Senin, 01 Juni 2009

PAK GURU YTH, JANGAN MEROKOK DI SEKOLAH YA?


GURU YANG MEROKOK DI SEKOLAH


Lingkungan sekolah seharusnya bebas asap rokok. Namun pada kenyataannya masih saja asap berbahaya itu masuk ke sekolah dan yang paling disayangkan adalah si pembawa asap rokok itu tak lain dan tak bukan adalah mereka yang notabene seorang pengajar. Mereka membut peraturan bahwa siswa dilarang merokok, apalagi di lingkungan sekolah. Tapi, bagaimana mereka mau mematUhi aturan tersebut jika ternyata tokoh yang seharusnya menjadi panutan malah melanggar aturan tersebut. Apakah peraturan tersebut tidak berlaku bagi staf pengajar dan karyawan sekolah? Kenapa? Mohon pihak-pihak yang terkait mau memperhatikan masalah tersebut.

M.Jamaludin

BUANG SAMPAH PADA TEMPATNYA DONG !!!

Sekolah yang bersih pastinya akan membuat siswa-siswinya merasa nyaman untuk belajar. Tetapi ternyata siswa SMA N 3 Pekalongan belum sepenuhnya sadar akan hal tersebut. Meskipun sudah ada tulisan “ Buanglah sampah pada tempatnya “ dan banyak tempat-tempat sampah tetapi tetap saja banyak sampah yang berserakan di mana-mana apalagi di kelas, hampIr di semua laci-laci meja terdapat sampah. Sebenarnya siapa yang seharusnya bertanggung jawab atas masalah ini?

Lindasari

BUANG SAMPAH PADA TEMPATNYA DONG !!!

Sekolah yang bersih pastinya akan membuat siswa-siswinya merasa nyaman untuk belajar. Tetapi ternyata siswa SMA N 3 Pekalongan belum sepenuhnya sadar akan hal tersebut. Meskipun sudah ada tulisan “ Buanglah sampah pada tempatnya “ dan banyak tempat-tempat sampah tetapi tetap saja banyak sampah yang berserakan di mana-mana apalagi di kelas, hampIr di semua laci-laci meja terdapat sampah. Sebenarnya siapa yang seharusnya bertanggung jawab atas masalah ini?

Lindasari

AKU (ILANATUL ) DAN KELASKU XI.IPA.3


What do you think about V E N T U R I E ? ? ?

Please, Listen my opinion,

Well, aku Ilanatul Chuluqiyyah. Kalian bisa memanggilku Ina. Aku bersekolah di SMA N 03. Dan aku sangat bersyukur mengisi kelas XI IPA 03.

V E N T U R I E, begitulah kami menyebutnya. Kelas ini benar – benar membuatku syok.

Awalnya aku sedikit tidak begitu suka dengan kelas ini. Tapi well, teman – teman mengubah prinsipku tentang semua itu. Menurutku mereka sangat menyenangkan dan sangat ramah. Tak pernah ada kata bersedih jika kau berada disini. Aku sendiri tidak begitu rela jika berpisah dengan mereka.

Tindakan mereka yang tolol dan aneh, akan membuatku untuk terus tertawa dan tertawa. Bahkan kau mungkin akan menjadi seperti orang gila jika bergabung disini. Bukankah itu menyenangkan???

Dan aku pikir, anak – anak kelas lain sangat iri pada kelasku.

Di mata mereka, ini kelas paling keren.

Dan sepertinya guru – guru juga harus mengakui itu.

Kau tau??? Semua guru mengatakan kelas ini kelas paling aneh dan kelas paling kacau. Kelas ini sangat menjunjung tinggi ke SOLIDARITASan. Tak peduli kau cantik, jelek, tampan, kaya, hitam, putih, jawa, cina, sunda, arab, pandai, keren, ok, pendiam, cerewet, bahkan bodoh sekalipun. “We are different but we are one soul”, bisa dikatakan itu shotcut kami. Semuanya sama.

Disini tidak ada keegoisan. Dalam hal apapun. Termasuk tugas – tugas sekolah, bahkan ulangan sekalipun.

Pernah suatu ketika, kelas ini diberi tugas untuk membuat film. Kelas ini dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mengerjakan itu. Tapi kau tau apa yang terjadi??? Kami justru hanya membuat satu. Karena menurut V E N T U R I E, kami tidak bisa di pecah belah.

Saling bahu membahu dalam berbagai hal. Itu kelebihan yang patut diagungkan. Di V E N T U R I E bisa dikatakan tidak pernah ada persaingan. Sekali lagi, semua sama.

Dan menurut para pengajar, V E N T U R I E adalah kelas paling rame, tak tau aturan, bandel, kocak, cerewet (Meski ada beberapa yang pendiam, tetap saja jiwa mereka tergabung menjadi satu kesatuan yang sama gilanya.), dan sangat berisik. Memang, menurut para pengajar itu adalah suatu kekurangan yang seharusnya kami hilangkan. Tapi, menurutku dan menurut anak – anak V E N T U R I E, itu adalah sebuah anugerah yang patut dibanggakan.

Kekompakan V E N T U R I E terkenal sampai ke ujung dunia (maaf, itu hanya perumpamaan. Dan bagi kalian yang membaca tidak perlu protes. Karena ini, adalah pendapat sekaligus uneg – unegku.).

Bisa dibilang, kalian tidak akan pernah merasa stress jika bergabung disini. Sekolah akan sangat terasa menyenangkan. Bahkan pelajaran tersulit sekalipun. Fisika missal,.

V E N T U R I E benar – benar kelas paling cool.

Karena disini kau akan menemukan penyatuan antara IPS dan IPA.

Jiwa kami IPS tapi pikiran kami IPA.

Itu semua adalah kelebihan dan kekurangan kelas V E N T U R I E , menurutku. (sebenarnya kelas ini kelas terbaik sehingga sulit sekali untuk bisa menemukan kekurangannya, karena menurutku, semua adalah kelebihan.)

FASILITAS SEKOLAH


Sebuah sekolah seharusnya memperhatikan fasilitas-fasilitas bagi siswanya. Namun demikian banyak fasilitas-fasilitas di SMA N 3 Pekalongan yang mengalami kerusakan namun tidak segera ada perbaikan. Semisal kipas angin kelas yang rusak, pintu kelas, bahkan toilet mampet dan bau. Hal-hal tersebut sangat mengganggu kenyamanan siswa-siswinya. Mohon pihak sekolah segera menindak lanjut masalah ini.

Annisa Fridesiana

ACUAN PENERIMAAN SISWA BARU


SYARAT DAN PROSEDUR PENDAFTARAN

PENERIMAAN SISWA BARU TAHUN LALU



(INI TAHUN 2008 LHO PAK,. BU,....

MAS..., MBAK,...OM,...TANTE,...)


1. Syarat Pendaftaran
a. Telah tamat atau lulus dan memiliki ijazah SMP/SLTPLB/MTS/Program Paket B.
b. Telah lulus dengan memiliki STL/SKHUN (Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional)
c. Memiliki Daftar Nilai Ujian Nasional SMP/SLTPLB/MTS atau Daftar Ujian Nasional Program Paket B
d. Calon siswa berusia setingi-tingginya 21 (dua puluh satu) tahun pada tanggal Juli 2008

2. Prosedur Pendaftaran
a. Calon siswa atau orang tua siswa dating sendiri ke sekolah untuk mengambil formulir pendaftaran.
b. Kelengkapan pendaftaran dimasukkan ke dalam stopmap folio berwarna :
- Hijau : Untuk pendaftar putra yang melampirkan SKHU asli dari dalam kota
- Kuning : Untuk pendaftar putri yang melampirkan SKHU asli dari dalam kota
- Merah : Untuk pendaftar yang melampirkan SKHU asli dari luar kota

Dengan susunan sebagai berikut :
- Formulir pendaftaran yang telah diisi dan ditempeli foto
- Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) asli
- Foto copy SKHU
- Foto copy STTB atau Ijazah yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah
- Foto copy Akta Kelahiran atau Surat Keterangan Lahir
- Piagam Kejuaran jika ada

3. Penentuan Peringkat
Penentuan peringkat calon siswa baru diperhitungkan berdasarkan penjumlahan Nilai Akhir Ujian Nasional dengn rumus sebagai berikut :

NA = 3A+B+C


Keterangan :
NA : Nilai Akhir
A : Rata-rata Nilai Ujian Nasional
B : Rata-rata Nilai Ujian Sekolah atau Madrasah
C : Bonus Prestasi

4. Perhitungan Bonus Prestasi
Bagi calon peserta didik baru yang mempunyai prestasi juara seperti dalam bidang akademik, olah raga, kesenian dapat diperhitungkan menambah jumlah nilai akhir pendaftaran dengan ketentuan :
a. Mendapat juara dalam kejuaraan internasional baik juara I, II, III dapat diterima langsung dengan catatan sesuai dengan kemampuan anak.
b. Mendapat juara I dalam kejuaraan tingkat nasional dapat diterima langsung dengan catatan sesuai dengan kemampuan siswa.
c. Juara II ; III tingkat nasional berturut-turut ditambah : 2,25 ; 2.00
d. Juara I ; II ; III tingkat provinsi berturut-turut ditambah : 1,75 ; 1,50 ; 1,25
e. Juara I ; II ; III tingkat Kab/Kota berturut-turut ditambah : 1,00 ; 0,75 ; 0,50
f. Juara I tingkat kecamatan berturut-turut ditambah : 0,25
g. Piagam juara dapat diperhitungkan, jika kejuaraan diselenggarakan oleh instansi atau induk olahraga yang berkompeten misalnya instansi pemerintah atauorganisasi profesi.
h. Semua jenis sertifikat atau piagam penghargaan di luar ketentuan tersebut di atas tidak diperhitungkan.
i. Jika calon peserta didik mempunyai lebih dari satu sertifikat atau piagam penghargaan, yang dapat diperhitungkan hanya satu yaitu prestasi yang tertinggi
j. Prestasi tersebut di atas dapat diakui sebagai penunjang nilai akhir dalam pendaftaran hanya untuk kurun waktu 2 (dua) tahun terakhir (Juli 2006 s.d Juni 2008)




Pekalongan, Juni 2008
Kepala SMA Negeri 3 Pekalongan



Drs. Soeroso
NIP. 19640921 198803 1 007
TAHUN 2008
LUAR KOTA TERENDAH 32,96
DALAM KOTA TERENDAH 30,92

PEKAN BATIK 29 APRIL - 3 MEI 2009
















PAMERAN BATIK INTERNASIONAL (PBI)
PEKALONGAN 29 APRIL-3MEI 2009


Perayaan Pameran Batik Internasional kali ini terlihat cukup meriah dan menarik.
Terdapat banyak sekali stan-stan yang siap untuk dikunjungi dengan latar belakang batik yang didirikan disana.Kita pun dapat dengan mudah untuk mendapatkan barang-barang kebutuhan yang beraneka ragam serta aneka macam kuliner.Selain itu juga terdapat bazar buku yang menyediakan buku-buku berkualitas dengan harga yang cukup terjangkau.
Pada intinya,PBI yang diselenggarakan kali ini bisa dikatakan cukup sukses dan mendapatkan respon dari masyarakat,dibuktikan dengan banyaknya pengunjung yang datang di setiap harinya.
Namun ada sedikit hal yang hendak kami soroti,yaitu berkenaan dengan bunyi dari slogan PBI itu sendiri (Batikku,batik kita,batik dunia).
Menurut kami,salah satu tujuan diadakannya PBI ini adalah untuk menunjukkan kepada dunia akan eksistensi batik sebagai kekayaan budaya bangsa Indonesia,khususnya masyarakat Pekalongan yang memang sudah dijuluki sebagi Kota Batik.
Adanya frasa “Batik Dunia” pada slogan tersebut seakan menunjukkan adanya kebersamaan kepemilikan batik oleh masyarakat dunia dan tidak lagi dikhususkan untuk bangsa Indonesia,khususnya masyarakat pekalongan.
Mungkin dapat ditebak bahwa maksud sebenarnya dari kalimat di atas adalah sebagai proses memasyarakatkan batik kepada dunia.
Bagaimana yang sebenarnya?kembali pada penafsiran anda!


Oleh:

M Sidik
Fathul Umam
M Labib
Deki Susilo

XI A2
Powered By Blogger

Ayo Gabung di Sini !!

Arsip Blog