Selasa, 02 Juni 2009

PEKAN BATIK MENURUT BAGUS XI.IPA2






Pada tanggal 29 april 2009 di Pekalongan saya pergi ke pekan batik yang letaknya di GOR JATAYU Pekalongan,memang si ini bukan pertama kalinya di adakan, namun saya melihat banyak para peminat batik di Indonesia maupun dari luar negeri yang datang untuk melihat pameran ini. Bukan hanya terdapat banyak informasi mengenai batik, namun disana juga terdapat kios-kios yang menjual baju batik dengan model yang menarik seperti gambar di bawah

Terlihat orang-orang yang sedang asik-asiknya membuat batik dengan alat yang sangat sederhana . Awalnya saya sempat bertanya awal batik masuk ke indonesia kepada salah satu stan,menurut mereka orang-orang hindulah yang membawa kesenian batik ini tapi bukan hanya orang- orang hindu namun juga orang-orang yang beragama Islam. Saya juga sempat berpikir bahwa hanya kota pekalongan dan Jogja yang memiliki batik,tapi ternyata bukan hanya kota itu saja yang memiliki kesenian batik seperti kota Cirebon dan Indramayu yang terdapat di pesisir pantai serta solo yang terdapat di daerah.

Namun bukan berarti motif batik yang dibuat antar kota tersebut sama.seperti di Pekalongan dan Jogja walau terlihat sama namun sebenarnya berbeda perbedaan tersebut antara lain:

No.

PERNYATAAN

PEKALONGAN

JOGJA

1

Motif

Flora dan fauna

Simbolis(melamambangkan sesuatu)

2

Warna

Warna fariatif

Arasogan dan biru

Ini adalah salah satu gambar batik Jogja dan Pekalongan


Loading...

Ayo Gabung di Sini !!

Arsip Blog