidak menghiraukan dan tidak menjawab apa pertanyaan dari muridnya. Jadi banyak murid yang bosan pada dia . Ketika memberikan materi dia juga tidak total .
             
            Seperti yang saya tulis di atas tadi bahwa ketika ada murid yang bertanya tetapi tidak menjawab diam saja, apa dia tidak mendengar atau pura-pura tidak dengar apa yang di tanyakan oleh muridnya . Bahkan murid yang gaduh pun  juga tidak di perhatikan ketika ingin bertanya . Pak Fathan juga sangat mementingkan infaq . katanya jika ingin tuntas nilai prakteknya, maka murid-muridnya harus melunasi uang atau iuran infaq . Padahal setahu saya infaq itu tidak boleh ada paksaan dan harus ikhlas dari hati . tetapi lepas dari semua masalah yang ada di atas Pak Fathan adalah guru yang sabar dan murah senyum . Walau kadang-kadang senyumnya terlihat kurang ikhlas ( senyum-senyum nyengit ). Dia juga terkadang suka melawak, walaupun lawakan nya tidak lucu dan jarang marah . Tapi diam saja mengeluarkan kata-kata .

            Ada juga seorang guru wanita di SMA N 3 ,  guru itu orangnya lebay dan dia selalu menyuruh saya untuk maju atau duduk di depan jika saya ribut. Menurut saya dia orangnya pilih kasih. Dia orangnya juga suka melawak tapi tidak ada lucu-lucunya. Dia juga kadang-kadang tegas tetapi terlihat tidak sangar atau menakutkan. Tetapi dia guru yang baik dan tidak sombong. Dan saya juga tidak begitu paham kalau diterangkan karena dia kalau menerangkan kurang jelas, kurang kencang bahkan membuat saya jadi bingung. Menurut teman saya dia itu guru yang menyebalkan.
            Ada lagi seoarang guru wanita di SMA N 3 yang sudah berumur atau tua. Dia adalah guru yang selalu memarahi murid-muridnya yang ribut. Padahal muridnya itu bertanya tentang pelajaran yang dia ajarkan. Kadang-kadang dia juga memarahi saya, padahal yang ribut atau bikin gaduh kelas adalah teman-teman saya. Pelajaran yang dia bawa selalu membosankan dan tidak menarik apalagi tanpa diselingi dengan bercanda. Seperti es teh tanpa gula, pahit.
            Masih ada lagi guru di SMA N 3. dia juga guru yang sangat cerewet, saking cerewetnya dia tidak pernah bergurau, bercanda, dan lain-lain. Cara mengajarnya bukan seperti guru SMA. Yang pasti pelajaran yang dibawakannya sudah pasti tidak asik dan membosankan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentarmu berguna bagiku......

Powered By Blogger

Ayo Gabung di Sini !!

Arsip Blog